Niat Sujud Tilawah dan Tata Caranya Lengkap Beserta Doanya yang Perlu Diketahui Umat Muslim

Senin, 03 Mei 2021 11:44 Penulis: Nurul Wahida
Niat Sujud Tilawah dan Tata Caranya Lengkap Beserta Doanya yang Perlu Diketahui Umat Muslim
Ilustrasi (credit: pixabay.com)


Kapanlagi Plus - Sujud tilawah adalah salah satu sujud yang dapat dikerjakan di dalam sholat ataupun di luar sholat. Namun sujud tilawah hanya dapat dikerjakan ketika umat muslim mendengar dan membaca salah satu penggalan ayat sajdah dalam Al-Quran. Sedangkan untuk melaksanakannya ada niat sujud tilawah dan bacaan doa yang perlu diketahui umat muslim.

Ayat sajdah dalam Al-Quran dapat ditandai dengan simbol seperti kubah atau tugu yang bisa dijumpai dalam sejumlah penggalan ayat di dalam kitab suci Al-Quran. Dimana ketika seseorang mendengarkan atau membaca ayat sajdah maka disunnahkan untuk melakukan sujud. Sujud inilah yang dikenal dengan nama sujud tilawah.

Ada dua macam sujud tilawah yang perlu diketahui umat muslim yakni sujud tilawah di dalam sholat dan sujud tilawah di luar sholat. Artinya ketika sholat membaca ayat sajdah dalam Al-Quran maka disunnahkan untuk melakukan sujud tilawah.

Begitu pula ketika menjumpai ayat sajdah dalam Al-Quran tapi di luar sholat juga disunnahkan melakukan sujud tilawah. Sujud tilawah ini dikerjakan sebagai bentuk ketaatan kepada Allah SWT dan tunduk akan perintah-NYA.

Sehingga memahami bagaimana bacaan niat sujud tilawah yang perlu kalian ketahui sebelum mengerjakannya. Berikut ini niat sujud tilawah dan tata caranya lengkap dengan doa usia sujud.

 

1. Hukum Sujud Tilawah

Sebelum membahas mengenai niat sujud tilawah, ada baiknya mengetahui hukum sujud tilawah yang bisa dikerjakan setiap umat muslim setelah mendengar dan membaca penggalan ayat sajdah. Adapun bunyi hadis tentang sujud tilawah sebagai berikut.

Dari Ibnu Umar r.a, "Sesungguhnya Rasulullah SAW. Suatu saat beliau pernah membaca Al-Quran di depan kami, maka ketika beliau sampai pada ayat sajdah, beliau takbir dan bersujud, dan kami pun ikut bersujud bersama beliau (HR. Abu Dawud)" hadis yang juga sama diriwayatkan oleh Imam Bukhari.

Begitu pula sejumlah hadis lainnya yang membahas mengenai sujud tilawah sebagai berikut,

Abu Hurairah bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: "Ketika anak adam membaca ayat As-Sajdah kemudian ia bersujud maka setan menyendiri dan menangis. Ia berkata, celaka, anak adam diperintah untuk bersujud dan ia pun bersujud maka baginya surga. Dan aku telah diperintah untuk bersujud namun aku menolak maka bagiku neraka." (HR. Muslim)

Dilansir dari brilio.net disebutkan bahwa menurut pendapat jumhur (mayoritas) ulama, hukum melaksanakan sujud tilawah adalah sunnah. Sedangkan menurut pendapat Ats Tasauri, Abu Hanifah, salah satu pendapat Imam Ahmad dan Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah disebutkan bahwa hukum sujud tilawah adalah wajib.

 

2. Macam-Macam Sujud Tilawah

Seperti disinggung pada ulasan sebelumnya, sujud tilawah memiliki dua macam yakni sujud tilawah yang dilakukan ada di dalam sholat serta sujud tilawah di luar sholat. Adapun mengenai penjelasan secara rincinya sebagai berikut.

- Sujud tilawah di dalam sholat:

Sujud tilawah yang terdapat di dalam sholat dilakukan ketika membaca penggalan ayat sajdah dalam Al-Quran ketika sholat. Maka disunnahkan untuk melaksanakan satu kali sujud tilawah lalu membaca doa sujud tilawah. Setelah membaca doa selanjutnya langsung berdiri dan melanjutkan bacaan ayat tersebut untuk melanjutkan sholat.

Apabila menjumpai ayat sajdah ketika melaksanakan sholat jamaah, maka sujud tilawah dilakukan dengan mengikuti imam sholat. Artinya jika imam tidak melaksanakan sujud tilawah maka makmum tidak perlu melaksanakan sujud tilawah.

- Sujud tilawah di luar sholat:

Sedangkan sujud tilawah yang dilaksanakan di luar sholat dapat dikerjakan ketika mendengar atau membaca ayat sajdah. Ketika mendengar atau membaca ayat sajdah tersebut maka disunnahkan melakukan sujud tilawah.

 

3. Bacaan Niat Sujud Tilawah

Adapun bacaan niat sujud tilawah dapat diamalkan sebelum mengerjakan sujud tilawah. Berikut ini bacaan niat sujud tilawah yang perlu diketahui apabila ingin melaksanakan sujud tilawah.

"Nawaitu sujuuda taalaawati sunnattan lillaahi ta'aala"

Artinya:

"Aku melakukan sujud tilawah sunah kerana Allah Ta'ala"

 

4. Bacaan Doa Sujud Tilawah

Setelah membaca niat sujud tilawah, ada bacaan doa ketika melakukan sujud tilawah yang perlu dibaca ketika melaksanakannya. Berikut ini bacaan doa saat sujud tilawah dilansir dari brilio.net sebagaimana disebutkan oleh Imam Nawawi dalam kitab Raudlatut Thalibin yakni,

"Sajada wajhiya lil ladzi khalaqahu wa shawwarahu wa syaqqa sam'ahu wa basharahu bi haulihi wa quwwatihi"

Artinya:

"Bersujud wajhku kepada dzat yang telah menciptakannya, telah membentuknya, telah membukakan pendengaran dan penglihatannya dengan daya dan kekuatan-Nya"

Ada juga bacaan doa yang disunnahkan ketika melakukan sujud tilawah sebagai berikut,

"Allahummaktub liy biha 'indaka ajraa, waj'alha liy 'indaka dzukhran, wa dhao' 'anniy biha wizro, waqbalha minniy kama qabiltaha min 'abdika dawuda 'alaihissalam"

Artinya:

"Ya Allah, tetapkanlah pahala untukku di sisi-Mu dengan sujud ini, jadikanlah sujud ini sebagai tabunganku di sisi-Mu, lepaskanlah dosa-dosaku melalui sujud ini, terimalah sujud ini dariku sebagaimana Engkau menerimanya dari hamba-Mu Nabi Daud."

 

5. Tata Cara Sujud Tilawah

Adapun setelah mengetahui niat sujud tilawah, doa sujud tilawah, maka dapat melaksanakan tata cara sujud tilawah dengan langkah-langkahnya sebagai berikut. Tata cara sujud tilawah ini dilaksanakan satu kali sujud yang mana serupa seperti menjalankan ibadah sholat. Secara lebih lengkap dan rincinya berikut tata cara sujud tilawah dilansir dari NU Online.

- Sujud tilawah di dalam sholat:

Dilaksanakan setelah membaca ayat sajdah.

Melakukan takbir tanpa mengangkat tangan.

Langsung sujud tilawah sebanyak satu kali.

Membaca doa sujud tilawah.

Bangun dari sujud dan berdiri lagi melanjutkan sholat.

(Apabila ayat sajdah dibaca pada pertengahan surat maka bisa segera melanjutkan bacaan surat sampai selesai dan melanjutkan sholat hingga salam. Sedangkan jika ayat sajdah di baca di akhir surat maka setelah bangun dari sujud dapat sejenak berdiri dan lebih disukai membaca sedikit ayat lalu melanjutkan sholat hingga salam.)

- Sujud tilawah di luar sholat:

Berwudhu terlebih dahulu.

Menghadap ke arah kiblat.

Takbiratul ihram dengan mengangkat kedua tangan.

Bertakbir.

Lalu langsung melakukan sujud tilawah tanpa mengangkat kedua tangan.

Sujud satu kali.

Bangun dan duduk sejenak tanpa membaca takhiyat.

Langsung membaca salam.

 

6. Ayat Sajdah dalam Al-Quran

Ada sejumlah ayat sajdah yang bisa dijumpai dalam surat Al-Quran. Adapun ayat sajdah dalam Al-Quran tersebut sebagai berikut.

- Al-a'raf ayat 206.

- Ar-Rad ayat 15.

- An-Nahl ayat 50.

- Al-Isra ayat 107 - 109.

- Maryam ayat 58.

- Al-Hajj ayat 18.

- Al-Hajj ayat 77.

- Al-Furqan ayat 60.

- An-Naml ayat 25-26.

- As-Sajdah ayat 15.

- Shad ayat 24.

- Fushshilat ayat 37-38.

- An-Najm ayat 62.

- Al-Insyiqaq ayat 20 - 21.

- Al-Alaq ayat 19.

Nah itulah niat sujud tilawah dan tata caranya lengkap beserta doanya yang perlu diketahui umat muslim. Sejumlah ulasan di atas dapat menjadi referensi  buat kalian untuk melaksanakan sujud tilawah.

Sumber: Brilio.net, NU Online

 

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI