6 Cara Sehat dan Aman Konsumsi Hidangan Lebaran bagi Penderita Diabetes

Senin, 10 Mei 2021 14:33 Penulis: Dhia Amira
6 Cara Sehat dan Aman Konsumsi Hidangan Lebaran bagi Penderita Diabetes
Ilustrasi (credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Diabetes memang menjadi salah satu penyakit yang berbahaya bagi tubuh. Bahkan penyakit ini mengharuskan penderitanya memperhatikan makanan atau minuman yang mereka konsumsi. Tentu saja ini akan sedikit menyulitkan, terutama saat hari raya Idul Fitri. Ada banyak sajian yang harus dihindari oleh penderita diabetes. Namun tenang KLovers, ternyata ada cara sehat yang bisa dilakukan bagi penderita diabetes loh.

Walaupun penderita diabetes harus mengontrol konsumsi makanan lebaran, yang umumnya memiliki rasa manis dan mengandung karbohidrat. Mengonsumsi berlebihan makanan manis lebih berbahaya pada penderita diabetes tipe 1 yang sangat ketergantungan dengan insulin, ketimbang penderita diabetes tipe 2 yang kondisinya terkontrol. Namun tetap saja, baik penderita diabetes tipe 1 maupun tipe 2 tetap harus memperhatikan panduan makan saat lebaran untuk penderita diabetes, supaya kesehatannya tetap terjaga.

Nah, kira-kira bagaimana ya cara sehat yang bisa dilakukan oleh penderita diabetes saat hari raya? Untuk itu dilansir dari berbagai sumber, inilah 6 cara sehat menikmati lebaran bagi penderita diabetes. Yuk langsung saja dicek KLovers.

 

1. Menetapkan Jumlah Kalori yang Dimakan

Cara sehat menikmati lebaran bagi penderita diabetes yang pertama yaitu dengan menetapkan jumlah kalori yang akan dimakan pada hari itu. Bagi kalian yang memang memiliki riwayat penyakit diabetes, memperhatikan karbohidrat memang sangat penting. Untuk itulah kalian bisa mengganti ketupat dengan nasi putih menggunakan nasi merah.

Namun, tak ada salahnya pula bila kalian mengonsumsi ketupat dengan menggunakan nasi putih. Hanya saja, kadar yang perlu dikonsumsi perlu direndahkan sedikit ya KLovers. Bila perlu kalian bisa berkonsultasi terlebih dahulu pada dokter, apakah boleh mengonsumsi ketupat dengan nasi putih.

Pasalnya, banyak sekali kasus yang terjadi setelah lebaran. Dimana penderita diabetes mengonsumsi makanan yang bisa membuat kadar insulin naik. Bahkan mereka tidak menetapkan jumlah kalori yang dikonsumsi, karena merasa bahwa telah melakukan puasa dengan baik selama sebulan penuh.

 

2. Mengolah Santan dengan Baik

Kemudian cara sehat menikmati lebaran bagi penderita diabetes yang kedua yaitu dengan mengolah santan dengan baik. Siapa bilang kalau mereka yang memiliki riwayat diabetes tidak bisa mengonsumsi santan, bisa saja. Hanya kalian harus mengetahui cara mengolah santan khusus penderita diabetes dengan baik.

Santan memiliki kandungan lauric acid yang cukup banyak. Seperti antibakteri, antijamur, antivirus, dan antioksidan yang sangat baik untuk tubuh. Nah, untuk mempertahankan kandungan tersebut maka kalian bisa mengolah santan dengan tidak terlalu lama. Bahkan hindari menggunakan perasan murni.

Kalian bisa menggunakan santan yang sedikit cair untuk penderita diabetes. Ahli gizi dari Mayapada Hospital Kuningan, Christina Andhika Setyani mengatakan makanan apapun yang mengalami pemanasan berulang pasti akan mengurangi nilai gizi bahkan dapat mempengaruhi kesehatan tubuh.

Christina juga menjelaskan santan yang dipanaskan berulang kali atau mengalami proses pemasakan yang panjang akan merubah kandungan lemak di dalamnya menjadi lemak jenuh.

"Lemak jenuh inilah yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan stroke," tambah dia.

 

3. Banyak Mengonsumsi Air Putih

Ya, saat lebaran maka minuman manis memang menjadi primadona. Ada banyak sekali minuman manis yang akan disajikan, seperti minuman soda, sirup, minuman kemasan, dan masih banyak lagi. Namun hal ini tidak baik ya bila dikonsumsi untuk penderita diabetes. Yup! Minuman manis ini bisa membuat kadar insulin di dalam tubuh kalian akan tinggi.

Ada baiknya saat lebaran kalian tetap mengonsumsi banyak air putih, yang bukan hanya aman tetapi juga sangat baik bagi kesehatan tubuh. Penambahan minuman manis juga akan menyebabkan kalori tertimbun lebih banyak. Kalian juga bisa memiliki air putih hangat dibanding dengan air putih dingin. Tujuannya agar dapat membantu menetralkan santapan lebaran yang sudah dikonsumsi.

 

4. Seimbangkan dengan Sayur dan Buah

Biasanya ketika lebaran kita akan mengurangi konsumsi buah dan sayuran, serta lebih memilih makanan yang berlemak seperti daging. Daging memang sangat nikmat jika dimakan bersama ketupat. Tapi sayangnya, daging merah harus dihindari pengidap diabetes. Bagi penderita diabetes lebih baik konsumsi daging putih saja. Boleh dengan ikan, ayam, dan makanan laut lain.

Selain itu, kalian juga harus menyeimbangkan dengan mengonsumsi sayur serta buah. Hal ini dilakukan agar kesehatan penderita diabetes tetap terjaga. Lebih baik lagi untuk mengonsumsi buah-buahan yang dapat menetralkan lemak. Kalian bisa memilih semangka, pepaya, nanas, pisang, apel, dan anggur. Sedangkan untuk sayur ada brokoli, bayam, wortel, bit, buncis dan kale.

 

5. Atur Jam Makan

Tidak hanya mengatur kalori saja, kalian juga harus mengatur jam makan sebagai salah satu cara sehat bagi penderita diabetes. Saat lebaran tentu akan banyak sekali sajian yang akan kalian makan, belum lagi bila berkunjung ke rumah kerabat, semakin banyak makanan yang sangat berbahaya bagi penderita diabetes.

Nah, untuk menghindari makan secara berlebih maka kalian bisa mengatur jam makan kalian selama lebaran. Seperti tidak mengonsumsi makanan berat dalam waktu yang berdekatan, dan menghitung sudah berapa jumlah makanan yang kalian konsumsi dalam waktu dekat. Sehingga pola maka kalian terkontrol dengan baik dan menghindari makan secara berlebihan.

 

6. Jangan Lewatkan Waktu Olahraga

Cara sehat menikmati lebaran bagi penderita diabetes yang terakhir yaitu dengan tidak melewatkan waktu olahraga. Tentu saat lebaran tiba maka kandungan makanan yang kita konsumsi memiliki kalori yang lebih tinggi dibanding dengan hari biasa. Supaya tetap seimbang, jaga asupan makan dan jalani olahraga seperti biasa. Pilihlah olahraga yang memungkinkan dilakukan di mana saja dan kapan saja. Bisa dengan olahraga lari atau zumba dengan youtube.

 

7. Makanan yang Perlu Dihindari

Setelah mengetahui beberapa cara sehat menikmati lebaran bagi penderita diabetes, maka kalian ini kalian harus mengetahui makanan yang perlu dihindari. Berikut ini beberapa makanan yang perlu dihindari tersebut:

- Kue Kering

kue kering menjadi salah satu makanan yang perlu dihindari oleh mereka yang sakit diabetes. Itu karena bahan utama kue kering adalah telur dan tepung. Sedangkan, bahan tambahan ada gula dan keju. Hal ini berarti, kalori dari kue kering cukup tinggi untuk kalian konsumsi. Dikhawatirkan jika dikonsumsi, akan menyebabkan kenaikan kadar gula darah.

- Opor dan Gulai

Opor dan gulai tinggi lemak dan kalori. Kedua makanan ini sangat tidak direkomendasikan bagi penderita diabetes. Pakar kesehatan menyebut opor dan gulai yang ditambah kuah bisa membuat asupan kalori hingga 1.000 - 2.000 kalori. Tentu sangat berbahaya bagi penderita diabetes, karena kadar gula akan naik secara drastis. Sebelum mengonsumsi, penderita diabetes harus berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter. Jika diperbolehkan, pastikan untuk mengonsumsinya dalam jumlah secukupnya.

- Minuman Manis

Ya, minuman manis memang perlu dihindari oleh kalian yang menderita diabetes. Minuman bersoda, sirup, dan minuman kemasan sudah pasti ada saat hari raya. Pakar kesehatan menyarankan untuk memperbanyak air putih saja. Bisa juga meminta teh tanpa tambahan gula. Tujuannya tentu agar gula darah tidak naik drastis.

Itulah 6 cara sehat menikmati lebaran bagi penderita diabetes. Semoga dengan kalian mengetahui cara sehat ini, kalian bisa menikmati hari lebaran namun dengan tetap memperhatikan kesehatan.

 

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI