6 Cara Unik Menghilangkan Komedo Putih, Bisa Pakai Kepompong Lho

Rabu, 26 Juni 2019 04:09 Penulis: Editor KapanLagi.com
6 Cara Unik Menghilangkan Komedo Putih, Bisa Pakai Kepompong Lho
cr:Shutterstock

Kapanlagi Plus - Komedo adalah salah satu  jenis jerawat membandel yang bisa menjadi musuh siapa saja, khususnya remaja entah perempuan maupun laki-laki. Komedo yang adalah hasil dari kumpulan minyak alami, debu, dan kotoran pada kulit yang menyebabkan KLovers dapat mengalami gangguan penampilan bahkan menyulitkan proses blending make up di wajah.  Dunia kecantikan memberikan banyak cara untuk menghilangkan komedo putih, mulai dari cara simple pergi ke salon hingga berbagai cara unik yang menarik untuk dicoba sendiri di rumah, yang ternyata ampuh untuk menghilangkan komedo putih hingga ke akarnya.

Selama ini KLovers sendiri mungkin sering mencoba berbagai tips untuk menghilangkan komedo putih ini seperti facial maupun exfoliasi, namun setelah dipraktekan ternyata masih tidak dapat menghilangkan komedo putih KLovers.  Nah, tapi KLovers tidak perlu khawatir lagi tentang bagaimana cara menghilangkan komedo putih tersebut, yuk simak cara menghilangkan komedo putih dengan berbagai cara unik seperti yang dilansir fimela.com, dijamin ampuh!

1. Mencampurkan clay mask dengan aspirin

Cara unik menghilangkan komedo putih pertama yang dapat  KLovers coba adalah menggunakan masker. Jenis masker yang dapat digunakan adalah clay mask  yang dapat mengangkat komedo putih yang menyumbat pori-pori. Penggunaan clay mask ini dapat lebih efektif bila dicampurkan  dengan aspirin yang bisa KLovers temui di apotek terdekat. Aspirin yang memiliki kandungan salicylic acid dipercaya efektif untuk mengangkat komedo putih tersebut.

2. Menggunakan Kepompong

cr:Shutterstockcr:Shutterstock

Cara unik berikut ini mungkin akan membuat KLovers bertanya-tanya bagaimana kefektifannya. Walau terdengar aneh, namun kempompong yang berasal dari ulat sutra yang mengandung natural protein sericin ternyata mampu mengangkat sel kulit mati. Protein yang terdapat pada kepompong ini dapat membuat kulit menjadi lembut dan bebas dari komedo. Untuk bisa menggunakannya KLovers hanya perlu merendam silk finger balls (kepompong yang digunakan untuk skin care) ke dalam air hangat hingga melunak. Setelahnya, masukkan jari ke dalam silk finger balls, kemudian pijat perlahan di area hidung atau area yang lainnya yang berkomedo, niscaya komedo putih akan menghilang.

3. Mencampurkan Putih Telur dengan Charcoal Powder

cr:Shutterstockcr:Shutterstock

Menghilangkan komedo putih dengan cara unik yang ketiga adalah menggunakan bahan dapur nih KLovers, yaitu putih telur. Dalam dunia kecantikan putih telur menjadi salah satu bahan dapur yang menjadi andalan dalam mengatasi berbagai masalah dalam dunia kecantikan seperti mencerahkan kulit, untuk mengefektifkan khasiat dari putih telur KLovers dapat membuat masker alami dengan cara mencampurkannya dengan Charcoal Powder atau bubuk arang aktif yang memiliki kegunaan untuk detoxtifikasi.

Cara membuat masker ampuh ini adalah siapkan putih telur, Charcoal Powder dan tisu. Siapkan mangkok khusus masker, campurkan Charcoal Powder dengan putih telur balurkan ke area mana saja yang ingin dihilangkan komedo putihnya kemudian tempelkan tisu kering. Tunggu hingga 15 menit atau sampai masker mengering. Setelah mengering, lepas masker perlahan dan lihat hasil penghilangan komedo putihnya.

4. Memadukan Baking Soda, Pasta Gigi dan Sikat Gigi

cr:Shutterstockcr:Shutterstock

Tips unik keempat yang dapat dicoba untuk menghilangkan komedo putih adalah memadu madankan barang dapur dengan barang keperluan mandi, dalam hal ini yaitu baking soda, pasta gigi dan sikat gigi. Cara menghilangkan komedo putih ini adalah salah satu cara yang dilakukan kebanyakan orang karena mudahnya mencari bahan dan mudahnya cara pengaplikasiannya. Caranya adalah dengan mencampurkan baking soda dan pasta gigi, lalu sikat lembut pada hidung atau area lain yang sebelumnya telah di kompres dengan air hangat. Di balik banyaknya ulasan positif mengenai cara ini, sebaiknya tetap mempertimbangkan untuk melakukan cara lainnya. Pasalnya, kandungan baking soda dan pasta gigi (terutama pasta gigi dengan kandungan mint yang kuat) cenderung berpotensi membuat kulit iritasi, maka dari itu untuk KLovers yang merasa kulitnya sensitif alangkah baiknya untuk menghindari cara menghilangkan komedo putih yang satu ini.

5. Handuk Panas dan Boby pin

cr:Shutterstockcr:Shutterstock

Menghilangkan komedo putih tidak hanya dapat diatasi menggunakan bahan-bahan alami saja lho, sebab handuk panas dan Boby Pin pun ternyata mampu membantu menghilangkan komedo putih loh KLovers. Cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan komedo yaitu, bersihkan dahulu bagian hidung, lalu rendam kain atau handuk ke dalam air panas dan tempelkan ke hidung lalu diamkan selama 5 menit. Jika sudah, pori-pori di hidung akan terbuka lalu itu waktu terbaik untuk mengeluarkan komedo dengan Boby Pin. KLovers pasti akan kaget melihat hasil komedo putih membandel terangkat semuanya.

6. Lem Kertas

cr:Shutterstockcr:Shutterstock

Cara menghilangkan komedo putih yang satu ini mungkin adalah salah satu cara yang KLovers anggap paling aneh dari kelima cara lain diatas. Metode ini ternyata banyak digunakan oleh para youtubers yang kemudian membuat cara ini menjadi booming. Lem kertas dalam cara menghilangkan komedo putih ini menggunakan lem kertas khusus anak-anak yang berlabel non-toxic guna meminimalisir kemungkinan iritasi. Cara menghilangkan komedo putih dengan lem kertas ini adalah kompres area kulit berkomedo, tunggu hingga kering kemudian aplikasikan lem kertas ke area tersebut. Tunggulah lem hingga mengering kemudian kupaslah lem dari area tersebut secara perlahan. Kemudian, cucilah muka setelah menggunakan lem tersebut. Walaupun cara ini sangat praktis namun KLovers tidak dianjurkan untuk sering menggunakan cara ini dalam menghilangkan komedo putih di kulit, sebab masih banyak cara lainnya yang lebih aman.

Nah, KLovers itulah berbagai cara unik dalam menghilangkan komedo putih mulai dari menggunakan bahan alami, kimia, hingga alat benda disekitar KLovers. Bagaimana? KLovers tertarik mencobanya?

 
Penulis : Agnes Monica Dewi

 

 

 

 

 

(kpl/mag)



MORE STORIES




REKOMENDASI