5 Kota Rawan Gempa, Indonesia Harus Waspada!

Kamis, 09 Agustus 2018 13:50 Penulis: Galuh Esti Nugraini
5 Kota Rawan Gempa, Indonesia Harus Waspada!
Gempa Aceh (credit: instagram.com/danifahlevi)


Kapanlagi Plus - Selain negara Jepang, India dan Filipina ternyata Indonesia juga menjadi salah satu negara yang rawan terjadi gempa. Hal ini dikarenakan Indonesia terletak di antara Samudera Hindia dan Samudera Pasifik dan letak geologis Indonesia juga terletak pada pertemuan tiga lempeng bumi utama (lempeng Indo-Australia, lempeng Eurasia, dan lempeng Pasifik).

Secara geografis Indonesia juga terletak pada pertemuan empat tektonik yakni, lempeng benua Asia, lempeng benua Australia, lempeng samudra Hindia, dan lempeng samudra Pasifik. Ditambah lagi kondisi wilayah Indonesia yang beragam. Namun menurut Kepala badan Penelitian dan Pengembangan Kementerian PUPR, Danis H Sumadilaga, Kalimantan adalah wilayah yang paling aman.

1. Nanggroe Aceh Darussalam

Di tahun 2004 Aceh pernah mengalami gempa dengan berkekuatan besar. Berskala 9,1 sampai 9,3 SR yang mengakibatkan terjadinya tsunami. Karena kejadian tersebut Aceh pun tersapu bersih. Bahkan beberapa negara juga terkena dampak dari gempa tersebut, seperti Bangladesh, India, Myanmar, Thailand, dan Singapura.

Gempa terjadi karena adanya patahan spaly atau "patahan muncul" sekunder yang mana menyebabkan sebagaian dasar laut yang panjang dan sempit ini menjadi naik dalam hitungan detik. langsung saja gelombang menjadi tinggi dan bergerak cepat.

 

2. Daerah Istimewa Yogyakarta

Gempa terjadi di Yogyakarta pada tahun 2006. Kala itu gempa berkekuatan 5,9 SR selama 57 detik. Namun, United States Geological Survey melaporkan bahwa gempa terjadi sebesar 6,2 SR.

Gempa pun berdampak pada rusaknya rumah warga serta korban luka maupun jiwa. Kejadian tersebut pun begitu menimbulkan trauma.

3. Banten

Di awal tahun ini gempa juga terjadi di Banten dengan skala 6,1 SR. Bahkan gempa juga dapat dirasakan warga Jakarta dan sebagian Jawa Barat. Gempa susulan pun sempat terjadi meski dengan kekuatan lebih rendah.

Pantai selatan Banten memang berpotensi terjadinya gempa bahkan tsunami. Hal ini dikarenakan terletak pada pertemuan tiga lempeng atau kerak bumi aktif. Ketiga lempeng aktif itu adalah Lempeng Indo-Australia, Lempeng Eurasia dan Lempeng Pasifik.

4. Padang, Sumatera Barat

Padang juga menjadi tempat yang berpotensi gempa. Gempa pernah mengguncang Padang dengan hebatnya di tahun 2009. Berkekuatan 7,6 SR yang berpusat di lepas pantai Sumatera barat. Sekitar 59 km barat laut dari kota padang.

Gempa pun berpotensi tsunami namun beberapa saat kemudian langsung segera dicabut. Gempa pun membuat kerusakan bangunan. Bahkan suasana menjadi mencekam kala listrik dan jaringan telekomunikasi terputus.

5. Lombok, Nusa Tenggara Barat

Gempa Lombok adalah gempa yang baru saja terjadi di Indonesia. Belum genap sebulan, Lombok sudah diterpa gempa kembali. Di tanggal 5 Agustus berkekuatan 7,o SR.

Bahkan gempa susulan pun terus saja terjadi. Hingga kini telah terjadi 230 gempa susulan terjadi, meski dengan kekuatan lebih kecil.

Sumber: Merdeka.com

(kpl/gen)



MORE STORIES




REKOMENDASI