10 Cara Membuat Donat JCo Ala Rumahan, Enak Sekaligus Topping, Mirip Aslinya!

Rabu, 12 Juni 2019 15:34 Penulis: Editor KapanLagi.com
10 Cara Membuat Donat JCo Ala Rumahan, Enak Sekaligus Topping, Mirip Aslinya!
Ilustrasi donat JCo (Credit: Shutterstock)

Kapanlagi Plus - Kue donat nggak cuman terkenal di tanah air tapi juga di seluruh dunia. Konon asal muasal donat ini diciptakan oleh seorang warga inggris yang tinggal di Amerika bernama Hanson Gregory pada tahun 1847 dilansir dari CNN indonesia. Jadi, meskipun donat terkenal dari Amerika Serikat dan Belanda, pencipta asli nya adalah orang Inggris guys. Bentuk kue donat yang kita kenal saat ini sama persis dengan donat pada awal ia diciptakan. Pada tahun 1980 an donat memang terkenal sebagai adonan roti yang digoreng dan khas akan bentuk bulat yang bolong di tengahnya. Nah, buat kamu nih pecinta donat, kamu termasuk orang yang melestarikan jajanan kue yang sudah ada selama berabad ini.

Di Indonesia sendiri, kue donat ini sudah merupakan makanan yang tidak asing lagi di kalangan masyarakat. Dan uniknya, perkembangan kue donat pun begitu pesat. Artinya, sudah banyak sekali pengusaha kuliner yang mendirikan bisnis kue donat yang digemari banyak orang. Salah satu donat yang terkenal di Indonesia adalah donat JCo. Donat JCo adalah bisnis kuliner donat oleh seorang pengusaha donat di Lippo Karawaci yang dibuka sejak tahun 2006. Hinnga sekarang donat JCo semakin banyak diminati. Nah, perlu kamu tahu bahwa perbedaan donat JCo dengan donat-donat yang lainnya terletak pada rasa, tekstur, dan varian topping yang disajikan. Donat JCo sendiri terkenal dengan varian rasa nya yang bermacam-macam seperti keju, kopi, heaven berry, choconutzy, green tea, dan masih banyak lagi. Varian rasa inilah yang dinantikan dan disukai dari donat JCo. Kamu juga nggak?
Buat kamu yang suka bikin kue donat, kamu juga bisa loh bikin donat Jco sendiri di rumah. Caranya? Dengan mengikuti resep donat JCo yang sudah dirangkum di bawah ini.

Ilustrasi restoran JCo(credit: Shutterstock)Ilustrasi restoran JCo(credit: Shutterstock)

1. Cara membuat donat JCo dengan tepung komachi

Rahasia bahan pembuat donat JCo adalah dari tepung nya yang sangat spesial, yaitu tepung komachi dari jepang. Tepung ini adalah tepung yang berkualitas tinggi karena kaya akan kandungan protein nya dan harganya sudah pasti lebih mahal dengan tepung pembuat roti yang ada di Indonesia. Langsung aja kamu siapkan bahan pertama nya yaitu 850 gr tepung komachi, 30 gr ragi instan, 10 gr garam, 600 ml air matang. Dan bahan kedua nya adalah 200 gr tepung komachi, 10 gr garam halus, 60 gr susu bubuk, 125 gr gula pasir, 100 gr telur, 125 gr butter margarin. Cara membuat donat Jco dengan tepung komachi sebagai berikut.

  • Campur semua bahan pertama, uleni sampai kalis. Lalu tutupi degan kain atau plastik, biarkan 90 menit.
  • Campur bahan kedua dengan bahan pertama tadi, uleni lagi sampai kalis. Kemudian tutup lagi dan diamkan selama 15 menit.
  • Timbang adonan masing-masing 35 gr. Gilas sampai ketebalan menjadi 1 cm dan lubangi tengahnya seperti donat. Lagi-lagi, biarkan selama 15 menit.
  • Panaskan minyak goreng (banyak). Goreng donat yang sudah dicetak tadi dengan api sedang. Jangan terlalu sering dibolak-balik supaya tidak menyerap minyak. Angkat dan tiriskan setelah matang.
  • Selesai, tinggal diberi topping seperti donat Jco.

2. Cara membuat donat JCo dengan tepung Terigu Protein Tinggi (Cakra/Segitiga)

Buat kamu yang nggak punya tepung komachi nggak usah khawatir, kamu masih bisa menggunakan tepung cakra dengan harga terjangkau. Cara membuat donat Jco yang pertama menggunakan delapan bahan pokok. Yaitu 300 gr tepung terigu (protein tinggi, bisa pakai merk segitiga biru), 2 sendok teh ragi instan, ½ sendok teh garam, 2 sendok makan gula pasir, 2 sendok makan susu bubuk (bisa tambahkan ¼ sendok teh ovalet), 1 butir telur, 100 ml air es, dan 50 gr margarin. Langkah-langkahnya seperti di bawah ini.

  • Cara membuatnya pertama-tama siapkan wadah, masukkan terigu, ragi, gula, susu bubuk, garam. Kemudian disusul dengan telur. Aduk dan tambahkan air secara bertahap sambil diuleni.
  • Selanjutnya masukkan margarin. Lalu uleni lagi sampai kalis dan tutup dengan kain basah supaya mengembang selama satu jam.
  • Kempeskan adonan setelah mengembang, uleni sebentar. Timbang adonan menjadi 30 gr, pisahkan dan biarkan 15 menit.
  • Bentuk adonan menjadi bulat (bisa bolong tengah atau bulat biasa) dan goreng dengan api kecil.
  • Setelah matang, angkat dan tiriskan.
  • Selesai, tinggal di beri topping seperti donat JCo.

3. Cara membuat donat JCo tanpa susu bubuk

Ilustrasi donat tanpa susu bubuk (credit: Shutterstock)Ilustrasi donat tanpa susu bubuk (credit: Shutterstock)

Cara membuat donat JCo yang kedua ini bahannya lebih simpel dari cara yang pertama tadi. Lansung aja bahan pertama yang kamu butuhkan adalah 22 gr tepung terigu dengan protein tinggi (bisa pakai tepung cakra), 1/8 sendok teh garam halus, 7 gr ragi instan, dan 150 ml air bersih. Nah, sedangkan bahan keduanya adalah 50 gr tepung terigu protein tinggi, ½ butir telur (kocok), 15 gr susu bubuk full cream, 30 gr gula pasir, 30 gr mentega putih (tanpa rasa). Langkah membuatnya berikut di bawah ini.

  • Pertama Ayak tepung dari bahan pertama dan bahan kedua sampai halus dan pastikan tidak ada kotoran yang menempel.
  • Siapkan wadah, masukkan bahan pertama tadi, aduk dan tambahkan air. Gunakan mixer untuk proses pengadukan. Setelah selesai tutup dengan air basah dan biarkan selama 80 sampai 90 menitan supaya mengembang.
  • Selanjutnya siapkan wadah lagi dan masukkan bahan kedua. Kali ini uleni dengan tangan sampai kalis. Lalu tutup adonan dan biarkan selama ¼ jam supaya mengembang.
  • Setelah mengembang, mulai lah bentuk adonan donat seperti bentuk bulat (bisa kecil, sedang, atau besar sesuai selera). Setelah semua dibentuk, diamkan selama 10 menit.
  • Terakhir, goreng dengan api sedang, dan tiriskan setelah matang.
  • Selesai, tinggal diberi topping.

4. Cara membuat donat JCo dengan kentang

Cara membuat donat JCo selanjutnya ini tidak jauh beda dengan resep yang pertama, hanya saja kali ini menggunakan kentang sebagai campuran adonan. Langsung aja bahan yang perlu kalian siapkan adalah 300 gr susu bubuk, 1 sendok makan ragi instan, 100 gr kentang kukus, 75 gr gula pasir, 1 sendok makan mentega, ½ sendok teh garam, 2 butir kuning telur, dan 100 ml air hangat atau dingin. Cara membuat donat Jco dengan kentang bisa disimak di bawah ini.

  • Siapkan wadah, tuangkan terigu, gula, susu bubuk, ragi instan, aduk. Disusul dengan kentang yang sudah dihaluskan dan air hangat atau air dingin. Uleni dengan tangan sampai setengah kalis.
  • Selanjutnya masukan mentega dan garam, uleni lagi. Lalu diamkan 15 menit.
  • Uniknya lagi, kamu harus menggiling adonan ini kurang lebih ukuran 1 sampai 1.5 cm.
  • Setelah itu ambil cetakan donat. Hati-hati ketika mengangkat donat yang sudah dicetak agar tidak putus, kemudian balurkan dengan terigu. Diamkan untuk membiarkan adonan mengembang.
  • Panaskan panci penggorengan, gorang donat yang telah mengembang tadi dengan nyala api yang kecil. Angkat dan tiriskan ketika donat berwarna coklat keemasan.
  • Selesai. jangan lupa tambahkan topping donat JCo.

5. Cara membuat donat JCo dengan susu dancow putih

Ternyata ada banyak cara yang bisa kamu praktekkan untuk membuat donat ala JCo. Resep kali ini menggunakan susu bubuk khusus merk dancow. Dilansir dari cookpad, bahan yang perlu disiapkan adalah ½ kg tepung terigu cakra, 2 butir kuning telur, 1 sachet susu dancow putih, 75 gr margarin, 5 sendok makan gula, 200 ml air hangat, dan 1 sachet fermipan. Cara membuat donat JCo dengan susu dancow putih adalah sebagai berikut.

  • Pertama-tama aktifkan ragi dengan mencampurkan ragi dan air hangat dalam gelas. Tutup selama 5 menit, tunggu sampai berbusa.
  • Siapkan wadah tuangkan ragi yang sudah berbusa tadi, gula, susu, terigu, margarin, dan telur. Uleni sampai kalis. Setelah itu tutupi adonan selama 30 menit sampai mengembang.
  • Kempeskan adonan. Timbang adonan masing-masing 50 gr, bulatkan seperti donat dan baluri dengan tepung terigu. Diamkan agar mengembang selama 15 menit.
  • Terakhir, goreng dengan api kecil setelah mengembang dan ingat jangan dibolak-balik supaya tidak menyerap minyak. Setelah matang angkat dan tiriskan.
  • Selesai dan tinggal diberi topping deh.

6. Cara membuat donat JCo Tanpa Telur

Sudah jelas dari judulnya resep kali ini tidak menggunakan telur sebagai bahan campuran. Penasaran ingin mencobanya? Pertama-tama siapkan terlebih dahulu bahan yang diperlukan antara lain 400 gr tepung merk cakra, 100 ge tepung segitiga, 3 sendok makan margarin, 1 sendok makan fermipan, 4 sendok makan gula pasir, 2 sendok makan susu bubuk dancow, 250 ml air hangat. Langkah-langkahnya:

  • Siapkan wadah dan campur semua bahan kecuali air. Aduk dan baru kamu bisa menambahkan air sedikit demi sedikit . Uleni selama kurang lebih 30 menit sampai kalis. Jika sudah selesai diamkan dan tutupi dengan serbet basah supaya adonan mengembang.
  • Kempeskan adonan, bentuk bulat seperti bentuk donat dan diamkan supaya mengembang (tutupi kembali dengan serbet) selama beberapa saat.
  • Panaskan minyak, goreng donat yang sudah mengembang. Lalu, angkat dan tiriskan.
  • Selesai.

7. Cara membuat donat Jco Yang Lembut

Ilustrasi donat JCo lembut (credit: Shutterstock)Ilustrasi donat JCo lembut (credit: Shutterstock)

Kali ini kamu akan membuat donat JCo dengan resep khusus yang akan membuat donat JCo bikinan kamu lembut dikutip dari cookpad. Bahan-bahan nya adalah 1 butir telur, 1 sendok makan TBM atau SP, 4 sendok makan gula pasir, 500 gr tepung terigu, 2 sendok makan ragi instan, air es secukupnya, dan 2 sendok makan mentega. Tahapan pembuatan nya sebagai berikut.

  • Campurkan telur, gula dan SP dengan mixer selama kurang lebih satu menit.
  • Kemudian masukkan ragi instan dan tambahkan air es sedikit saja. Disusul dengan tepung dan tambahkan lagi air es sambil di mixer, mix sampai kalis dan nggak lengket.
  • Selanjutnya tambahkan mentega, aduk lagi kalau perlu dibanting-banting supaya adonan menjadi lembut sempurna.
  • Biarkan selama satu sampai dua jam. Lalu kempeskan adonan setelah mengembang dan cetak.
  • Terakhir, panaskan minyak, goreng donat yang sudah di cetak dengan api kecil.
  • Angkat dan tiriskan. Tinggal ditambahkan topping sesuai selera ala donat JCo.

8. Cara membuat donat JCo dengan tepung maizena

Tepung maizena ternyata juga bisa digunakan sebagai bahan campuran untuk membuat donat Jco. Daripada penasaran langsung aja yuk ketahui bahan-bahan apa saja yang diperlukan. Jadi bahan-bahan nya adalah 400 gr tepung terigu, 100 gr tepung maizena, 250 ml SKM (hangat), 1 sendok teh ragi instan, 5 sendok makan gula pasir, 1 butir telur, 1 butir kuning telur, dan 50 gr margarin, garam dan vanilla secukupnya. Untuk langkah-langkahnya bisa kalian simak seperti di bawah ini:

  • Campurkan ragi dan susu hangat untuk bahan biang. Lalu campurkan semua bahan tambahan dan margarin, tambahkan bahan biang tadi sedikit demi sedikit dan uleni sampai kalis. Tutup adonan dan biarkan supaya mengembang.
  • Setelah mengembang, cetak adonan dan biarkan lagi selama kurang lebih 45 menit. Setelah itu goreng dengan minyak panas dan api kecil
  • Selesai.

9. Cara membuat donat JCo dengan lima bahan

Selanjutnya bisa dibilang adalah cara membuat donat Jco yang paing mudah dari yang lainnya karena hanya menggunakan lima bahan saja. Bahan-bahan nya yaitu ½ kg tepung segi tiga biru, 1 SP, 1 butir telur, ½ bungkus ragi instan/ferminpan, dan 50 gr mentega. Cara membuat nya adalah sebagai berikut.

  • Campur semua bahan dalam satu wadah.
  • Campurkan susu cair dengan ragi ke dalam gelas sampai berbusa. Lalu campurkan juga susu sachet dan cairkan degan air hangat.
  • Uleni adonan dengan tangan sampai kalis dan tidak lengket di tangan. Lalu tutup dan diamkan supaya mengembang selama 30 menit.
  • Baru kali ini kamu bisa bentuk adonan menjadi bentuk donat. Biarkan lagi selama beberapa saat supaya mengembang.
  • Panaskan minyak, dan goreng donat dengan api kecil (balik hanya sekali)
  • Setelah matang, angkat dan tiriskan.
  • Selesai, tinggal diberi topping ala JCo.

10. Cara Membuat Topping Donat JCo

Ilustrasi topping donat JCo (credit: Shutterstock)Ilustrasi topping donat JCo (credit: Shutterstock)

Selain adonan donat nya yang lain dari yang lain, donat JCo juga terkenal akan varian topping nya. Nah, sebenarnya topping donat JCo gampang cara buatnya. Hanya saja, terkadang donat Jco disajikan dan didekorasi dengan topping yang berwarna-warni sehingga terlihat lebih menarik. Topping nya antara lain di bawah ini.

  • Dark Chocolate (lelehkan)
  • Coklat Putih (lelehkan)
  • Margarin
  • Mentega
  • Meses warna-warni
  • Kacang tanah goreng
  • Kacang Almond

Nah untuk memberi topping sendiri bisa sesuai kreativitas kalian. Pertama olesi dulu margarin, kemudian bisa kalian celupkan pada lelehan coklat DC atau coklat putih dan taburi meses warna-warni di atasnya. Untuk donat yang lainnya bisa kalian dekorasi topping nya dengan kacang almond atau kacang tanah goreng. Selanjutnya untuk sisanya bisa kalian kreasikan sendiri seperti topping donat JCo dengan bahan-bahan di atas tadi. Selamat mencoba.

 

Penulis: Eva Nur Fauziyah

 

 

 

(kpl/mag/evv)



MORE STORIES




REKOMENDASI