6 Mitos Ayam Bulu Putih Menurut Primbon Jawa, Benarkah Bisa Jadi Pembawa Hoki?

Diterbitkan:

6 Mitos Ayam Bulu Putih Menurut Primbon Jawa, Benarkah Bisa Jadi Pembawa Hoki?
Mitos Ayam Bulu Putih Menurut Primbon Jawa (credit: unsplash)

Kapanlagi.com - Primbon Jawa sudah jadi bagian dari budaya dan keyakinan masyarakat tradisional. Dalam primbon Jawa, ada beberapa jenis binatang yang diyakini punya energi spiritual tersendiri. Ayam berbulu putih adalah salah satunya. Sampai sekarang, banyak orang yang berusaha memecahkan misteri di balik mitos keistimewaan ayam bulu putih menurut primbon Jawa.

Secara sekilas saja, ayam berbulu putih terlihat sangat menarik perhatian. Karenanya, tak sedikit orang yang berkeinginan memelihara ayam bulu putih. Namun bukan hanya karena penampakannya yang menarik, banyak orang tertarik memelihara jenis ayam ini untuk bisa mendapatkan keistimewaannya yang dijelaskan dalam primbon Jawa.

Penasaran, seperti apa penjelasan mitos keistimewaan ayam bulu putih menurut primbon Jawa? Untuk mengetahuinya, langsung saja simak ulasan berikut ini.

1. Pembawa Kesejahteraan

Menurut primbon Jawa, ayam dengan bulu putih semua dipercaya sebagai binatang yang cukup istimewa. Keistimewaan ayam bulu putih tersebut bisa dimanfaatkan oleh orang yang memeliharanya. Salah satu keistimewaan ayam bulu putih menurut primbon Jawa adalah dianggap sebagai simbol kesejahteraan manusia.

Ayam bulu putih diyakini melambangkan kehidupan yang seimbang, kebaikan, dan kemakmuran. Dipercaya bahwa memiliki ayam bulu putih bisa membawa keberuntungan dan keharmonisan dalam kehidupan sehari-hari.

Lebih spesifik, ada juga yang percaya jika ayam bulu putih juga dianggap membawa kesejahteraan finansial. Menurut primbon Jawa, memiliki ayam bulu putih di rumah dapat meningkatkan kekayaan dan rezeki. Ayam bulu putih disebut memiliki kemampuan untuk membawa rejeki dan kesuksesan dalam hal keuangan.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Simbol Keberuntungan

Keistimewaan ayam bulu putih kedua, binatang jenis ini dianggap sebagai simbol keberuntungan. Dipercaya bahwa memiliki seekor ayam bulu putih di sekitar rumah atau peternakan akan membawa keberuntungan dalam segala hal.

Primbon Jawa tidak menjelaskan secara detail, dalam hal apa keberuntungan yang dibawa ayam bulu putih. Karenanya, banyak orang yang meyakini bahwa keberuntungan yang dimaksud berarti luas, dapat mencakup keberuntungan dalam karier, keuangan, dan hubungan personal yang sedang dijalani dengan pasangan.

3. Lindungi Diri dari Roh Jahat

Ayam bulu putih menurut primbon Jawa juga dipercaya sebagai simbol perlindungan spiritual. Banyak orang meyakini bahwa dengan memelihara ayam bulu putih, seseorang akan dapat melindungi diri dari roh jahat dan energi negatif.

Konon, bulu putih pada ayam memiliki kekuatan magis yang mampu membuat roh jahat menjauh. Oleh karena itu, ayam bulu putih sering dipelihara sebagai penghalang dan perlindungan spiritual.

4. Tingkatkan Ketenangan dan Harmoni

Mitos tentang ayam bulu putih juga sangat lekat dengan kehidupan asmara dan rumah tangga. Dalam hal ini, memelihara ayam bulu putih diyakini dapat meningkatkan ketenangan dan harmoni dalam rumah tangga. Ayam bulu putih dipercaya memiliki energi yang membantu meredakan konflik dan meningkatkan hubungan keluarga.

Adanya ayam bulu putih di pekarangan rumah dipercaya bisa menciptakan ketenangan, kedamaian, dan harmoni bagi penghuninya. Maka dari itu, tak mengherankan jika ayam dengan bulu serba putih sering dianggap sebagai simbol kedamaian dan kesatuan.

5. Bisa Jadi Pertanda Kedatangan Tamu

Menurut primbon Jawa, ayam bulu putih juga diyakini bisa memberikan sinyal bagi orang yang memeliharanya bahwa akan ada tamu istimewa yang datang berkunjung. Lebih jelasnya, masyarakat Jawa tradisional percaya bahwa ketika ayam bulu putih berkokok di depan rumah, itu adalah pertanda akan ada tamu yang datang.

Tamu tersebut bisa jadi tokoh penting atau sosok yang kehadirannya memang diharapkan sejak lama. Lebih lanjut, bisa jadi, tamu tersebut datang untuk menyampaikan berita baik atau kabar gembira bagi penghuni rumah.

6. Bisa Jadi Tanda Perubahan Cuaca

Tak hanya memberi sinyal datangnya tamu, mitos keistimewaan ayam bulu putih dalam primbon Jawa juga dipercaya dapat meramalkan perubahan cuaca. Konon, ketika ayam bulu putih tampak gembira dan aktif, itu adalah pertanda akan ada cuaca cerah. Namun sebaliknya, jika ayam bulu putih terlihat murung dan tidak bersemangat, itu mungkin menandakan akan ada cuaca buruk.

Itulah di antaranya beberapa penjelasan ciri ayam bulu putih menurut primbon Jawa yang diyakini bisa datangkan keberuntungan. Tetapi perlu diingat bahwa penjelasan ini hanya sekadar kepercayaan dan tidak memiliki dasar ilmiah.

Namun bagaimanapun, ini hanyalah sebuah mitos yang diwariskan dari generasi ke generasi. Jadi, keputusan akhir untuk memilih percaya atau tidak percaya sepenuhnya dikembalikan lagi ke tangan pembaca.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending