Doa Menyambut Hari Raya Idul Fitri Lengkap Beserta Artinya

Rabu, 05 Mei 2021 11:33 Penulis: Dhia Amira
Doa Menyambut Hari Raya Idul Fitri Lengkap Beserta Artinya
Ilustrasi (credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Hari raya Idul Fitri merupakan sebuah momen yang paling membahagiakan dan ditunggu-tunggu oleh seluruh umat muslim di dunia. Tidak heran bila hari raya Idul Fitri, atau bisa dibilang sebagai salah satu hari raya kemenangan menyuguhkan banyak sekali momen indah. Tidak hanya melakukan sholat Idul Fitri saja, kalian juga bisa merayakan hari raya Idul Fitri dengan doa menyambut hari raya Idul Fitri.

Bagi kalian yang ingin bertemu dengan teman hingga keluarga, maka kalian bisa membacakan doa menyambut hari raya Idul Fitri ini agar mendapatkan kebaikan dari Allah SWT. Untuk itu dilansir dari berbagai sumber, berikut ini beberapa doa menyambut hari raya Idul Fitri yang lengkap dengan artinya.

 

1. Doa Menyambut Hari Raya Idul Fitri

Idul Fitri bukan hanya melaksanakan sholat Ied saja, namun kalian juga bisa membaca doa. Doa menyambut Idul Fitri juga merupakan hal baik yang dicontohkan oleh sahabat Nabi. Seperti yang tertuang di dalam kitab Fathul Bari Juz II halaman 446 sebagai berikut.

Ibnu Hajar Al Asqalani (pengarang kitab Fathul Bari) berkata, "Telah sampai kepada kami riwayat dengan sanad yang hasan dari Jubair bin Nufair, ia (Jubair bin Nufair) berkata: Jika para sahabat Rasulullah saling bertemu di hari raya, sebagiannya mengucapkan kepada sebagian lainnya:

- "Taqabbalallahu minnaa wa minka."

Ada beberapa versi doa yang bisa kamu baca menjelang Idul Fitri. Di antaranya:


- "Taqobalallahu minna wa minkum."

Artinya: Mudah-mudahan Allah menerima (amal ibadah) kita dan kalian.


- "Taqobalallahu minna wa minkum, taqabbalallahu minna wa minkum wa taqabbal ya kariim."

Artinya: Mudah-mudahan Allah menerima amal ibadah kita dan kamu semua, dan terimalah ya (Allah) yang maha Mulia.


- "Taqabbalallaahi minnaa wa minkum taqabbal yaa kariim, wa ja'alanaallaahu wa iyyaakum minal 'aaidin wal faaiziin wal maqbuulin kullu 'aamin wa antum bi khair."

Artinya: Semoga Allah menerima (amal ibadah) kami dan kamu, wahai Allah Yang Maha Mulia, terimalah!

 

2. Jawaban untuk Doa Hari Raya Idul Fitri

Bagi kalian yang mendengar dengan doa hari raya Idul Fitri, maka kalian harus menjawab doa tersebut. Dan berikut ini doa jawaban untuk doa hari raya Idul Fitri:

"taqobalallahu minna wa minkum", maka kamu bisa membalasnya dengan "minna waminkum taqobbal ya karim."

Segala sesuatu yang disampaikan dengan baik, maka akan mendapatkan yang baik pula. Membaca doa dalam berbagai kesempatan akan membuat seseorang menjadi lebih tenang dan fokus dalam menjalani berbagai aktivitas.

Doa memiliki kekuatan tersendiri, orang yang selalu membaca doa sebelum melakukan aktivitas atau dalam kesempatan apa pun akan membuat dirinya menjadi lebih tenang, karena itu merupakan cara ia bersyukur dan percaya Allah akan selalu menjaganya.

Itulah doa menyambut hari raya Idul Fitri yang lengkap beserta dengan artinya. Semoga dengan membaca doa menyambut hari raya Idul Fitri ini ibadah di bulan Ramadan kalian semakin indah dan sempurna.

 

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI