5 Manfaat Air Tajin untuk Kecantikan Kulit Wajah

Senin, 01 Juni 2020 20:45 Penulis: Dhia Amira
5 Manfaat Air Tajin untuk Kecantikan Kulit Wajah
credit: Pixabay


Kapanlagi Plus - Memiliki wajah yang sehat dan juga cerah adalah idaman setiap wanita. Dan tentu saja hal tersebut bisa didapat bila kita melakukan serangkaian perawatan. Saat ini banyak sekali perawatan wajah yang dapat dilakukan, baik itu menggunakan bahan-bahan secara praktis ataupun secara alami. Dan salah satu cara alami untuk mendapatkan kulit yang baik adalah dengan menggunakan air tajin, tentu saja manfaat air tajin ini sangat banyak untuk wajah.

Air tajin sendiri merupakan cairan putih yang ada ketika kita sedang memasak beras. Karena air tajin merupakan air beras, maka kandungan karbohidrat di dalam air tajin sangatlah tinggi. Tetapi kandungan gizinya masih di bawah susu hewani ataupun susu nabati. Sudah banyak yang mengetahui apa saja manfaat air tajin untuk bayi, tetapi tak semua para wanita tahu bahwa air tajin dapat digunakan untuk kecantikan pada wajah. Maka dari itu dilansir dari berbagi sumber, inilah 5 manfaat air tajin untuk kecantikan kulit yang perlu kamu ketahui.

1. Mencerahkan Wajah

Manfaat air tajin yang pertama yaitu dapat mencerahkan wajah. Dalam air tajin mengandung vitamin A, C, dan juga zat flavonoid yang tentu saja dapat dipercaya untuk mencerahkan kulit wajah. Itulah mengapa sudah sejak lama air tajin digunakan oleh para wanita sebagai masker wajah untuk mendapatkan sebuah wajah yang cerah.

Cara menggunakannya cukup mudah, kalian hanya perlu mengambil air tajin pada saat memasak nasi. Kemudian biarkan air tersebut dingin, bila sudah dingin dapat langsung kalian oleskan pada wajah dan diamkan hingga 30 menit. Bila sudah bisa langsung bilas menggunakan air bersih.

2. Menghilangkan Jerawat

Manfaat air tajin yang kedua yaitu dapat menghilangkan jerawat pada wajah. Hal tersebut karena, air tajin bertindak sebagai astringent yang dapat mengecilkan jerawat yang membesar. Air tajin juga dapat mengecilkan pori yang bisa membuat kulit berjerawat akibat minyak berlebih atau debu yang menempel pada kulit wajah.

Cara menggunakannya cukup mudah, pertama seperti biasa kalian bisa mengambil air tajin ketika sedang memasak nasi. Kemudian biarkan dingin, dan setelah dingin beri perasan air lemon sedikit saja. Lalu oleskan pada wajah menggunakan kuas atau bisa ditepuk-tepuk menggunakan kapas. Diamkan hingga 30 menit, bila sudah bisa langsung dibilas dengan menggunakan air bersih.

3. Menghilangkan Flek Hitam

Tak hanya dapat menghilangkan jerawat saja, ternyata manfaat air tajin selanjutnya juga dapat menghilangkan flek hitam loh KLovers. Karena di dalam air tajin terdapat kandungan vitamin E yang dipercaya dapat menghilangkan flek hitam dan juga bekas jerawat yang berubah menjadi hitam. Hal tersebut karena, di dalam vitamin E terdapat kandungan yang bisa meregenerasi kulit mati yang merupakan bekas jerawat dan flek hitam di wajah.

Dan cara menggunakannya yaitu, kalian bisa mengambil air tajin saat memasak beras, lalu dinginkan. Kemudian, campurkan air tersebut dengan bubuk kunyit dan aduk hingga membentuk pasta atau adonan kental. Bila sudah, oleskan pada wajah seperti menggunakan masker sebelum tidur dan biarkan selama 15 sampai 20 menit. Bila sudah dapat kalian bilas menggunakan air hangat.

4. Memperlancar Peredaran Darah di Wajah

Manfaat air tajin yang lainnya yaitu dapat memperlancar peredaran darah di wajah. Hal tersebut karena kandungan antioksidan di dalam air tajin serta kandungan vitamin A, C dan juga E yang dapat membantu memperlancar peredaran darah di wajah, sehingga wajah terlihat lebih cerah dan juga segar. Perawatan air tajin juga sangat baik dilakukan oleh kalian yang sedang stress atau kurang tidur, hingga membuat kulit wajah terlihat kusam dan tidak segar.

Cara menggunakan air tajin cukup mudah, kalian hanya perlu mengambil air tajin saat memasak nasi dan dinginkan. Kemudian oleskan air tajin tersebut pada wajah sembari dipijat secara halus selama 15 menit. Bila telah selesai bisa kalian usap wajah kalian menggunakan handuk hangat dan beri sedikit tepukan lembut hingga wajah merasa segar.

5. Mengencangkan Kulit Wajah

Dan manfaat air tajin yang terakhir yaitu dapat mengencangkan kulit. Sama seperti menghilangkan flek hitam, kandungan vitamin E pada air tajin juga dapat mengencangkan kulit akibat kerutan di wajah. Tak hanya itu saja, air tajin juga dapat melembabkan kulit wajah untuk mengurangi kerutan dan penuaan dini.

Cara menggunakannya cukup mudah, kalian hanya perlu mengambil air tajin dan dinginkan. Lalu oleskan air tajin pada wajah sembari dipijat-pijat secara lembut selama 10 menit sebelum tidur. Setelah itu bisa kalian bersihkan menggunakan air bersih.

Itulah 5 manfaat air tajin untuk kecantikan wajah yang bisa kalian lakukan di rumah. Perlu diingat bahwa, air tajin merupakan salah satu cara alami untuk perawatan kulit wajah, jadi perlu adanya konsistensi dan juga kesabaran agar mendapatkan hasil yang maksimal. Selamat mencoba.

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI