64 Kata-Kata Cinta untuk Anak Berupa Nasihat Penuh Ketulusan Sebagai Bekal Kehidupan

Rabu, 28 Juli 2021 16:44 Penulis: Anik Setiyaningrum
64 Kata-Kata Cinta untuk Anak Berupa Nasihat Penuh Ketulusan Sebagai Bekal Kehidupan
Ilustrasi (Credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Mengungkapkan rasa cinta kepada anak merupakan hal yang sudah seharusnya dilakukan orang tua. Tak hanya kata-kata cinta untuk anak, kalian pun perlu memberi nasihat tentang kehidupan sebagai bekal masa depan. Meski tak mudah, kalian harus tetap melakukannya agar anak merasa dapat perhatian dari orang tua.

Kata-kata cinta untuk anak penting kalian ungkapkan karena mereka memang perlu tahu bahwa kehadiran mereka dihargai dengan cinta. Jangan sampai anak tumbuh dengan perasaan tak berharga hingga minder sebab tak terbiasa mendapat perhatian di dalam rumah.

Nah, mengingat pentingnya hal tersebut, kalian perlu membiasakan diri memberi ucapan kata-kata cinta untuk anak. Jika masih bingung, kalian bisa membaca beberapa referensi yang dilansir dari beberapa sumber berikut ini.

1. Kata-Kata Cinta untuk Anak Berupa Nasihat

Mencintai anak bukan berarti menuruti semua keinginannya. Kalian bisa menunjukkan rasa cinta itu melalui nasihat untuk mencapai kebaikan. Nah, dengan kata-kata cinta untuk anak berikut ini kalian bisa melakukan keduanya. Mengungkapkan rasa cinta sekaligus nasihat bijak bisa dilakukan bersamaan.

1. "Mencintai anak tidaklah cukup, yang terpenting adalah anak-anak menyadari bahwa mereka dicintai orang tuanya." - St. John Bosco

2. "Orangtuamu tidak pernah ingin kamu menjadi seperti mereka tapi mereka ingin kamu menjadi lebih baik dari mereka."

3. "Saat hidupmu bahagia, ibumu tidak pernah memintamu untuk membagi kebahagiaanmu kepadanya, tapi saat kamu terluka ibumu selalu datang untuk menerima bagian dari lukamu."

4. "Sebuah harapan akan menguatkanmu untuk terus bermimipi, maka teruslah berharap sesuatu yang baik."

5. "Saat semua orang menghina dan menjauhimu karena kekalahanmu, tapi saat itu ibumu tidak pernah menjauh atau pun malu untuk tetap bersamamu."

6. "Sesulit apapun masalah yang kamu hadapi cobalah untuk selalu sabar menghadapinya, karena dengan kesabaran masalah apapun akan mudah diselesaikan."

7. "Seberat apa pun masalah yang ibu hadapi, tidak ada halangan yang bisa menghentikan kasih ibu pada anaknya."

8. "Anakku, jangan bersedih meski tadi Ibu memeluk dirimu sejenak saja, karena yang perlu kamu tahu, hati ibu memelukmu selamanya."

9. "Selalu mencoba menyemangatkan pagi, bahkan ayah pun selalu tampak bersemangat, walau hidup terasa berat."

10. "Cinta ibu itu seperti kehidupan ini, tanpa perlu engkau minta, tanpa perlu engkau, ia pasti datang dengan sendiri."

11. "Tak ada manusia yang menyayangimu melebihi ibu kamu. Dan dia tetap rela menyayangimu meskipun bukan ia yang paling kamu sayangi."

12. "Ibu yang sangat mencintaimu mendengar apa yang kamu katakan bahkan memahami apa yang belum engkau katakan."

13. "Tak ada yang kekal di dunia ini nak, termasuk juga masalahmu nak. Bersabarlah... semua akan indah pada waktunya."

14. "Kita boleh berharap, tapi tidak bermimpi kosong, cobalah untuk menjadikannya nyata nak, walau tidak sempurna."

15. "Saat jalan yang dilalui kian berliku, maka beristirahatlah sebentar. Tenangkan pikiran dan temukan jalan keluarnya."

16. "Masalah itu pasti ada. Di sini kamu menjadi belajar, bagaimana menyikapi dan menyelesaikan secara baik."

17. "Jika cinta itu ialah rasa peduli, maka sebabnya ayah selalu menasihati tiap kesalahan anak-anaknya."

18. "Dan cinta ibu itu seperti kehidupan ini, tanpa perlu engkau minta, tanpa perlu engkau, ia pasti datang dengan sendiri."

19. "Walau mustahil menjadi ibu yang sempurna, namun seorang ibu pasti berusaha untuk menjadi ibu terbaik bagi anak-anaknya."

20. "Hidup memang tak selalu berjalan mulus sesuai keinginan. Ketika kamu jatuh dan terpuruk, ada ibu yang akan selalu mendampingimu."

21. "Nak, kita dilahirkan oleh Tuhan hidup di dunia ini dalam keadaan berbeda-beda bentuk. Kenapa kamu harus takut untuk berbeda dalam hal-hal yang bersifat kebenaran, bahkan cita-cita sekalipun jangan pernah takut."

22. "Sepintar apapun kamu ibu tetap akan bilang 'Jangan pernah berhenti mendengarkan nasehat' karena hati akan buta jika kehilangan nasihat."

23. "Menyelesaikan sebuah tanggungjawab itu bagaikan sebuah petualangan. Ketika kau bisa melakukannya, kau tau siapa pemenangnya."

2. Kata-Kata Cinta untuk Anak Penuh Ketulusan dari Para Tokoh

Jika tak terbiasa mengungkapkan kata-kata cinta untuk anak secara terus terang, kalian bisa mencoba beberapa kutipan berikut ini. Kalian bisa memilihnya sesuai nilai yang ingin kalian tanamkan pada anak. Dengan begitu, tak hanya ungkapan cinta yang kalian berikan, tapi juga petuah bijak sebagai bekal kehidupan bagi mereka kedepannya.

24. "Bersyukurlah atas apa yang kamu miliki; kamu akan berakhir dengan memiliki lebih banyak. Jika kamu berkonsentrasi pada apa yang tidak kamu miliki, kamu tidak akan pernah memiliki cukup." - Oprah Winfrey

25. "Cobalah untuk tidak menjadi orang sukses, melainkan mencoba menjadi orang yang berharga." - Albert Einstein

26. "Jangan takut untuk membuat sebuah kesalahan. Tapi pastikan kamu tidak melakukan kesalahan yang sama dua kali." - Akio Morit

27. "Meraih kesuksesan besar adalah bukti bagi semua orang lain bahwa bisa mencapainya juga." - Abraham Lincoln

28. "Mimpi tidak pernah menyakiti siapapun jika kamu terus bekerja tepat di belakang mimpi itu untuk mewujudkannya semaksimal mungkin." - F. W. Woolworth

29. "Seorang juara hanyalah seseorang yang tidak menyerah saat menginginkannya." - Tom Landry

30. "Setiap anak adalah seorang seniman. Masalahnya sekarang bagaimana tetap menjadi seorang seniman ketika kita tumbuh dewasa." - Pablo Picasso

31. "Teruslah tersenyum, karena hidup itu indah dan ada banyak hal yang bisa disyukuri." - Marilyn Monroe

32. "Tetapkan tujuan, tantang diri kamu dan capai tujuan tersebut. Hiduplah dengan sehat dan hitunglah setiap waktu yang kamu miliki. Bangkitlah mengatasi rintangan dan fokus pada yang positif." - Robbert H. Goddard

33. "Anak terlahir ke dunia dengan kebutuhan untuk disayangi tanpa kekerasan, bawaan hidup ini jangan sekalipun didustakan." - Widodo Judarwanto

34. "Anak-anak adalah pesan yang kita kirimkan ke masa yang tak akan kita temui." - John F. Kennedy

35. "Jangan paksa anakmu untuk menjadi seperti dirimu karena mereka tidak terlahir di zamanmu." - Ali bin Abi Thalib

36. "Jika kamu ingin anakmu berkembang, biarkan mereka mendengar hal baik yang kamu katakan tentang mereka kepada orang lain." - DR Haim Ginott

37. "Kehidupan, cinta dan canda tawa - sebuah hadiah tak ternilai bagi anak-anak kita." - Phyllis Dryden

38. "Sukses, dan bahkan hidup itu sendiri, tidak akan berarti apa-apa jika saya tidak memiliki anak di sisi saya. Mereka berarti segalanya." - Jude Law

3. Kata-Kata Cinta untuk Anak Bahasa Inggris

Mengungkapkan betapa besar cinta kalian terhadap anak-anak merupakan hal penting. Meski begitu, mengungkapkan rasa cinta memang tak harus secara eksplisit, kalian bisa menyatakannya lewat kata-kata cinta untuk anak dalam bahasa Inggris seperti berikut ini.

39. "Do you ever look at your child and just smile? Not because your child did something amazing, just smiling because you know how blessed you really are."

(Apakah kamu pernah melihat anakmu dan hanya tersenyum? Bukan karena anakmu melakukan sesuatu yang luar biasa, hanya tersenyum karena kamu tahu betapa diberkatinya Kamu sebenarnya.)

40. "I've never loved anybody the way I love my children." - Katey Sagal

(Saya tidak pernah mencintai seseorang seperti saya mencintai anak-anak saya.)

41. "My feeling of responsibility for the safety and well-being of my children is so strong, that should an asteroid threaten to wipe out all life on earth, I would still hold myself responsible for their fate." - Boghos L. Artinian

(Perasaan tanggung jawab saya atas keselamatan dan kesejahteraan anak-anak saya begitu kuat, sehingga jika asteroid mengancam untuk memusnahkan semua kehidupan di bumi, saya akan tetap menganggap diri saya bertanggung jawab atas nasib mereka.)

42. "I love my children. They allow me to be late to everything without having to take the blame."

(Saya mencintai anak-anak saya. Mereka mengizinkan saya untuk terlambat dalam segala hal tanpa harus disalahkan.)

43. "As soon as this child was born I immediately wanted to call my parents and just apologise because I never knew how much they loved me." - Ashton Kutcher

(Begitu anak ini lahir, saya langsung ingin menelepon orang tua saya dan hanya meminta maaf karena saya tidak pernah tahu betapa mereka mencintai saya.)

44. "We never know the love of a parent till we become parents ourselves." - Henry Ward Beecher

(Kita tidak pernah tahu cinta orangtua sampai kita sendiri menjadi orangtua.)

45. "Telling my children I love them isn't a habit. It is my constant reminder to them that they are the best thing that has ever happened to me."

(Memberitahu anak-anak saya bahwa saya mencintai mereka bukanlah kebiasaan. Ini adalah pengingat saya kepada mereka bahwa mereka adalah hal terbaik yang pernah terjadi pada saya.)

46. "My children are delightful people whom I would love even if they weren't my children." - Toni Morrison

(Anak-anak saya adalah orang-orang yang menyenangkan yang akan saya cintai bahkan jika mereka bukan anak-anak saya.)

47. "When my child says, 'I love you, Mommy,' I wonder if they have any idea that I love them a billion times more."

(Ketika anak saya berkata, 'Aku mencintaimu, Bu', saya bertanya-tanya apakah mereka tahu bahwa saya mencintai mereka satu miliar kali lebih banyak.)

48. "If there must be trouble, let it be in my day, that my child may have peace." -Thomas Paine

(Jika harus ada masalah, biarlah itu terjadi pada hari saya, agar anak saya memiliki kedamaian.)

49. "I don't remember who said this, but there really are places in the heart you don’t even know exist until you love a child." - Anne Lamott

(Saya tidak ingat siapa yang mengatakan ini, tetapi sebenarnya ada tempat di hati yang bahkan tidak kamu ketahui keberadaannya sampai kamu mencintai seorang anak.)

50. "Without my children, my house would be clean, my wallet would be full, and my heart would be empty."

(Tanpa anak-anak saya, rumah saya akan bersih, dompet saya akan penuh, dan hati saya akan kosong.)

51. "No one prepared me for just how much love I would have for my child."

(Tidak ada yang mempersiapkan saya untuk seberapa besar cinta yang akan saya miliki untuk anak saya.)

52. "If I had to choose between breathing and loving my children, I would use my last breath to tell them 'I love you.'"

(Jika saya harus memilih antara bernafas dan mencintai anak-anak saya, saya akan menggunakan nafas terakhir saya untuk memberi tahu mereka 'Aku mencintaimu'.)

53. "The greatest gift I can give to my children is my time, my love, and my attention."

(Hadiah terbesar yang bisa saya berikan kepada anak-anak saya adalah waktu saya, cinta saya, dan perhatian saya.)

54. "Loving a child doesn't mean giving in to all his whims; to love him is to bring out the best in him, to teach him to love what is difficult." - Nadia Boulanger

(Mencintai seorang anak tidak berarti menyerah pada semua keinginannya; mencintainya berarti mengeluarkan yang terbaik dalam dirinya, mengajarinya mencintai apa yang sulit.)

55. "And she loved a little boy very much, even more than she loved herself." - Shel Silverstein

(Dan dia sangat mencintai seorang anak, bahkan lebih dari dia mencintai dirinya sendiri.)

56. "No matter what, I want my children to know they were wished for, longed for, prayed for, and that they are forever loved."

(Tidak peduli apa, saya ingin anak-anak saya tahu bahwa mereka diharapkan, dirindukan, didoakan, dan bahwa mereka selamanya dicintai.)

57. "My children may not get everything they want, but they have a mom that loves them more than anything."

(Anak-anak saya mungkin tidak mendapatkan semua yang mereka inginkan, tetapi mereka memiliki seorang ibu yang mencintai mereka lebih dari apapun.)

58. "Everything I thought I'd hate about having children, the crying, the screaming - nothing fazes me. I love it all, and it's relaxed me." - Elton John

(Semua yang saya pikir saya benci tentang memiliki anak, tangisan, jeritan - tidak ada yang mengganggu saya. Saya suka semuanya, dan itu membuat saya rileks.)

59. "I love my children beyond all reason. They're my joy, even when they're wild with kid energy." - Christopher Meloni

(Saya mencintai anak-anak saya melebihi semua alasan. Mereka adalah kegembiraan saya, bahkan ketika mereka liar dengan energi anak-anak.)

60. "As a mother, I'm not perfect. I make mistakes. I forget things. I lose my cool. And some days I go a little crazy. But it's okay because, in the end, no one could ever love my child the way I do."

(Sebagai seorang ibu, saya tidak sempurna. Saya membuat kesalahan. Aku melupakan hal-hal. Aku kehilangan ketenanganku. Dan beberapa hari saya menjadi sedikit gila. Tapi tidak apa-apa karena, pada akhirnya, tidak ada yang bisa mencintai anak saya seperti saya.)

61. "A baby is something you carry inside you for nine months, in your arms for three years, and in your heart until the day you die." - Mary Mason

(Seorang bayi adalah sesuatu yang kamu bawa di dalam dirimu selama sembilan bulan, di tanganmu selama tiga tahun, dan di dalam hatimu sampai hari kamu mati.)

62. "Making the decision to have a child - it is momentous. It is to decide forever to have your heart go walking outside your body." - Elizabeth Stone

(Membuat keputusan untuk memiliki anak - itu penting. Ini untuk memutuskan selamanya agar hatimu berjalan di luar tubuhmu.)

63. "A mother's love for her child is like nothing else in the world." - Agatha Christie

(Cinta seorang ibu untuk anaknya tidak seperti yang lain di dunia ini.)

64. "Mother love is the fuel that enables a normal human being to do the impossible." -Marion C. Garretty

(Cinta ibu adalah bahan bakar yang memungkinkan manusia normal melakukan hal yang mustahil.)

Itulah kata-kata cinta untuk anak yang bisa kalian sampaikan sebagai nasihat dan bekal bagi mereka dalam mengarungi kehidupan.

(Sumber: Brilio.net, Brightcolormom.com)

(kpl/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI