62 Kata-Kata Anak Jalanan, Bijak dan Penuh Pelajaran Hidup yang Berharga

Penulis: Nurul Wahida

Diterbitkan:

62 Kata-Kata Anak Jalanan, Bijak dan Penuh Pelajaran Hidup yang Berharga
Ilustrasi (credit: freepik.com)

Kapanlagi.com - Tak dapat dipandang sebelah mata, ada pelajaran berharga yang bisa kalian peroleh dari seorang anak jalanan. Sebab dari hal kecil yang mungkin tidak kalian sadari dapat memberi inspirasi dan pembelajaran. Sejumlah kata-kata anak jalanan bisa menjadi referensi buat kalian untuk mengambil hikmah terbaik tentang hidup.

Setiap orang tentunya menginginkan kehidupan yang nyaman dan enak. Namun, tak sedikit dari mereka mungkin kurang beruntung sehingga harus rela hidup di jalanan. Misalnya saja sebutan anak jalanan terasa cukup familiar pada anak-anak yang sebagian besar menghabiskan waktu mereka di jalanan.

Bukan hanya untuk bermain atau sekedar nongkrong, melainkan menyambung hidup dengan beragam tantangannya. Tak heran seorang anak jalanan memiliki jiwa kuat dan tangguh serta penuh keberanian.

Lewat sebuah kata-kata anak jalanan kalian bisa mengenal lebih dekat tentang mereka dengan beragam pelajaran berharga di dalamnya. Adapun kata-kata anak jalanan dapat kalian simak melalui ulasan di bawah ini.

Berikut kata-kata anak jalanan telah dirangkum Kapanlagi.com dari berbagai sumber. Dengan kata-kata ini kalian bisa mengambil hikmah terbaik tentang keberanian, semangat, ataupun persoalan hidup lainnya.

1. Kata-Kata Anak Jalanan yang Bijak

Seperti ulasan sebelumnya lewat kata-kata anak jalanan yang bijak kalian bisa mengambil pelajaran berharga tentang persoalan tertentu. Sebab, ada beragam pembelajaran yang bisa kalian dapatkan dari seorang anak jalanan. Berikut ini kata-kata anak jalanan yang bijak.

1. "Penampilan fisik hanya sekilas dari apa yang sebenarnya tidak terlihat."

2. "Ketika seseorang melakukan kesalahan, jangan lupakan semua hal yang mereka lakukan dengan benar."

3. "Seberat apapun beban masalah yang kamu hadapi saat ini, percayalah bahwa semua itu tidak pernah melebihi batas kemampuan kamu."

4. "Hidup di jalanan memberiku banyak pengalaman hidup, baik yang baik atau yang buruk."

5. "Menjadikan kekurangan orang lain sebagai bahan candaan, bukan cara saya menghibur orang."

6. "Segala sesuatu memiliki kesudahan, yang sudah berakhir biarlah berlalu dan yakinlah semua akan baik-baik saja."

7. "Bilamana seorang pria tak memiliki apapun dalam hidupnya, maka di situ kesetiaan wanita sedang diuji."

8. "Temukan hati yang akan mencintaimu pada kondisi terburukmu dan lengan yang akan menahanmu pada saat terlemah."

9. "Hidup bentuknya seperti jalanan lurus, naik dan turun, berbelok ke kanan kemudian sedikit ke kiri, atau barangkali harus sebentar berhenti untuk rehat sekejap."

10. "Zaman sekarang ini, tak ada yang bisa menebak kriminal semacam apa yang berkeliaran di jalanan. Sangat tak bijak membiarkan seorang anak kecil berjalan sendirian."

11. "Ketika seseorang melakukan kesalahan, jangan lupakan semua hal yang mereka lakukan dengan benar."

12. "Jangan hanya mengharapkan kemudahan hidup tapi harapkan kekuatan untuk menjalankan hidup yang susah ini."

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Kata-Kata Anak Jalanan Penuh Makna

Kata-kata anak jalanan juga mengandung makna mendalam tentang arti hidup. Sehingga dengan kata-kata anak jalanan di bawah ini bisa menginspirasi kalian untuk selalu bersyukur dengan apa yang dimiliki. Berikut kata-kata anak jalanan yang penuh makna.

13. "Jangan mau menjadi katak dalam tempurung, yang ketakutan dan tidak mau menunjukkan dirinya."

14. "Orang yang sulit untuk maju biasanya adalah orang yang takut akan perubahan dan orang yang takut menentukan keputusan."

15. "Terlalu banyak aturan malah membuat manusia terkekang. Raihlah kebebasan."

16. "Tidak ada anak nakal. Hanya ada lingkungan yang buruk, pelatihan yang buruk, contoh buruk, dan pemikiran buruk. Dan anak jalanan bukanlah contoh yang buruk."

17. "Hidup itu sebentar. Kamu harus bisa tersenyum saat merasakan kepedihan atau kita tak akan pernah melanjutkan hidup." - Jeff Ross

18. "Aturan tanpa kebebasan dan kebebasan tanpa aturan sama-sama merusak."

19. "Hubungan yang hebat adalah tentang dua hal. Pertama, menghargai persamaan, dan kedua, menghargai perbedaan."

20. "Ini bukan tentang menemukan orang yang sempurna tetapi belajar untuk melihat orang yang tidak sempurna menjadi sempurna."

21. "Sebenarnya bukan hidup itu susah dan penuh cobaan, tapi bagaimana cara pandang kita terhadap hidup. Pilihlah untuk menjadi bahagia dan mengasihi."

22. "Biar hidup susah yang penting tidak menyusahkan orang lain."

23. "Sekolah terbaik adalah sekolah jalanan, yaitu sekolah yang memberikan kebebasan kepada muridnya supaya kreatif." - Bob Sadino

24. "Berjalanlah di jalanan yang tanpa air."

25. "Punk bukan hanya tentang aksesoris dan rambut mohawk, punk adalah tentang pola pikir kebebasan dan menolak aturan yang mengekang."

 

3. Kata-Kata Anak Jalanan Penuh Semangat dan Motivasi

Terkadang kalian mungkin merasa lelah ataupun patah semangat saat menjalani kehidupan. Saat kondisi ini terjadi kalian membutuhkan semangat dan motivasi untuk bangkit. Nah sejumlah kata-kata anak jalanan yang penuh semangat dan memotivasi di bawah ini bisa menjadi referensi buat kalian.

26. "Jiwa yang kuat tidak akan melemah jika ia disakiti. Karena ia tahu, setiap kesakitan adalah proses membangun kekuatan."

27. "Jika kamu memiliki keinginan untuk memulai, kamu juga harus mempunyai keberanian dan keinginan untuk menyelesaikannya, bukan hanya mengakhiri."

28. "Tuhan tidak akan berikan cobaan melebihi kemampuanmu. Ketika putus asa, ingatlah, jika Tuhan memberinya padamu, Dia akan membantumu melewatinya."

29. "Jika hatimu banyak merasakan sakit, maka belajarlah dari rasa sakit itu untuk tidak memberikan rasa sakit pada orang lain."

30. "Jadilah pribadi yang menantang masa depan, bukan pengecut yang aman di zona nyaman."

31. "Mewujudkan impianmu adalah impianku yang menjadi kenyataan."

32. "Tapi jalanan yang jauh, cita-cita yang panjang tak mengizinkanku, Mereka selalu mengetuk daun pintu saat aku tertidur. Menggaruk-garuk bantal saat aku bermimpi." - Pramoedya Ananta Toer

33. "Kalau ingin melakukan perubahan jangan tunduk terhadap kenyataan, asalkan kau yakin di jalan yang benar maka lanjutkan." - Abdurrahman Wahid

34. "Jika ingin sukses, jangan takut untuk hidup susah." - Piyu Padi

35. "Hidup ini memang susah, maka jangan membuatnya menjadi lebih susah lagi dengan kemalasan."

 

 

4. Kata-Kata Anak Jalanan Tentang Hidup

Ketika kalian merasa kehidupan yang dijalani cukup berat, bisa jadi kehidupan yang kalian miliki saat ini justru diinginkan oleh orang lain. Sehingga selalu menjalani hidup dengan penuh rasa syukur bisa membuat kalian lebih tenang dan menikmati kehidupan. Berikut ini kata-kata anak jalanan tentang hidup.

36. "Tak peduli seperti apapun kehidupanmu, kamu selalu punya pilihan untuk melihat dari sisi baiknya atau sisi buruknya."

37. "Salahkah kami kalau protes kelakuan pejabat yang korupsi?Kami teriak bukan menyentak, tetapi kami teriak karena kami emosi. Kami tidak terima rakyat kecil disiksa."

38. "Katanya pendidikan adalah hak semua orang yang telah dijamin dan disahkan oleh undang-undang, tapi mana buktinya! Sekolah hanya untuk yang berduit saja."

39. "Rumah bukan hanya sebuah tempat, tetapi itu adalah perasaan."

40. "Anak Punk tidak punya waktu buat cinta-cintaan yang tak penting."

41. "Hubungan yang hebat adalah tentang dua hal. Pertama, menghargai persamaan, dan kedua, menghargai perbedaan."

42. "Biasakan Diri dengan Hidup yang susah karena kesenangan tidak akan kekal selamanya."

43. "Hidup ini kamu yang menjalani, susah dan senang kamu yang mengalami. Jangan biarkan orang lain menentukan apa yang terbaik bagimu."

44. "Hidup itu susah, tapi kamu tidak sendiri. Banyak yang lebih buruk darimu, tapi mereka bisa bertahan." Wilzkanadi

45. "Meski belum kaya, bisa makan saja sudah cukup. Meski sedang susah, bisa hidup satu hari lagi saja sudah lebih dari cukup."

46. "Jika Anda merasa hidup ini susah, pikirkanlah derita anak dengan satu lengan mengemis di jalanan. Bersyukurlah sahabat."

47. "Jangan mengeluh karena hidup semakin susah. Justru kita harus bersyukur, itu berarti ada perkembangan dalam hidup kita."

48. "Hidup itu di jalanin jangan di buat susah."

5. Kata-Kata Anak Jalanan yang Keren

Adapun kata-kata anak jalanan yang keren bisa menjadi caption menarik buat postingan media sosial. Bukan hanya sebuah caption, melainkan kalian mungkin dapat menginspirasi pengguna lain dengan kata-kata anak jalanan yang penuh inspirasi dan semangat.

49. "Kemarilah bermain bersamaku akan kutunjukkan betapa menyenangkan menjadi temanku dan betapa menegangkan menjadi musuhku."

50. "Silahkan hina kami terus, tapi kami akan terus berkreasi dengan cara kami sendiri."

51. "Jalanan adalah rumah keduaku."

52. "Kami bukan sampah, jangan anggap kami sampah, kami juga sama sepertimu."

53. "Aku emang gak kaya dan gak ganteng, tapi aku tetep punya hati nurani."

54. "Yang keren itu bukan anak muda yang banyak gaya, tapi anak muda yang banyak karya."

55. "Hitam aliranku, bukan berarti aku sesat jalan."

56. "Kekuatan senyummu tidak boleh diremehkan. Itu meluluhkan hatiku dan menyentuh jiwaku."

57. "Binatang malam berpencar menjelajahi tengkuk jalanan menyebar aroma keterasingan."

58. "Jalanan memang merangkai ceritanya sendiri."

59. "Bila aku harus memilih antara bernapas atau mencintaimu, maka aku memilih menggunakan napas terakhirku untuk menyatakan bahwa aku mencintaimu."

60. "Mewujudkan impianmu adalah impianku yang menjadi kenyataan."

61. "Lagu tentang kehidupan jauh lebih indah daripada lagu tentang cinta."

62. "Label bad-boy pada anak punk hanyalah sebuah asumsi."

Nah itulah 62 kata-kata anak jalanan, bijak dan penuh pelajaran hidup berharga. Sejumlah kata-kata anak jalanan di atas dapat menjadi referensi buat kalian agar selalu mensyukuri apa yang dimiliki.

Sumber: Liputan6.com, Juproni.com, jagokata.com

 

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending