7 Bentuk Sedekah di Bulan Ramadhan, Bisa Awali dari Hal Sederhana

Sabtu, 09 Mei 2020 09:22 Penulis: Nurul Wahida
7 Bentuk Sedekah di Bulan Ramadhan, Bisa Awali dari Hal Sederhana
Ilustrasi (credit: freepik.com)


Kapanlagi Plus - Ramadhan telah tiba, saatnya untuk mendulang pahala dengan berbagai amalan baik di dalamnya. Termasuk dengan sedekah di bulan Ramadhan yang bisa mendatangkan manfaat untuk diri sendiri dan orang lain. Adapun bentuk sedekah di bulan Ramadhan yang bisa dikerjakan dapat diawali dari hal sederhana.

Sedekah menjadi bagian dari amalan baik dan berpahala yang dapat dikerjakan setiap muslim. Sedekah tidak harus bernilai uang ataupun materi. Dari hal sederhana berupa ilmu ataupun membantu dari tenaga dapat menjadi sedekah yang sangat bermanfaat.

Bagi orang yang mampu pastinya sangat dianjurkan untuk sedekah terhadap sesama. Mampu, disini diartikan sebagai mampu materi, mampu fisik, dan mampu tenaga. Sehingga sepantasnya untuk saling bantu terhadap sesama agar beban terasa lebih ringan.

Bersedekah sebenarnya dapat dikerjakan setiap waktu tanpa ada Batasan. Namun sedekah lebih utama dikerjakan di bulan Ramadhan. Sebab, saat Ramadhan berbagai amal baik akan dilipatgandakan.

Lalu bagaimana bentuk sedekah di bulan Ramadhan?

Dilansir dari halaman Lazizmujember.org, Rasulullah SAW memperbanyak amalan dengan bersedekah di bulan Ramadhan. Berdasarkan hadis Shahih Al-Bukharai dan Muslim, dari Ibnu Abbas r.a,

"Nabi shallallahu alaihi wasallam adalah orang yang amat dermawan, dan beliau lebih dermawan pada bulan Ramadhan, saat beliau ditemui Jibril untuk membacakan padanya Al-Quran. Jibril menemui beliau setiap malam pada bulan Ramadhan, lalu membacakan padanya Al-Quran. Rasulullah shallallahu alaihi wasallam ketika ditemui jibril lebih dermawan dalam kebaikan daripada angin yang berhembus."

-------------------

Kabar Ramadan: Mau Buka Puasa Ditemani Artis?

Gabung KapanLagi Buka Bareng, event buka puasa online bersama Jirayut dan Rara LIDA 9 Mei ini. Bakal ada Chef Norman, Danilla, dan Adhitia Sofyan juga. Caranya? Daftar dulu di sini, dan isi data diri kamu. Semuanya GRATIS. Baca panduan lengkap di sini.

Daftar sekarang ya. Kalau bukan sekarang, kapanlagi?

-------------------

Sehingga sedekah di bulan Ramadhan lebih utama dikerjakan. Sedekah dapat diawali dari hal sederhana yang sangat bermanfaat. Berikut 7 bentuk sedekah di bulan Ramadhan yang bisa dikerjakan dirangkum dari berbagai sumber.

 

1. Mengajarkan Al Quran

Bentuk sedekah di bulan Ramadhan bisa awali dari hal sederhana seperti mengajarkan Al Quran. Mengajarkan Al Quran ini dapat dilakukan dengan mengajar orang terdekat seperti kerabat atau tetangga.

Namun kondisi saat ini tidak dimungkinkan untuk mengajar Al Quran di masjid dengan banyak massa. Sehingga kalian dapat memanfaatkan media digital sebagai alat mengajarkan Al Quran yang aman dan mudah. Sehingga bentuk sedekah di bulan Ramadhan yang berasal dari ilmu tetap dapat dilakukan tanpa batas dan hambatan.

2. Membagi Informasi yang Bermanfaat

Penggunaan media digital di era sekarang memang mengalami peningkatan yang sangat pesat. Peningkatan kualitas media digital pun terus di kembangkan guna memberikan pelayanan terbaik dan memudahkan pengguna.

Agar penggunaan media digital dapat bermanfaat kalian dapat menggunakannya untuk sedekah di bulan Ramadhan dengan membagi informasi yang bermanfaat baik tentang Ramadhan ataupun tentang informasi bermanfaat lainnya. Membagi informasi yang bermanfaat termasuk bentuk sedekah di bulan Ramadhan yang baik untuk dikerjakan.

3. Berbagi Takjil

Takjil merupakan hidangan ringan buka puasa yang biasanya memiliki rasa manis. Adanya takjil diperuntukkan agar ibadah puasa dapat segera dibatalkan dengan konsumsi makanan yang ringan.

Nah saat Ramadhan, berbagi takjil dapat menjadi bentuk sedekah yang dapat dikerjakan. Kalian dapat berbagi takjil seperti kolak, kurma, bubur, kue, ataupun lainnya kepada tetangga ataupun orang yang ditemui di jalan.

4. Menyediakan Hidangan Buka Puasa

Bentuk sedekah di bulan Ramadhan selanjutnya adalah menyediakan hidangan buka puasa. Dengan menyediakan hidangan buka puasa bagi orang yang sedang berpuasa pastinya dapat bernilai pahala yang berlipatganda bagi pelaksananya.

Hidangan buka tersebut dapat kalian bagikan kepada orang terdekat seperti tetangga, di masjid, orang-orang yang ditemui di jalan, ataupun mereka yang membutuhkan. Sehingga sedekah ini dapat menjadi amalan baik dan sunnah di bulan Ramadhan.

5. Membagi Hidangan Sahur

Menyiapkan hidangan sahur untuk keluarga tentu menjadi hal yang wajib. Namun kalian juga dapat sesekali menyediakan hidangan sahur untuk orang lain sebagai bentuk sedekah di bulan Ramadhan.

Bagi Sebagian orang mungkin mengalami kesulitan untuk menyantap hidangan sahur bahkan ada yang sampai tidak sahur sebab kekurangan. Sehingga jika kalian memiliki rejeki berlebih, akan lebih baik untuk bersedekah kepada mereka dengan membagi hidangan sahur.

6. Membangunkan Orang Untuk Sahur

Bentuk sedekah di bulan Ramadhan yang bisa dimulai dari hal sederhana adalah dengan membangunkan orang untuk sahur. Di wilayah kalian pastinya terbentuk kelompok yang bertugas membangunkan masyarakat agar bangun sahur. Sesekali kalian dapat ikut membangunkan warga untuk sahur. Cara ini masuk dalam bentuk sedekah non materi yang berasal dari tenaga.

7. Keutamaan Sedekah di Bulan Ramadhan

Keutamaan sedekah di bulan Ramadhan sangat beragam. Diantara keutamaan tersebut adalah sebagai berikut:

- Sedekah dapat menghapus dosa.

- Melipatgandakan pahala di bulan Ramadhan.

- Sedekah dapat membuka pintu surga.

- Hati menjadi bahagia dan tentram dengan bersedekah.

- Mendapatkan pahala orang berpuasa.

Nah itulah 7 bentuk sedekah di bulan Ramadhan yang bisa awali dari hal sederhana. Kalian juga dapat bersedekah dengan bentuk lainnya yang bermanfaat bagi orang lain selama Ramadhan. Sehingga dapat memanfaatkan bulan Ramadhan dengan sebaik mungkin.

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI