Jangan Asal Dipencet, Ini 6 Cara Mengobati Bisul Secara Alami

Rabu, 29 Juli 2020 13:44 Penulis: Dhia Amira
Jangan Asal Dipencet, Ini 6 Cara Mengobati Bisul Secara Alami
Ilustrasi (credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Bisul merupakan salah satu penyakit pada tubuh akibat infeksi yang diderita. Biasanya bisul terjadi karena tidak menjaga kebersihan pada tubuh, kekebalan tubuh yang lemah, menderita diabetes, kekurangan nutrisi tubuh dengan baik, dan masih banyak lagi.

Biasanya bisul terlihat kemerahan dengan menunjukkan cairan di dalam kulit, tentu saja bisul akan terasa sangat sakit bila disentuh. Tetapi tenang KLovers, ternyata bisul bisa loh diatasi secara alami.

Bagaimana cara mengatasinya? Dilansir dari berbagai sumber, inilah 6 cara mengatasi bisul secara alami. Yuk langsung saja dicek.

 

1. Kompres Air Hangat

Cara mengobati bisul yang pertama yaitu dengan melakukan kompres menggunakan air hangat. Hal ini karena air hangat dapat mengurangi rasa sakit dan membantu menarik nanah ke permukaan atau keluar dari kulit. Dan cara ini sangat mudah, serta tidak berbahaya untuk kulit kalian yang sensitif.

Caranya cukup mudah, kalian hanya perlu merendam kain handuk pada air hangat lalu kompres. Bila sudah, kalian bisa kompres kan handuk hangat tersebut secara rutin. Bila bisul pecah, bisa kalian bersihkan dengan menggunakan alkohol.

2. Tea Tree Oil

Ternyata tea tree oil dapat mengobati bisul secara alami loh KLovers. Hal ini karena minyak atsiri pohon tee memiliki sifat anti bakteri dan anti septik kuat yang dapat membantu mengobati infeksi bakteri yang menyebabkan bisul.

Caranya cukup mudah, kalian hanya perlu memberikan minyak tea tree oil pada kapas, lalu oleskan pada kulit yang terkena bisul. Perlu diingat bahwa minyak tea tree oil jangan langsung dioleskan pada bisul karena memiliki efek rasa terbakar.

3. Minyak Jarak

Selain menggunakan tea tree oil, kalian juga bisa menggunakan minyak jarak sebagai cara mengobati bisul secara alami. Hal tersebut karena minyak jarak mengandung senyawa yang disebut asam risinoleat.

Dan senyawa ini bersifat anti inflamasi, serta anti bakteri yang dapat mengatasi bisul dengan cepat dan juga alami. Kalian bisa menggunakan minyak jarak 3 kali dalam sehari agar bisul pada kulit menghilang.

4. Bawang Putih

Cara mengatasi bisul yang selanjutnya yaitu dengan menggunakan bawang putih. Hal ini karena bawang putih mengandung senyawa anti bakteri serta anti inflamasi sama seperti minyak jarak, yang dapat mengatasi dan menyembuhkan bisul dengan efektif.

Caranya cukup mudah, kalian hanya perlu menghaluskan 3 siung bawang putih, kemudian ambil sari airnya dan oleskan pada bisul. Lakukan hal tersebut secara rutin sebelum tidur, agar bisul dapat mengecil.

5. Kunyit

Selain bawang putih, ternyata kunyit juga bisa loh mengatasi bisul pada kulit. Hal tersebut karena di dalam kunyit terdapat kandungan anti bakteri dan juga anti inflamasi yang dapat menyembuhkan penyakit kulit seperti bisul dengan efektif dan aman.

Caranya cukup mudah, kalian hanya perlu campurkan bubuk kunyit dengan air hingga menjadi adonan seperti pasta. Lalu oleskan pada bisul secara merata dan lakukan secara rutin hingga bisul menghilang.

6. Lidah Buaya

Dan cara mengatasi bisul yang terakhir yaitu dengan menggunakan lidah buaya. Hal ini karena di dalam lidah buaya terdapat anti septik alami yang dapat memberikan kesehatan pada kulit. Kalian bisa mengoleskan gel lidah buaya pada kulit secara rutin agar bisul pada kulit dapat menghilang dengan cepat.

Itulah 6 cara mengatasi bisul secara alami. Selain mudah dan praktis, cara di atas juga aman bagi kulit kalian yang sensitif. Selamat mencoba.

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI