6 Cara Menghilangkan Double Chin atau Lipatan di Bawah Dagu dengan Mudah, Lakukan Gerakan Ini

Jum'at, 18 September 2020 15:44 Penulis: Puput Saputro
6 Cara Menghilangkan Double Chin atau Lipatan di Bawah Dagu dengan Mudah, Lakukan Gerakan Ini
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Double chin atau lipatan di bagian bawah dagu sering kali mengurangi rasa percaya diri seseorang. Pasalnya, keberadaan double chin sering kali membuat penampilan seseorang terlihat lebih gemuk, karena terlihat mempunyai wajah yang lebih bulat. Oleh karena itu tak sedikit orang yang mencari berbagai cara menghilangkan double chin.

Tak hanya mengganggu penampilan, ternyata double chin juga bisa menjadi indikator penambahan berat badan berlebih atau obesitas. Double chin muncul karena adanya lapisan lemak tambahan di bawah dagu. Terdapat beberapa faktor yang bisa menyebabkan seseorang mengalami double chin, di antaranya faktor usia, kondisi kulit, berat, badan, hingga genetika.

Tapi jangan khawatir, sebab ternyata ada beberapa cara menghilangkan double chin yang bisa kalian coba. Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa ulasannya.

 

1. Mengunyah Permen Karet

Siapa sangka mengunyah permen karet ternyata termasuk salah satu cara menghilangkan double chin yang paling ampuh. Dilansir dari medicalnewstoday.com, sebuah studi menunjukkan bahwa mengunyah permen karet merupakan latihan ringan untuk otot-otot wajah, terutama rahang.

Latihan otot wajah ini secara tidak langsung juga akan berdampak pada hilangnya lemak di bagian dagu. Namun, untuk mendapatkannya tentu harus dilakukan secara berulang kali.

2. Menjulurkan Lidah

Gerakan menjulurkan lidah juga dipercaya bisa mempercepat hilangnya double chin atau lipatan dagu. Tak sembarang menjulurkan lidah, gerakan ini harus dilakukan sembari membuka mulut selebar-lebarnya. Dorong lidah keluar, lalu lakukan hitungan selama 10 detik. Ulangi gerakan ini sebanyak kurang lebih 10 kali. Lakukan secara rileks.

Untuk mempermudah, sebagai gambaran kalian bisa membayangkan gerakan seekor singa yang sedang menguap. Sama seperti mengunyah permen karet, gerakan ini juga akan berdampak pada lemak dan otot di bagian dagu.

3. Gerakan Mencium Langit

Gerakan lainnya yang dipercaya bisa jadi cara menghilangkan double chin ialah gerakan mencium. Kalian hanya perlu berdiri tegak dengan bahu terbuka secara rileks. Setelah itu miringkan kepala ke arah langit, kemudian kerutkan bibir seolah sedang mencium langit. Lakukan gerakan ini dalam hitungan 5-20, kemudian ulangi hingga 10 kali.

Jika dilakukan secara benar, gerakan ini akan memberikan efek rileks pada otot-otot di bagian leher dan dagu.

4. Melakukan Diet

Cara menghilangkan double chin lainnya yaitu dengan melakukan diet. Sebagai mana yang kita tahu, double chin atau lipatan di dagu timbul karena adanya timbunan lemak akibat berat badan yang bertambah. Sehingga salah satu cara untuk mengatasi kelebihan lemak itu adalah dengan melakukan diet sehat. Untuk melakukannya kalian bisa memperbaiki pola makan, serta mengurangi kalori pada makanan yang dikonsumsi setiap harinya. 

5. Minum Air Putih dan Mengonsumsi Buah

Di samping melakukan diet, minum cukup air putih juga dipercaya bisa membantu proses peleburan lemak di tubuh. Artinya, minum air putih cukup bisa jadi satu solusi menghilangkan double chin. Selain air putih, kalian juga bisa mengonsumsi buah-buah yang mengandung banyak air, seperti semangka atau mentimun.

6. Memakai Masker Putih Telur

Masker wajah selama ini jadi salah satu cara perawatan wajah yang banyak dilakukan orang. Kalian juga bisa mengatasi double chin dengan menggunakan cara perawatan memakai masker. Tak perlu ribet, yang kalian butuhkan hanyalah putih telur. Pasalnya, untuk perawatan kecantikan putih telur diyakini bisa memberikan efek kenyal pada kulit, serta memudarkan kerutan.

Cara menghilangkan double chin atau lipatan lemak di dagu dengan masker putih telur sangatlah mudah. Kalian cukup mengocok putih telur, sampai rata dan agak berbusa. Setelah itu, aplikasikan di area leher dan dagu. Diamkan kurang lebih 30 menit, kemudian bilas sampai bersih. Walaupun tidak langsung menghilangkan, cara ini dipercaya cukup efektif untuk memudarkan double chin.

Nah itulah sederet cara menghilangkan double chin atau lipatan dagu yang bisa kalian coba. Namun, perlu diingat cara-cara di atas tidak bisa dilakukan secara instan. Jadi, kalian harus melakukannya dengan telaten dan sabar. Selamat mencoba!

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI