8 Manfaat Kolang Kaling untuk Tubuh, Kaya Nutrisi - Bisa Cegah Dehidrasi

Selasa, 28 April 2020 17:22 Penulis: Nurul Wahida
8 Manfaat Kolang Kaling untuk Tubuh, Kaya Nutrisi - Bisa Cegah Dehidrasi
Ilustrasi (credit: Instagram.com//k_akbar86//anan_dita/)


Kapanlagi Plus - Kolang kaling memang kerap menjadi sajian dalam takjil saat puasa Ramadhan. Namun siapa sangka dibalik kelezatan rasanya, rupanya manfaat kolang kaling sangat baik untuk tubuh. Diantara manfaat kolang kaling salah satunya bisa cegah dehidrasi.

Kolang kaling merupakan biji dari tanaman aren. Warnanya yang khas dan teksturnya yang kenyal menjadikan kolang kaling cocok dan enak untuk tambahan es buah atau aneka minuman takjil buka puasa.

Di balik kelezatan tersebut, kolang kaling punya kandungan nutrisi yang baik untuk tubuh. Kandungan nutrisi dalam kolang kaling diantaranya memiliki vitamin B7, vitamin A, vitamin K, folat, zinc, zat besi, potassium, gelatin, kalsium dan kalium.

Pastinya kandungan tersebut bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh. Selain itu kolang kaling juga memiliki kandungan air yang cukup tinggi yakni sekitar 94 persen. Kandungan air tersebut dapat mencegah dehidrasi yang menyerang tubuh. Sehingga timbul efek yang menyegarkan dan mengembalikan cairan dalam tubuh.

Namun ada beragam manfaat kolang kaling untuk tubuh selain bisa cegah dehidrasi. Lalu apa saja manfaat kolang kaling untuk tubuh?

Pastinya dengan mengetahui manfaat kolang kaling untuk tubuh membuat kalian merasa tidak ragu lagi mengonsumsinya. Berikut 8 manfaat kolang kaling untuk tubuh, kaya nutrisi yang dilansir dari berbagai sumber.

1. Meremajakan Kulit

Manfaat kolang kaling untuk tubuh ternyata bisa menjaga keremajaan kulit. Sehingga kulit akan terlihat lebih segar serta membantu menghambat proses penuaan. Hal ini terjadi karena kandungan tirosinase dalam kolang kaling yang bisa memicu untuk melawan radikal bebas pada kulit.

Untuk itu mengonsumsi kolang kaling dapat memberikan manfaat meremajakan kulit dan mencegah penuaan dini yang muncul. Namun untuk menghambat penuaan dini pada kulit perlu perawatan lainnya termasuk makanan yang bergizi lain agar benar-benar dapat mencegah penuaan dini.

2. Menjaga Tubuh Tetap Terhidrasi

Seperti yang diketahui jika kolang kaling memiliki kandungan air yang banyak. Sehingga saat mengonsumsi kolang kaling bisa melegakan dahaga. Termasuk dapat cegah dehidrasi pada tubuh.

Selain itu manfaat kolang kaling untuk cegah dehidrasi ini bisa membantu menghilangkan rasa panas dalam perut akibat dehidrasi. Maka wajar jika kolang kaling sering menjadi bahan yang pas untuk takjil buka puasa.

3. Bisa Cegah Osteoporosis

Manfaat kolang kaling untuk tubuh juga dapat cegah osteoporosis pada tulang. Osteoporosis sendiri merupakan gangguan yang terjadi pada tulang, di mana tulang mengalami pengeroposan. Kandungan kalsium dalam kolang kaling bisa jadi alternative lain selain susu yang juga bisa cegah osteoporosis.

4. Melancarkan Sistem Pencernaan

Pencernaan yang terganggu atau tidak lancar bisa diatasi dengan mengonsumsi kolang kaling. Ya, manfaat kolang kaling untuk tubuh juga bisa melancarkan pencernaan. Termasuk mencegah sembelit yang menjadi masalah umum pencernaan.

Sebab, kandungan serat yang cukup tinggi serta air yang banyak bisa membantu melancarkan sistem pencernaan. Sehingga kalian dapat memperoleh manfaat kolang kaling dengan mengonsumsinya secara teratur.

5. Melancarkan Sirkulasi Darah

Sirkulasi darah yang terhambat tentu akan memunculkan masalah lain dalam tubuh. Salah satunya adalah terjadi anemia. Anemia bisa disebabkan karena oksigen dalam darah tidak mengalir dengan lancar termasuk ketika tubuh kekurangan zat besi.

Namun kalian tidak perlu khawatir, sebab manfaat kolang kaling untuk tubuh bisa melancarkan sirkulasi darah dan mencegah anemia. Kandungan zat besi dalam kolang kaling bisa menjadi membuat sirkulasi darah lancar dan dapat menyalurkan oksigen ke jaringan tubuh.

6. Menurunkan Berat Badan

Manfaat kolang kaling untuk tubuh selanjutnya adalah bisa membantu menurunkan berat badan. Kandungan serat dan nutrisi tinggi dalam kolang kaling dapat membantu mempercepat rasa kenyang dalam tubuh.

Sehingga nafsu makan kalian dapat terkendali dengan baik, termasuk untuk menurunkan berat badan. Untuk itu kolang kaling sangat cocok sebagai menu program diet.

7. Menjaga Metabolisme Tubuh

Metabolisme tubuh merupakan proses pengolahan zat gizi makanan yang diserap oleh tubuh dan diubah menjadi energi. Dalam hal ini manfaat kolang kaling untuk tubuh bisa menjaga metabolisme dalam tubuh agar tetap stabil.

Kaya nutrisi dalam kolang kaling seperti zat besi, zink, kalium, kalsium, bisa membantu menyehatkan tubuh dan bisa meningkatkan jumlah produksi energi dalam tubuh.

8. Menenangkan Kulit

Kulit panas akibat paparan sinar matahari dapat menyebabkan masalah seperti muncul kemerahan dan rasa gatal karena panas. Namun kalian dapat mengatasi atau menenangkannya dengan kolang kaling.

Sebab, kolang kaling bisa mendinginkan kulit yang terbakar akibat sinar matahari. Caranya cukup mudah, yakni dengan mengoleskan sebutir kolang kaling pada kulit yang panas, gatal, kemerahan. Coba rasakan efek dingin yang muncul pada kulit bisa menenangkan.

Nah itulah 8 manfaat kolang kaling untuk tubuh, kaya nutrisi, bisa cegah dehidrasi. Namun sekali lagi agar masalah yang muncul pada tubuh dapat maksimal teratasi, untuk melakukan perawatan lainnya sebagai pendukung agar tubuh tetap sehat.

(kpl/nlw/gen)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI