6 Novel Rekomendasi 2019 Lengkap Semua Genre dan Masih Layak Dibaca Sekarang, Wajib Masuk Wishlist

Senin, 07 November 2022 20:11
6 Novel Rekomendasi 2019 Lengkap Semua Genre dan Masih Layak Dibaca Sekarang, Wajib Masuk Wishlist
Novel Rekomendasi 2019 (credit: gramedia.com)


Kapanlagi Plus - Buku-buku novel dari dulu hingga sekarang memang nggak ada kata kadaluwarsa. Termasuk novel yang terbit di tahun 2019 yang mana masih layak banget dibaca sekarang. Setidaknya, ada beragam judul novel karya penulis populer berhasil menarik perhatian pembaca lewat kisahnya yang cukup menarik bahkan antimainstream,

Novel rekomendasi 2019 sangatlah lengkap dari genre romance hingga sejarah. Di antara jajaran novel yang rilis tahun 2019 lalu, ada beberapa yang akan diulas dalam artikel di bawah ini sayang banget buat kalian lewatkan.

Selain itu, novel rekomendasi 2019 sebagai berikut juga punya cerita yang seru banget sampai mengandung kisah yang menginspirasi. Mau tahu apa saja novel rekomendasi 2019 yang masih layak dibaca sekarang? Yuk cek langsung di sini KLovers.

 

1. Kami Bukan Sarjana Kertas

Novel rekomendasi 2019 terbaik salah satunya adalah Kami Bukan Sarjana Kertas. Bukan sekedar novel saja, karena Kami Bukan Sarjana Kertas bakalan memberi kalian sudut pandang baru tentang dunia perkuliahan. Novel karya JS Khairen ini mengangkat kisah tentang berbagai persoalan yang dihadapi sejumlah mahasiswa.

Para mahasiswa di kampus UDEL ini punya alasan dan tujuan tersendiri untuk berkuliah. Ada yang berhasil lulus dengan predikat baik, ada yang akhirnya harus drop out, ada yang memilih untuk cuti untuk mengejar mimpinya. Dan berbagai hal lainnya yang harus mereka hadapi. Buku ini kisahnya sangat relate dengan kehidupan yang sering terjadi pada mahasiswa. Meski begitu, buku Kami Bukan Sarjana Kertas juga bisa menginspirasi dan memotivasi siapapun untuk bangkit meraih mimpi.

 

2. Senja & Pagi

Youtuber sekaligus musisi sukses tanah air Alffy Rev juga sempat merilis buku novel berjudul Senja & Pagi di tahun 2019 silam. Buku ini masuk dalam jajaran novel rekomendasi 2019 yang sayang kalian lewatkan jika penggemar romance. Pasalnya, Senja & Pagi menghadirkan perjalanan cinta Alffy Rev dan Linka Angelia yang sukses bikin baper publik.

Nggak hanya berbicara soal cinta, karena Senja & Pagi juga mengangkat kisah mengenai sebuah mimpi yang hendak diwujudkan keduanya. Perjalanan cinta yang berliku dari awal perkenalan hingga berakhir pernikahan ini tertulis dengan indah di novel Senja & Pagi. Selain novel, ada juga lagu yang dirilis dengan judul sama yakni Senja & Pagi.

 

3. Cara Berbahagia Tanpa Kepala

Novel rekomendasi 2019 yang juga seru selanjutnya adalah Cara Berbahagia Tanpa Kepala. Novel karya Triskaidekaman ini terbit tahun 2019 yang memiliki 308 halaman. Novel Cara Berbahagia Tanpa Kepala mengisahkan tentang Sempati yang mencoba mencari kebahagiaan namun dengan cara yang aneh yakni melepaskan kepala.

Semua bermula saat Sempati merasakan banyak persoalan hidup namun ia menganggap kepalanya sebagai beban. Oleh karenanya, Sempati berniat untuk melepas kepalanya saja dengan tergabung dalam program Bebaskan Kepalamu. Namun setelah tujuan tercapai apakah Sempati berhasil menemukan kebahagiaannya? Kalian bisa menemukan jawabannya di novel Cara Berbahagia Tanpa Kepala yang punya cerita antimainstream.

 

4. Perempuan Bersampur Merah

Jika kalian mencari novel berlatarkan sebuah peristiwa, Perempuan Bersampur Merah wajib masuk wishlist. Karena novel karya Intan Andaru ini mengisahkan tentang Sari yang kehilangan keluarga karena sebuah peristiwa tahun 1998 silam di Banyuwangi. Ayahnya dituduh sebagai dukun santet hingga membuat dibantai secara sadis. Hal ini membuat Sari ingin mencari tahu fakta dibalik kematian ayahnya.

Di mana, pencarian tersebut membawa Sari pada sebuah sanggar tari Gandrung yang ternyata juga menyimpan banyak rahasia. Selain itu, novel ini juga punya kisah romansa yang melibatkan Sari dengan dua sahabatnya yakni Rama dan Ahmad. Di novel ini juga menyelipkan sejumlah kisah sejarah dan budaya yang bakalan menambah wawasan kalian.

 

5. Pemetik Bintang

Novel rekomendasi 2019 yang juga seru adalah Pemetik Bintang. Novel ini ditulis oleh Venerdi Handoyo yang mengisahkan tentang kisah cinta yang cukup rumit antara Rifat dan Nina. Mengapa rumit? Pada satu titik saat Rifat menemukan sosok yang mampu mengisi rasa sepinya, Nina menghilang. Apalagi, Rifat ternyata tak mengenal baik sosok Nina yang mana adalah gadis yang misterius.

Di tengah berbagai pertanyaan tentang keberadaan Nina, tiba-tiba gadis tersebut muncul lagi. Kehadiran Nina membawa kisah baru dalam hidup Rifat. Apalagi, Nina kini terlihat cukup berbeda dari sebelumnya. Di sinilah saat Rifat dan Nina akhirnya membuat sebuah kesepakatan yang membuat kisah ini semakin menarik.

 

6. Teh dan Pengkhianat

Novel rekomendasi 2019 berikutnya adalah Teh dan Pengkhianat. Novel ini merupakan karya Iksaka Banu yang berhasil meraih penghargaan bergengsi di dunia sastra. Novel Teh dan Pengkhianat mengandung kisah sejarah di masa kolonial.

Ada beberapa hal disoroti dalam novel Teh dan Pengkhianat sebut saja seperti transportasi  pada masa kolonial, sebuah wabah penyakit yang muncul pada saat itu, serta berbagai kisah perjuangan, harapan, pengorbanan yang terangkum dalam novel Teh dan Pengkhianat bakalan memberimu sudut pandang baru mengenai kehidupan kaum pribumi dan para kolonial kala itu.

Itulah novel rekomendasi 2019 yang sayang buat dilewatkan. Selamat membaca KLovers.

 

(kpl/gen/nlw)



MORE STORIES




REKOMENDASI