6 Rekomendasi Buku Fotografi untuk Pemula, Wajib Dibaca Oleh Calon Fotografer

Rabu, 23 November 2022 20:44
6 Rekomendasi Buku Fotografi untuk Pemula, Wajib Dibaca Oleh Calon Fotografer
Rekomendasi Buku Fotografi (Credit: Goodreads.com)


Kapanlagi Plus - Sebagai calon fotografer, kalian perlu menemukan rekomendasi buku fotografi yang tepat. Sekarang ini, sudah banyak buku referensi yang mudah kalian temukan di pasaran.

Selain praktik secara langsung, mempelajari teori melalui rekomendasi buku fotografi pun penting untuk dilakukan. Mau tidak mau, kalian perlu memahami seluk-beluk fotografi, seperti teknik memotret, jenis kamera, hingga editing foto.

Memahami hal tersebut akan meningkatkan kemampuan kalian sebagai seorang fotografer. Bagi fotografer pemula, tak ada salahnya untuk melahap berbagai rekomendasi buku fotografi agar mampu menghasilkan foto dengan kualitas yang keren.

 

1. Photography From My Eyes - Yuyung Abdi

Photographer From My Eyes merupakan rekomendasi buku fotografi pertama yang wajib kalian baca. Buku ini ditulis oleh Yuyung Abdi, seorang fotografer senior yang punya banyak ilmu untuk kalian pelajari. Namun, ada yang perlu kalian perhatikan bahwa buku ini lebih cocok dipelajari bagi orang yang berada di level menengah.

Bahasan di buku ini antara lain, angle, komposisi, jarak, lensa hingga perspektif. Tak hanya itu, buku ini juga membahas tentang genre fotografi, seperti landscape fotografi, wedding fotografi, arsitektur dan lain sebagainya. Gaya bahasa yang berat diimbangi dengan berbagai gambar yang indah.

 

2. Amazing DSLR dan Mirrorless - Erick Permana dan Oce Yogi Setiawan

Bagi kalian yang sedang mencari rekomendasi buku fotografi untuk pemula, silakan baca Amazing DSLR dan Mirrirless. Buku karya Erick Permana dan Oce Yogi Setiawan ini berisi pembahasan tentang dasar dalam fotografi, seperti mengupas kamera DSLR, mengenal lensa kamera DSLR, komposisi, teknik fotografi, mengenal kamera mirrorless, teknik foto levitasi, hingga editing foto dengan menggunakan photoshop.

Materi tersebut tentu akan sangat bermanfaat bagi kalian belum mengetahui banyak informasi mengenai fotografi. Selain seluk-beluk kamera, kalian juga akan menemukan penjelasan tentang teknik dan komposisi dalam fotografi. Intinya, buku setebal 197 halaman ini akan memberi banyak pencerahan bagi pemula.

 

3. The Passionate Photographer - Steve Simon

Bagi kalian yang mencari rekomendasi buku fotografi dari luar negeri, ada The Passionate Photographer yang wajib kalian baca. Sebagai seorang pemula, alangkah lebih baik jika kalian menggali pengetahuan dari pemahaman yang berbeda-beda. Buku ini merupakan karya Steve Simon, seorang fotografer jurnalistik dan dokumenter berpengalaman.

Berisi pengetahuan yang menarik, buku ini terdiri dari 10 bab. Beberapa hal yang bisa kalian pelajari antara lain, fotografi, komposisi, pencahayaan, edit foto, dan lain sebagainya.

 

4. Rahasia Fotografi dengan Android - Gregorius Agung P

Bicara soal fotografi, terkadang orang sering terjebak pada alat atau kamera. Namun, sekarang ini dunia sudah semakin canggih. Hampir semua perangkat telepon sudah dilengkapi dengan kamera berkualitas bagus. Nah, jika kalian punya hobi foto, tapi tak memiliki perangkat kamera, ada rekomendasi buku fotografi yang menarik berjudul Rahasia Fotografi dengan Android. Secara teknis, kamera bisa kalian dapatkan melalui perangkat Android.

Melalui buku ini, kalian akan menemukan penjelasan tentang aspek-aspek fotografi yang bisa dipraktikkan. Ternyata, perangkat Android pun bisa menjadi kamera yang bergengsi. Selain itu, kalian juga akan menemukan berbagai teori komposisi fotografi smartphone sekaligus beberapa referensi utama yang sangat esensial. Intinya, buku ini cocok jadi referensi utama bagi kalian yang ingin tahu lebih banyak tentang dunia fotografi digital menggunakan gadget berbasis Android.

 

5. The Essential Guide to Photography Digital - Bakari Chavanu

Masih rekomendasi buku fotografi dari luar negeri, The Essential Guide to Photography Digital juga layak kalian baca. Buku karya Bakari Chavanu ini cocok kalian baca saat memulai fotografi. Mirip buku Steve Simon, buku ini menjabarkan beberapa informasi terkait fotografi dalam 59 halaman.

Materi di dalam buku ini antara lain, teknik memotret, mengambil foto close up, fotografi malam, dan metode foto lainnya. Dalam buku ini, kalian juga akan menemukan tips-tips membeli kamera.

 

6. Belajar Fotografi Makanan untuk Pemula - Muharini Dan Listiana S.

Fotografi makanan menjadi salah satu gaya yang cukup populer. Seperti yang diketahui, visual makanan memang menjadi objek yang menarik untuk difoto. Bagi kalian yang tertarik dengan gaya ini, tentu ada beberapa teknik yang perlu diperhatikan. Nah, selanjutnya ada rekomendasi buku fotografi bagi kalian yang hobi dengan makanan.

Buku berjudul Belajar Fotografi Makanan untuk Pemula ini layak dibaca oleh kalian yang suka wisata kuliner. Dengan kemampuan ini, kalian bisa pamer foto-foto makanan yang indah di media sosial. Buku ini juga cocok bagi kalian yang hobi cooking ataupun baking. Melalui foto-foto yang bagus, kalian bisa sekaligus memasarkan produk secara gratis di media sosial.

Nah, KLovers, itulah beberapa rekomendasi buku fotografi yang wajib dibaca oleh calon fotografer.

 

(kpl/gen/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI