7 Cara Membuat Salad Buah yang Enak untuk Sambut Musim Panas

Rabu, 10 Juli 2019 00:01 Penulis: Ayu Miranti
7 Cara Membuat Salad Buah yang Enak untuk Sambut Musim Panas
©Shutterstock

Kapanlagi Plus - Musim panas selalu identik dengan matahari terik yang bikin gerah. Untuk menghilangkan dahaga, paling enak memang mengonsumsi sesuatu yang menyegarkan. Salad buah bisa menjadi sajian yang menyegarkan, penuh nutrisi dan vitamin serta disukai oleh keluarga. Cara membuat salah buah juga cukup mudah, semua bahan yang diperlukan bisa gampang banget ditemukan di pasar atau supermarket terdekat. Berikut ini adalah cara membuat salad buah yang enak untuk sambut musim panas. Simak yuk!

1. Pastikan Menggunakan Bahan-Bahan Terbaik

Untuk menghasilkan salad buah yang enak, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah penggunaan bahan yang akan diolah. Pastikan untuk menggunakan buah-buahan segar, keju dan saus mayones yang masih fresh. Hal ini penting banget untuk menentukan rasa salad buah yang akan dibuat.

Buah-buahan yang baru dibeli bisa langsung disimpan dalam kulkas agar terjaga kesegarannya. Pastikan juga untuk mengolahnya dengan cara yang benar. Mulai dari mencuci buah dengan bersih, potongan buah yang tidak terlalu besar/kecil, penggunaan pisau yang tajam agar hasil potongan lebih cantik hingga pemilihan keju yang sesuai.

Dengan penggunaan bahan-bahan yang terbaik, kamu bisa menghasilkan salad buah lezat yang dijual di pasaran hingga kafe. Hindari menggunakan buah-buahan yang sudah layu atau hampir busuk ya, karena bisa memengaruhi kesegaran buah yang lain.

2. Perlengkapan Membuat Salad Buah Enak

Sebelum membuat salad buah, ada baiknya untuk mempersiapkan perlengkapan yang diperlukan terlebih dahulu. Apa saja yang dibutuhkan sebagai cara membuat salad buah enak?

  • Talenan
  • Pisau yang tajam agar potongan buah lebih rapi
  • Mangkuk atau wadah tempat salad
  • Sendok untuk mengaduk salad
  • Beragam buah-buahan favorit
  • Tambahkan jagung manis jika suka
  • Lengkapi dengan jelly untuk menambah tekstur rasa

Bicara soal buah-buahan,  rekomendasi untuk membuat salad adalah buah yang memiliki rasa manis dan asam. Kombinasi ini bakal menciptakan sensasi segar dan menyenangkan di mulut pada setiap gigitan.

3. Jangan Sembarangan Pilih Mayones

Mayones memiliki peranan yang penting banget untuk membuat salad buah. Dalam pemilihan merek mayones, kamu nggak bisa sembarangan. Pilih mayones yang banyak direkomendasikan oleh pembuat salad buah. Kamu juga bisa membuat saus mayones sendiri di rumah. Caranya gampang banget, kok!

Bahan mayones

  • 2 sdm saus mustard
  • 300 ml minyak zaitun
  • 2 buah kuning telur
  • 1 sdm air perasan jeruk nipis

Cara Membuat Saus Mayones:

Siapkan wadah, masukkan kuning telur dan saus mustard. Kocok menggunakan mixer dengan kecepatan rendah. Kocok hingga lembut dan tercampur rata. Masukkan sedikit garam, kocok lagi. Tuang minyak zaitun sedikit demi sedikit, sambil terus dikocok. Setelah adonan kaku dan mengental, tuang air perasan jeruk nipis. Jika dirasa terlalu kental, bisa tambahkan air.

4. Bagaimana Cara Memilih Buah-Buahan Terbaik untuk Salad?

Ada beberapa tips penting yang wajib diketahui untuk cara membuat salad buah yang enak dan menyegarkan buat musim panas, yaitu:

  • Pilih buah-buahan yang nggak mudah berubah warna. Kalau pun harus ada buah apel atau pisang, pastikan salad segera habis, maksimal 30 menit setelah dibuat.
  • Saat membeli, jangan pilih buah yang udah bonyok. Pilihlah yang masih memiliki bentuk bagus.
  • Selain itu, pastikan juga buah-buahan yang dipilih lagi musimnya. Hal ini berhubungan dengan kualitas karena buah yang lagi musim bisa dipastikan murah dan segar, dijual nggak lama setelah dipetik dari pohonnya.
  • Kalau ingin menyertakan buah frambos (raspberry) dalam salad, pilihlah yang hampir masak karena yang terlalu masak justru bisa bikin tampilan saladmu berantakan.

5. Cara Membuat Salad Buah yang Enak dan Instagrammable

Kalau bikin salad buah di siang yang terik pasti bawaannya pengen kasih tahu teman-teman lainnya lewat media sosial. Biar pada ngiler, bagikan dengan tampilan yang ciamik. Perhatikan bentuk dan besar potongan buah dan pastikan masing-masing punya ukuran yang hampir sama. Jangan sampai terlihat besar-kecil dan punya kesan semrawut.

6. Bagaimana Kalau Nggak Suka Rasa Mayones?

Waduh, repot juga karena cara membuat salad buah yang enak itu seharusnya ada siraman mayonesnya. Tapi nggak usah khawatir karena kamu bisa menyiasati situasi ini. Buat yang nggak suka rasa asam dari mayones, gantilah dengan bahan yang lebih manis, seperti yogurt. Selain punya rasa lebih manis dan ringan, yogurt juga punya nilai gizi yang bakal melengkapi kesempurnaan salad buah bikinanmu.

7. Dingin Lebih Lezat!

Salad buah bikinanmu juga bakal terasa makin lezat kalau disajikan dalam keadaan dingin. Karena itu, cara membuat salad buah yang enak dan sempurna adalah menyimpannya terlebih dahulu di lemari pendingin. Baru setelah dinginnya meresap, kamu bisa nikmati kesegaran salad bikinanmu. Hati-hati kalau menyimpan di freezer. Jangan sampai kelupaan hingga akhirnya salad buahmu membeku.

Itulah tujuh cara membuat salad buah yang enak untuk sambut musim panas nan ceria. Tunggu apalagi? Segera borong buah-buahan kesukaanmu dan jadikan salad yang nggak hanya menyegarkan, tapi juga bikin badan sehat dan segar.

 

(kpl/xpi/ayu)

Editor:

Ayu Miranti



MORE STORIES




REKOMENDASI