Jenis Olahraga yang Baik Dilakukan Saat Puasa Ramadhan

Penulis: Dhia Amira

Diperbarui: Diterbitkan:

Jenis Olahraga yang Baik Dilakukan Saat Puasa Ramadhan
Olahraga yang baik saat puasa (credit: Pixabay)

Kapanlagi.com - Dalam situasi pandemi seperti ini, kita hanya dapat melakukan social distancing di rumah dan tak banyak melakukan aktivitas di luar. Tentu saja hal tersebut dapat membuat badan kita terasa tidak sehat.

Apalagi didukung dengan hanya tidur saja selama melaksanakan puasa, maka dapat di pastikan berat badan kalian akan semakin bertambah. Ada beberapa jenis olahraga saat puasa Ramadhan yang dapat kalian lakukan di rumah, dan yang pasti dapat menurunkan berat badan serta dapat membuat badan kalian tetap sehat.

Puasa sendiri bukanlah penghambat bagi kalian untuk tidak banyak bergerak karena takut kehilangan banyak energi. Olahraga sendiri berfungsi untuk memberikan kebugaran pada tubuh, agar tetap sehat dan tidak mudah lelah bila melakukan banyak kegiatan yang membutuhkan energi.

Kalian sebenarnya bisa melakukan kegiatan olahraga saat waktu-waktu yang tidak rawan bila dilaksanakan pada saat puasa. Untuk itu inilah jenis olahraga saat puasa Ramadhan yang dapat kalian lakukan di rumah.

 

 

 

1. Waktu yang Tepat

Untuk dapat melaksanakan olahraga serta tetap dapat melaksanakan ibadah puasa dengan baik, maka kalian harus tahu waktu-waktu yang baik dalam melaksanakan olahraga tersebut. Untuk itu, inilah beberapa waktu yang dapat kalian lakukan saat akan berolahraga.

Setelah Subuh

Waktu yang tepat untuk melakukan berbagai jenis olahraga saat puasa ramadhan yaitu setelah melaksanakan sholat subuh. Terkadang banyak sekali yang akan tidur setelah selesai melakukan sholat subuh, tetapi ini malah akan membuat kalian merasa lemas saat bangun tidur dan tentu saja tak baik untuk kesehatan. Waktu subuh adalah waktu yang baik untuk kita keluar menghirup udara segar dan melakukan aktivitas olahraga, tentu saja kalian tak akan merasa lelah ataupun haus setelah melakukan hal tersebut.

Saat waktu subuh, perut kita masih dalam keadaan terisi dan masih memiliki banyak sumber energi untuk dapat memulai hari. Dan dengan menghirup udara yang masih bersih dapat memberikan manfaat bagi tubuh kita seperti, membuat aliran darah menjadi lancar, meningkatkan daya ingat, otak dapat berfungsi secara maksimal, menyehatkan paru-paru, menyehatkan jantung, membuat kulit sehat dan awet muda, serta masih banyak lagi manfaat yang kita dapatkan saat bangun subuh. Untuk itu, waktu subuh merupakan waktu yang baik untuk kita melaksanakan olahraga.

Pagi Hari

Selanjutnya yaitu saat matahari telah terbit, sekitar pukul 8 hingga 10 pagi. Kalian bisa melaksanakan olahraga pada saat itu dan kalian dapat sekaligus berjemur dengan matahari pagi. Selain energi dalam tubuh masih banyak, kalian juga bisa mendapatkan manfaat dari berjemur pada pagi hari loh. Manfaat berjemur tersebut bagi kesehatan antara lain, menurunkan tekanan darah, meningkatkan kesehatan tulang, menghilangkan depresi meningkatkan kualitas tidur, tuberkolosis, diabetes, dan masih banyak lagi. Hal tersebut karena vitamin D yang dimiliki oleh sinar matahari yang dapat memberikan asupan yang cukup bagi tubuh kita.

Selain itu, sinar UV pada matahari yang ada di pagi hari dapat merawat kulit berjerawat, eksim, sakit kuning, dan psoriasis. Maka dari itu, olahraga lah pada pukul 8 hingga 10 pagi sehingga dapat memberikan manfaat yang lebih bagi tubuh.

Sore hari

Selanjutnya, waktu yang baik yaitu pada sore hari sebelum berbuka puasa. Tak hanya olahraga pagi saja yang memiliki manfaatnya, ternyata olahraga sore juga memiliki manfaat loh KLovers. Karena olahraga sore hari sangat baik jika kalian yang sedang ingin melatih stamina dan ketahanan di dalam tubuh agar tak mudah lelah. Olahraga pada jam ini sangat baik untuk kalian yang akan mengikuti seleksi ujian pemerintahan atau para pekerja yang membutuhkan banyak kekuatan serta energi dalam bekerja.

Olahraga sore hari dipilih karena jangka waktu saat olahraga dan berbuka tidak terlalu jauh, jadi kalian bisa menghabiskan waktu sore dengan berolahraga sebelum waktu berbuka tiba.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Jalan Pagi

Jenis olahraga saat puasa Ramadhan yang pertama yaitu jalan pagi. Kalian bisa berjalan santai saat pagi hari selama 30 menit. Jalan pagi tidak terlalu menghabiskan energi kita, tetapi bila dilakukan secara rutin maka akan memberikan efek yang luar biasa bagi tubuh. Dan salah satunya yaitu dapat menurunkan berat badan. Selain itu, jalan pagi juga dapat memperlancar peredaran darah secara merata dari kaki hingga kepala kalian.

Manfaat jalan pagi yang lainnya yaitu, dapat melatih jantung agar tetap kuat, menurunkan risiko stroke, mengontrol gula darah, meningkatkan kepadatan tulang, membantu menguatkan otot dan masih banyak lagi. Selain dapat memberikan banyak kesehatan untuk tubuh, jalan pagi juga menjadi solusi buat kalian yang ingin berpuasa dengan maksimal dan badan tetap bugar.

3. Yoga

Bila kalian ingin tetap melaksanakan olahraga di rumah saja, maka jenis olahraga puasa ramadhan selanjutnya yaitu dengan melakukan yoga. Waktu yang pas dalam melakukan yoga yaitu pada pagi hari. Yaitu saat pukul 7 hingga 9 pagi. Kalian bisa melakukan yoga sekaligus berjemur dengan matahari pagi, sehingga manfaat olahraga pagi dan manfaat berjemur pagi dapat langsung kalian dapatkan menjadi satu.

Walaupun yoga sedikit menguras tenaga, tetapi kalian bisa mengubah gerakan yang biasa kalian lakukan sehari-hari dengan saat berpuasa. Kalian bisa menggunakan gerakan yang sederhana tetapi dapat memberikan kebugaran bagi tubuh.

Manfaat dari olahraga yoga pun sangat banyak, antaranya yaitu, dapat menjaga kebugaran tubuh, membentuk otot, mengatur berat badan, mengurangi stress atau depresi, membantu dalam gangguan tidur, mencegah dan mengobati jantung, mencegah dan mengobati asma, meringankan cedera, dan masih banyak lagi. Untuk itu lah kalian dapat memilih yoga sebagai olahraga saat puasa Ramadhan.

4. Bersepeda

Jenis olahraga saat puasa Ramadhan selanjutnya yaitu bersepeda, kalian dapat melakukan kegiatan bersepeda saat sore hari sebelum berbuka puasa. Manfaat bersepeda sendiri bagi kesehatan yaitu, merawat sendi, meningkatkan kekuatan otot, menurunkan kadar kolestrol dalam tubuh, menguatkan otot jantung dan juga menurunkan tekanan darah. Jadi kalian dapat melakukan kegiatan bersepeda saat puasa Ramadhan untuk kebugaran tubuh.

5. Pilates

Dan jenis olahraga saat puasa Ramadhan yang terakhir yaitu dengan melakukan gerakan pilates. Sama seperti yoga, pilates tidak dapat langsung menurunkan gula darah yang dapat membuat kita cepat lemas dan mudah lapar. Kalian bisa melakukan pilates saat pagi hari atau sore hari, tergantung dengan waktu yang kalian miliki. Akan lebih baik lagi bila kalian melakukannya saat pagi hari, agar dapat sekaligus berjemur.

Pilates sendiri merupakan olahraga yang membantu membentuk postur tubuh dan membantu kelenturan dalam tubuh. Manfaat pilates sendiri yaitu, dapat meringankan sakit punggung, mencegah terjadinya cedera, menurunkan berat badan, meningkatkan konsentrasi, dan masih banyak lagi. Maka dari itu, pilates dapat menjadi olahraga saat puasa Ramadhan yang dapat kita lakukan.

Itulah jenis olahraga saat puasa Ramadhan yang dapat kalian jalani. Olahraga di atas tentunya bukan hanya akan memberikan kebugaran dalam tubuh saja tetapi juga dapat memberikan kesehatan di dalam tubuh. Dan yang pastinya juga kalian harus mengonsumsi banyak air putih serta makanan yang bergizi seimbang agar mendapatkan hasil yang maksimal.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending