8 Manfaat Apel untuk Kesehatan Tubuh, Kaya Nutrisi - Cegah Diabetes

Senin, 01 Juni 2020 09:44 Penulis: Puput Saputro
8 Manfaat Apel untuk Kesehatan Tubuh, Kaya Nutrisi - Cegah Diabetes
Manfaat apel (credit: pixabay)


Kapanlagi Plus - Buah Apel merupakan salah satu jenis buah yang paling populer. Tidak hanya populer, buah yang punya cita rasa manis dan segar ini juga jadi favorit bagi sebagian orang. Buah apel bisa dinikmati dengan berbagai cara, dimakan langsung, dibuat jus, atau diolah menjadi jenis makanan lain. Tidak hanya karena rasanya yang enak, banyaknya manfaat apel untuk kesehatan tubuh juga jadi satu alasan tersendiri mengapa buah ini begitu digemari.

Bahkan, ada sebuah pepatah yang mengatakan, 'satu buah apel setiap harinya akan menjauhkan kalian dari dokter'. Agaknya, pepatah tersebut memang ada benarnya. Sebab, memang ada banyak manfaat apel untuk kesehatan tubuh. Terutama, apabila dikonsumsi secara rutin dalam jumlah yang tepat.

Berikut beberapa manfaat buah apel untuk kesehatan.

 

 

1. Kaya akan Nutrisi

Buah apel yang umumnya tumbuh di daerah dataran tinggi, mempunyai banyak kandungan nutrisi yang menyehatkan. Meski di pasaran ada banyak sekali jenis apel, seperti apel merah, apel hijau, apel fuji, dan sebagainya. Rata-rata setiap jenis apel mengandung jenis nutrisi yang sama, yaitu serat, vitamin A, vitamin C, beta karoten, serat, flavonoid, pektin, dan asam folat. Kandungan nutrisi tersebutlah yang kemudian membuat apel punya banyak manfaat.

2. Tingkatkan Daya Tahan Tubuh

Buah apel mengandung vitamin C yang cukup tinggi. Sebagaimana yang kita tahu, vitamin C dalam tubuh berperan dalam menjaga agar daya tahan tubuh stabil. Dengan terjaganya daya tahan tubuh, kita akan lebih terhindar dari berbagai macam penyakit. Namun, perlu diketahui bahwa vitamin C pada apel tidak sebanyak jeruk. Sehingga untuk mendapatkan manfaat apel yang satu ini kita harus mengonsumsi secara rutin.

3. Menurunkan Berat Badan

Manfaat apel yang pertama adalah bisa membantu menurunkan berat badan. Hal ini dikarenakan buah apel termasuk jenis buah yang mempunyai kandungan serat yang tinggi.

Sebagaimana yang kita tahu serat sangat berguna untuk menjaga kelancaran saluran pencernaan. Selain itu, kandungan serat dalam apel juga bisa memberikan efek rasa kenyang yang lebih lama. Dengan begitu, kita akan lebih mudah menahan diri untuk makan secara berlebihan. Itulah sebabnya apel menjadi salah satu buah yang cocok untuk dikonsumsi oleh kalian yang sedang memprogramkan diet.

4. Menyehatkan Pencernaan

Tidak hanya memperlancar sistem pencernaan, mengonsumsi buah apel juga bisa menyehatkan pencernaan. Untuk mendapatkan manfaat apel dalam menyehatkan pencernaan, sebaiknya buah ini dimakan beserta dengan kulitnya. Sebab, sebenarnya kandungan serat terbanyak pada apel berada di bagian kulit. Selain kaya serat, kulit buah apel juga diyakini mengandung antioksidan yang berguna untuk menangkal bakteri jahat di pencernaan.

5. Menurunkan Risiko Diabetes

Kandungan zat polifenol dalam buah apel dipercaya bisa membantu mencegah rusaknya jaringan sel beta di pankreas. Sel beta di pankreas sendiri merupakan sel tubuh yang bertugas melakukan produksi insulin. Dengan begitu, secara tidak langsung mengonsumsi buah bernama latin Malus domestica ini akan menjauhkan kalian dari risiko diabetes khususnya, tipe B.

6. Menyehatkan Jantung

Selain menyehatkan pencernaan, ternyata kandungan serat dalam buah apel juga bisa memberi manfaat untuk kesehatan jantung. Hal ini dikarenakan, salah satu jenis serat yang terdapat pada apel adalah serat larut. Serat larut ini berfungsi untuk melarutkan lemak jahat atau kolesterol. Sehingga, akan meminimalisir penyumbatan dan serangan jantung. Di samping itu, dalam apel juga terkandung antioksidan polifenol dan flavonoid, yang mampu menurunkan tekanan darah. 

7. Cegah Kanker

Seperti yang kita tahu, kandungan antioksidan biasanya menangkal paparan radikal bebas. Termasuk, radikal bebas yang bisa memicu sel kanker. Oleh karena itu, mengonsumsi apel secara rutin diyakini bisa menjauhkan kita dari risiko terkena kanker.

Untuk memaksimalkan kandungan antioksidan dalam apel, sebaiknya buah ini dikonsumsi secara langsung, dibuat jus, atau salad. Sebaiknya buah apel tidak dikonsumsi melalui proses memasak sebab dikhawatirkan akan merusak kandungan nutrisinya.

8. Menjaga Kesehatan Otak

Manfaat apel berikutnya adalah bisa menjaga kesehatan otak. Buah apel diyakini bisa menjaga kesehatan otak kita. Manfaat ini diperoleh dari kandungan antioksidan dan flavonoid. Selain menurunkan tekanan darah, kedua kandungan ini diyakini bisa mencegah matinya saraf di dalam otak. Dengan begitu, kerja otak dalam menyimpan memori akan berjalan baik, bahkan bisa mengurangi risiko alzaimer.

Nah itulah di antaranya 8 manfaat apel yang barang kali kita sudah sering makan tapi belum tahu apa manfaatnya. Konsumsi buah-buahan termasuk apel memang penting untuk kesehatan. Meski begitu, sebaiknya tetap perhatikan jumlahnya. Sebab segala sesuatu yang berlebihan tentu tidak akan baik.

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI