10 Rekomendasi Buku Psikologi Kepribadian Terbaik, Cocok untuk Memahami Diri

Senin, 07 November 2022 19:11
10 Rekomendasi Buku Psikologi Kepribadian Terbaik, Cocok untuk Memahami Diri
Rekomendasi Buku Psikologi (Credit: goodreads.com)


Kapanlagi Plus - Memahami diri sendiri terkadang menjadi hal yang sulit dilakukan oleh manusia. Untuk melakukannya, kalian bisa mencoba belajar lewat beberapa rekomendasi buku psikologi kepribadian berikut ini.

Melalui rekomendasi buku psikologi kepribadian ini, kalian bisa menemukan berbagai pengetahuan yang kelak bisa diterapkan dalam kehidupan. Kalian juga akan menemukan berbagai solusi untuk masalah yang dialami.

Nah, jika kalian bingung dalam menentukan judul buku yang cocok, silakan simak ulasan mengenai rekomendasi buku psikologi kepribadian terbaik berikut ini.

 

1. Psikologi Kepribadian - Lynn Wilcox

Pertama, ada rekomendasi buku Psikologi Kepribadian yang ditulis oleh Lynn Wilcox. Buku ini memiliki isi yang cukup menarik, cocok bagi kalian yang merasa bingung dengan pikiran dan perilaku diri sendiri. Saat membacanya, kalian akan diajak untuk memahami integritas pribadi ke arah positif dengan metode psikoterapi Barat dan Islam (metode sufi).

Proses konseling yang diajukan dalam buku ini bersifat konseptual, komparatif, dan praktis. Kalian bisa memilih sendiri metode psikoterapi Barat dan Islam untuk diterapkan. Kalian bisa mengikutinya berdasarkan prosedur masing-masing.

 

2. Becoming Human - Jean Vanier

Selanjutnya, ada rekomendasi buku psikologi kepribadian yang berjudul Becoming Human. Penulis buku ini bernama Jean Vanier, seorang filsuf, teolog katolik, dan humanitarian sekaligus pendiri kemoinyas L'Arche serta Faith and Light. Buku ini berisi gambaran manusia antara freedom (kebebasan) dan belonging (kebergantungan).

Selain itu, ada pula penjelasan mengenai topik yang juga sering dibahas. Misalnya, cinta, pengampunan, kesepian, derita, ketakutan, depresi, pengucilan, penolakan dan penerimaan, kebebasan hati manusia, kekacauan dan keteraturan, delusi atau penipuan, kelemahan dan pengakuan. Bagaimana, tertarik untuk membaca buku ini?

 

3. The Power of Habit - Charles Duhigg

Jika kalian mencari rekomendasi buku psikologi kepribadian yang simpel. The Power of Habit bisa jadi jawabannya. Melalui buku karya Charles Duhigg ini kalian akan merenungi dan memaknai kesederhanaan. Kesederhanaan merupakan sebuah langkah menuju kesuksesan dengan cara mengubah pola hidup menjadi lebih baik.

Tak hanya itu, saat membaca buku ini kalian juga akan menemukan penjelasan tentang pola hidup secara terperinci. Kalian pun akan menyadari bahwa pola hidup yang baik akan membawa kehidupan dan masa depan yang lebih sukses dan bahagia. Selain itu, buku ini juga akan mendapatkan sugesti sederhana yang bisa dilakukan untuk menciptakan kebiasaan baik.

 

4. Influence: Science and Practice - Robert Cialdini

Influence: Science and Practice juga menjadi salah satu rekomendasi buku psikologi kepribadian terbaik untuk kalian baca. Buku karya Robert Cialdini ini cocok bagi kalian yang ingin menjadi negosiator. Pasalnya, buku ini akan membantu kalian dalam memahami psikologi persuasi dan cara manusia saling berinteraksi.

Kalian akan menemukan penjelasan mengenai riset tentang teknik persuasi yang baik. Tak hanya itu, ada pula penjelasan mengenai cara untuk membela diri dari teknik persuasi yang dimaksudkan. Contoh praktisnya bisa kalian terapkan dalam menghindari modus-modus penipuan modern yang bisa mencelakai kalian.

 

5. Personality: What Makes You the Way You Are - Daniel Nettle

Selanjutnya, ada rekomendasi buku psikologi kepribadian yang berjudul Personality: What Makes You the Way You Are. Buku ini ditulis oleh Daniel Nettle yang sebelumnya sukses dengan buku berjudul Happiness. Melalui buku ini, dia seolah membawa pembaca untuk melakukan tur sains modern tentang kepribadian manusia.

Saat membaca buku ini, kalian akan menemukan penjelasan tentang 5 poin besar, seperti Extraversion, Neuroticism, Conscientious, Agreebleness, dan Opnennes. Tak hanya itu, ada pula penjelasan mengenai pemikiran, keputusan, hingga situasi yang mempengaruhi manusia.

 

6. Jung\'s Map of The Soul: An Introduction - Murray Stain

Jung's Map of The Soul: An Introduction menjadi salah satu rekomendasi buku psikologi kepribadian terbaik yang tak boleh kalian lewatkan. Buku ini berisi penjelasan mendetail dengan kumpulan teori dan temuan dari tokoh psikiater besar, Carl Gustav Jung.

Buku ini makin memudahkan pembaca karena teori 'Peta Jiwa Manusia' dibahas secara runtut dan jelas. Kalian akan menemukan jawaban tentang bagaimana jiwa dan otak manusia menyimpan memori, merespon, memanipulasi, hingga menyembunyikan. Ada pula jawaban mengapa manusia mempunyai banyak wajah yang ditunjukkan atau bisa disebut Persona.

 

7. The Art of Choosing - Sheena Iyengar

The Art of Choosing juga menjadi rekomendasi buku psikologi kepribadian yang tak kalah bagus. Buku ini cocok, terutama bagi kalian yang sedang bingung dalam menentukan keputusan. Dengan membaca buku karya Sheena Iyengar ini, kalian akan jadi lebih mudah dalam menentukan pilihan.

Tak hanya itu, kalian juga akan mampu memahami berbagai masalah eksternal yang ada, memahami pilihan yang membahayakan, hingga cara agar tak melewatkan pilihan terbaik di dalam hidup.

 

8. The Things You Can See Only When You Slow Down - Haemin Sunim

Jika kalian sedang mencari rekomendasi buku psikologi kepribadian tentang pola pikir, The Things You Can See Only When You Slow Down bisa jadi jawabannya. Buku karya Haemin Sunim ini memiliki isi yang menarik dan bisa kalian baca untuk belajar menikmati hidup secara perlahan. Buku ini juga memuat penjelasan mengenai cara melewati segala masalah dengan pikiran yang tenang dan sehat.

Buku ini cocok dibaca oleh pemula karena penjelasannya yang sederhana dan mudah dipahami. Saat membaca, kalian akan lebih mengenal makna kehidupan, mengenal diri sendiri, dan juga orang lain.

 

9. The 5 AM Club - Robin Sharma

Selanjutnya, ada The 5 AM Club yang juga menjadi rekomendasi buku psikologi kepribadian terbaik untuk kalian ikuti. Buku ini akan membantu kalian agar lebih produktif. Buku karya Robin Sharma ini akan mengarahkan kalian untuk mengubah sikap mulai dari hal yang sederhana.

Seperti yang tercantum di judulnya, buku ini akan mengajak pembaca untuk memulai perubahan sejak pagi. Dengan mengikutinya, kalian pun akan mendapat pengaruh positif agar lebih sehat dan produktif.

 

10. The Emotional Brain - Joseph E LeDoux

Masih ada satu lagi rekomendasi buku psikologi kepribadian yang berjudul The Emotional Brain. Buku karya Joseph E LeDoux ini secara spesifik menggambarkan tentang konsep di balik emosi manusia serta proses psikis yang membentuknya.

Melalui buku ini, kalian akan menemukan penjelasan tentang cara kerja biologi dan perilaku manusia untuk mencari petunjuk. Berisi tentang berbagai penjelasan, buku ini bisa juga disebut sebagai pionir psikologi emosi manusia.

Nah, KLovers, itulah beberapa rekomendasi buku psikologi kepribadian terbaik yang bisa kalian baca.

 

(kpl/gen/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI