6 Cara Mendekatkan Diri Kepada Allah, Sebagai Kunci Hidup Penuh Berkah

Penulis: Nurul Wahida

Diterbitkan:

6 Cara Mendekatkan Diri Kepada Allah, Sebagai Kunci Hidup Penuh Berkah
Ilustrasi (credit: pixabay.com)

Kapanlagi.com - Mendekatkan diri kepada Allah SWT dapat memberikan ketenangan pikiran dan hati pelaksananya. Semakin manusia dekat dengan Allah, maka hidupnya akan penuh berkah dan nikmat.

Allah SWT telah memberikan kepada hambanya limpahan nikmat dan karunia yang sangat banyak bahkan tanpa henti. Lewat nikmat tersebut menjadi cara Allah untuk dekat kepada hambanya. Hanya saja, sebagai seorang manusia tidak luput dari rasa cukup dan selalu merasa kurang.

Ada saja hal yang membuat manusia mengeluh atas apa yang diberikan Allah kepada mereka. Sehingga menimbulkan rasa hidup yang lebih berat dan kurang nikmat. Selain itu dapat memunculkan sifat-sifat yang tercela seperti, rakus, dengki, serta marah akibat kehidupan dunia yang tak bisa terpenuhi.

Salah satu kunci hidup penuh berkah adalah dengan mendekatkan diri kepada Allah SWT. Sebab, dengan dekat kepada Allah SWT seorang hamba akan lebih bersyukur atas karunia hidup serta memiliki ketenangan lahir dan batin.

Lalu bagaimana cara mendekatkan diri kepada Allah sebagai kunci hidup penuh berkah?

Allah memang sangat dekat dengan hambanya, hanya saja sebagai seorang hamba kadang malah menjauh dari Allah. Namun ada beberapa cara mendekatkan diri kepada Allah sebagai kunci hidup penuh berkah.

Berikut 6 cara mendekatkan diri kepada Allah SWT sebagai kunci hidup penuh berkah yang dirangkum dari berbagai sumber.

 

1. Mendirikan Sholat

Cara mendekatkan diri kepada Allah SWT yang bisa dilakukan seorang umat muslim adalah dengan mendirikan sholat. Melalui sholat, umat muslim dapat lebih dekat dengan Allah SWT. Sebab, ibadah sholat merupakan perintah wajib yang harus dilaksanakan setiap muslim.

Mendirikan sholat juga dapat memberikan ketentraman jiwa dan Kesehatan fisik manusia sehingga hidup lebih bahagia. Baik sholat wajib dan sholat sunnah dapat dikerjakan umat muslim sebagai cara mendekatkan diri kepada Allah.

Tentu saja dengan menjalankan apa yang diperintahkan akan membuat Allah SWT senang dan membuat kalian menjadi semakin dekat dengan Allah.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Berdzikir

Berdzikir menjadi cara mendekatkan diri kepada Allah SWT lainnya yang bisa kalian lakukan. Berdzikir dapat dikerjakan selepas mengerjakan ibadah wajib dan sunnah seperti sholat.

Secara pengertiannya dzikir adalah menyebut nama Allah dengan membaca tasbih, tahmid, tahlil, takbir, taqdis, dan lainnya. Sehingga dengan membaca dzikir dapat menjadi cara mendekatkan diri kepada Allah SWT.

3. Membaca Al Quran

Al Quran merupakan kitab suci yang telah Allah SWT turunkan kepada Nabi Muhammad SAW. Sebagai umat muslim diperintahkan untuk membaca dan mengamalkan Al Quran. Al Quran juga menjadi pedoman hidup manusia dan petunjuk dari Allah.

Sehingga membaca setiap ayat Al Quran dan mengamalkannya, maka Allah akan semakin dekat dengan hambanya. Selain mendatangkan pahala, membaca Al Quran juga akan membuat hidup penuh berkah.

4. Berdoa

Cara mendekatkan diri kepada Allah SWT selanjutnya adalah melalui doa. Berdoa merupakan cara seorang hamba meminta, berserah, dan memohon sesuatu kepada Sang Pencipta. Umat muslim memang dianjurkan untuk menyerahkan segala persoalan hidup dan mengadu kepada Allah SWT.

Sehingga melalui doa menjadi cara komunikasi seorang hamba kepada Allah SWT. Kalian akan merasa lebih dekat dengan Allah saat melakukan doa. Doa tersebut dapat kalian panjatkan selepas sholat ataupun saat mendapatkan sebuah nikmat tak terduga.

Mintalah kepada Allah saat kalian membutuhkan pertolongan atau jalan keluar. Sebab, dengan berdoa kalian akan merasa bahwa Allah ada dan begitu dekat bersama kalian untuk melewati segala macam persoalan hidup.

Imam Al Muzani rahimahullah dalam Syarhus Sunnah pernah berkata,

"Allah itu dekat ketika ada yang berdoa. Allah itu jauh keperkasaan-Nya dari makhluk, tidak mungkin dikalahkan oleh makhluk."

5. Menjauhi Larangannya

Segala yang dilarang dan membawa mudarat sebaiknya dihindari jika ingin lebih dekat kepada Allah. Misalnya menjauhi perbuatan maksiat, perbuatan dosa, perbuatan tercela, melukai hati orang tua, serta perbuatan yang dilarang lainnya.

Sehingga kalian dapat melaksanakan apa yang diperintahkan oleh Allah dan menjauhi larangannya sebagai cara mendekatkan diri kepada Allah sebagai hidup penuh berkah.

6. Selalu Bersyukur

Cara mendekatkan diri kepada Allah SWT selanjutnya adalah dengan selalu bersyukur. Bersyukur diartikan sebagai menerima apa yang Allah berikan dalam hidup dengan ikhlas dan tanpa mengeluh. Cara untuk selalu bersyukur dapat kalian lakukan dengan menyadari sepenuhnya bahwa nikmat dan rejeki yang diterima semata-mata adalah karunia dan kemurahan dari Allah SWT.

Terdapat dua macam cara bersyukur yang bisa dilakukan diantaranya bersyukur dengan lisan serta bersyukur dengan memanfaatkan nikmat yang telah diberikan dengan bersedekah atau memanfaatkan sebaik mungkin.

Nah itulah 6 cara mendekatkan diri kepada Allah sebagai hidup penuh berkah. Hanya dengan mengingat Allah dan mendekatkan diri kepada Allah, maka hidup akan menjadi lebih tenang dan penuh berkah.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending