Sport Tourism Lagi Berkembang di Solo, Catat Deretan Kegiatan untuk Jaga Kebugaran Tubuh Saat Traveling

Kamis, 28 Juli 2022 11:02 Penulis: Wuri Anggarini
Sport Tourism Lagi Berkembang di Solo, Catat Deretan Kegiatan untuk Jaga Kebugaran Tubuh Saat Traveling
(c) Shutterstock


Kapanlagi Plus - Sport tourism atau wisata olahraga di alam terbuka lagi jadi salah satu tren yang cukup berkembang di Indonesia. Enggak hanya di kota-kota besar seperti Jakarta, tren ini juga banyak diminati di kota Solo, Jawa Tengah.  Jadi, bukan hal yang mengherankan jika kota ini terpilih menjadi tuan rumah ASEAN Para Games 2022 yang berlangsung mulai 23 Juli 2022.

Bagi yang sedang menikmati liburan di Solo, ada sederet spot yang bisa dikunjungi untuk berolahraga demi menjaga kebugaran tubuh selama traveling. Catat satu per satu agar bisa masuk ke dalam bucket list kamu, yuk!

1. Menikmati Jogging Track di Taman Kota yang Ramah Difabel

Bagi yang ingin menikmati jogging di pagi hari saat liburan di Solo, kota ini punya beberapa titik taman yang bisa digunakan untuk olahraga, karena dilengkapi dengan jogging track. Salah satunya adalah Taman Stadion Manahan yang terletak di sisi barat gerbang utama stadion. Ada sarana fitness gratis yang bisa digunakan masyarakat umum. Kalau ingin merasakan vibes olahraga yang lebih maksimal, tinggal melipir saja ke dalam jogging track yang ada di stadion.

Selain itu, ada juga Taman Balekambang yang terletak di jantung utama kota Solo. Taman ini cocok menjadi tempat olahraga sekaligus refreshing pikiran karena terdapat banyak pohon besar yang membuat suasana jadi sejuk. Menariknya lagi, taman kota di Solo sudah dilengkapi dengan fasilitas yang ramah difabel, misalnya saja guiding block hingga jalur khusus kursi roda. Secara umum, kota Solo memang memiliki serangkaian fasilitas umum ramah difabel yang membuatnya terpilih menjadi tuan rumah ASEAN Para Games 2022.

2. Merasakan Serunya 3 Rute Gowes di dalam Kota

Buat yang hobi gowes, Solo punya rute asyik dan seru yang bisa dilalui untuk menjaga kebugaran tubuh selama liburan. Ada 3 rute gowes tematik di dalam kota yang pastinya menarik buat dijelajahi, yaitu Rute Sejarah, Rute Taman, dan Rute Kriya.

Jika ingin memilih Rute Sejarah, kamu akan menempuh jarak sekitar 5,3 km yang dimulai dari Keraton Surakarta, Benteng Vastenburg, Pasar Gedhe, Bungker Tua di Balai kota, dan berakhir di Pura Mangkunegaran. Sementara itu bagi yang ingin jelajah lebih jauh lagi, ada Rute Taman dengan jarak sekitar 10 km yang dimulai dari Taman Banjarsari, Stadion Manahan, Lapangan Kota Barat, Taman Sriwedari, dan berakhir di Loji Gandrung.

Terakhir adalah Rute Kriya dengan jarak sekitar 10,7 km. Di sini kamu bisa menjelajahi pusat kerajinan di Solo yang dimulai dari Kampung Blangkon, Kampung Batik Laweyan, Kampung Batik Kauman, dan Museum Batik Danar Hadi. Jangan lupa mampir ke pusat oleh-oleh kriya dan #BeliKreatifLokal produk ekraf khas kota Solo, seperti batik hingga pakaian adat khas Jawa Tengah.

Kalau lapar atau ingin beristirahat, kamu juga bisa mampir menikmati berbagai kuliner lokal yang hadir di kota Solo. Banyak sajian tradisional khas daerah hingga yang bernuansa kekinian di Solo yang enggak boleh dilewati, sebagai bagian dari upaya menarik wisatawan yang hadir di kota tersebut.

