5 Hal yang Sering Dijumpai saat Staycation dalam Drama Korea

Senin, 31 Agustus 2020 12:13 Penulis: Wuri Anggarini
5 Hal yang Sering Dijumpai saat Staycation dalam Drama Korea
(c) Shutterstock

Kapanlagi Plus - Nonton drama Korea yang lagi trending memang bisa memberikan hiburan tersendiri. Selain bisa menikmati wajah tampan dan cantik para pemainnya, nggak jarang alur ceritanya juga menginspirasi penonton. Misalnya saat lagi staycation alias mengisi liburan dengan stay di hotel aja. Ada beberapa hal yang sering banget dijumpai dalam staycation versi KDrama yang bisa jadi inspirasi kamu saat staycation #DiIndonesiaAja.

Nginep di Daerah Dingin Enaknya Masak Ramen Barengan

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Staycation bareng yang tersayang ke daerah dingin seperti Bandung nggak hanya asyik dibuat santai-santai doang. Banyak adegan dalam drama Korea yang bisa jadi inspirasi karena mereka biasanya masak bareng buat melawan hawa dingin di negaranya. Nggak harus masak yang ribet, bikin ramen bareng sudah terasa menyenangkan. Apalagi di Korea ada semacam filosofi kalau ramen itu lebih lezat jika dinikmati bersama-sama. Ada banyak lagi destinasi berhawa dingin seperti di Malang, Lembang, Baturaden dan lain sebagainya.

Baca Buku, Dengerin Musik Sambil Lihat Pemandangan  

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Kalau sudah penat dengan rutinitas harian, memang paling enak staycation diisi dengan rebahan, baca buku dan dengerin musik. Sambil lihat pemandangan seperti aktor-aktor di drakor? Indonesia punya banyak lokasinya. Sebut saja hotel di sekitar Candi Borobudur atau pegunungan Bromo, pasti asyik banget membuka lembar demi lembar buku dan sesekali melepas pandangan ke puncak candinya.

Kalau kebetulan kamu ingin liburan singkat, staycation 1 malam dengan berbekal buku favorit dan playlist lagu yang lagi trending pasti menyenangkan. Pilih saja destinasi dengan pemandangan keren pegunungan atau sawah hijau seperti di kawasan Ubud, Bali.

Coba Beragam Permainan Seru Kalau Staycation di Tepi Pantai

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Kalau kegiatan yang satu ini paling seru dilakukan ramai-ramai, misalnya bareng sahabat atau saudara-saudara. Kalau di drama Korea, paling sering main kartu atau baduk, sejenis permainan catur tradisional ala Korea. Kamu bisa aja membawa kartu Uno atau coba permainan petak umpet jika kebetulan staycation di pinggir pantai seperti di Kepulauan Seribu, Raja Ampat, atau di Lombok. 

Berendam di Bathtub Sambil Melihat Lampu Kota

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Nggak ada cara yang lebih memanjakan diri selain berendam di bathtub. Buat yang selama ini stres karena kerjaan dan nggak bisa ke mana-mana karena pandemi, manfaatkan saja fasilitas bathtub yang ada di hotel buat berendam sambil melakukan relaksasi diri. Pilih saja hotel yang tinggi di pusat kota seperti di Bundaran HI, daerah Simpang Lima Semarang, atau seputaran jalan Malioboro Yogyakarta. Bisa jadi cara mengusir stres yang ampuh sekaligus mempersiapkan diri biar produktif lagi saat masuk nanti.

Me Time di Sauna dengan Pemandangan Gunung

(c) Shutterstock(c) Shutterstock

Beberapa hotel yang menyediakan fasilitas sauna juga sering dimanfaatkan sebagai kegiatan memanjakan diri saat staycation. Apalagi sensasi uap panas saat sauna baik buat kesehatan, seperti detoksifikasi racun yang ada di dalam tubuh lewat keringat yang keluar. Rekomendasi beberapa hotel dengan fasilitas sauna mudah dijumpai di daerah Songgoriti, Batu. Bahkan ada yang dibuat bernuansa Jepang, lho.

Terbukti kan, staycation ala drama Korea benar-benar menginspirasi. Terlebih buat jiwa-jiwa yang sudah kangen liburan sejak lama, pasti sudah nggak sabar buat kembali membawa ransel atau kopernya buat menemani perjalanan yang udah direncanakan. Buat mengobati kerinduanmu, staycation #DiIndonesiaAja bisa jadi pilihan liburan di masa adaptasi baru ini. 

Banyak hotel berkualitas di dalam negeri yang punya fasilitas memanjakan buat mengusir rasa bosan. Nggak hanya itu, staycation juga menjadi pilihan liburan yang aman dan nyaman karena tetap bisa menerapkan protokol kesehatan dengan disiplin serta menghindari kerumunan. Banyak juga hotel yang sudah menerapkan SOP protokol kesehatan di masa adaptasi kebiasaan baru seperti sekarang ini.

Serunya lagi, staycation #DiIndonesiaAja nggak kalah memanjakan kok karena ada banyak pilihan hotel yang ada di tanah air yang dekat dengan tempat wisata menarik. Dari Bali hingga Raja Ampat jika kamu mencari tempat dengan pemandangan laut. Magelang atau Bromo jika  mencari tempat staycation dengan pemandangan yang memukau, dan masih banyak lagi rekomendasi lainnya.

Tapi, perlu diperhatikan juga beberapa hal selama staycation di masa kenormalan baru seperti sekarang ini. Mulai dari cara check in yang harus mencuci tangan atau menggunakan hand sanitizer serta mengukur suhu tubuh sebelum masuk ke area lobi hotel. Jangan lupa jaga jarak jika harus mengantre saat akan check in.

Selama berada di hotel, perhatikan juga protokol kebersihan diri. Misalnya dengan rutin mencuci tangan dengan sabun atau menggunakan hand sanitizer, menggunakan masker, dan hindari kerumunan atau berkumpul dengan banyak orang selama staycation.

Gimana, sudah siap merencanakan staycation yang tetap memperhatikan protokol kesehatan selama masa kenormalan baru ini? Temukan inspirasi liburan jelajah #DiIndonesiaAja lainnya dengan klik di sini.

(kpl/wri)

Editor:

Wuri Anggarini



MORE STORIES




REKOMENDASI