82 Kata-Kata Bijak tentang Hujan Penuh Makna, Ajarkan Sikap Bijaksana dalam Hidup

Selasa, 29 Juni 2021 13:56
82 Kata-Kata Bijak tentang Hujan Penuh Makna, Ajarkan Sikap Bijaksana dalam Hidup
Ilustrasi (credit: feepik)


Kapanlagi Plus - Hujan kini tidak saja dilihat sebagai fenomena alam biasa. Hujan seringkali dikaitkan dengan kondisi hati perasaan seseorang. Tak sedikit pula orang yang memaknai hujan sebagai hal penuh makna. Dari hujan, orang-orang banyak belajar tentang kebijaksanaan dalam hidup. Kata-kata bijak tentang hujan akan menunjukkan pesan bijaksana yang tersembunyi di balik rintikan hujan.

Ya, dari hujan kita memang bisa belajar banyak hal. Sayangnya, tak semua orang bisa melihat kebijaksanaan yang dimiliki hujan. Saat hujan turun, justru tak sedikit orang yang mengutuknya. Memang, diperlukan sikap bijaksana untuk bisa memahami makna tersembunyi dari hujan. Kata-kata bijak tentang hujan akan membuka mata hati dan pikiran kita untuk bisa lebih bijaksana.

Dihimpun dari berbagai sumber, berikut kata-kata bijak tentang hujan yang penuh makna dan banyak beri pelajaran hidup berharga.

 

 

1. Kata-Kata Bijak tentang Hujan Penuh Makna

Di balik setiap tetes hujan yang turun ke bumi, tersimpan makna dan pelajaran berharga. Dari hujan, seseorang bisa belajar bagaimana menjadi pribadi yang bijaksana. Tak salah, banyak orang yang menganggap hujan lebih dari fenomena alam biasa. Berikut kata-kata bijak tentang hujan yang penuh makna.

1. "Belajarlah dari hujan. Ia jatuh, namun tetap kembali."

2. "Tak ada yang lebih tabah dari pada hujan bulan Juni, di rahasiakannya rintik rindunya kepada pohon yang berbunga." - Sapardi Djoko Damono

3. "Jika engkau menginginkan pelangi, engkau harus menerima hujan."

4. "Pagi, hujan, dan segelas kopi. Kamu punya samudera untuk bahagia, kenapa memilih berenang di kolam kesedihan?"

5. "Ketenangan bukanlah berdiri di bawah payung ketika hujan, tetapi ketika mampu menari di bawah hujan."

6. "Pelangi yang muncul setelah hujan menjadi janji alam jika masa buruk telah berlalu, dan masa depan akan baik-baik saja."

7. "Bila bisa diibaratkan, hidup terkadang akan seperti hujan. Bila Kamu tak ingin tenggelam dalam tetesannya, maka berteduhlah."

8. "Hujan bagaikan isyarat cinta yang tak sempat disampaikan langit kepada bumi."

9. "Jika rintik hujan tak mampu menghapus sedihku, maka aku berharap matahari datang esok hari membawa mimpi baru."

10. "Pernahkah kau bayangkan, setegar apa embun yang dibasuh hujan di suatu pagi."

11. "Sebagian orang merasakan hujan. Lainnya hanya merasakan basah." - Bob Marley

12. "Mengapa hujan memilih menginjak bumi? Karena hujan tau, bumi selalu memiliki cara agar hujan bisa kembali ke awan."

13. "Hujan ialah tempat pelarian yang indah, tempat paling mudah untuk menyembunyikan perasaan yang membuncah ruah."

14. "Cinta yang tulus bagaikan rintikan hujan, selalu menenangkan dari gelisah, selalu menyenangkan dari resah".

 

 

2. Kata-Kata Bijak tentang Hujan Inspiratif

Hujan yang turun ke bumi, mampu memberikan ketenangan di hati dan pikiran seseorang. Oleh karena itu, hujan juga sering dijadikan sebagai sumber inspirasi dalam mengambil keputusan dan menjalani hidup. Berikut kata-kata bijak tentang hujan yang bisa jadi sumber inspirasi.

15. "Hujan yang turun membasahi bumi, mampu memberikan faedah pada setiap makhluk-Nya. Masihkah Kamu enggan untuk bersyukur?"

16. "Dari hujan aku belajar bahasa air bagaimana berkali-kali jatuh tanpa sedikitpun mengeluh pada takdir." - Firman Nofeki

17. "Hujan selalu kembali walau telah jatuh berkali-kali, seolah tidak peduli berapa banyak sakit yang dia rasakan".

18. "Hujan di pagi hari, itu juga anugerah-Nya, tak perlu menggerutu dalam hati, sudah cukup saja disyukuri, semoga hujan membawa berkah pagi ini".

19. "Belajarlah dari hujan, meski terjatuh berulang kali namun ia tidak pernah berhenti memberikan ketentraman dan kesuburan pada bumi walau kita tahu terjatuh itu sangat sakit."

20. "Hujan tidak hanya datang sendirian Ia datang bersama kesejukan, hal buruk tidak datang sendirian ia datang bersama pembelajaran."

21. "Jika mendung pagi ini berakhir dengan hujan, itulah takdir Tuhan. Tapi jika mendung di pikiran mengeliminasi kebahagiaan, itulah kerugian."

22. "Bila bisa diibaratkan, hidup terkadang akan seperti hujan. Bila kamu tak ingin tenggelam dalam tetesannya, maka berteduhlah."

23. "Kedatangan hujan benar-benar menyejukkan hati, begitu juga padamu. Tapi ketika hujan pergi pamit, aku takut apakah kamu juga akan begitu?"

 

 

3. Kata-Kata Bijak tentang Hujan Menyentuh

Tak bisa dipungkiri, hujan bisa sangat mempengaruhi suasana hati seseorang. Oleh sebab itu, kata-kata tentang hujan selalu ditulis dengan bahasa yang lembut dan menyentuh. Berikut kata-kata bijak tentang hujan yang mampu menyentuh lubuk hati terdalam.

24. "Derasnya hujan yang setiap hari turun dari langit dengan memberikan sejuta manfaat bagi manusia, namun derasnya hujan sama halnya sama dengan cintamu kepadaku yang selalu memberikan berbagai macam cerita dalam hidupku."

25. "Semua orang ingin bahagia, tak ada yang ingin bersedih, namun kamu tak akan bisa melihat pelangi tanpa ada hujan."

27. "Kamu tahu hal yang paling romantis dari hujan? Dia selalu mau kembali, meski tahu rasanya jatuh berkali-kali".

28. "Tetes hujan yang menguntai bumi hanya menjadi teman sepi, sedang dingin ini, hanya sebagai penggambaran hati. Maka biarlah jarak yang menjadi saksi terpisahnya hati ini."

29. "Ketika hujan turun, tidak hanya membawa sejuta kenangan indah bersamamu, namun juga membawa sejuta keberkahan untuk bumi ini."

30. "Kamu bagaikan hujan dan aku hanyalah rintik bumi yang gersang, yang kalau turun turun kamu sirami aku dengan rintik kebahagiaan."

31. "Sebab setelah hujan selalu ada seseorang yang datang sebagai pelangi, dan memelukmu. Aku ingin orang itu selamanya".

32. "Siap-siap hujan akan turun dengan derasnya kenangan, dinginnya kerinduan, basahnya tangisan, dan butuh kehangatan dari seseorang."

33. "Bagiku, hujan bukan pembatas yang menimbulkan rindu. Namun hujanlah yang akan menyampaikan rinduku kepadamu."

34. "Sederas apapun ia turun, semenakutkan apapun ia turun, sesakit apapun ia turun, hujan tetaplah air yang akan selalu menghadirkan suatu kenangan dan kelembutan."

35. "Hujan dan kamu adalah rindu. Kita kan menikmatinya dalam senja-senja beranjak pulang. Dalam rasa sayang yang tak akan pernah hilang. Bahkan saat hujan telah berhenti."

36. "Sebab langit-Nya adalah candu. Terang membawa riang, dan hujan membawa rindu yang tak berkesudahan."

37. "Kedatangan hujan benar-benar menyejukkan hati, begitu juga padamu. Tapi ketika hujan pergi pamit, aku takut apakah kamu juga akan begitu?"

 

 

4. Kata-Kata Bijak tentang Hujan Bangkitkan Semangat

Hujan bisa dianggap sebagai berkah yang patut disyukuri. Dengan begitu, suasana hati dan semangat tak akan padam meski cuaca sedang hujan. Berikut kata-kata bijak tentang hujan yang bisa bangkitkan semangat.

38. "Pelangi yang muncul setelah hujan menjadi janji alam jika masa buruk telah berlalu, dan masa depan akan baik-baik saja."

39. "Semua pasti akan menjadi lebih baik, sekarang mungkin Anda menghadapi badai tapi ingat hujan pasti akan berhenti."

40. "Setelah hujan, matahari akan muncul kembali. Begitu juga dengan kehidupan, setelah rasa sakit, bahagia akan datang."

41. "Ketika hujan turun, tidak hanya membawa sejuta kenangan indah bersamamu, namun juga membawa sejuta keberkahan untuk bumi ini."

42. "Saat hujan turun di pagi hari, aku enggan untuk mengeluh, karena yang aku lihat, Pagi tidak pernah berubah, pagi adalah waktu untuk melangkah Selamat pagi sahabat, selamat beraktivitas."

43. "Orang-orang yang berpikir sinar matahari adalah sebuah kebahagiaan, belum pernah merasakan bersusah payah dan berusaha dalam kehujanan."

44. "Dan alasan kedua hujan turun ke bumi adalah untuk menghembuskan rasa rindu di hati para manusia." - Alit Susanto

45. "Hidup ini penuh dengan keindahan. Perhatikan itu. Perhatikan lebah kecil, anak kecil, dan wajah-wajah yang tersenyum. Hirup aroma hujan, dan rasakan angin. Jalani hidupmu dengan potensi penuh, dan berjuang untuk impianmu."

46. "Hujan membawa ketenangan, namun aku tetap selalu menyukainya, meski aku tau dia menghilangkan sinar kehidupan dan membawa pada kegelapan."

47. "Jika saya bisa berjalan tegak di bawah terik matahari, lalu saya harus bisa melakukan hal yang sama dalam kecepatan hujan." - Bambang Pamungkas

48. "Tanpa hujan kita tidak akan pernah merasakan berterima kasih dari hangatnya matahari."

49. "Tanpa hujan tidak ada yang tumbuh, Belajarlah untuk menghadapi badai dalam hidupmu."

 

 

5. Kata-Kata Bijak tentang Hujan Beri Pelajaran Hidup

Hujan tak saja romantis, di balik setiap rintiknya juga tersimpan berbagai pelajaran tentang kebijaksanaan. Dengan memaknai arti di balik rintik hujan, kita bisa memperoleh pelajaran hidup berharga. Berikut kata-kata bijak tentang hujan yang bisa memberi pelajaran hidup berharga.

50. "Pelangi yang muncul setelah hujan adalah janji alam bahwa masa buruk telah berlalu dan masa depan akan baik-baik saja."- Windry Ramadhina, Walking After You

51. "Untuk melihat indahnya pelangi, kamu harus sabar dulu menunggu hujannya reda." - Ilham Gunawan

52. "Awan mengapung dalam hidup saya, tidak lagi untuk membawa hujan atau mengantarkan badai, tetapi untuk menambah warna langit matahari terbenam saya." - Rabindranath Tagore

53. "Sebagian orang merasakan hujan. Lainnya hanya merasakan basah." -Bob Marley

54. "Pilot yang terampil mendapatkan reputasi mereka dari badai dan prahara." - Epicurus

55. "Hujan memainkan lagu tidur kecil di atap kita di malam hari dan aku suka hujan." - Langston hughes

56. "Rayakan hujan; itu hanya berarti matahari akan bersinar lebih besar dan lebih terang dari sebelumnya."

57. "Hanya beberapa orang terpilih yang dapat melihat keindahan sejati yang ada di balik apa yang tampak seperti hari hujan atau langit kelabu." - Jessica M. Laar

58. "Bersyukurlah atas hujan dalam hidupmu yang menyirami bunga-bunga jiwamu."- Jonathan Lockwood Huie

59. "Jangan bingung antara jalanmu dengan tujuanmu. Hanya karena badai sekarang, bukan berarti kamu tidak menuju sinar matahari."

60. "Benar, matahari dan angin menginspirasi. Tapi, hujan punya keunggulan. Lagipula, siapa yang bermimpi menari dalam debu? Atau berciuman di bawah terik matahari?" - Cynthia Barnett

61. "Matahari setelah hujan jauh lebih indah daripada matahari sebelum hujan." - Mehmet Murat Ildan

62. "Jika memang hujan itu masalah buatmu, mestinya kau menghadapinya langsung, bukan malah menghindarinya dengan memakai payung. Kau tidak menikmati hidup jika terus lari dari masalah."

63. "Nasibmu adalah nasib yang sama dari semua; Dalam setiap kehidupan, beberapa hujan harus turun." - Henry Wadsworth Longfellow

64. "Berikan penghargaan yang baik bagi orang lain yang bisa menghangatkan hatinya di enam bulan musim hujan." - Stephen Covey

65. "Seperti langit terbuka setelah hari hujan, kita harus terbuka untuk diri kita sendiri. Belajar mencintai diri sendiri apa adanya dan terbuka sehingga dunia dapat melihat Anda bersinar." - James Poland

66. "Tuhan itu baik untuk semua orang. Matahari menyinari orang baik dan orang jahat, dan hujan juga menyirami keduanya. Tuhan tidak memilih hujan hanya untuk orang jahat. " - Mariano Rivera

67. "Jika hujan merusak piknik kami, tetapi menyelamatkan panenan petani, siapakah kami mengatakan bahwa hujan tidak boleh turun?" - Tom Barrett

6. Kata-Kata Bijak tentang Hujan Bahasa Inggris

Kata-kata hujan dalam bahasa Inggris bisa jadi sumber inspirasi dalam menjalani hari-hari. Pasalnya, kata-kata ini memuat makna yang begitu dalam dan bisa saka sesuai dengan kehidupan setiap orang. Berikut kata-kata bijak tentang hujan dalam bahasa Inggris.

68. "It will never rain roses: when we want to have more roses we must plant more trees." - George Eliot

(Tidak akan pernah ada hujan mawar: ketika kita ingin memiliki mawar lebih banyak, maka harus menanam pohon lebih banyak.)

69. "The best thing one can do when it’s raining is to let it rain." - Henry Wadsworth Longfellow

(Hal terbaik yang bisa dilakukan saat hujan adalah membiarkan turunnya hujan.)

70. "Let the rain kiss you. Let the rain beat upon your head with silver liquid drops. Let the rain sing you a lullaby." - Langston Hughes

(Biarkan hujan menciummu. Biarkan hujan turun di kepalamu dengan tetes cairan perak. Biarkan hujan menyanyikan lagu pengantar tidur.)

71. "One can find so many pains when the rain is falling." - John Steinbeck

(Orang bisa menemukan begitu banyak rasa sakit saat hujan turun.)

72. "Some people walk in the rain, others just get wet." - Roger Miller

(Beberapa orang berjalan dalam hujan, yang lainnya hanya menjadi basah.)

73. "The three great elemental sounds in nature are the sound of rain, the sound of wind in a primeval wood, and the sound of outer ocean on a beach." - Henry Beston

(Tiga suara elemental yang hebat di alam adalah suara hujan, suara hembusan angin di kayu purba, dan suara laut di pantai lepas.)

74. "No person has the right to rain on your dreams." - Marian Wright Edelman

(Tidak ada orang yang berhak menurunkan hujan pada mimpimu.)

76. "Rain is grace: rain is the sky descending to the earth: without rain, there would be no life." - John Updike

(Hujan adalah anugerah: hujan adalah langit yang turun ke bumi: tanpa hujan, tidak akan ada kehidupan.)

77. "Tears of joy are like the summer rain drops pierced by sunbeams." - Hosea Ballou

(Air mata kegembiraan ibarat tetesan air hujan musim panas yang ditembusi sinar matahari.)

78. "Without rain, there is no life." - Jerry Yang

(Tanpa hujan, tidak ada kehidupan.)

79. "There are many things I do for amusement, but for happiness, I like to gather up my memories and go for a walk in the rain." - Robert Brault

(Ada banyak hal yang saya lakukan untuk kesenangan, tetapi kebahagiaan yang saya suka adalah mengumpulkan kenangan dan berjalan-jalan di tengah hujan.)

80. "A rainy day is an equalizer. You don’t know what’s going to happen. You just take what you can get." - Charlie Harvey

(Musim hujan adalah penyeimbang. Kamu tak tahu apa yang akan terjadi. Kamu hanya dapat mengambil apa yang bisa kamu dapatkan.)

81. "The rain begins with a single drop." - Manal al-Sharif

(Hujan dimulai dengan satu tetesan.)

82. "The way I see it, if you want the rainbow, you gotta put up with the rain." - Dolly Parton

(Caraku melihatnya adalah, jika kamu ingin (melihat) pelangi, maka kamu harus tahan dengan hujan.)

Itulah di antaranya 82 kata-kata bijak tentang hujan yang penuh makna. Semoga bermanfaat dan bisa menginspirasi!

(kpl/psp)



MORE STORIES




REKOMENDASI