Salah satunya adalah Stasiun Kopi Balapan Solo yang menjadi strategi tatanan ekonomi baru, yaitu ekonomi berbasis kolaborasi di kota Solo. Hal ini juga menjadi upaya yang dilakukan untuk menarik minat wisatawan yang berkunjung untuk membangkitkan ekonomi nasional dan membuka lapangan pekerjaan seluas-luasnya.

“Ekonomi baru adalah ekonomi berbasis kolaborasi. Asetnya milik Kereta Api Indonesia, namun atas inisiatif dengan pemerintah Kota Surakarta dihadirkanlah hal yang membuat destinasi wisata kuliner untuk mengangkat produk-produk terbaik nusantara dan diolah oleh Pak Santoso sebagai pengusaha sekaligus Owner Stasiun Kopi Balapan,” kata Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno beberapa waktu yang lalu.

Dengan traveling dan menjelajahi berbagai daerah yang ada di Indonesia, membeli kuliner dan oleh-oleh khas daerah hingga menginap di homestay yang dikelola penduduk lokal, artinya kamu juga ikut memberikan kontribusi untuk kebangkitan ekonomi nasional, lho!

3. Relaksasi Tubuh dan Pikiran di Studio Yoga yang Ada di Solo

Bagi yang ingin menikmati liburan sambil merasakan ketenangan pikiran dan tubuh yang relaks, yoga bisa menjadi pilihan olahraga yang dilakukan selama liburan. Terlebih ada banyak studio yoga populer di kota Solo yang bisa menjadi rekomendasi mengusir stres dan bikin lebih sehat selama liburan.

Beberapa rekomendasi studio yoga yang bisa jadi pilihan antara lain Yoganep, Live Yoga Solo, hingga Body & Mind Solo. Masing-masing studio yoga tersebut memiliki instruktur yoga bersertifikat dan berpengalaman, sehingga kegiatan olahraga bisa lebih maksimal.

4. Spot Renang Instagramable di Solo

Pencinta renang waktunya merapat! Solo juga punya sederet kolam renang instagramable yang bisa menjadi pilihan untuk wisata olahraga sekaligus bikin konten kekinian. Di mana saja sih?

Saatnya mulai penjelajahanmu di kolam renang yang ada di The Adhiwangsa Hotel. Di dalam bangunan mewah bernuansa Eropa ini, kamu bisa menemukan kolam renang terbesar ke-2 di Solo yang estetik banget. Selain itu, nikmati juga berenang di The Alana Solo yang dilengkapi dengan jacuzzi kecil untuk spot renang anak, hingga Kolam Renang Kora Kora yang cocok untuk wisata dengan keluarga. Jangan lupa abadikan aktivitas ini dengan selfie, ya!

Wah, ternyata ada banyak inspirasi wisata olahraga di Solo yang bisa dinikmati. Enggak hanya have fun, liburan pun bisa makin bermanfaat karena aktivitas yang menjaga kebugaran tubuh. Jangan lupa untuk berwisata dengan penuh tanggung jawab dengan selalu menjaga kelestarian lingkungan. Disiplin menerapkan protokol kesehatan yang berlaku juga penting, mulai dari menggunakan masker, rutin mencuci tangan, hingga menjauhi kerumunan demi keamanan dan kenyamanan bersama.

Temukan rekomendasi destinasi wisata #DiIndonesiaAja lainnya dengan mengikuti akun Instagram @pesona.indonesia dan TikTok @pesonaindonesia. Kamu juga bisa simak program Ngantri (Ngobrol Bareng Mas Menteri) melalui Instagram Live @pesona.indonesia. Program ini hadir setiap akhir pekan, jadi jangan sampai ketinggalan, ya! Selamat jalan-jalan sambil menjaga kebugaran tubuh, KLovers!

(kpl/wri)

Editor:

Wuri Anggarini



MORE STORIES




REKOMENDASI