7 Cara Menjaga Berat Badan Saat Puasa, Agar Tetap Terlihat Ideal di Hari Raya Idul Fitri

Sabtu, 16 Mei 2020 10:44 Penulis: Puput Saputro
7 Cara Menjaga Berat Badan Saat Puasa, Agar Tetap Terlihat Ideal di Hari Raya Idul Fitri
Ilustrasi (credit: pixabay)


Kapanlagi Plus - Menjaga berat badan agar tetap ideal menjadi PR tersendiri selama bulan Ramadhan. Pasalnya, satu bulan menjalani ibadah puasa bisa membuat berat badan seseorang menjadi turun atau naik. Alhasil, bagi sebagian orang yang sudah mempunyai berat badan ideal harus mencari cara menjaga berat badan saat berpuasa.

Secara umum, pada saat berpuasa seseorang sangat dimungkinkan akan mengalami penurunan berat badan. Sebab, selama menjalani ibadah puasa pola makan dan pola tidur jadi tidak teratur. Sehingga, akan sangat wajar jika mengalami penurunan berat badan saat puasa. Namun, saat berpuasa ternyata ada kemungkinan pula seseorang berat badannya akan naik karena berbagai hal seperti konsumsi gula atau makanan manis berlebih.

-------------

Bikin Ramadanmu Tak Terlupakan, Buka Puasa Ditemani Artis

Gabung KapanLagi Buka Bareng, event buka puasa online bersama Pandji Pragiwaksono dan Tasya Farasya 16 Mei ini. Bakal ada Chef Vania Wibisono, band Reality Club dan HIVI! juga. Caranya? Daftar dulu di sini, dan isi data diri kamu. Semuanya GRATIS. Baca panduan lengkap di sini.

-------------

Berdasarkan dua kemungkinan itu, mempertahankan berat badan di bulan Ramadhan bukanlah hal yang mudah. Dibutuhkan cara menjaga berat badan ideal saat puasa yang ampuh dan aman untuk kesehatan.

Berikut beberapa cara menjaga berat badan ideal saat berpuasa.

 

 

 

1. Hindari Makanan Manis

Cara menjaga berat badan agar tetap ideal selama puasa yang paling utama adalah dengan menghindari pemicu yang mengakibatkan berubahnya berat badan. Salah satunya, makanan manis. Seperti yang disebut sebelumnya, makanan manis bisa menjadi pemicu naiknya berat badan.

Padahal, menyantap makanan manis sudah seperti jadi tradisi atau kebiasaan saat berbuka. Aneka makanan bercita rasa manis sering dijadikan makanan pembuka atau takjil saat buka puasa, sebut saja kolak, es buah, kue basah, dan lain sebagainya.

Jadi, kalau kalian termasuk orang yang sedang berusaha mempertahankan berat badan selama puasa ini, sebaiknya mulai kurangi makanan manis dan beralih ke jenis takjil bercita tasa gurih.

 

2. Perbanyak Minum Air Putih

Sudah menjadi rahasia umum, bahwa air putih menjadi salah satu jenis minuman yang paling menyehatkan. Sayangnya, saat berpuasa tubuh kita akan cenderung kekurangan air putih. Untuk menyiasati agar kebutuhan air putih bisa terpenuhi, kalian bisa membuat jadwal minum, 2 gelas saat berbuka, 2 gelas setelah tarawih atau sebelum tidur, dan 2 gelas saat sahur.

Air putih juga mempunyai peran untuk menetralkan konsumsi makanan dan minuman manis. Jadi, ada baiknya selama puasa Ramadhan kalian mengurangi minuman manis seperti teh dan memperbanyak minum air putih.

3. Kurangi Makan Gorengan

Sama seperti makanan manis, gorengan juga menjadi jenis makanan yang sudah sepatutnya kalian hindari jika tetap ingin punya berat badan ideal selama puasa. Gorengan juga kerap digunakan sebagai takjil saat berbuka puasa. Padahal gorengan mengandung minyak yang tidak baik untuk kesehatan tubuh. Tidak hanya bisa mengakibatkan gemuk, mengonsumsi gorengan berlebih bahkan bisa menyebabkan kolesterol.

4. Jaga Nutrisi Makanan

Selain menghindari jenis makanan tertentu seperti makanan manis dan gorengan, cara menjaga berat badan ideal selama puasa adalah dengan memperhatikan nutrisi atau takaran gizi di makanan kita.

Saat waktu makan sahur, pastikan jumlah kalori pada makanan yang kita santap bisa mencukupi tenaga yang dibutuhkan selama beraktivitas seharian. Sebaliknya, saat makan sahur juga pastikan kalori makanan bisa mengganti tenaga yang hilang selama berpuasa.

Di samping itu, dua kandungan nutrisi yang benar benar harus diperhatikan untuk menjaga berat badan tetap ideal adalah karbohidrat dan protein. Untuk menjaga berat badan, pilihlah jenis karbohidrat kompleks, sebab jenis karbohidrat ini akan membuat kenyang lebih lama. Selain itu, konsumsi protein yang cukup juga akan menjaga proses pertumbuhan otot tubuh dan juga membuat kenyang lebih lama.

5. Atur Pola Makan dan Pola Tidur

Mengatur pola makan dan pola tidur adalah hal yang penting dalam cara menjaga berat badan ideal selama puasa. Selama puasa Ramadhan, pola makan dan pola tidur jadi tidak teratur. Waktu tidur setiap orang rata-rata akan berkurang sekitar 40 menit. Sementara, untuk waktu makan pun juga demikian, saat berpuasa kita hanya bisa makan di malam hari saja.

Jadi, selama berpuasa cari celah waktu istirahat siang untuk menutup kekurangan jam tidur. Sementara untuk pola makan, bisa dilakukan jadwal makan sama seperti jadwal minum air putih yang sudah disebutkan sebelumnya. Mungkin terdengar agak ribet, namun hal ini penting dilakukan agar berat badan kalian tetap terjaga dan ideal.

6. Makan Buah dan Sayur Saat Sahur dan Berbuka

Kebutuhan nutrisi yang juga harus dipenuhi selama puasa adalah vitamin. Sebagaimana yang kita tahu, jenis makanan dengan jumlah vitamin terbanyak adalah sayuran dan buah-buahan. Tidak hanya vitamin, pada sayur dan buah juga terkandung serat yang baik untuk pencernaan. Dengan begitu, sebaiknya perbanyak makan buah dan sayur selama berbuka dan sahur.

7. Tetap Melakukan Aktivitas Fisik

Cara menjaga berat badan ideal saat puasa yang terakhir adalah dengan berolahraga atau melakukan aktivitas fisik lainnya. Tenaga yang terbatas bukan halangan untuk tetap berolahraga selama puasa. Saat menjalani puasa Ramadhan, kalian bisa melakukan olahraga ringan seperti jalan santai atau meditasi. Sebab, seperti sudah menjadi pengetahuan umum bahwa olahraga merupakan salah satu cara mendapatkan berat badan yang ideal.

Nah itulah 7 cara menjaga berat badan ideal selama puasa Ramadhan. Kalian bisa melakukan ketujuh cara tersebut agar selama puasa ini berat badan kalian tetap konsisten, sehingga tetap bisa tampil ideal di hari raya Idul Fitri nanti.

(kpl/psp/gen)

Editor:

Puput Saputro



MORE STORIES




REKOMENDASI