6 Manfaat Sambiloto untuk Kesehatan, Tingkatkan Daya Tahan Tubuh - Sehatkan Jantung

Senin, 01 Juni 2020 11:22 Penulis: Puput Saputro
6 Manfaat Sambiloto untuk Kesehatan, Tingkatkan Daya Tahan Tubuh - Sehatkan Jantung
(credit: sambiloto via okebandung.com)


Kapanlagi Plus - Sudah sejak lama masyarakat Indonesia memanfaatkan berbagai jenis tanaman sebagai media pengobatan tradisional. Wajar saja, pasalnya aneka ragam tanaman obat berkhasiat memang dengan mudah di temui di sini. Salah satu jenis tanaman berkhasiat yang banyak dimanfaatkan sebagai obat adalah sambiloto. Manfaat sambiloto untuk kesehatan memang sudah tidak perlu diragukan lagi.

Tanaman bernama ilmiah Andrographis paniculata ini sering dibuat jamu untuk mengatasi berbagai macam penyakit. Sayangnya selain terkenal berkhasiat, sambiloto juga dikenal punya rasa yang pahit. Hal inilah yang mungkin membuat banyak orang mengabaikan manfaat sambiloto untuk kesehatan. Padahal, dengan mengonsumsi sambiloto tubuh akan jadi sehat dan terhindar dari berbagai penyakit.

Berikut beberapa manfaat sambiloto untuk kesehatan, dirangkum dari berbagai sumber.

1. Menjaga Daya Tahan Tubuh

Untuk mendapatkan manfaat sambiloto, biasanya tanaman berwarna hijau ini harus diolah menjadi jamu terlebih dahulu. Caranya relatif mudah, yaitu cukup dengan merebusnya saja. Meminum jamu sambiloto secara rutin dipercaya bisa membuat daya tahan tubuh kita stabil.

Hal ini dikarenakan kandungan dalam sambiloto mempunyai sifat imunostimula yang berarti bisa mendukung kerja imunitas tubuh. Daya tahan tubuh yang stabil akan membuat kita tidak mudah terjangkit penyakit. Tidak hanya itu, kemampuan sambiloto dalam meningkatkan daya tahan tubuh juga disebabkan sifat antiinflamasi yang dimiliki tanaman ini. Sifat antiinflamasi berfungsi mengatasi peradangan.

2. Mengatasi Gejala Flu dan Pilek

Masih berkaitan dengan daya tahan tubuh, manfaat sambiloto untuk kesehatan yang kedua adalah ampuh meredakan gejala flu atau pilek. Hal ini terbukti, sebab daya tahan tubuh yang stabil akan sulit terjangkit penyakit akibat virus, seperti flu. Daya tahan yang baik juga kan membuat gejala flu atau pilek akan mereda dan hilang secara berangsur-angsur.

Dilansir dari klikdokter.com, untuk meredakan gejala flu dan pilek, sebaiknya sambiloto dikonsumsi bersama ekstrak Siberia ginseng.

3. Mengobati Sinusitis

Gangguan pernapasan sinusitis ternyata juga bisa diatasi dengan memanfaatkan sambiloto. Sinusitis umumnya disebabkan oleh bakteri di lapisan sinus. Beruntungnya, sambiloto punya sifat antibakteri dan antivirus yang bisa menghentikan gangguan bakteri yang mengakibatkan sinusitis. Dengan begitu, tanaman sambiloto jadi punya khasiat dalam menyembuhkan sinusitis.

4. Mencegah Diabetes

Diabetes jadi salah satu penyakit yang mematikan. Pasalnya penyakit yang disebabkan kadar gula dalam tubuh yang meningkat ini bisa memicu berbagai penyakit, hingga komplikasi. Salah satu jalan untuk mencegah penyakit diabetes sedini mungkin adalah dengan memperbaiki pola hidup menjadi lebih sehat. Salah satunya dengan mengontrol konsumsi asupan gula.

Selain itu, untuk menghindari diabetes juga bisa dilakukan dengan mengonsumsi sambiloto. Sebab, sambiloto diyakini bisa membantu menurunkan dan menstabilkan kadar gula dalam tubuh. Manfaat sambiloto untuk kesehatan yang satu ini sudah teruji melalui berbagai penelitian.

Dikutip dari sebuah penelitian pada Indian Journal of Pharmacology tahun 2012, mengungkap bahwa sambiloto mengandung senyawa andrographolide aktif yang bisa mempunyai efek hipoglikemik dan hipolipidemik, sehingga mampu menunrunkan risiko diabetes.

5. Menyehatkan Jantung

Manfaat sambiloto untuk kesehatan yang berikutnya berkaitan dengan kesehatan jantung. Ya, tanaman yang punya cita rasa pahit ini mampu menyehatkan organ vital manusia tersebut. Kandungan dalam sambiloto diyakini bisa mencegah adanya penggumpalan darah, yang bakal mengganggu kerja jantung.

Artinya, dengan mengonsumsi sambiloto secara rutin dipercaya akan melancarkan peredaran darah dan mencegah berbagai gangguan penyakit jantung. Tidak hanya itu, kandungan sambiloto juga diyakini akan membantu menurunkan tekanan darah yang tinggi.

6. Baik untuk Pencernaan

Selain menyehatkan jantung, sambiloto ternyata juga baik untuk kesehatan pencernaan. Sambiloto punya sejumlah khasiat untuk mengatasi berbagai masalah pencernaan seperti, diare, sembelit, sakit perut, dan sebagainya. Kemampuan ini dikarenakan sambiloto punya kandungan A. paniculata. Bahkan, selain baik untuk organ penyernaan, kandungan tersebut juga bisa bermanfaat untuk mencegah kerusakan hati.

Itulah di antaranya 6 manfaat sambiloto untuk kesehatan. Kalian bisa memanfaatkan tanaman obat ini untuk mencegah dan menyembuhkan beberapa penyakit, seperti yang sudah disebutkan di atas. Meski begitu, kalian tetap perlu memperhatikan takaran atau jumlah yang dikonsumsi. Sebab, dikhawatirkan konsumsi yang berlebihan justru bisa memicu terjadinya efek samping yang malah bisa membahayakan kesehatan.

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI