6 Manfaat Susu Kuda Liar Bagi Kesehatan, Gizi yang Sama Seperti ASI - Obat Kulit Alami

Senin, 16 Agustus 2021 19:33 Penulis: Dhia Amira
6 Manfaat Susu Kuda Liar Bagi Kesehatan, Gizi yang Sama Seperti ASI - Obat Kulit Alami
Ilustrasi (Credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Siapa di sini yang suka minum susu? Ya, susu yang dapat di minum oleh manusia ada banyak sekali, bisa susu hewani hingga susu nabati. Biasanya susu hewani yang banyak dikonsumsi yaitu, susu sapi, susu kambing, dan susu unta. Bila susu nabati, yang banyak dikonsumsi yaitu, susu kedelai, susu almond, susu kelapa, susu beras, dan masih banyak lagi. Namun bagaimana ya untuk susu kuda liar? Nyatanya ada banyak loh manfaat susu kuda liar bagi tubuh.

Bahkan manfaat susu kuda liar ini lebih baik di banding dengan susu sapi yang sering kita konsumsi. Walaupun terlihat sepele, susu ini juga cukup mahal loh KLovers, karena susu kuda liar hanya mengonsumsi rumputan yang ada di alam bebas, berbeda dengan kuda peliharaan. Bahkan kandungan makanan yang di makan kuda liar inilah yang katanya membuat kandungan susu kuda liar lebih baik dibanding susu sapi.

Kira-kira apa saja ya manfaat susu kuda liar bagi tubuh? Untuk itu dilansir dari berbagai sumber, inilah 6 manfaat susu kuda liar bagi tubuh yang bisa kalian ketahui. Yuk langsung saja dicek KLovers.

 

1. Tinggi akan Gizi Baik

Manfaat susu bagi tubuh memang sudah tidak perlu di ragukan lagi, dan hal ini sama dengan manfaat susu kuda liar. Ya, ternyata di dalam susu kuda liar terdapat banyak gizi luar biasa loh KLovers. Diketahui bahwa, susu kuda liar memiliki nilai gizi paling mirip dengan ASI manusia, dibanding dengan susu hewan lainnya.

ASI mengandung banyak vitamin dan mineral penting bagi tubuh bayi, mulai dari protein, asam lemak omega 3 dan omega 6, karnitin, vitamin A, vitamin C, vitamin D, vitamin E, dan vitamin K, serta riboflavin, niasin, asam panthothenic, hingga karbohidrat. Dan kandungan ini pula terdapat dalam susu kuda liar.

Bahkan susu kuda liar ini sudah lama digunakan oleh banyak rumah sakit di Prancis untuk memberikan asupan pada bayi yang lahir prematur loh KLovers. Hal ini guna memberikan kekebalan tubuh pada bayi yang tak bisa mendapatkan ASI yang maksimal dari sang ibu.

 

2. Minim Menimbulkan Alergi

Biasanya susu dapat menimbulkan alergi, terutama bagi bayi. Bahkan banyak dari orang dewasa yang juga tidak dapat mengonsumsi susu sapi. Hal ini biasanya terjadi karena beberapa orang alergi pada kandungan laktosa pada susu sapi. Mengapa susu kuda liar berbeda dengan susu sapi? Ya, karena terdapat kandungan protein kasein dalam susu kuda liar.

Kandungan ini dapat membuat susu mudah dicerna pada tubuh, sehingga membuat tubuh tidak terserang diare atau gangguan pencernaan lainnya yang biasanya memiliki alergi laktosa. Selain itu, kualitas protein susu kuda liar juga lebih baik dibandingkan dengan susu sapi loh. Itu karena susu kuda liar memiliki jenis asam amino yang lebih lengkap dibandingkan dengan susu sapi.

 

3. Melancarkan Pencernaan

Kemudian manfaat susu kuda liar yang lainnya yaitu, dapat melancarkan pencernaan kalian. Ya, nyatanya susu kuda liar telah lama di percaya sebagai obat alami untuk membantu menyembuhkan beragam masalah pencernaan akibat bakteri jahat di usus, seperti diare dan radang usus.

Semua hal itu karena di dalam susu kuda liar terdapat kandungan lysozyme dan lactoferrin yang bisa mengurangi dan menahan pertumbuhan bakteri jahat di dalam usus. Kandungan lysozyme dalam susu kuda liar merupakan sebuah enzim yang bertindak sebagai anti mikroba.

Sedangkan laktoferrin adalah zat yang memiliki sifat anti bakteri, antioksidan, dan anti peradangan yang dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh. Sehingga kandungan itulah yang membuat susu kuda liar sebagai probiotik, karena dapat mempertahankan pertumbuhan bakteri baik, seperti lactobacillus plantarum dan lactobacillus salivarius.

 

4. Rendah Kalori

Bagi kalian yang sedang diet, maka mengonsumsi susu kuda liar sangat bagus loh, bahkan susu ini sangat baik dikonsumsi oleh anak agar tidak obesitas. Hal ini karena, di dalam susu kuda liar hanya terkandung 44 kalori saja untuk 100 gram susu. Tentu hal ini sangat luar biasa, dengan kalori yang rendah, kita dapat gizi yang sangat luar biasa.

Hal ini juga cukup berbeda dengan susu sapi yang memiliki kalori sebesar 64 kalori untuk 100 gram susu. Selain itu, kandungan lemak tak jenuh tunggal yang terkandung dalam susu kuda liar berkontribusi untuk mengurangi kolesterol jahat yang ada di dalam tubuh, sehingga baik untuk mengontrol kadar kolesterol kalian.

 

5. Membangun Masa Otot

Selain itu manfaat susu kuda liar yang lainnya yaitu, dapat membangun masa otot di tubuh kalian. Massa otot tubuh merupakan kadar berat total otot manusia. Massa otot harus tetap terjaga karena masa otot inilah yang menjaga tingkat metabolisme dalam tubuh. Semakin banyak otot yang dimiliki, maka semakin banyak lemak yang akan terbakar. Dan metabolisme tubuh dapat terjaga dengan baik.

Di dalam susu kuda liar terdapat kandungan whey protein yang lebih tinggi dibanding susu sapi. Salah satu fungsi dari protein ini adalah membangun massa otot, dan di saat yang bersamaan pula kandungan ini dapat mengurangi lemak tubuh sehingga tubuh kita akan terlihat lebih padat dan kencang.

 

6. Baik untuk Kecantikan Kulit

Dan manfaat susu kuda liar yang terakhir yaitu, sangat baik untuk kecantikan kulit. Kalian pasti tidak akan menyangka bahwa susu kuda liar memiliki manfaat yang sangat sempurna. Ya, tak hanya baik untuk kesehatan saja, namun juga dapat mengontrol berat badan, hingga sangat baik untuk kecantikan kulit kita.

Hal ini dikarenakan susu kuda liar memiliki khasiat sebagai pelembap alami yang membantu meregenerasi kulit dan memperlambat penuaan dini karena kandung kandungan laktoferrin di dalamnya. Bahkan kandungan anti bakteri di dalam susu kuda liar juga dapat mengatasi jerawat berlebih loh KLovers. Beberapa penelitian juga mengungkapkan jika kuda liar mampu membantu penyembuhan beberapa masalah kulit seperti eczema, psoriasis, atau neurodermatitis.

Itulah 6 manfaat susu kuda liar yang bagi untuk tubuh. Bahkan manfaat susu kuda liar ini bukan hanya untuk kesehatan tubuh bagian dalam saja, namun juga dapat menjadi obat kecantikan kulit yang alami.

 

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI