6 Cara Membuat Kimchi ala Korea Buatan Sendiri, Mudah dan Enak

Penulis: Nurul Wahida

Diperbarui: Diterbitkan:

6 Cara Membuat Kimchi ala Korea Buatan Sendiri, Mudah dan Enak
Cara membuat kimchi (credit: freepik.com)

Kapanlagi.com - Bagi penggemar drama Korea dan musik Korea tentunya sudah tak asing lagi dengan kimchi yang cukup populer di tanah air. Terbuat dari sejumlah sayur segar seperti sawi putih, lobak dan timun, kimchi memiliki rasa segar dan asam. Tak perlu membeli, rupanya cara membuat kimchi cukup mudah dan bisa dipraktikkan dengan bahan lokal.

Sukses dengan sejumlah tayangan drama dan musiknya, makanan khas Korea Selatan juga tak kalah mencuri perhatian. Mulai dari kimbap, bibimbap, bulgogi, ramyeon, serta kimchi. Diantara makanan tersebut yang paling populer dan bikin penasaran masyarakat salah satunya adalah kimchi.

Kimchi merupakan sajian makanan khas Korea yang diproses dengan cara fermentasi dengan bumbu rempah pilihan. Diantara bumbu rempah tersebut seperti cuka, garam, udang krill, kecap ikan, bawang putih, jahe dan bubuk cabai merah yang dicampurkan menjadi satu. Warna merah kimchi diperoleh dari olesan bubuk cabai yang memberikan sensasi rasa pedas. Kimchi umumnya dibuat dengan sayuran segar seperti sawi putih, timun dan lobak yang memiliki tekstur renyah dan segar.

Di Korea, kimchi menjadi makanan tradisional yang kerap ditambahkan dalam sejumlah hidangan seperti ramen, sup atau kimchi jjigae ataupun kimchi fried rice dan dalam setiap makanan harian masyarakat lokalnya tak ketinggalan menyediakan kimchi sebagai makanan pelengkap. Diproses melalui fermentasi, kimchi rupanya menawarkan beragam manfaat bagi kesehatan. Sebab kandungan bakteri baik dalam kimchi melalui proses fermentasi tersebut memberikan manfaat seperti menyehatkan pencernaan, mengontrol kadar kolesterol, mencegah penuaan dini bahkan bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Kini menikmati sajian kimchi tak perlu jauh-jauh ke Korea, sebab cukup banyak produk kimchi mudah diperoleh di tanah air dengan berbagai rasa yang ditawarkan. Namun kalian juga bisa membuat kimchi sendiri dengan bahan lokal yang ada. Cara membuat kimchi ala Korea cukup mudah dipraktikkan dengan bahan terjangkau. Untuk mengetahui resep dan cara membuat kimchi selengkapnya simak beberapa ulasan di bawah ini.

 

 

 

1. Cara Membuat Kimchi Sawi Putih

Cara membuat kimchi sawi putih menjadi sajian paling umum dan populer. Setelah melalui proses fermentasi bersama bahan bumbu rempah pilihan, sawi putih tersebut akan memiliki tekstur lunak namun tetap segar. Adapun resep dan cara membuat kimchi sawi putih terdapat dalam beberapa Langkah berikut dilansir dari cookpad.com.

Bahan dasar membuat kimchi sawi putih:

- 1 buah sawi putih ukuran besar.

- 1 buah wortel, iris memanjang.

- 2 buah daun bawang, iris memanjang.

- 1/2 bawang bombay, iris.

- 3 sdm garam.

Bahan saus kimchi:

- 4 siung bawang putih, haluskan.

- 2 cm jahe, parut.

- 3 sdm bubuk cabai.

- 2 sdm kecap ikan.

-1 sdm gula pasir.

- 1 sdm tepung beras.

- 250 ml air.

Cara membuat kimchi sawi putih:

- Langkah pertama dalam membuat kimchi sawi putih adalah dengan memotong sawi menjadi 4 bagian sama besar dan memanjang. Sebab dengan membagi dalam beberapa bagian tersebut akan memudahkan dalam membersihkan sawi sekaligus saat bumbu lebih meresap saat proses oles rempah. Selanjutnya cuci hingga bersih dan tiriskan,

- Setelah dicuci bersih, beri tiap helai sawi dengan garam, usahakan agar memberi garam secara merata di setiap bagian. Lalu diamkan selama kurang lebih satu jam. Setiap 30 menit sekali sawi dibolak balik agar merata secara sempurna.

- Selanjutnya cuci sawi hingga bersih sampai garam yang menempel hilang lalu tiriskan.

- Setelah itu buat saus kimchi dengan memasak air bersama tepung beras dan gula hingga mengental, lalu biarkan dingin sesuai suhu ruangan.

- Siapkan wadah lalu masukkan wortel, daun bawang, bawang bombay, bawang putih halus, jahe parut, bubuk cabai, kecap ikan, dan saus beras campur sampai merata.

- Lalu masukkan sawi putih yang telah dicuci bersih, aduk dan campur merata.

- Selanjutnya simpan kimchi 2-3 hari dalam wadah tertutup agar lebih nikmat untuk dikonsumsi atau kalian juga bisa langsung menikmatinya segar setelah diberi bumbu rempah tersebut.

 

 

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Cara Membuat Kimchi Lobak

Sama seperti membuat kimchi sawi putih, cara membuat kimchi lobak tak beda jauh. Adapun resep dan cara membuat kimchi lobak bisa kalian praktikkan sendiri di rumah dengan resep dan cara membuat sebagai berikut dilansir dari Instagram lysa_tangkulung.

Bahan dasar membuat kimchi:

- 1 sdm gula.

- Cabai bubuk secukupnya.

- 1 buah lobak putih.

- 2 siung bawang putih.

- 1/2 sdt garam.

- 1/2 ruas jahe.

Cara membuat kimchi lobak:

- Langkah pertama membuat kimchi lobak adalah dengan mengupas lobak lalu cuci dan potong dadu kotak.

- Setelah itu siapkan bahan bumbu lainnya, lalu beri taburan gula, garam aduk sampai merata.

- Diamkan selama 30 menit, lalu aduk setiap 10 menit sekali agar bumbu meresap sempurna.

- Campurkan lobak dengan jahe, bawang putih cincang dan cabai bubuk.

- Selanjutnya diamkan selama dua hari dalam suhu ruangan. Lalu masukkan ke dalam lemari es.

- Kimchi lobak siap disajikan.

 

 

 

3. Cara Membuat Kimchi Labu Siam

Labu siam juga dapat digunakan sebagai bahan dasar membuat kimchi yang nikmat dan enak. Cara membuat kimchi labu siam tak kalah mudah dan bisa kalian praktikkan sendiri di rumah. Berikut resep dan cara membuat kimchi labu siam dilansir dari dapur_yushima.

Bahan dasar membuat kimchi:

- 2 labu siam.

- 2 sdm garam.

- Daun bawang, potong serong.

- 4 sdm cabai bubuk.

Bumbu halus untuk kimchi:

- 4 siung bawang merah.

- 2 siung bawang putih.

- 1 jempol jahe.

- 3 sdm soy saus atau fish sauce.

Cara membuat kimchi:

- Langkah pertama untuk membuat kimchi adalah merendam labu siam dalam wadah yang berisi air dan garam serta cuka apel selama 15 menit untuk membersihkan dari kotoran yang menempel.

- Lalu tiriskan labu siam, potong dadu dan buang bijinya.

- Selanjutnya beri taburan 1 sdm garam, aduk sampai merata. Diamkan selama 30 menit, namun setiap 10 menit aduk kembali agar bumbu meresap dan merata.

- Setelah 30 menit, labu siam akan mengeluarkan banyak air. Gunakan air tersebut untuk blender bumbu, namun perhatikan kadar keasinannya.

- Lalu blender bahan bumbu campurkan ke dalam potongan labu bersama daun bawang dan bubuk cabai. Aduk rata.

- Kimchi labu siam siap dikonsumsi ataupun disimpan beberapa hari untuk fermentasi.

 

 

 

4. Cara Membuat Kimchi Timun

Cara membuat kimchi berbahan dasar timun cukup mudah dilakukan. Terlebih timun tersebut akan memberikan rasa segar dan renyah seperti acar pada umumnya. Adapun resep dan cara membuat kimchi timun terdapat dalam resep di bawah ini dilansir dari cookpad.com.

Bahan dasar membuat kimchi:

- 500 gram timun.

- 1 sdm garam.

- 35 gram daun bawang.

- 2 siung bawang putih.

- 50 gram wortel.

- 50 gram bawang bombay.

- 25 gram gocha gru.

- 1 1/2 sdm kecap ikan.

- 1/2 sdm gula.

- 30 ml air.

- 1/2 sdm wijen.

Cara membuat kimchi timun:

- Langkah pertama membuat kimchi adalah mencuci bersih semua bahan. Lalu memotong timun menjadi 4 bagian sama besar dan memanjang jangan sampai terputus pada pangkal.

- Selanjutnya taburi garam di setiap permukaan, diamkan selama 20 menit.

- Iris tipis wortel dan daun bawang.

- Lalu risi bawang bombay dan cincang halus bawang putih, masukkan irisan sayur ke dalam wadah.

- Tambahkan garam, kecap ikan, gochugaru dan wijen.

- Aduk sampai merata, sisihkan.

- Cuci timun lalu masukkan sayuran ke dalam sela-sela timun.

- Lakukan hingga semua timun terisi dengan sayur, lalu masukkan ke dalam wadah. Tunggu selama 8 jam untuk fermentasi, lalu masukkan ke dalam lemari es.

- Kimchi timun dapat dimakan langsung atau difermentasi kembali agar rasanya semakin asam dan segar.

 

 

 

5. Cara Membuat Kimchi Jjigae

Setelah mengetahui cara membuat kimchi origina, kalian juga dapat mengolah kimchi menjadi makanan menarik lainnya salah satunya kimchi jjigae. Sajian makanan ini merupakan sajian sup khas Korea dengan tambahan bahan lainnya termasuk kimchi. Adapun resep dan cara membuat kimchi jjigae sebagai berikut dilansir dari cookpad.com.

Bahan dasar membuat kimchi:

- 150 gram daging potong sesuai selera.

- 750 ml air kaldu.

- 215 gram kimchi.

- 1/2 kotak tahu sutera.

- 2 lembar odeng.

- 1 buah sosis.

- 1 buah bombay.

- 1 batang prei.

- 1 sdm full gochujang.

- Kecap asin secukupnya.

- Wijen secukupnya.

- Cabai bubuk secukupnya.

- Garam, gula, merica, dan kaldu jamu secukupnya.

Cara membuat kimchi:

- Langkah pertama membuat kimchi jjigae adalah masukkan bombay yang sudah dipotong, bawang pre bagian putih iris serong, daging, gochujang dan kimchi.

- Selanjutnya tuan kaldu, dan rebus selama 20 menit dengan api sedang.

- Lalu siapkan bahan lainnya dan setelah 20 menit, tambahkan garam, gula, kaldu jamur, minyak wijen, kecap asin, cabai bubuk. Koreksi rasa.

- Lalu masukkan odeng dan tahu masak selama 10 menit.

- Setelah itu masukkan sosis masak sebentar selama 2 menit dn matikan api,

- Beri irisan daun pre bagian hijau, kimchi jjigae siap disajikan.

 

 

 

6. Cara Membuat Kimchi Daun Bawang

Daun bawang juga dapat ditambahkan menjadi bahan dasar membuat kimchi. Cara membuat kimchi daun bawang juga cukup mudah dipraktikkan dengan resep sebagai berikut dilansir dari koreanbapsang.com.

Bahan dasar membuat kimchi:

- Daun bawang secukupnya.

- 4 sdm bubuk cabai.

- 4 sdm kecap ikan.

- 2 sdt gula.

- 1 sdm bawang putih, cincang.

- 1 sdt jahe parut.

- 1 buah cumi-cumi kering seberat 3 ons.

Cara membuat kimchi daun bawang:

- Langkah pertama membuat kimchi daun bawang bersihkan daun bawang dari akar dan daun kering. Cuci beberapa kali, lalu tiriskan.

- Campurkan semua bahan bumbu menjadi satu dalam wadah terpisah.

- Lalu potong cumi kering menjadi tipis dan kira-kira 2 inci. Jika terlalu keras rendam dalam air agar agak lunak.

- Balurkan bahan bumbu dengan daun bawang secara merata beserta cumi yang sudah dipotong.

- Lalu lipat daun bawang yang telah diolesi bumbu halus dan simpan dalam wadah tertutup.

- Simpan dalam suhu kamar selama sehari penuh, lalu dinginkan. Kimchi dapat langsung dikonsumsi ataupun disimpan selama 2-3 minggu di lemari es agar memiliki rasa yang lebih asam dan segar.

Nah itulah 6 cara membuat kimchi ala Korea buatan sendiri mudah dan enak. Selamat mencoba KLovers.

 

 

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending