Tidak Hanya Kopi, Ini Sederet 6 Minuman yang Bisa Cegah Ngantuk

Kamis, 30 Juli 2020 12:11 Penulis: Puput Saputro
Tidak Hanya Kopi, Ini Sederet 6 Minuman yang Bisa Cegah Ngantuk
Iustrasi (credi: pixabay)


Kapanlagi Plus - Rasa ngantuk yang sering kali datang tiba-tiba sungguh mengganggu. Terlebih, jika ngantuk terjadi saat kita sedang bekerja atau berkendara. Jika sudah begitu, biasanya orang-orang akan meminum kopi untuk menahan ngantuk. Kopi memang disebut-sebut efektif untuk mengusir ngantuk. Namun ternyata, selain kopi, masih ada beberapa minuman yang bisa cegah ngantuk.

Minuman-minuman ini bisa jadi alternatif saat kalian merasa ngantuk. Sebab, meminum kopi secara terus-terusan juga tidak akan baik bagi kesehatan. Kebanyakan mengonsumsi kopi bisa menyebabkan berbagai masalah, seperti mengalami diare hingga masalah kesehatan jantung. Oleh karena itu, jenis minuman apa saja yang berkhasiat cegah ngantuk.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut beberapa minuman yang bisa cegah ngantuk.

 

 

1. Air Putih

Selama ini air putih disebut-sebut sebagai salah satu jenis minuman yang paling menyehatkan. Namun, sepertinya belum banyak yang tahu bahwa air putih ternyata juga berkhasiat untuk menghilangkan ngantuk. Hal ini dikarenakan, dehidrasi atau kondisi kekurangan cairan tubuh bisa jadi salah satu penyebab rasa mengantuk. Oleh karena itu, saat mengantuk tak ada salahnya kalian segera meminum segelas air putih.

2. Matcha

Matcha selama ini kerap disamakan dengan teh hijau. Padahal terdapat perbedaan di antara keduanya, seperti dalam hal cara pengolahan seingga berpengaruh pada rasa dan kandungannya. Macha selama ini dikenal sebagai salah satu minuman yang cukup menyehatkan. Matcha mengandung antioksidan, klorofil, juga serat yang baik untuk tubuh.

Selain itu, ternyata matcha juga mengandung kafein seperti kopi. Hal inilah yang kemudian membuat matcha menjadi minuman yang bisa cegah rasa ngantuk. Kandungan dalam matcha juga dipercaya dapat memberi efek rileks pada pikiran. Dengan begitu, selain saat mengantuk, matcha juga cocok diminum saat kalian merasa stres.

3. Teh Hijau

Teh hijau selama ini juga dikenal sebagai salah satu minuman kesehatan yang baik untuk dikonsumsi siapa saja. Diolah dengan cara yang sederhana membuat teh hijau relatif terjaga kandungan nutrisinya. Sama-sama menyehatkan, seperti yang disinggung sebelumnya, teh hijau sering disamakan dengan matcha.

Faktanya, teh hijau memang mempunyai khasiat yang sama dengan matcha, khususnya dalam hal menahan ngantuk. Sebab dalam teh hijau juga terkandung kafein yang cukup tinggi. Selain sama ampuhnya dalam mengusir ngantuk, teh hijau juga bisa memberi efek tenang dan membuat pikiran kembali terfokus.

4. Teh Yerba Mate Chai

Teh yerba mate chai mungkin memang tak sepopuler matcha dan teh hijau. Pasalnya, teh ini memang jarang dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Teh yerba mate chai berasal dari daratan Amerika Selatan. Di daerah asalnya tersebut teh ini dikonsumsi sebagai obat alami untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan sepeti sakit kepala. Saking ampuhnya dalam menahan ngantuk, teh yerba mate chai ini sering disebut-sebut setara dengan kafein pada kopi.

5. Jus Buah

Selain air putih, jus buah juga menjadi salah satu jenis minuman yang direkomendasikan untuk dikonsumsi sesering mungkin. Jus mengandung berbagai vitamin dan nutrisi lain yang terkandung dalam buah. Artinya, dengan mengonsumsi jus kebutuhan tubuh akan vitamin dan nutrisi lainnya akan bisa terpenuhi. Tak banyak yang tahu, bahwa ternyata jus juga termasuk jenis minuman yang bisa mencegah ngantuk.

Pasalnya seperti yang sudah disebutkan di awal, bahwa kekurangan cairan bisa jadi salah satu pemicu rasa mengantuk. Maka meminum jus buah yang kaya akan kandungan air akan sangat efektif mengusir ngantuk. Beberapa jenis buah yang bisa dijadikan jus yang berkhasiat mengusir ngantuk di antaranya adalah jus semangka, apel, dan tomat.

6. Yogurt

Minuman yang bisa mencegah ngantuk berikutnya adalah yogurt. Minuman yang merupakan hasil fermentasi dari susu ini mengandung banyak bakteri yang baik untuk tubuh. Salah satu jenis bakteri baik tersebut berperan dalam memecah protein dan mengubahnya menjadi molekul yang mengaktifkan saraf. Saat saraf-saraf tubuh menjadi aktif, rasa ngantuk akan menghilang secara otomatis.

Itulah di antaranya beberapa jenis minuman yang bisa mencegah ngantuk. Jadi, saat lembur atau begadang kalian tidak harus melulu mengonsumsi kopi, ya.

(kpl/psp)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI