Bisa Hilangkan Bau Tak Sedap, Ini 8 Tanaman Hias Cocok Diletakkan di Kamar Mandi

Rabu, 29 Juli 2020 09:22 Penulis: Puput Saputro
Bisa Hilangkan Bau Tak Sedap, Ini 8 Tanaman Hias Cocok Diletakkan di Kamar Mandi
Ilustrasi (credit: pixabay)


Kapanlagi Plus - Tanaman hias kerap digunakan untuk mempercantik ruangan rumah. Tidak hanya untuk menghias ruangan, merawat tanaman hias juga jadi hobi dari sebagian orang. Tidak hanya membuat rumah menjadi lebih indah, sejumlah tanaman hias ternyata juga membawa manfaat khusus. Beberapa tanaman berkhasiat menyaring udara atau bau tidak sedap. Dengan begitu, jenis tanaman ini akan sangat cocok diletakkan di kamar mandi.

Seperti yang kita tahu, tanaman hias ada banyak jenis dan bentuknya. Ada yang bisa digantung, diletakkan di meja, atau di lantai. Dengan adanya tanaman hias, kamar mandi akan terkesan lebih segar dan sejuk. Namun, memilih tanaman hias untuk diletakkan di kamar mandi tidak bisa sembarang. Sebab, tidak semua tanaman hias akan cocok di letakkan di kamar mandi yang cenderung gelap dan lembap.

Berikut beberapa jenis tanaman hias cocok diletakkan di kamar mandi, dirangkum dari liputan6.com.

 

1. Lidah Mertua

Tanaman lidah mertua sudah sejak lama dikenal karena kemampuannya dalam menyerap racun dan polusi udara. Meletakkan tanaman hias jenis ini dipercaya juga akan menjernihkan udara. Terlebih, dari bau tidak sedap yang biasa muncul di kamar mandi. Selain itu, tanaman ini juga tergolong mudah dirawat karena tidak terlalu membutuhkan cahaya matahari. Bentuknya yang unik juga jadi salah satu alasan mengapa tanaman ini punya banyak penggemar.

2. Lidah Buaya

Selain dikenal sebagai tanaman hias, lidah buaya juga dikenal karena manfaatnya yang luar biasa. Salah satu manfaat yang paling umum yaitu untuk kesehatan kulit dan rambut. Dengan begitu, lidah buaya bisa jadi satu tanaman yang paling cocok diletakkan di kamar mandi. Sebab, kalian bisa langsung memotongnya jika akan menggunakannya untuk mandi atau keramas.

Tidak hanya bermanfaat untuk kulit dan rambut, lidah buaya juga bermanfaat dalam membuat udara menjadi lebih segar, dengan cara menurunkan kadar karbon. Sama seperti lidah mertua, lidah buaya juga tergolong mudah dirawat.

3. Spider Plant

Tanaman hias yang cocok diletakkan di kamar mandi yang ketiga adalah spider plant. Tanaman berbentuk daun dengan corak warna hijau dan putih ini juga dipercaya bisa memperbaiki kualitas udara. Spider plant diyakini bisa menghilangkan kandungan racun karbon monoksida di udara. Perawatan tanaman ini juga tidak terlalu sulit. Cukup disiram dan di jemur dua kali sekali.

4. Mint

Mint selama ini banyak ditanam untuk dimanfaatkan sebagai bahan campuran makanan atau minuman. Daun mint memang bisa menghadirkan sensasi dingin menyegarkan pada makanan atau minuman. Dalam bentuk tanaman, mint juga bisa membuat udara terasa lebih segar.

Kalian juga bisa menggunakannya untuk pengharum ruangan alami. Caranya cukup dengan memotong beberapa helai batang mint, lalu meletakkannya di air. Aroma menyegarkan akan keluar dan memenuhi ruangan kamar mandi.

5. Rosemary

Sama seperti mint, selama ini rosemary juga banyak dimanfaatkan untuk bahan makanan atau minuman. Rosemary mempunyai aroma menyegarkan yang membuatnya cocok untuk diletakkan di kamar mandi. Selain itu, bentuk daunnya yang serupa duri menandakan bahwa tanaman yang satu ini cocok hidup di tempat lembap seperti kamar mandi.

6. Peace Lili

Tidak hanya cantik, peace lili ternyata juga punya manfaat yang luar biasa dalam memperbaiki kualitas udara. Tanaman hias dengan bunga berwarna putih dan hijau tua ini dipercaya ampuh menyehatkan udara dengan cara menangkal racun-racun yang bertebaran. Tanaman peace lili juga bisa beradaptasi di tempat lembap seperti kamar mandi. Itulah sebabnya tanaman ini begitu cocok untuk kamar mandi.

7. Krisan

Tanaman hias cocok diletakkan di kamar mandi berikutnya adalah krisan. Tanaman berbunga indah ini disukai oleh banyak orang. Selain indah, krisan ternyata juga berkhasiat dalam membuat udara menjadi lebih segar. Tanaman krisan dipercaya dapat meminimalisir racun dan amonia. Itulah sebabnya krisan jadi salah satu tanaman yang cocok diletakkan di kamar mandi.

8. Anggrek

Anggrek juga termasuk salah satu tanaman hias cocok diletakkan di kamar mandi. Anggrek begitu populer di Indonesia. Punya bentuk yang cantik dengan corak warna menarik, anggrek banyak digemari oleh berbagai kalangan. Penampilannya yang indah juga membuatnya cocok untuk ditempatkan di manapun, termasuk di dalam kamar mandi.

Di balik keindahannya, siapa sangka anggrek ternyata juga punya kemampuan menetralkan udara dari racun. Selain itu, anggrek juga sangat beraneka macam jenisnya sehingga kalian bisa mempunyai keleluasaan untuk memilih sesuai dengan selera dan keinginan.

Nah itulah di antaranya beberapa jenis tanaman yang cocok untuk diletakkan di dalam kamar mandi. Di antara tanaman-tanaman di atas, kira-kira jenis tanaman mana yang akan kalian pilih?

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI