6 Tips Minum Kopi yang Aman untuk Perut dan Jantung, Beserta Kandungan Kafein di Setiap Jenisnya

Senin, 16 Agustus 2021 18:22 Penulis: Dhia Amira
6 Tips Minum Kopi yang Aman untuk Perut dan Jantung, Beserta Kandungan Kafein di Setiap Jenisnya
Ilustrasi (Credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Kopi memang menjadi sebuah minuman yang disukai oleh banyak orang di seluruh dunia, salah satunya Indonesia. Tak hanya teh saja, nyatanya kopi juga menjadi salah satu minuman yang banyak memiliki manfaat untuk kesehatan tubuh. Tidak heran bila, banyak orang yang menjadikan kopi sebagai minuman sehari-hari. Bahkan kandungan kafein dalam kopi juga dapat membuat seseorang merasa ketagihan.

Sebenarnya takaran minum kopi tergantung dari kondisi tubuh seseorang, karena setiap orang memiliki takaran kopi yang berbeda. Namun, secara general lebih baik kalian tak mengonsumsi kopi secara berlebihan, apalagi bila kandungan kafein tersebut sangat tinggi. Kopi bukan hanya menjadi gaya hidup saja, namun juga dapat menjadi sebuah kebutuhan kesehatan, hingga membantu mereka yang ingin terlihat lebih segar dan semangat di pagi hari.

Namun, bagaimana ya bila kopi dikonsumsi untuk mereka yang sering merasakan nyeri pada lambung? Dan apakah minuman kopi juga baik untuk kesehatan jantung? Untuk itu telah dilansir dari berbagai sumber, berikut ini ada 6 tips minum kopi yang aman untuk perut dan jantung kalian. Yuk langsung saja dicek KLovers.

 

1. Pilih Jenis Kopi dengan Kadar Asam Rendah

Tips minum kopi yang aman pertama yaitu, dengan memilih jenis kopi dengan kadar asam yang rendah. Yup! kebanyakan kopi memiliki kadar asam di dalamnya, bahkan ada yang memiliki kadar asam yang cukup tinggi. Sehingga tidak heran ada beberapa orang yang merasa nyeri perut setelah mengonsumsi kopi dalam jumlah tertentu.

Sebenarnya, tingkat asam pada biji kopi tergantung dari pemanggangan biji kopi tersebut. semakin lama biji kopi dipanggang, rasanya akan makin asam, kandungan kafeinnya akan lebih tinggi, dan warnanya juga makin hitam. Sehingga dapat membuat seseorang langsung merasakan nyeri ketika meminum kopi dalam takaran tertentu.

Kalian bisa loh memilih kopi dengan jenis arabica. Itu karena, kopi Arabika rasanya sedikit manis dan lembut. Kandungan kafeinnya juga hanya sekitar 1,2 persen dibanding kopi robusta yang kafeinnya mencapai 2,2 persen. Selain itu, kalian juga bisa memilih kopi Arabika dengan teknik cold brew yang menghasilkan konsentrat kopi pekat tapi rasanya lebih manis dan rendah kafein.

 

2. Tambahkan Susu

Bila kalian bingung dengan jenis kopi, dan hanya meracik kopi sendiri. Maka kalian bisa loh memilih alternatif dengan menambahkan susu. Ya, buatlah takaran kopi yang lebih sedikit dan susu yang lebih banyak. Hal ini karena, susu menjadi salah satu minuman yang baik untuk penderita penyakit maag. Susu juga dapat meredakan lambung kalian yang sedang luka atau mengalami masalah.

Kalian bisa memilih susu yang rendah lemak ya KLovers. Itu karena, kandungan lemak tinggi dalam susu full cream atau whole milk dapat melonggarkan cincin otot kerongkongan bagian bawah. Protein dari susu murni juga dapat berinteraksi dengan sejumlah senyawa dalam kopi sehingga mendorong naiknya asam lambung ke kerongkongan. Sehingga ada baiknya memilih susu yang rendah lemak saja.

 

3. Kurangi Kandungan Kafein

Setiap kopi pasti memiliki kandungan kafeinnya, namun ada yang rendah dan ada pula yang tinggi. Tips minum kopi yang aman untuk perut dan jantung juga terletak dari kalian dalam menakar kandungan kafein yang masuk dalam tubuh ya KLovers. Kalian bisa memilih kopi decaf atau kopi yang rendah akan kafein, untuk kesehatan perut ataupun jantung.

Untuk rasa tenang saja, hal itu tak akan mengubah rasa kopi yang akan kalian minum kok KLovers. Sensasi rasa kopi decaf masih sama seperti menikmati kopi biasa, hanya saja rasanya lebih ringan. Dalam kopi biasa mengandung sekitar 85 mg kafein per cangkir, sementara kopi rendah kafein hanya mengandung 3-15 mg kafein. Sehingga kopi ini lebih aman, terutama untuk lambung. Namun, tetap saja kalian harus mengontrol takaran minum perhari ya KLovers.

 

4. Kurangi Konsumsi Harian

Kemudian tips minum kopi yang aman untuk perut dan jantung lainnya yaitu, dengan mengurangi konsumsi harian kalian. Ya, setiap orang sebenarnya memiliki takaran yang berbeda-beda setiap hari. Tergantung dari kebutuhan dan kondisi tubuh. Untuk orang normal, atau yang tidak memiliki penyakit lambung atau jantung, disarankan mengonsumsi kopi 3 cangkir atau maksimal 4 cangkir dalam sehari.

Namun, akan berbeda dengan mereka yang memiliki penyakit lambung. Ya, untuk mereka yang memiliki penyakit lambung, disarankan untuk mengonsumsi kopi 1 cangkir sehari. Dan itu juga merupakan kopi yang rendah kafein serta asam. Bagi mereka yang memiliki penyakit hipertensi dan jantung, maka ada baiknya mengonsumsi 2 hingga 3 cangkir saja perhari.

Bahkan pada kondisi tertentu, seperti perbedaan genetik, minum 1-2 cangkir kopi setiap hari saja dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan hipertensi. Biasanya perbedaan genetik dalam tubuh seseorang ini bisa memengaruhi kerja enzim tersebut dan akhirnya ikut memengaruhi metabolisme kafein dalam tubuhnya. Sehingga cukup berbahaya untuk mengonsumsi kopi.

 

5. Hindari Minum Kopi saat Perut Kosong

Tak hanya itu saja, tips minum kopi yang aman untuk perut yang lainnya yaitu, dengan tidak mengonsumsi kopi saat perut kosong. Ya, bagi kalian yang memiliki penyakit lambung bahkan akut, sebaiknya tidak mengonsumsi kopi dalam keadaan perut kosong. Apalagi menjadikan kopi sebagai pengganti sarapan atau menu diet, itu adalah hal yang tentu sangat dilarang.

Kandungan asam pada kopi bisa membuat perut kalian semakin asam. Bahkan kopi yang memiliki efek dapat mengurangi nafsu makan kalian, akan membuat kalian sedikit dalam mengonsumsi makanan. Hal ini tentu tidak akan baik untuk tubuh, terutama lambung kalian yang sudah bermasalah. Sehingga, akan lebih bijak untuk kalian mengonsumsi kopi setelah makan yang berat ya KLovers.

 

6. Atur Porsi untuk Kesehatan Jantung

Dan tips minum kopi yang aman terakhir yaitu, tips minum kopi yang baik untuk kesehatan jantung. Ya, walaupun kopi sebenarnya sangat baik untuk kesehatan jantung, namun porsi yang berlebihan dalam minum kopi akan sangat berbahaya loh. Dilansir dari Newsweek, yang dilansir dari Klik Dokter mengungkapkan bahwa, minum empat cangkir kopi dalam sehari dapat memicu proses positif yang mampu melindungi sel-sel jantung.

Para peneliti yang menyelidiki hubungan antara kopi dan kesehatan jantung menemukan fakta, kafein dapat membantu protein p27 untuk mengatur kekuatan sel-sel bernama mitokondria. Protein tersebut mengikat bagian spesifik dari DNA dan memainkan peran dalam bagaimana gen diekspresikan. Sehingga dari sanalah kita dapat melihat bahwa, mengonsumsi 4 cangkir kopi dalam sehari sudah cukup membuat jantung lebih sehat.

Sehingga mengonsumsi lebih dari situ, mungkin akan memberikan hasil yang berbeda. Namun perlu diingat lagi, bahwa setiap orang memiliki takaran minum kopi yang berbeda ya KLovers, semua tergantung kondisi badan masing-masing. Kalau kalian memiliki penyakit yang cukup serius, ada baiknya berkonsultasi pada dokter terlebih dahulu.

 

7. Kandungan Kafein di Beberapa Jenis Kopi

Dan berikut ini ada beberapa takaran perkiraan kandungan kafein pada jenis-jenis kopi yang telah dilansir dari Klik Dokter, sebagai berikut:

1. Kopi hitam 8 ons/237 ml mengandung 95-200 mg kafein

2. Kopi decaffeinated 8 ons/237 ml mengandung 2-12 mg kafein

3. Espresso 1 ons/30 ml mengandung 47-75 mg kafein

4. Espresso decaffeinated 1 ons/30 ml mengandung 0-15 mg kafein

5. Kopi instan 8 ons/237 ml mengandung 27-173 mg kafein

6. Kopi instan decaffeinated 8 ons/237 ml mengandung 2-12 mg kafein

7. Late atau moca 8 ons/237 ml mengandung 63-175 mg kafein

Itulah 6 tips minum kopi yang aman bagi perut dan jantung yang dapat kalian ketahui. Semoga tips minum kopi yang aman di atas dapat membantu kalian agar lebih bijak dalam menakar minum kopi dalam sehari ya KLovefrs.

 

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI