12 Makanan Sederhana Indonesia Ini Ternyata Dijual Mahal di Prancis

Kamis, 05 Agustus 2021 12:22 Penulis: Dhia Amira
12 Makanan Sederhana Indonesia Ini Ternyata Dijual Mahal di Prancis
Ilustrasi (Credit: flickr.com)


Kapanlagi Plus - Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki banyak sekali pulau. Bahkan dengan banyaknya pulau tersebut, Indonesia memiliki banyak sekali bahasa daerah dan makanan daerah yang berbeda-beda. Tidak heran bila, Indonesia tak hanya memiliki 2 atau 3 makanan khas saja, namun puluhan makanan khas yang enak, dari makanan berat, makanan ringan, hingga minuman. Tentu saja makanan tersebut dibanderol dengan harga yang juga terjangkau. Namun bagaimana ya bila makanan sederhana Indonesia ini malah dijual sangat mahal di negara lain?

Ya, beberapa makanan Indonesia memang beberapa sudah populer secara Internasional, sebut saja ada rendang, sate ayam, soto, gado-gado, dan masih banyak lagi. Sehingga tidak heran bila ada saja beberapa restoran khas Indonesia di luar negeri, salah satunya Prancis. Bahkan makanan sederhana Indonesia ini dijual sangat mahal loh di negara dengan makanan pasta ini. Bahkan akan dijual dengan harga ratusan ribu, bila di rupiah kan.

Kira-kira makanan apa saja ya itu? Untuk itu dilansir dari idntimes.com dan berbagai sumber, inilah 12 makanan sederhana Indonesia yang dijual mahal di negara Prancis. Yuk langsung saja dicek KLovers.

1. Gado-gado

Makanan sederhana Indonesia yang begitu populer pertama yaitu ada gado-gado. Nyatanya salah satu makanan sederhana yang bisa ditemukan dengan mudah di Indonesia ini juga menjadi favorit loh di Prancis. Dalam beberapa acara festival kuliner Indonesia di Prancis, gado-gado menjadi salah satu pilihan makanan yang mereka sukai.

Bahkan makanan yang mirip dengan salad ini memiliki harga yang sangat mahal loh di negara tersebut. Ya, untuk seporsi gado-gado akan diberi harga 13 Euro atau bila dirupiahkan menjadi 222 ribu rupiah. Wah, beda jauh banget ya sama harga yang ada di Indonesia.

2. Rendang

Kemudian ada pula rendang, yang menjadi salah satu makanan yang cukup mahal di Prancis. Rendang memang menjadi salah satu makanan Indonesia yang begitu populer secara Internasional. Bila sudah menyebut rendang, maka orang luar negeri akan mengetahui identitas makanan tersebut berasal dari Indonesia.

Bila gado-gado saja bisa dibanderol dengan harga 222 ribu rupiah, maka rendang akan lebih mahal lagi. Bisa kalian bayangkan, harga untuk seporsi sekali makan rendang tanpa nasi bisa dihargai dengan 13,90 Euro atau berkisar 235 ribu rupiah. Kira-kira dengan uang segitu bisa dapat nasi padang berapa bungkus ya kalau di Indonesia?

3. Semur Ayam

Siapa bila di Prancis nggak ada semur ayam? Ya, makanan rumahan ini ternyata dijual loh di Prancis. Cukup membanggakan ya, makanan yang biasanya dimasak oleh ibu di rumah, sudah go Internasional. Ayam dengan bumbu rempah dan rasa manis ini ternyata juga memiliki harga yang luar biasa loh kalau dijual di Prancis.

Seporsi semur ayam dengan potongan kentang di Prancis dijual dengan harga 15 Euro atau 257 ribu rupiah. Hampir setara dengan harga rendang loh ternyata. Beruntung banget deh kita bisa makan semur ayam banyak-banyak kalau di Indonesia.

4. Soto Ayam

Kemudian kita akan beralih dengan makanan berkuah nih. Makanan yang begitu populer di Indonesia ini juga dijual di Prancis dengan harga yang juga cukup mahal. Makanan dengan kuah segar dan rempah yang kuat ini ternyata juga banyak disukai loh oleh beberapa orang Prancis. Biasanya kalau di Indonesia, soto ayam akan menjadi salah satu makanan berat yang dikonsumsi saat pagi hari.

Untuk makan soto ayam di Indonesia dengan nasi bisa berkisar 10 ribu hingga 25 ribu, tergantung soto apa yang kita makan. Namun di Prancis harganya berbeda. Di negara ini, harga soto ayam bisa dihargai dengan sekitar 12,90 Euro atau 218 ribu rupiah. Wah, kalau di Indonesia bisa membeli soto puluhan porsi tuh.

5. Sate Ayam

Tak hanya rendang, gado-gado, atau soto saja, sate ayam juga menjadi salah satu makanan Indonesia yang mendunia dan populer. Ketika mengatakan sate ayam, maka Indonesia menjadi negara yang memiliki makanan tersebut. Biasanya sate ayam di makan dengan lontong ataupun nasi putih hangat. Sate ayam juga banyak dijadikan pilihan hidangan makan malam oleh sebagian masyarakat Indonesia.

Menjadi makanan yang populer di Indonesia dan Mancanegara, tidak heran bila di beberapa negara kita dapat dengan mudah menemukan sate ayam. Salah satunya di negara Prancis, kita bisa menemukan sate ayam sekaligus dengan potongan lontong nasinya. Namun, harga sate ayam di negara ini sangat mahal loh, yaitu sekitar 14 Euro atau 237 ribu rupiah.

6. Ikan Goreng Sambal Matah

Siapa yang suka dengan ikan goreng? Ya, ikan goreng di Indonesia memang menjadi salah satu jenis lauk pauk yang populer dan menjadi pilihan. Namun tidak hanya di Prancis saja, nyatanya ikan goreng di Prancis juga ada loh KLovers. Ya, untuk seporsi ikan goreng dengan sambal matah dihargai sekitar 19,90 Euro atau 341 ribu rupiah. Wah, gimana KLovers, tertarik untuk membeli ikan goreng sambal matah di Prancis?

7. Nasi Goreng Spesial

Siapa pecinta nasi goreng? Ya, nasi goreng memang menjadi salah satu makanan yang begitu populer di Indonesia. Beberapa negara juga memiliki ciri khas nasi goreng tersendiri, seperti di Jepang nasi goreng memiliki sebutan omurice, nasi goreng di Korea disebut bokkeumbap yaitu nasi goreng kimchi, dan nasi goreng di negara tirai bambu China. Namun tentu saja, nasi goreng di Indonesia memiliki ciri khas tersendiri.

Nasi goreng juga menjadi salah satu makanan yang juga populer hingga Mancanegara. Tidak heran bila nasi goreng ada di Prancis. Namun nasi goreng di Prancis cukup mahal ya KLovers, ya untuk satu porsi nasi goreng spesial dengan telur dan 3 tusuk sate diberi jual sekitar 15,90 Euro atau 269 ribu rupiah.

8. Bebek Betutu

Selanjutnya yaitu ada bebek betutu yang juga memiliki harga yang luar biasa mahal bila dijual di negara Prancis. Ya, makanan olahan bebek ini juga menjadi salah satu makanan rempah yang begitu populer di Indonesia. Untuk makan bebek betutu ini, kalian harus merogoh kocek sekitar 16 Euro atau 274 ribu rupiah untuk sekali makan. Sungguh harga yang luar biasa ya KLovers.

9. Lontong Sayur

Sarapan pagi tanpa lontong sayur memang menjadi hal yang kurang ya. Bagi kalian yang suka dengan jenis makanan bersantan yang satu ini, maka kalian patut bersyukur, karena bila harus membeli di Prancis, maka harganya akan 3 kali lipat di banding harga di Indonesia. Ya, untuk satu porsi lontong sayur di Prancis akan dijual sekitar 16 Euro atau 272 ribu rupiah.

10. Ayam Penyet

Ayam penyet menjadi salah satu makanan yang saat ini begitu populer di Indonesia. Memiliki terkstur krispi dan rasa pedas yang luar biasa, menjadikan ayam penyet sebagai pilihan makan siang populer, terutama di kalangan anak muda. Begitu populernya, ternyata ayam penyet juga di jual di negara Paris loh KLovers.

Ya, salah satu restoran Indonesia yang ada di sana menyediakan berbagai macam makanan khas Indonesia, salah satunya yaitu ada ayam penyet. Biasanya untuk seporsi ayam penyet akan dihargai dengan kisaran 15 ribu rupiah hingga 25 ribu rupiah, namun berbeda bila di Prancis. Untuk satu porsi ayam penyet akan diberi harga, 15 Euro atau 254 ribu rupiah.

11. Batagor

Selain tahu gejrot ada pula cemilan khas Indonesia yang juga dijual di Prancis loh. Ya, cemilan yang populer di Indonesia dan suka di jual sebagai salah satu cemilan saat kita SD hingga meranjak dewasa ini dijual dengan harga yang cukup mahal di Prancis. Kalau kalian suka dengan cemilan satu ini, maka siap-siap merogoh kocek cukup dalam bila membeli di Prancis.

Batagor merupakan makanan khas Bandung yang digoreng dan dibalur dengan bumbu kacang. Makanan ini sangat enak di makan dalam keadaan yang masih panas. Untuk seporsi batagor siomay dibanderol 6,9 Euro atau 117 ribu loh. Kira-kira kalian bisa dapat berapa porsi nih kalau dengan harga segitu bila di Indonesia?

12. Kolak Pisang dan Dadar Gulung

Dan makanan terakhir yang memiliki harga mahal bila di jual di Prancis ada dadar gulung dan kolak pisang, yang menjadi salah satu cemilan populer di Indonesia. Biasanya dadar gulung dan kolak pisang ini dijual di pasar-pasar tradisional. Cemilan ini akan di makan saat pagi hari atau sore hari, bahkan menjadi salah satu pilihan takjil saat bulan suci Ramadan.

Biasanya seporsi dadar gulung dan kolak pisang hanya dibandirol harga sekitar 5 ribu rupiah hingga 10 ribu rupiah. Tergantung jumlah isi dari makanan tersebut. Namun bila di Prancis akan berbeda ya, seporsi dadar gulung akan dihargai dengan 4,50 Euro atau setara dengan 76 ribu rupiah. Dan untuk seporsi kolak pisang akan di hargai dengan 93 ribu rupiah.

Itulah 12 makanan sederhana Indonesia yang dijual mahal bila kita berkunjung ke negara Prancis. Cukup mahal dan merogoh kocek cukup dalam, namun kita juga patut bangga bahwa beberapa makanan dapat diterima dengan baik secara Internasional, dan bisa membuat nama Indonesia semakin terkenal lewat makanan tradisional.

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI