7 Contoh Pidato Singkat Terbaru untuk Berbagai Topik

Rabu, 23 Desember 2020 15:33 Penulis: Dhia Amira
7 Contoh Pidato Singkat Terbaru untuk Berbagai Topik
Ilustrasi (credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Pidato merupakan pengungkapan pikiran dalam bentuk kata-kata yang ditujukan kepada orang banyak untuk menyatakan selamat, menyambut kedatangan tamu, memperingati hari-hari besar tertentu, dan berbagai bentuk kegiatan lainnya. Sehingga dalam berbagai acara hingga saat ini pidato masih digunakan. Tidak perlu dengan kata panjang, ada pula beberapa contoh pidato singkat yang dapat dijadikan sebagai pidato.

Pada hakikatnya pidato termasuk seni monolog dalam keterampilan berbicara. Pidato bersifat dua arah, yaitu pembicara harus memperhatikan lawan bicaranya walaupun pembicara lebih banyak mendominasi pembicaraan. Itulah mengapa memilih pidato yang singkat namun bermakna untuk para pendengarnya banyak dipilih oleh mereka yang akan menyampaikan sebuah pidato.

Terdapat empat metode berpidato. Metode seperti impromptu, memoriter, naskah, dan ekstemporan adalah cara yang sering digunakan. Pidato yang disampaikan juga tidak harus selalu panjang lebar dan berlama-lama, asalkan hal yang menjadi poin utama sudah tersampaikan. Dalam berpidato, kalian juga perlu memiliki keberanian dan kepercayaan diri agar orasi yang disampaikan baik serta membuat orang lain terpukau.

Untuk itu dilansir dari berbagai sumber, inilah beberapa contoh pidato singkat terbaru yang dapat kalian gunakan dalam menyampaikan sebuah pidato di beberapa acara. Langsung saja yuk dicek KLovers.

 

 

1. Pidato Singkat tentang Narkoba

Contoh pidato singkat yang pertama yaitu pidato tentang narkoba. Yup! Acara narkoba sering dilakukan oleh sekolah hingga lembaga. Dan berikut ini contoh pidato singkat dalam sebuah acara narkoba.

 

Assalamualaikum Wr. Wb.

Para hadirin yang saya hormati

Pada kesempatan yang cukup teduh ini, marilah kita senantiasa memanjatkan puja dan puji syukur ke hadirat Allah SWT atas segala nikmat dan rahmat berupa kesehatan sehingga pada kesempatan ini kita bisa hadir di forum penerangan bahaya narkotika ini.

Hadirin yang saya hormati

Menkonsumsi narkoba adalah satu di antara perbuatan yang menyebabkan timbulnya kejahatan, perbuatan setan, dan sekaligus perbuatan keji yang harus dijauhi agar kita selamat di dunia dan akhirat, serta lingkungan masyarakat pun tenteram tidak ada satu kejahatan pun.

Janganlah sekali-kali mencoba untuk menggunakan narkoba, karena jika kita mencobanya, maka akan rugi seumur hidup. Hidup terasa terbelenggu dan ketergantungan terhadap sesuatu yang justru merusak hidup kita.
Maka dari itu, marilah para putra dan putri bangsa, mulai sekarang menjauhi narkotika dan mulailah berlomba-lomba meraih cita-cita yang tinggi agar kelak menjadi orang yang tidak merugi.

Hadirin yang saya hormati

Mungkin hanya ini pidato yang bisa saya sampaikan, bila ada salah kata atau ucapan mohon dimaafkan.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

 

 

2. Pembukaan Pidato tentang Perpisahan Sekolah

Contoh pidato yang selanjutnya yaitu tentang pidato saat perpisahan sekolah. pidato ini cocok untuk kalian yang merupakan seorang siswa ataupun siswi di sekolah tersebut. Dan berikut isi pidatonya,

 

Assalamualaikum Wr. Wb.

Hadirin yang saya hormati,

Pertama-tama, kita patut bersyukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa. Dengan izin Tuhan kita bisa hadir dalam rangka pembukaan pelaksanaan acara perpisahan sekolah ini.

Saya mewakili seluruh siswa mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah menyempatkan hadir dalam acara istimewa ini. Kami mengucapkan terima kasih atas kehadiran para orang tua siswa, guru-guru, kepala sekolah, staf sekolah serta teman-teman semua.

Hadirin yang saya hormati,

Tidak terasa waktu telah berlalu hingga pada hari ini kita sedang menuju gerbang perpisahan dan akan melangkah dalam perjalanan kehidupan yang baru di depan. Segala hal yang kami peroleh selama ini di sekolah ini sangatlah berarti dan akan terus kami kenang.
Kami mengucapkan terima kasih kepada guru-guru yang telah sabar dan telaten membimbing kami menimba ilmu. Kami berdoa semoga apa yang telah diberikan menjadi bekal kami untuk menjadi manusia yang berguna.

Di mana ada perjumpaan, pasti ada perpisahan. Semoga pula perpisahan kali ini bukanlah akhir dari segalanya. Kami yang nantinya akan menjadi alumni sekolah akan tetap menjalin silaturahmi dengan sekolah kami yang tercinta ini. Kami pun selaku siswa mungkin telah banyak membuat kesalahan dan merepotkan pihak-pihak pendidik di sekolah ini. Kami mengucapkan beribu-ribu maaf kepada ibu dan bapak guru semua.

Demikianlah sambutan dari saya selaku perwakilan siswa dalam acara perpisahan sekolah tercinta ini. Semoga kelak kita dapat meraih cita-cita dengan terus semangat!

Wassalamualaikum Wr. Wb.

 

 

3. Pidato Singkat tentang Pendidikan

Acara pendidikan memang menjadi acara yang sering dilakukan. Bukan hanya untuk acara perpisahan saja, berikut ini contoh pidato singkat untuk acara pendidikan.

 

Assalamualaikum Wr. Wb.

Hadirin yang saya hormati

Dalam kesempatan yang berbahagia ini, marilah kita bersyukur kepada Allah SWT atas segala nikmat serta hidayahNya yang telah dicurahkan kepada kita semua sehingga pada kesempatan kali ini kita bisa hadir dalam acara peringatan hari pendidikan nasional.

Hadirin yang berbahagia

Dalam mencari ilmu, Allah SWT pernah menguji para malaikat-malaikatNya bahwa ternyata tidak ada seseorang pun di dunia ini yang mempunyai ilmu pengetahuan, kecuali hanya Allah SWT. Sebagian ilmu yang kita miliki ini adalah titipanNya. Bahkan malaikat pun tidak akan memiliki ilmu pengetahuan, selain apa yang telah diajarkan kepadanya. Oleh karena itu, kita tidak boleh sombong dengan pengetahuan yang kita miliki. Bahkan dengan apa pun yang kita miliki, tidak boleh sombong.

Hadirin yang saya hormati

Sebagian dari keutamaan orang mencari ilmu adalah dimudahkan serta dibimbing melalui jalan menuju kebenaran. Betapa pentingnya orang yang menuntut ilmu sehingga diberikan pengetahuan yang luar biasa. Peranan para tenaga pengajar juga sangat penting sehingga orang yang bersamanya dukuk untuk menimba ilmu pengetahuan darinya, walau hanya satu jam saja itu lebih disukai oleh Allah SWT dari pada pahalanya dalam beribadah seribu tahun.

Hanya itu yang bisa saya sampaikan, mudah-mudahan ada manfaatnya serta diberikan ilmu yang bermanfaat dan diridhoi Allah SWT. Amin.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

 

 

4. Pembukaan Pidato tentang Cinta Tanah Air

Tak hanya memberikan pidato untuk ucapan perpisahan saja, seperti pidato perpisahan. Ini juga ada contoh pidato singkat tentang cinta tanah air, pidato ini akan menimbulkan rasa luar biasa dalam mencintai tanah air. Berikut ini contoh pidato singkat yang dapat kalian bawakan.

 

Assalamualaikum W.W.

Pertama-tama mari kita mengucapkan puji syukur atas ke hadirat Tuhan Yang Maha Esa. Kita dapat berkumpul di sini dengan sehat wal afiat karena-Nya. Sebelumnya saya mengucapkan terima kasih atas kehadiran teman-teman sekalian. Kedua saya berdiri di sini akan menyampaikan pidato. Pidato saya kali ini bertema cinta tanah air.

Apakah kalian tahu kenapa kita harus cinta pada tanah air kita sendiri? Iya itu sebenarnya memang betul,kita harus cinta pada tanah air kita. Karena kita bangsa Indonesia kaya akan budaya dan suku yang bermacam-macam. kita harus bersyukur dengan kekayaan Allah SWT yang telah diberikan kepada kita semua. Kita dapat mengenal suku bangsa yang berbeda dengan kita. Atas limpahan dari Allah kita dapat mengenal orang satu sama lain.

Contoh cinta pada tanah air adalah kita harus mencintai produk dalam negeri. Disitulah kita membeli barang-barang kebutuhan kita. Walau kita membeli di luar negeri, barang luar negeri dari Indonesia. Jadi, jika kita ingin membeli barang kebutuhan, kita membeli saja di Negara kita sendiri. Negara kita memiliki hasil yang sangat memuaskan dan berkualitas terbaik.

Indonesia memiliki budaya yang melimpah. Di Indonesia ada berbagai macam budaya. Budaya di dalam negeri kita turun-menurun karena budaya itu dipakai oleh anak cucunya. Contoh budaya itu adalah tari adat pernikahan, music, dan masih banyak lagi budaya yang terdapat di Indonesia. Suatu saat juga budaya itu akan dipakai oleh anak kita sendiri.

Sebelum saya menutup pidato saya,saya ingin bertanya. Apakah kalian tahu apa kesimpulan dari pidato ini? Jika tidak ada yang mengetahuinya, akan saya beri tahu. Kesimpulannya adalah kita harus saling mengenal satu sama lain, mencintai produk budaya kita sendiri, dan yang terakhir kita harus mencintai budaya dan Negara kita sendiri. Itulah kesimpulan dari pidato saya,sebelum saya menutup pidato ini apakah ada yang ingin bertanya? Jika tidak saya akan mengucapkan terima kasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

 

 

5. Pidato Singkat tentang Kebersihan

Contoh pidato singkat yang selanjutnya yaitu tentang kebersihan. Contoh pidato singkat yang satu ini sangat cocok kalian bawakan dalam beberapa acara seperti acara kebersihan, hingga kegiatan sosial.

 

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Pada kesempatan yang baik ini marilah kita panjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang mana telah memberikan nikmat dan hidayahnya kepada kita sehingga bisa berkumpul dalam keadaan sehat pada hari ini.

Hadirin yang saya hormati,

Pidato yang akan saya sampaikan kali ini menerangkan menjaga kebersihan. Allah SWT sangat mencintai orang yang bersih dan suka membersihkan segala sesuatu yang ada padanya. Jadi, marilah kita mulai menjaga kebersihan demi terciptanya keselamatan dan kebaikan untuk diri kita maupun orang lain.

Hadirin sekalian,

Jika kita menjaga kebersihan lalu ditiru oleh anak-anak kita dan orang-orang dekat kita, maka kita pun akan mendapat manfaatnya. Oleh karenanya, mari ajarkan sedini mungkin terhadap anak-anak tentang pentingnya menjaga kebersihan agar kelak mereka menjadi anak yang sehat, cerdas, dan suka berbuat kebaikan.

Dengan mengajarkan menjaga kebersihan kepada anak-anak, diharapkan mereka bisa mandiri dan terbiasa mengatasi hal-hal yang sulit untuk diselesaikan, seperti kita ketahui di masa sekarang masih banyak orang-orang yang tidak peduli dengan kebersihan lingkungan dan membiarkannya menjadi kotor.

Hadirin yang berbahagia,

Demikianlah pidato singkat yang bisa saya sampaikan, mudah-mudahan apa yang sudah saya sampaikan bermanfaat dan dapat dilaksanakan. Akhir kata, saya ucapkan terima kasih atas perhatiannya.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.

 

 

6. Pidato Singkat tentang Maulid Nabi Muhammad Saw

Tak hanya kegiatan sekolah hingga sosial saja, ada pula contoh pidato singkat yang dapat kalian bawakan di acara keagamaan seperti maulid nabi Muhammad Saw. San berikut ini contoh pidato singkat tersebut.

 

Assalamualaikum Wr. Wb.

Kaum muslimin dan juga muslimat sekalian, marilah kita mengucapkan syukur kepada Allah SWT atas limpahan rejeki dan rahmat-Nya kita dapat berkumpul tanpa adanya hambatan sama sekali pada hari ini. Kemudian, shalwat dan salam kita ucapkan kepada Nabi Muhammad SAW yang membawa umat manusia kepada Islam dan jalan kebenaran.

Hari ini adalah bulan Rabiul Awal yang mana merupakan bulan penting bagi umat Islam. Pada bulan ini terdapat peristiwa gajah dan kemudian dilahirkan rasul penutup yaitu Nabi Muhammad SAW. Berkat beliau, kita semua dapat berjalan ke jalan yang benar dengan mengenal Islam dan keluar dari kekafiran.

Berkat beliau kita jadi mengerti akan berbagai macam tindakan yang baik dan benar, serta terlepas dari zaman jahililyah. Berkat beliau kita semua dibimbing untuk dapat berjalan ke jalan penuh cahaya iman dan juga takwa kepada Allah SWT.

Terutama pada bulan ini, marilah kita semua menambahkan rasa cinta kepada Nabi Muhammad SAW sesuai dengan firman Allah SWT yang dicantumkan di dalam Al Quran surat Al Ahzab ayat 6,"Nabi itu lebih utama bagi orang-orang yang beriman dari diri mereka sendiri."

Maka dari itu, sebagai umat Islam kita diharuskan untuk mendahulukan kecintaan kita terhadap Allah SWT dan rasul-Nya dalam hati ini dibandingkan dengan hal-hal lainnya yang bersifat duniawi. Ingat bahwa hidup di dunia ini hanya sesaat dan akhirat adalah yang lebih kekal.

 

 

7. Contoh Pidato Singkat Tentang Menanam

Dan berikut ini contoh pidato singkat terakhir, dan contoh pidato singkat ini sangat cocok untuk kalian dalam hal menanam. Dan contoh pidato ini sangat cocok untuk acara penghijauan hingga kerusakan hutan.

 

Assalamualaikum Wr. Wb.

Kepada para hadirin yang terhormat,

Saya berada di tempat ini untuk membawakan pidato pentingnya menanam. Ini adalah hal yang sangat darurat mengingat jumlah polusi yang semakin tinggi. Tanah air ini sangat membutuhkan bantuan dari seluruh bangsa Indonesia untuk mengurangi jumlah polusi udara, terutama dengan jalan menanam.

Oksigen dihasilkan oleh tanaman, maka dari itu manusia sangat membutuhkan tanaman untuk dapat hidup menjalani rutinitas sehari-hari. Bila Anda sudah menyadari hal tersebut, jadi Anda harus berusaha untuk paling tidak memiliki lima jenis tanaman di rumah Anda.

Walaupun rumah yang dimiliki begitu mungil, hal tersebut tidak akan pernah menghalangi selama ada niat dan juga disertai dengan tindakan. Anda bisa saja menanam kaktus dan diletakkan di teras rumah Anda. Selain itu, Anda juga dapat menanam berbagai macam sayur di dekat dapur Anda yang terkena sinar matahari.

Jika Anda membutuhkan tanaman yang dapat menyerap udara yang terkena polusi parah dengan lebih efisien, maka Anda perlu untuk menanam Areca Palm. Tumbuhan yang satu ini diperkenalkan oleh Dr. Wolverton yang mana dapat menyerap berbagai macam polusi yang ada di udara.

Bahkan tanaman tersebut dapat menyerap toluene dan xylene jauh lebih baik daripada tanaman lainnya. Tanaman jenis ini juga dapat digunakan sebagai tanaman indoor, asalkan tempat tersebut sering terkena cahaya matahari.

Sedangkan bagi Anda yang sudah berkeluarga dan sudah memiliki anak, perlu untuk menularkan kebiasaan menanam ini kepada anak Anda. Ajarkan mengenai betapa pentingnya menanam demi bersihnya udara lingkungan di sekitarnya.

Sekian pidato dari saya dan semoga bermanfaat. Bila ada kesalahan dalam perkataan yang disampaikan, saya mohon maaf.

Wassalamualaikum Wr. Wb.

Itulah 7 contoh pidato singkat yang dapat kalian gunakan di beberapa acara penting. Kalian bisa menggunakan contoh pidato singkat di atas tanpa harus melakukan pidato dengan panjang dan sulit.

 

 

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI