Manfaat Puasa Syawal Usai Ramadan, Lengkap dengan Niat dan Keutamaannya

Senin, 03 Mei 2021 13:11 Penulis: Dhia Amira
Manfaat Puasa Syawal Usai Ramadan, Lengkap dengan Niat dan Keutamaannya
Ilustrasi (credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Puasa Syawal merupakan ibadah puasa sunnah yang dikerjakan pada bulan Syawal. Ibadah puasa sunnah ini dilaksanakan selama enam hari pada bulan Syawal. Dan tentunya ada banyak sekali manfaat puasa Syawal yang bisa kalian dapatkan.

Setelah bulan puasa Ramadan berlalu, umat muslim akan bertemu dengan hari kemenangannya di tanggal 1 Syawal. Dan biasanya di tanggal inilah kita akan melakukan kegiatan berpuasa. Walaupun sunnah, nyatanya puasa Syawal memiliki banyak sekali manfaat dan keutamaan, dari segi kesehatan hingga iman pada Allah SWT. Untuk kalian yang ingin melaksanakan puasa Syawal setelah Ramadan, maka kalian perlu mengetahui hal-hal berikut ini.

Untuk itu dilansir dari berbagai sumber, inilah 5 manfaat puasa Syawal beserta dengan niat dan keutamaannya. Yuk langsung saja dicek KLovers.

 

1. Pengertian Puasa Syawal

Sebelum mengetahui apa manfaat puasa Syawal, kalian harus mengetahui terlebih dahulu apa itu puasa Syawal. Puasa Syawal merupakan ibadah puasa sunnah yang dikerjakan pada bulan Syawal. Ibadah puasa sunnah ini dilaksanakan selama enam hari pada bulan Syawal. Umat muslim dianjurkan untuk mengerjakan puasa Syawal karena memiliki berbagai macam keutamaan.

Status hukum puasa syawal yaitu sunnah untuk umat muslim yang tidak memiliki tanggungan puasa wajib, baik itu qadha puasa Ramadan atau puasa nazar. Sehingga bagi umat muslim yang memiliki utang selama bulan Ramadan karena uzur, maka status hukum menjadi makruh.

Umumnya puasa syawal dikerjakan selama enam hari berturut-turut setelah hari raya Idul Fitri, yaitu tanggal 2 hingga 7 Syawal. Meskipun demikian, puasa Syawal juga dapat dikerjakan tidak berurutan, sehingga tetap mendapat manfaat dan keutamaan.

 

2. Manfaat Puasa Syawal

Puasa Syawal merupakan ibadah sunnah bagi muslim yang ingin mendapatkan sebuah kebaikan dalam hidup. Dan berikut ini beberapa manfaat puasa Syawal yang dapat kalian rasakan:

- Manfaat puasa Syawal setelah Ramadan akan menyempurnakan ganjaran berpuasa setahun penuh.

- Puasa Syawal dan puasa Sya'ban seperti halnya shalat rawatib qobliyah dan ba'diyah. Amalan sunnah seperti ini akan menyempurnakan kekurangan dan cacat yang ada dalam menjalankan amalan wajibnya. Setiap orang pasti memiliki kekurangan dalam menjalankan amalan wajib. Nah, pada amalan sunnah inilah yang nanti akan menyempurnakannya.

- Kalau kalian membiasakan diri untuk berpuasa setelah puasa Ramadan, maka akan diterima seluruh amalan puasa Ramadan kamu. Karena jika Allah SWT menerima amal seorang hamba, pasti Dia menolongnya dalam meningkatkan perbuatan baik setelahnya.

- Mendapatkan pahala pada hari hari raya Idul Fitri yang merupakan hari pembagian hadiah. Maka dengan membiasakan puasa setelah Idul Fitri ini menjadi bentuk rasa syukur atas nikmat yang telah diberikan.

- Di antara manfaat puasa Syawal 6 hari adalah amal-amal yang dikerjakan seorang hamba untuk mendekatkan diri kepada Tuhannya pada bulan Ramadan tidak terputus dengan berlalunya bulan mulia ini, selama ia masih hidup.

 

3. Keutamaan Puasa Syawal

Tidak hanya manfaat puasa Syawal saja, kalian juga bisa mengetahui banyak sekali keutamaan dari puasa Syawal. Dan berikut ini beberapa keutamaan puasa Syawal yang bisa kalian ketahui:

- Seperti puasa setahun

Salah satu keistimewaan puasa Syawal adalah bagai menjalankan puasa selama satu tahun. Keutamaan tersebut dijelaskan dalam sebuah hadis riwayat Muslim nomor 1164 yang menyebutkan bahwa, "Barangsiapa yang berpuasa Ramadan kemudian berpuasa enam hari di bulan Syawal, maka dia berpuasa seperti setahun penuh."

- Menyempurnakan ibadah

Sebagai ibadah sunnah, puasa Syawal dapat menutup kekurangan dan menyempurnakan ibadah wajib. Puasa Syawal mampu menyempurnakan kekurangan-kekurangan yang ada pada bulan Ramadan karena, manusia tidak luput dari berbagai kesalahan selama menjalankan ibadah puasa Ramadan.

- Ganjaran 10 kali lipat

Puasa Syawal dapat membuat orang yang melakukannya diberi ganjaran pahala sepuluh kali lipat. Hal itu dijelaskan dari hadis yang diriwayatkan oleh Abu Ayyub yang berbunyi, "Barangsiapa mengerjakan puasa enam hari bulan Syawal selepas Idul Fitri berarti ia telah menyempurnakan puasa setahun penuh. Dan setiap kebaikan diganjar sepuluh kali lipat."

- Tanda diterimanya amalan puasa Ramadan

Jika Allah SWT menerima amalan seseorang, maka Dia akan menunjuk pada amalan selanjutnya. Jika Allah SWT menerima amalan puasa Ramadan, maka Dia akan menunjuk amalan lainnya, di antaranya ialah puasa enam hari di bulan Syawal.

- Mendapatkan pertolongan dari Rasulullah SAW

Orang yang berpuasa Syawal telah menghidupkan sunnah yang diajarkan Rasulullah. Dalam sebuah hadis yang diriwayatkan At Tirmidzi menyebutkan bahwa, "Siapa yang menghidupkan sunnahku maka sungguh ia mencintaiku, dan siapa yang mencintaiku bersamaku di surga."

- Menjadi tanda peningkatan iman

Dengan menjalankan ibadah puasa Syawal menjadi tanda bahwa iman seseorang sebagai Muslim sudah semakin meningkat. Karena itulah bulan ini disebut bulan Syawal, yang artinya bulan peningkatan. Jadi jangan ragu untuk melaksanakan ibadah Syawal.

 

4. Niat Puasa Syawal

Seperti ibadah lainnya, sebelum memulai puasa akan lebih baik jika kalian melafalkan bacaan niat. Meskipun niat bisa ditanamkan dalam hati, namun kalian bisa semakin meningkatkan fokus ibadah dengan membaca niat puasa Syawal. Berikut ini doa niat puasa syawal tersebut:

"Nawaitu shauma ghadin 'an ada'i sunnatis Syawwâli lillahi ta'ala."

Artinya: Aku berniat puasa sunah Syawal esok hari karena Allah SWT.

Namun untuk kalian yang mendadak di pagi harinya ingin mengamalkan puasa Syawal ini, diperbolehkan baginya untuk berniat sejak kalian berkehendak puasa sunnah. Karena kewajiban niat di malam hari hanya berlaku untuk puasa wajib.

Sedangkan untuk puasa sunnah, niat boleh dilakukan di siang hari sejauh yang bersangkutan belum makan, minum, dan hal-hal lain yang membatalkan puasa sejak subuh. Maka dianjurkan juga untuk melafalkan niat puasa syawal 6 hari di siang hari. Berikut lafalnya:

"Nawaitu shauma hadzal yaumi 'an ada'i sunnatis Syawwali lillahi ta'ala."

Artinya: Aku berniat puasa sunah Syawal hari ini karena Allah SWT.

Itulah 5 manfaat puasa Syawal beserta dengan niat dan keutamaannya. Semoga dengan mengetahui manfaat niat puasa Syawal tersebut kalian bisa melaksanakan puasa Syawal dengan baik karena Allah Ta'ala.

 

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI