Tak Hanya Karena Menangis, Ini 7 Penyebab Mata Bengkak yang Sering Disepelekan

Kamis, 08 Oktober 2020 14:44 Penulis: Puput Saputro
Tak Hanya Karena Menangis, Ini 7 Penyebab Mata Bengkak yang Sering Disepelekan
Ilustrasi (credit: flickr)


Kapanlagi Plus - Hampir setiap orang pasti pernah mengalami mata bengkak. Bisa terjadi sewaktu-waktu, mata yang bengkak tentu sangat mengganggu. Bahkan tidak hanya mengganggu kenyamanan dan penglihatan, mata bengkak juga bisa mengurangi penampilan seseorang. Walaupun umum terjadi, nyatanya tak banyak orang yang tahu apa saja penyebab mata bengkak.

Padahal penting untuk mengetahui hal-hal yang bisa sebabkan mata bengkak. Karena setelah mengetahui penyebabnya, kita juga akan lebih mudah untuk mencegah dan mengatasi terjadinya mata bengkak.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa ulasan mengenai penyebab mata bengkak.

 

1. Menangis

Menangis merupakan salah satu cara seseorang untuk menumpahkan emosi atau perasaan. Namun, setelah menangis dalam waktu yang lama, seseorang sering mengalami mata bengkak.

Saat menangis mata kita akan lebih banyak mengeluarkan cairan. Ketika saluran air mata tersumbat, cairan akan menggenang dan tertahan di bagian bawah mata. Inilah yang kemudian bisa menimbulkan mata bengkak setelah menangis.

2. Alergi

Alergi merupakan respons tubuh terhadap kandungan berbahaya yang masuk ke tubuh. Ada beragam reaksi alergi, mulai dari gatal, ruam, sesak napas, dan sebagainya. Ternyata mata bengkak juga bisa jadi sebuah reaksi dari alergi.

Jenis alergi yang menyebabkan mata bengkak di antaranya alergi terhadap debu atau serbuk sari tanaman. Meskipun relatif tidak berbahaya, alergi mata bengkak tetap mengganggu dan harus segera diatasi. Jadi, apabila mata bengkak disebabkan alergi, sebaiknya segera ke dokter supaya mendapatkan penanganan yang tepat.

3. Pemakaian Kosmetik

Pemakaian kosmetik ternyata tidak hanya berpengaruh terhadap kesehatan kulit. Kosmetik yang dipakai di wajah juga bisa mempengaruhi kondisi mata, menyebabkan mata bengkak. Hal ini sangat mungkin terjadi jika kalian memakainya secara tidak berhati-hati.

Produk kosmetik seperti bedak, sangat rawan masuk dalam mata. Jika terjadi, mata bisa mengalami iritasi kemudian pembengkakan. Jika tidak segera diatasi, mata bengkak akibat kosmetik akan menimbulkan rasa perih dan sensasi terbakar. Jadi, saat mengalaminya segera mungkin bersihkan mata dengan menggunakan air. Jika masih tak mereda, segera periksakan diri ke dokter.

4. Kurang Tidur

Setelah begadang atau saat mengalami susah tidur, di pagi hari mata kita akan terasa berat dan lelah. Kemudian jika diperhatikan, bagian kelopak mata juga bisa saja mengalami pembengkakan. Hal ini lantaran saat tidur mata akan menampung banyak cairan. Jangka panjang, jika terus diabaikan akan muncul kantung mata hingga lingkaran gelap atau mata panda.

Untuk menangani mata bengkak yang disebabkan kurang tidur, kalian bisa melakukan kompres mata dengan air dingin. Lakukan dalam posisi berbaring dengan kepala ditinggikan. Selain itu, minum segelas air putih juga dipercaya bisa membantu meredakan mata bengkak akibat kurang tidur.

5. Bintitan

Pernahkah kalian mengalami bintitan? Saat bintitan, kelopak mata juga tampak membengkak. Bintitan umumnya terjadi karena terjadinya infeksi di area kelopak mata. Sehingga, tak mengherankan bintitan sering disertai dengan munculnya benjolan kemerahan seperti jerawat. Alhasil, bintitan memunculkan sensasi mata seperti terganjal. Selain itu, muncul pula rasa perih dan nyeri di area mata.

6. Konjungtivitis

Penyebab mata bengkak berikutnya yaitu konjungvitis. Di keseharian, konjungvitis juga dikenal dengan istilah mata merah. Konjungvitis terjadi akibat terjadinya peradangan di bagian konjungtiva atau lapisan jaringan yang melapisi kelopak mata. Tak hanya menyebabkan mata bengkak, gangguan mata yang satu ini juga memunculkan rasa nyeri hingga gatal.

7. Blepharitis

Blepharitis mungkin jadi istilah yang masih cukup asing bagi orang awam. Dilansir dari medicalnewstoday.com, blepharitis merupakan infeksi bakteri yang terjadi di bagian kelopak mata. Blepharitis ditandai dengan gejala kelopak mata berminyak dan serpihan seperti ketombe di sekitar bulu mata.
Gangguan mata ini merupakan hal bawaan dan tidak bisa disembuhkan.

Namun, tetap bisa dirawat agar tidak memburuk dengan perawatan yang tepat. Beberapa cara merawat mata dengan blepharitis, antara lain kompres air hangat, menghapus makeup dengan hati-hati, dan melakukan scrubbing. Dan tentu saja, bertemu dokter mata untuk mendapatkan salep antibiotik.

Itulah di antaranya beberapa penyebab mata bengkak. Semoga bermanfaat untuk acuan menjaga kesehatan mata, agar terbebas dari mata bengkak.

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI