6 Manfaat Terong untuk Kesehatan, Tingkatkan Daya Ingat dan Ini Cara Mengolahnya

Jum'at, 01 Mei 2020 15:22 Penulis: Nurul Wahida
6 Manfaat Terong untuk Kesehatan, Tingkatkan Daya Ingat dan Ini Cara Mengolahnya
Ilustrasi (credit: pixabay.com)


Kapanlagi Plus - Tidak banyak yang tahu manfaat terong rupanya sangat berkhasiat untuk kesehatan. Meski kerap menjadi salah satu hidangan makanan, terong juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Manfaat tersebut termasuk bisa tingkatkan daya ingat.

Terong merupakan hasil dari tanaman yang sering dijadikan sayur untuk memasak. Teksturnya yang lembut saat dimasak serta enak, menjadikan terong sangat digemari di negara tropis seperti Indonesia. Namun siapa sangka jika terong yang dikonsumsi sehari-hari ini punya sejuta manfaat untuk kesehatan.

Ya, manfaat terong untuk kesehatan berasal dari kandungan nutrisi di dalamnya. Diantara kandungan nutrisi dalam terong seperti fitronutrien, antioksidan, serat, vitamin K, mineral, protein, kalori, karbohidrat, kalium, folat, dan vitamin C.

Begitu banyaknya kandungan nutrisi dalam terong sehingga memiliki manfaat untuk kesehatan. Terong cenderung mudah diolah dan cocok dengan berbagai jenis masakan. Mulai dari goreng, oseng, sambal, santan bisa menjadi resep yang pas untuk membuat makanan dari terong.

Namun agar mendapatkan manfaat terong untuk kesehatan perlu memperhatikan pengolahan serta pemilihan terong yang tepat. Cara ini dilakukan agar terong benar-benar dapat memberikan nutrisi atau manfaat untuk kesehatan.

Lalu apa manfaat terong untuk kesehatan dan bagaimana cara mengolahnya?

Berdasarkan kandungan gizi dalam terong, membuat terong bisa masuk dalam kategori makanan yang bergizi. Untuk itu kalian perlu tahu beberapa manfaat terong untuk kesehatan. Berikut 6 manfaat terong untuk kesehatan dan cara mengolahnya yang dirangkum dari berbagai sumber.

 

1. Meningkatkan Daya Ingat

Manfaat terong untuk kesehatan yang pertama adalah bisa tingkatkan daya ingat. Daya ingat berhubungan dengan sistem kerja otak, dimana erat kaitannya fungsi kognitif otak. Manfaat terong disini berasal dari kulitnya yang kaya akan nasunin yaitu semacam zat antioksidan yang baik untuk menjaga kesehatan otak.

Nasunin ini dapat menangkal radikal bebas dan memperlancar proses penyaluran gizi ke setiap sel tubuh. selain itu kandungan antosianin dalam terong juga berfungsi untuk menjaga kesehatan otak agar memperlambat proses penuaan. Sehingga bisa tingkatkan daya ingat untuk otak ketika mengonsumsi terong.

2. Mencegah Tingkat Risiko Penyakit Jantung

Penyakit jantung menjadi penyakit yang sering terjadi pada kesehatan orang karena dipicu oleh faktor usia, diabetes, hipertensi, pola hidup tak sehat, stress, dan lain sebagainya. Namun kalian tidak perlu khawatir, sebab, manfaat terong untuk kesehatan bisa mencegah munculnya risiko penyakit jantung.

Mencegah disini bukan berarti dapat mengatasi sepenuhnya risiko penyakit jantung. Mencegah yang dimaksudkan adalah menjaga kesehatan jantung agar tetap sehat dan menurunkan tingkat berat penderita penyakit jantung.

Kandungan serat, kalium, vitamin C, vitamin B6 dan fitonutrien dalam terong ungu bisa membantu menjaga kesehatan jantung tetap baik. Untuk itu konsumsi terong dapat berguna untuk mencegah tingkat risiko penyakit jantung.

3. Mengontrol Kadar Kolesterol

Kolesterol umumnya dibagi menjadi dua yakni kolesterol jahat dan kolesterol baik. Kolesterol yang dapat menimbulkan masalah bagi kesehatan manusia adalah kolesterol jahat. Jika tidak segera diatasi dapat memicu penyakit serius lainnya.

Manfaat terong untuk kesehatan salah satunya bisa mengontrol kadar kolesterol jahat. Sebuah penelitian mengungkapkan jika kandungan senyawa asam klorogenat mampu mengontrol kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Sehingga konsumsi terong sangat baik untuk membantu menurunkan atau mengontrol kadar kolesterol jahat.

4. Membantu Menurunkan Berat Badan

Berat badan berlebih memang tidak baik untuk kondisi kesehatan. Sehingga penting untuk menjaga berat badan tetap ideal dengan tinggi badan. Kalian dapat mendapatkan manfaat terong untuk kesehatan yakni membantu menurunkan berat badan.

Kandungan senyawa asam klorogenat, kalori dan serat yang tinggi bisa membantu menurunkan berat badan agar ideal. Kalian bisa mengonsumsi terong untuk mengatasi masalah berat badan yang muncul dan memasukkannya dalam program diet.

5. Mencegah Kanker

Kanker masuk dalam penyakit serius yang harus segera diatasi dengan baik. Namun kalian dapat melakukan berbagai pencegahan salah satunya dengan konsumsi makanan yang mengandung nutrisi tinggi seperti terong.

Ya, manfaat terong untuk kesehatan termasuk dapat mencegah kanker yang muncul dalam tubuh. kandungan polifenol, antosianin, asam klorogenat dalam terong membantu mencegah kanker. Ketiga zat tersebut berperan untuk membuang racun dalam sel kanker.

6. Menjaga Kesehatan Kulit

Selain bermanfaat untuk kesehatan tubuh bagian dalam, manfaat terong juga bisa menjaga kesehatan kulit. Kadar antioksidan dalam terong bisa membuat kulit lembab dan menangkal radikal bebas. Sehingga kulit tampak lebih sehat dan bercahaya.

7. Cara Mengolah Terong

Mengolah terong harus memperhatikan beberapa tips seperti di bawah ini:

- Memilih terong yang memiliki kulit halus, mengkilap, dan memiliki warna ungu pekat.

- Terong yang baik untuk diolah memiliki tekstur padat, keras, dan berat.

- Hindari mengolah terong yang tampak layu, memar, atau memiliki warna yang tidak segar.

- Gunakan pisau stainless steel saat mengiris untuk mencegah terong berwarna hitam.

Cara mengolah terong:

- Menyiapkan terong yang akan diolah.

- Mencuci dengan bersih terong yang akan dimasak.

- Jika terong tua lebih baik dikupas agar menghindari rasa pahit serta usahakan dengan alat pengupas sayuran yang benar.

- Jika ingin memanggangnya sebaiknya jangan dikupas

- Potong sesuai resep yang akan dibuat.

- Taburkan garam di tengahnya dengan membelah terong menjadi dua untuk menghindari rasa pahit dan tidak mudah menyerap minyak.

- Bilas terong dengan air untuk menghilangkan garamnya dan keringkan.

- Terong siap untuk dimasak.

Nah itulah 6 manfaat terong untuk kesehatan, Tingkatkan Daya Ingat dan cara Mengolahnya dengan benar. Namun jika masalah kesehatan tidak kunjung membaik alangkah baiknya untuk segera menghubungi fasilitas kesehatan.

Selain itu perlu diingat agar tidak mengonsumsi terong secara berlebihan serta dalam keadaan mentah. Sebab hal ini bisa memicu risiko penyakit lain yang menurunkan fungsi tubuh.

(kpl/nlw/gen)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI