5 Kegiatan yang Dapat Dilakukan Saat Idul Fitri di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19

Senin, 04 Mei 2020 13:44 Penulis: Dhia Amira
5 Kegiatan yang Dapat Dilakukan Saat  Idul Fitri  di Tengah Pandemi Virus Corona Covid-19
Ilustrasi (credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Pandemi virus corona covid-19 saat ini masih berlangsung, dan tentu pada bulan yang sangat penting bagi umat muslim ini, yaitu bulan suci Ramadhan, kita akan sulit melakukan kegiatan beribadah di masjid. Tak hanya Indonesia saja, tapi umat muslim di berbagai negara juga melakukan kegiatan beribadah di rumah.

Tak hanya beribadah di rumah saja, tetapi untuk saat ini tak ada lagi tradisi atau kegiatan yang dapat membawa suasana yang hangat saat bulan Ramadhan. Tak ada buka bersama, tak ada kegiatan tadarus bersama, tak ada kegiatan Nuzulul Quran, tak ada itikaf di masjid, dan tentu saja bila pandemi ini belum mereda, tak akan ada sholat Idul Fitri bersama. Tentu saja hal ini membuat kalian sangat bersedih dan merindukan semua kegiatan yang hanya datang 1 tahun dalam sekali ini. Kalian terpaksa harus meninggalkan semua kegiatan Idul Fitri yang sering dilakukan setiap bulan Ramadhan sementara waktu.

Kegiatan Idul Fitri sendiri berbeda-beda di berbagai negara, bila di Indonesia kita akan berkumpul bersama keluarga besar di dalam satu rumah, lalu ada kegiatan bertamu ke rumah tetangga, membagikan THR kepada anak kecil, menyuguhkan kue manis dan minuman kepada para tamu, serta masih banyak lagi kegiatan yang dilakukan saat Idul Fitri. Tetapi, karena pandemi virus corona covid-19, semua kegiatan tersebut harus ditiadakan untuk tahun ini. Untuk itu, inilah 5 kegiatan yang dapat kalian lakukan saat Idul Fitri di tengah pandemi virus corona covid-19.

1. Bermaaf-Maafan Bersama Keluarga

Kegiatan Idul Fitri yang dapat kita lakukan pertama yaitu, bermaaf-maafan bersama keluarga. Saat pandemi virus corona covid-19, kita masih bisa tetap melaksanakan kegiatan bermaaf-maafan bersama keluarga yang ada di rumah. Saat pandemi virus corona-19 kita diwajibkan untuk social distancing dan berdiam diri di rumah.

Tetapi tradisi maaf-maafan masih dapat kita lakukan bersama orang-orang di rumah. Dan hal tersebut dapat menjadi kegiatan Idul Fitri yang bisa kalian lakukan saat pandemi virus corona-19 dengan baik dan tentunya aman.

2. Melakukan Video Call Keluarga Jauh

Kegiatan Idul Fitri yang selanjutnya yaitu, melakukan video call bersama keluarga jauh. Terhalang oleh jarak, tentunya membuat kita tak dapat bertemu saat Idul Fitri. Hal tersebut tentu akan membuat sebagian orang akan sedih, apalagi saat mereka akan melakukan kegiatan lebaran sendirian. Tentu saja kesepian akan melanda mereka saat hari raya Idul Fitri tiba.

Tetapi, beruntunglah kalian telah hidup di dunia yang telah canggih seperti saat ini, kalian bisa melakukan kegiatan video call bersama keluarga yang jauh demi melepas rindu saat Idul Fitri tiba. Tentu saja hal tersebut sangat baik dilakukan melihat situasi pandemi saat ini yang belum juga usai. Kalian bisa memilih aplikasi apa yang dapat kalian pakai, saat ini sudah banyak aplikasi video call yang bisa melakukan panggilan video call lebih dari 5 orang. Dan tentu saja selain aman, rasa rindu bersama keluarga dapat terobati.

3. Mengirim Makanan Bagi Perantau

Bila kalian adalah seorang istri atau ibu rumah tangga, kalian dapat mengirim makanan lebaran pada sanak keluarga sedang merantau dan tak bisa pulang. Kalian bisa mengirim makanan yang akan dikonsumsi saat lebaran untuk mereka yang jauh dan lebaran sendiri, tentu saja makanan tersebut harus yang tahan awet ya KLovers. Kalian bisa mengirimkan rendang, sambal tumis, orak arik kentang atau tempe, kue-kue kering yang biasanya dibuat sendiri saat lebaran, dan masih banyak lagi yang dapat kalian kirimkan.

Hal tersebut tentu akan mengurangi rasa kangen mereka yang merantau terhadap rumah dan suasana lebaran. Beruntunglah saat ini jasa pengiriman barang masih bisa beroperasi, jadi kalian dapat mengirimkan makanan bagi yang sedang merantau dan jauh dari rumah saat Idul Fitri. Dan ini tentu saja menjadi kegiatan Idul Fitri yang dapat kalian lakukan saat pandemi virus corona covid-19.

4. Membagikan Makanan Pada Tetangga

Kegiatan Idul Fitri yang selanjutnya yaitu, membagikan makanan pada tetangga. Pandemi virus corona covid-19 bukan menjadi alasan buat kita untuk tak dapat berbagi kebahagiaan bersama tetangga. Bila ada tetangga yang mengalami kesulitan saat pandemi virus corona covid-19, kita sebagai tetangga wajib untuk membantu mereka.

Seperti ada tetangga yang berlebaran seorang diri, atau tetangga yang memiliki kekurangan ekonomi, satpam yang masih bekerja menjaga rumah saat pandemi, hingga penjaga masjid yang tak dapat bertemu keluarga dan harus tinggal sendiri saat pandemi virus corona covid-29. Kalian bisa mengirimkan beberapa hidangan saat Idul Fitri serta kue-kue kering untuk mereka santap, tetapi tentu saja harus tetap melaksanakan physical distancing ya KLovers, karena menjaga jarak itu penting. Bila kalian dapat membagikan kebahagiaan saat Idul Fitri, tentunya hal ini akan menjadi hal positif yang dapat kita lakukan.

5. Bersantap dan Berbincang Seharian Penuh

Dan kegiatan idul fitri yang dapat kita lakukan yang terakhir yaitu bersantap serta berbincang seharian penuh bersama keluarga di dalam rumah. Memang saat melakukan social distancing di rumah kita akan selalu melakukan kegiatan bersama keluarga di dalam rumah, tetapi tak sepenuhnya dapat berbincang. Mungkin ada yang tetap bekerja walaupun ada di rumah, ada yang tetap sibuk dengan pelajaran serta persiapan perguruan tinggi, dan kesibukan lainnya.

Tetapi saat Idul Fitri, kalian bisa melakukan kegiatan makan bersama dengan hidangan ala Idul Fitri dan berbincang seharian bersama keluarga, dan tentu saja akan menjadi hal yang menyenangkan. Kalian bisa menggelar ambal di depan tv, menyajikan semua hidangan yang kalian punya saat Idul Fitri dan melakukan makan bersama serta berbincang seharian dengan beberapa topik menarik.

Kalian dapat membahas topik apa yang akan dilakukan saat pandemi berakhir atau topik masa lalu yang mengenang bagi keluarga. Walaupun pandemi virus corona covid-19 membuat dunia menjadi dingin, tetapi kita masih bisa membuat Idul Fitri tetap hangat seperti biasa bersama dengan keluarga di rumah.

Itulah 5 kegiatan Idul Fitri yang dapat kalian lakukan saat pandemi virus corona covid-19. Semoga hal-hal di atas dapat menjadi solusi bagi para KLovers di rumah yang bingung ingin melakukan apa saat Idul Fitri tiba.

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI