7 Cara Mengatasi Mata Bengkak dengan Mudah dan Cepat, Bisa Pakai Bahan Alami

Rabu, 29 Juli 2020 20:44 Penulis: Puput Saputro
7 Cara Mengatasi Mata Bengkak dengan Mudah dan Cepat, Bisa Pakai Bahan Alami
Ilustrasi (credit: flickr)


Kapanlagi Plus - Mata bengkak bisa dialami oleh siapa saja. Mata bengkak bisa disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari gigitan serangga, alergi, bahkan karena menangis terlalu lama. Mata bengkak tentu akan sangat mengganggu kenyamanan. Selain itu, mata yang bengkak juga bisa mengganggu penampilan seseorang sehingga menurunkan rasa percaya diri. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara mengatasi mata bengkak.

Mata bengkak sebenarnya akan kembali pulih dengan sendirinya. Namun, membiarkan mata bengkak pulih secara otomatis tentu harus membutuhkan waktu. Padahal dengan cara-cara berikut, mata yang bengkak bisa diatasi dengan mudah dan relatif lebih cepat. Dengan begitu, kalian tak perlu lagi khawatir kenyamanan dan penampilan akan terganggu karena mata yang bengkak.

Berikut beberapa cara mengatasi mata bengkak, dirangkum dari berbagai sumber.

 

1. Mengompres dengan Air Dingin

Salah satu cara paling mudah untuk mengatasi mata yang membengkak adalah dengan mengompresnya. Kalian bisa mengompres mata yang bengkak dengan air dingin. Efek dingin dipercaya akan melancarkan penyumbatan kelenjar minyak.

Dengan begitu, mata yang membengkak akan dapat menyusut secara perlahan. Untuk melakukannya kalian bisa membasahi kain atau kapas dengan air dingin, lalu menempelkannya pada mata kurang lebih 15 menit. Agar lebih maksimal, ulangi setiap satu jam sekali sampai mata benar-benar kembali normal.

2. Pakai Kantong Teh

Selain memakai air dingin, kalian juga bisa mengompres mata yang bengkak dengan kantong teh. Selama ini kantong teh celup memang dipercaya bisa digunakan untuk kesehatan dan kecantikan kelopak mata. Biasanya, kantong teh digunakan untuk mengompres mata dengan tujuan menghilangkan mata panda di sekitar kelopak mata.

Namun ternyata, kantong teh juga bisa dipakai untuk mengecilkan mata bengkak. Kemampuan tersebut didukung kandungan flavonoid yang terdapat dalam teh. Flavonoid bisa berfungsi sebagai antioksidan yang bisa membuat kulit mata yang bengkak kembali kencang.

3. Mengompres dengan Sendok

Salah satu cara mengatasi mata bengkak yang lain bisa dengan mengompresnya memakai sendok. Caranya cukup mudah, kalian hanya perlu menyimpan sendok ke dalam kulkas atau freezer lalu menunggunya sampai dingin. Jika sudah, langkah selanjutnya kalian tinggal menempelkan bagian sendok yang cekung ke kelopak mata. Lakukan kira-kira 10-15 menit, lakukan secara berulang agar mendapat hasil yang maksimal.

4. Mengompres dengan Mentimun

Cara mengatasi mata bengkak yang ketiga bisa dilakukan dengan mentimun. Irisan mentimun sudah sering digunakan banyak orang untuk perawatan kulit wajah dan mata. Mentimun memang mempunyai berbagai kandungan yang baik untuk kesehatan kulit. Kandungan vitamin C serta karakternya yang berair, membuat timun berkhasiat menjaga kelembapan kulit.

Tidak hanya baik digunakan saat perawatan, mentimun juga bisa kalian gunakan untuk mengecilkan mata yang bengkak. Sebab, dalam mentimun terdapat kandungan silika yang bisa mengecilkan mata bengkak. Untuk mengatasi mata bengkak, kalian cukup meletakkan irisan mentimun di atas kelopak mata.

5. Lidah Buaya

Lidah buaya dikenal sebagai salah satu jenis tanaman yang punya banyak sekali manfaat. Selama ini, lidah buaya kerap dipakai untuk perawatan kulit, wajah, dan rambut. Namun sepertinya belum banyak yang tahu bahwa lidah buaya juga bisa mengatasi mata yang bengkak, khususnya yang disebabkan iritasi. Hal ini dikarenakan dalam lidah buaya terdapat senyawa yang berkhasiat meredakan iritasi. Tidak hanya itu saja, pemakaian lidah buaya juga diyakini bisa mengurangi rasa perih dan gatal yang kerap muncul saat mata sedang bengkak.

6. Minyak Kelapa

Sama seperti lidah buaya, minyak kelapa juga bermanfaat untuk mengatasi iritasi, termasuk iritasi pada mata yang berakibat pembengkakan. Selain itu, minyak kelapa juga mempunyai sifat antibakteri dan antijamur yang akan mencegah pembengkakan menjadi lebih parah. Cara pakai minyak kelapa untuk mengatasi mata bengkak juga sangatlah mudah. Kalian cukup membasahi kapas dengan minyak kelapa. Setelah itu, tempelkan pada bagian kelopak mata yang membengkak. Diamkan beberapa saat, kemudian bilas.

7. Atur Posisi Tidur

Tanpa kita sadari ternyata posisi tidur yang salah juga bisa jadi salah satu pemicu dari mata yang bengkak. Agar mata tidak bengkak, sebaiknya hindari posisi tidur tertelungkup. Hal tersebut diyakini bisa menyebabkan cairan menumpuk pada mata, sehingga mengakibatkan pembengkakan. Selain terkait posisi, kalian juga harus memenuhi kebutuhan istirahat atau tidur. Sebab, kurang tidur merupakan salah satu penyebab mata bengkak yang paling umum terjadi.

Nah itulah di antaranya beberapa cara mengatasi mata bengkak. Begitu mudah dan praktis untuk dilakukan. Jadi, kalian bisa mencobanya saat mengalami mata bengkak. Namun jika cara-cara di atas tak kunjung berhasil, tak ada salahnya untuk memeriksakan mata kalian yang bengkak ke dokter.

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI