6 Cara Membuat Toping Donat dari Coklat Bubuk yang Bikin Ketagihan

Senin, 17 Juni 2019 16:14 Penulis: Wuri Anggarini
6 Cara Membuat Toping Donat dari Coklat Bubuk yang Bikin Ketagihan
┬ęShutterstock

Kapanlagi Plus - Inovasi nggak hanya jalan mengiringi perkembangan teknologi dan informasi. Di dunia boga, para pecinta masak-memasak juga terus berusaha menyempurnakan yang sudah ada. Termasuk untuk cara membuat toping donat dari cokelat bubuk.

Pada mulanya, donat merupakan menu yang sederhana dengan toping nggak neko-neko. Awalnya, roti yang digoreng ini dinikmati secara ‘tawar,' hanya terbuat dari adonan tepung terigu, gula, telur, dan mentega. Tapi seiring dengan berkembangnya zaman, manusia akhirnya punya ide untuk tambahin ‘rasa' pada donat dengan menemukan cara membuat toping donat dari cokelat bubuk, jelly, selai, krim, custard, dan lain sebagainya.

Lalu siapakah tangan-tangan kreatif yang menciptakan panganan donat ini? Banyak yang bilang bahwa kue ini sebenarnya berasal dari Belanda. Lalu idenya dibawa oleh para imigran yang berpindah ke Amerika dan menetap di sana.

Ada juga legenda lain tentang donat, yaitu diciptakan oleh seorang kapten kapal bernama Hanson Gregory. Pria asal Denmark ini merasa kerepotan memegang kemudi sambil menikmati roti santapannya. Menurutnya cara ini nggak praktis banget, apalagi kalau kapal lagi terombang-ambing badai. Mungkin karena sebel, biar roti nggak jatuh, Kapten Hanson akhirnya menusukkan kue ke kemudi kapal. Alhasil, tengahnya pun jadi bolong dan akhirnya menjadi cikal bakal dari donat.

Seperti yang disebutkan di atas bahwa ada banyak jenis toping donat, salah satunya adalah cokelat. Kebanyakan para pembuat donat menggunakan cara yang mudah, yaitu menggunakan cokelat batangan yang dilelehkan terlebih dahulu sebelum disiramkan di atas permukaan donat. Tapi ternyata ada alternatif lainnya, yaitu cara membuat toping donat dari cokelat bubuk.

Pastinya, cara membuat toping donat dari coklat bubuk memiliki tantangan tersendiri. Prosesnya bisa dibilang lebih rumit kalau dibandingkan dengan cokelat batangan. Tapi tentunya cara ini lebih mudah mengingat coklat bubuk bisa didapatkan di mana saja, nggak seperti cokelat batangan yang hanya tersedia di toko bahan kue atau supermarket saja.

Buat yang pengen tantangan, berikut adalah cara membuat toping donat dari cokelat bubuk. Yuk, dicoba dan dirasakan hasilnya.

1. Beli Coklat Bubuknya Dulu, Dong!

©Pexels©Pexels

Karena akan belajar cara membuat toping donat dari cokelat bubuk, berarti kamu harus persiapkan bahan utamanya, yaitu cokelat bubuk. Seperti yang disebutkan di atas, cokelat bubuk lebih mudah didapatkan ketimbang cokelat masak bentuk batangan. Tinggal cari saja di toko-toko terdekat dan kamu akan mendapatkan produknya.

2. Persiapkan Juga Bahan-Bahan Lainnya

©Shutterstock©Shutterstock

Demi mensukseskan cara membuat toping donat dari coklat bubuk, berarti nggak hanya butuh coklat bubuk saja. Kamu juga harus bikin roti donatnya. Pastinya harus mempersiapkan bahan-bahan pembuat adonan rotinya, dong. Beberapa bahan yang harus dipersiapkan adalah tepung terigu, gula pasir, ragi instan, baking powder, garam, telur, mentega, serta susu cair.

3. Siapin Racikan Toping Coklatnya

©Shutterstock©Shutterstock

Sebelum memulai bikin donat, yuk, bikin dulu topingnya. Beberapa bahan yang dibutuhkan untuk membuat toping donat dari coklat bubuk adalah sebagai berikut:

  • Coklat bubuk 27 gr.
  • Ekstrak vanili 2 sendok teh.
  • Gula halus 150 gr.
  • Madu 1 sendok makan.
  • Susu cair 4 sendok makan.

Cara membuat toping donat dari coklat bubuk adalah dengan mencampurkan bahan-bahan yang ada, yaitu coklat bubuk, gula halus, susu atau air, madu, dan vanili ke dalam wadah berukuran sedang. Kemudian aduk dengan penuh percaya diri hingga merata. Kalau cara membuat toping donat dari coklat bubuk benar, hasilnya nggak ada gumpalan pada adonan tersebut.

4. Bikin Toping Coklat Donat dari Serbuk Minuman

©Pexels©Pexels

Pengen toping coklat donatmu punya cara lain? Boleh coba menggunakan bahan serbuk minuman rasa coklat. Beberapa bahan yang diperlukan sebagai cara membuat toping donat dari cokat bubuk adalah adalah sebungkus serbuk minuman rasa coklat, direkomendasikan Chocolatos, satu sachet SKM, serta air putih secukupnya.

Cara membuat toping donat dari coklat bubuk Chocolatos sangat mudah. Tinggal campurkan semua bahan toping lalu aduk sampai merata. Catatan, tambahin Chocolatosnya pelan-pelan aja. Sambil diaduk, tuangkan sedikit demi sedikit.

5. Mulai Bikin Donatnya

©Pexels©Pexels

Sekarang saatnya untuk mulai bikin donatnya. Berikut adalah takaran untuk bikin kue donat:

  • 500 gram tepung terigu protein tinggi.
  • 100 gram gula pasir.
  • 11 gram atau 1 bungkus ragi instan.
  • 1/4 sdt baking powder.
  • 1/2 sdt garam.
  • 2 kuning telur.
  • 100 gram mentega.
  • 250 ml susu cair.

Berikut adalah cara membuat donatnya:

  • Campurkan bahan-bahan, seperti tepung terigu, gula, ragi instan, baking powder dan garam dalam sebuah wadah. Ratakan campuran tersebut dengan mengaduknya menggunakan tangan.
  • Langkah berikutnya, pecahkan telur dan ambil bagian kuningnya saja. Masukkan kuning telur tersebut pada campuran tepung dan teman-teman, lalu uleni hingga berbentuk butiran halus.
  • Saatnya menuangkan susu cair, sedikit demi sedikit pada adonan. Sambil dituangkan, uleni juga donat dan pastikan susu cair tercampur rata dengan adonan.
  • Berikutnya tambahkan mentega lalu uleni lagi adonannya. Kali ini dengan gerakan memutar. Sesekali banting adonannya dengan tujuan supaya adonan merata, licin, dan kalis. Uleni selama 15 menit. Kumpulkan adonan menjadi satu dalam baskom. Tutupi dengan kain bersih, diamkan selama 1 jam.
  • Supaya bahan pembuat donat benar-benar kalis dan hasilnya nggak bantat, udara di dalam adonan harus dikeluarkan. Tinju-tinju adonannya hingga menjadi kempes.
  • Bagi adonan secara merata menjadi beberapa bagian. Yang penting bisa bikin donat dengan ukuran standar. Bikin bulatan seperti bola lalu diamkan selama 10 menit.
  • Namanya juga donat, berarti tengahnya harus berlubang. Setelah didiamkan selama 10 menit, lubangi masing-masing adonan dengan menggunakan tangan.
  • Goreng donat dalam minyak goreng dengan api kecil sedang untuk menghindari gosong. Setelah satu bagian menguning, balik agar matangnya merata. Lakukan sampai donat berwarna kuning keemasan, angkat, dan  tiriskan.

6. Hiasi dengan Toping Coklat

Setelah donat dingin, celupkan satu bagian donat ke dalam adonan toping coklat yang sudah dibuat. Angkat dan pinggirkan. Ulangi sampai semua donatnya berlapiskan coklat.

Bagaimana? Cara membuat toping donat dari coklat bubuk mudah banget, kan? Bisa dilakukan untuk mengisi waktu luang di akhir pekan. Ajak juga anggota keluarga lain untuk membantumu. Biar mereka juga tahu cara membuat toping donat dari coklat bubuk.

 

(kpl/xap)

Editor:

Wuri Anggarini



MORE STORIES




REKOMENDASI