7 Cara Cek Tagihan Listrik Pascabayar, Mana yang Jadi Pilihanmu?

Selasa, 18 Juni 2019 13:18 Penulis: Ayu Miranti
7 Cara Cek Tagihan Listrik Pascabayar, Mana yang Jadi Pilihanmu?
┬ęShutterstock

Kapanlagi Plus - Pernah membayangkan apa jadinya hidupmu tanpa listrik? Bukan hanya bakal boring, aktivitasmu tentunya bakal tertunda karena banyaknya peralatan elektronik yang nggak bisa beroperasi. Mulai dari lampu penerang di malam hari, gadget, alat-alat rumah tangga, fasilitas kantor, hingga mesin-mesin pabrik.

Kalau sudah tahu pentingnya listrik buat kehidupan sehari-hari, ini waktunya untuk melakukan penghematan sejak dini. Untuk langkah awalnya, mulai dengan rutin mengecek tagihan listrik sehingga bisa memperkirakan besarnya tagihan listrik. Jika dinilai terlalu besar, tinggal cari cara untuk menurunkan pemakaian listrik di rumah.

Ada berbagai cara untuk mengetahui nominal tagihan listrik yang wajib dibayar setiap bulannya, mulai dari yang konvensional hingga memanfaatkan ponsel untuk kamu yang doyan kepraktisan. Simak beberapa alternatifnya berikut ini!

1. Kenali Jenis Instalasi Listrik

Sebelum mengetahui cara mengecek tagihan listrik, kenali dulu dua jenis pemasangan listrik rumah yang dikenal di Indonesia, yaitu prabayar dan pascabayar. Konsepnya sendiri mirip dengan pulsa pada ponsel.

Untuk listrik prabayar, sistem pembayaran listrik menggunakan pulsa atau token. Nantinya akan keluar bunyi pada meteran listrik yang akan mengingatkan penggunanya untuk mengisi ulang pulsa listrik. Sedangkan untuk listrik pascabayar yang lebih dulu hadir di tanah air, pengguna memanfaatkan listrik terlebih dahulu baru bayar belakangan. Sistem listrik inilah yang bisa dilihat tagihannya.

Masing-masing sistem instalasi listrik punya kelebihan dan kelemahannya. Untuk sistem prabayar, pengguna dapat mengontrol penggunaan listrik tapi berisiko mengeluarkan biaya lebih besar. Sedangkan untuk pascabayar, biayanya memang lebih murah tapi terkadang sulit memprediksi beban yang wajib dibayar setiap bulannya.

2. Cek Tagihan Listrik Via Telepon

Awalnya, banyak orang yang rela datang jauh-jauh untuk antre di kasir PLN agar dapat mengetahui besaran tagihan listrik bulanan dan membayarnya. Tapi teknologi informasi yang semakin canggih membuatmu bisa melakukan cek tagihan listrik hanya dengan menggunakan ponsel.

Salah satu yang cukup mudah adalah dengan menghubungi customer service PLN dan menanyakan besaran tagihan listrik. Cukup lakukan panggilan ke call centre PLN di 123 dan jangan lupa cantumkan kode area lalu ikuti petunjuk dari operator. Siap sedia 24 jam, solusi ini banyak dipilih terutama oleh orang-orang yang kesulitan mendapatkan sinyal internet. Kelemahannya, setiap telepon dikenakan tarif normal yang harus ditanggung oleh penelepon.

3. Cek Tagihan Listrik Via SMS

©Pexels©Pexels

Selain menelepon langsung ke call centre PLN, gunakan ponsel untuk cek tagihan listrik via SMS. Cara ini memudahkan siapa saja untuk melakukan pengecekan kapan dan di mana saja. Ada dua pilihan yang ditawarkan, yaitu sebulan sekali atau secara continue alias berlangganan setiap bulannya. Untuk menikmati fasilitas ini, kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp550 per SMS.

4. Cek Tagihan Listrik Online Lewat Website

Suka merasa was-was dengan tagihan listrik bulanan yang rentan membengkak? Ada cara mudah untuk cek tagihan listrik bulanan yaitu lewat website yang terintegrasi dengan data PLN. Cukup masukkan ID pelanggan PLN pada kolom yang disediakan, ikuti petunjuknya dan lihat tagihan listrik yang muncul beserta status pembayarannya, apakah sudah bayar atau belum.

5. Cek Tagihan Listrik Lewat iOS

Buat pengguna ponsel berbasis iOS, gunakan aplikasi pada App Store yang tersedia untuk mengecek tagihan listrik online lewat HP dengan mudah dan gratis. Salah satu aplikasi yang cukup populer adalah PLN Mobile yang merupakan aplikasi resmi dari PT PLN. Bukan hanya bisa digunakan untuk cek tagihan listrik, tapi juga dapat dimanfaatkan untuk melihat riwayat pemakaian kwh listrik, transaksi token listrik, info status listrik, hingga sarana pengaduan keluhan pelanggan.

6. Cek Tagihan Listrik Lewat Android

©Pexels©Pexels

Bukan hanya pengguna ponsel Apple saja yang bisa cek tagihan listrik lewat gadget andalannya, pengguna gadget berbasis Android pun bisa melakukannya di mana dan kapan saja. Jumlah aplikasi yang tersedia di Android pun lebih banyak dibandingkan iOS, tapi sebaiknya gunakan aplikasi resmi yang dikeluarkan oleh PT PLN, PLN Mobile for Android. Cukup unduh aplikasi di Google Play dan ikuti langkah-langkah yang diminta untuk melihat status tagihan listrik dan nominal yang harus dbayar.

7. Cek Tagihan Listrik Via Langganan Email PLN

Selain lewat aplikasi dan situs online untuk mengecek tagihan listrik, dapatkan pemberitahuan tentang tagihan listrik via email. Pertama, daftarkan diri di e-billing PLN via email di pln123@pln.co.id atau bisa juga menghubungi customer service PLN di 123.

Baru kemudian bisa mendapatkan email berisikan tagihan listrik bulanan. Setelah mengecek tagihan listrik, kamu bisa langsung membayarkannya, baik via transfer online atau mendatangi ATM.

Ada berbagai cara mengecek tagihan listrik yang bukan hanya membantumu menghemat pengeluaran bulanan, tapi juga menghemat energi listrik yang ketersediaannya terbatas. Yuk, makin bijak gunakan listrik!

 

(kpl/eth/ayu)

Editor:

Ayu Miranti



MORE STORIES




REKOMENDASI