Ngabuburit di Rumah, 10 Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan Meski Pandemi Corona Covid-19

Selasa, 28 April 2020 16:44 Penulis: Dita Tamara
Ngabuburit di Rumah, 10 Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan Meski Pandemi Corona Covid-19
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Kegiatan ngabuburit memang sudah menjadi salah satu tradisi yang dilakukan pada saat puasa Ramadhan. Ngabuburit sendiri biasa dilakukan untuk menghabiskan waktu menunggu azan magrib tiba. Namun, berbeda pada tahun-tahun sebelumnya, tahun ini kegiatan ngabuburit harus dilakukan di rumah akibat pandemi virus corona covid-19 yang masih terus terjadi.

Meskipun ngabuburit dilakukan di rumah dan tidak bisa menikmati sore sambil berjalan-jalan ria kalian tidak perlu khawatir. Untuk mengisi kegiatan sore tidak ada salahnya melakukan ngabuburit di rumah. Meskipun ngabuburit tahun ini sedikit berubah, namun kalian harus tetap membiasakan diri untuk tetap berada di rumah demi melakukan pencegahan penularan virus covid-19.

Selain itu kalian tetap bisa lho melakukan beberapa aktivitas ngabuburit meskipun di rumah. Kira-kira Aktivitas apa saja ya? Yuk intip tips ngabuburit di rumah berikut ini:

 

 

1. Ngabuburit dengan Memasak

Kalau di tahun sebelumnya, mungkin kalian disibukkan dengan berbuka puasa bersama dengan teman, di masa pandemi ini, kalian bisa mengubahnya dengan ngabuburit memasak sendiri. Selain itu, kalian tidak perlu keluar rumah untuk membeli takjil, tetapi kalian bisa membuat sesuai keinginan. Ngabuburit dengan memasak sendiri tentunya lebih hemat dan bisa berbuka bersama dengan keluarga.

2. Ngabuburit dengan Bersih-Bersih Rumah

Di bulan Ramadhan yang penuh suci ini semua orang berlomba-lomba untuk membersihkan hati dengan beberapa ibadah. Di samping itu, membersihkan rumah agar terlihat lebih rapi juga perlu dilakukan. Selain tetap berada di rumah untuk menghabiskan waktu menunggu buka puasa, melakukan aktivitas bersih-bersih rumah juga dapat menjadi aktivitas yang seru sehingga waktu berbuka puasa semakin lebih cepat dan rumah menjadi nyaman.

3. Ngabuburit dengan Tadarus Al-Quran

Kalau biasanya kegiatan ngabuburit dihabiskan dengan rencana jalan-jalan, nongkrong,dan berbuka puasa dengan teman yang begitu mengasyikkan. Kenapa sekarang tidak melakukan kegiatan bermanfaat seperti tadarus Al Quran? Selain menunggu waktu berbuka, tentu kegiatan ini sangat seru dan memberikan banyak manfaat lebih mendekatkan diri kepada Allah SWT, sehingga puasa kalian semakin berkah.

4. Jalan-Jalan Online

Di tengah pandemi corona seperti saat ini, memang tidak memungkinkan untuk bepergian. Hal tersebut tentu saja membuat kalian menjadi gampang jenuh dan bosan. Nah, aktivitas jalan-jalan online bisa menjadi pilihan sambil menunggu berbuka puasa. Lewat fitur screen sharing, kalian atau teman kalian pun bisa merasakan sensasi jalan-jalan meski sedang berada di rumah. Apakah tertarik mencobanya?

 

5. Ngabuburit dengan Memanjakan Diri di Rumah

Pandemi corona mengharuskan beberapa salon kecantikan tutup sementara. Padahal kegiatan pergi ke salon dapat menjadi alternatif ngabuburit yang seru. Nah, supaya tidak mengeluarkan banyak uang, kalian bisa memanjakan diri di rumah mulai dari menggunakan masker, memijat badan, atau luluran juga bisa kalian lakukan. Selain melakukan hal yang bermanfaat, tubuh kalian juga menjadi lebih fresh.

6. Ngabuburit dengan Berkebun

Ngabuburit sambil berkebun mungkin menjadi salah satu kegiatan yang bisa dilakukan saat ngabuburit bersama keluarga. Kalian bisa menanam tanaman bunga dan sayur-sayuran di halaman rumah kalian. Hal positif ini tentu akan memberikan manfaat baik di kemudian hari. Dengan melakukan berkebun, tentu menunggu waktu berbuka puasa akan lebih cepat.

7. Ngabuburit Bersama Teman Menggunakan Aplikasi Daring

Kegiatan karantina mandiri membuat kita tidak melakukan komunikasi dengan teman sekolah, teman kerja, maupun sanak keluarga. Aktivitas ngabuburit menggunakan aplikasi daring dapat kalian lakukan untuk berbagi cerita dan melepas rindu dengan orang terdekat. Meskipun tidak bertemu secara langsung, setidaknya aktivitas ini membantu kalian untuk berbincang jarak jauh. Manfaatkan aplikasi seperti WhatsApp, Zoom, Skype, dan lainnya.

8. Ngabuburit dengan Olahraga Ringan

Untuk mengusir kejenuhan akibat pandemi corona karena tidak bisa pergi ke mana-mana, salah satu alternatif ngabuburit yang bermanfaat dengan melakukan olahraga ringan. Bila sebelumnya kalian tidak ada waktu untuk berolahraga, kini kalian bisa mencobanya di rumah.

Selain meningkatkan kekebalan tubuh, olahraga dipercaya untuk mengurangi hormon stres pada tubuh. Kalian cukup melakukan olahraga ringan seperti yoga, jogging kecil, zumba, atau sekedar lompat tali.

9. Ngabuburit dengan Menonton Film

Ngabuburit dengan menonton film sangat membantu dalam mengurangi kejenuhan di rumah. Selain itu, menonton film dapat membunuh waktu begitu cepat karena fokus kalian hanya pada apa yang kalian tonton. Nah, kalian bisa memilih untuk menyaksikan film atau serial kesukaan.

10. Ngabuburit Bercanda Bersama Keluarga

Ngabuburit memang menjadi momen untuk menghabiskan waktu dan mengakrabkan diri bersama anggota keluarga. Momen ini bisa kalian isi dengan kegiatan seru bercanda dan bercerita dengan keluarga. Selain itu kalian bisa bermain tradisional seperti monopoli, catur, dan lainnya.

Itulah beberapa aktivitas ngabuburit di rumah meskipun tengah terjadi pandemi corona covid-19. Dari list di atas, kira-kira kalian ingin melakukan kegiatan ngabuburit yang mana dulu nih? Semoga bermanfaat.

 

(kpl/dtm/gen)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI