Contoh Kata Depan yang Tepat, Beserta Dengan Pengertian dan Syarat Pembuatan Kalimat Dengan Benar

Penulis: Dhia Amira

Diterbitkan:

Contoh Kata Depan yang Tepat, Beserta Dengan Pengertian dan Syarat Pembuatan Kalimat Dengan Benar
Ilustrasi (credit: Pixabay)

Kapanlagi.com - Kata depan adalah sebuah kata-kata atau bagian kalimat, yang biasanya diikuti oleh nomina atau pronomina. Kata depan bisa berbentuk kata, misalnya di dan untuk, atau gabungan kata, misalnya bersama atau sampai dengan. Walaupun dianggap tidak terlalu penting, namun mengetahui contoh kata depan yang tepat bisa membantu kalian untuk memahami dengan baik kata depan itu sendiri.

Kata depan terletak di posisi depan tepat sebelum kata yang lain. Kata lain yang dimaksud adalah kata benda, kerja, dan keterangan lain. Kata depan ini akan berfungsi memperkuat makna kata di belakangnya. Dari kata depan inilah maka fungsi dan aturan penulisannya akan terlihat. Jenis kata depan ada banyak sekali loh KLovers. Kata depan yang paling umum digunakan adalah di, ke, dan dari.

Untuk contoh kata depan maka jenis kata belakangnya menuturkan arah, tempat, tujuan, dan waktu maka penulisannya dipisah. Dan berikut ini ada beberapa contoh kata depan beserta dengan pengertian dan aturan dalam menulis kata depan. Yuk langsung saja dicek KLovers.

1. Pengertian Kata Depan

Kata depan adalah posisi sebuah kata yang ada di depan sebelum kata benda, kata kerja, dan kata keterangan lainnya. Preposisi kata depan memiliki banyak sekali fungsi. Seperti, menyatakan tempat, arah, asal, tujuan, perbandingan, sebab-akibat, dan lain sebagainya.

Satu hal yang pasti, kata depan berguna untuk menandai hubungan makna dengan kata di belakangnya. Sedangkan untuk aturan dalam kata depan itu berbeda-beda ya KLovers. Preposisi atau kata depan sendiri berasal dari sebuah ungkapan kata benda, yang dilihat dari asal katanya yaitu bahasa latin "prae" yang artinya sebelum.

Selain itu juga diambil dari kata "ponere" yang memiliki arti menempatkan. Hal ini kemudian membuat preposisi atau kata depan bisa diartikan sebagai sebuah kata yang penempatannya berada di depan atau sebelum kata benda, kata sifat, dan jenis kata lainnya.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa, kata depan akan digunakan untuk merangkai nomina dengan verba. Kata depan akan berada di depan kata kerja, yang nantinya membantu menyempurnakan susunan kalimat dengan kata kerja di dalamnya. Namun, preposisi kata depan tidak hanya menjadi kata yang ditulis sebelum kata kerja. Bisa juga diterapkan di semua jenis kata.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

2. Aturan Dalam Kata Depan

Tentu dalam sebuah penulisan pasti memiliki aturannya, tidak bisa sembarangan agar tulisan yang kalian tulis dapat dibuat dengan tepat. Begitu juga dengan kata depan yang memiliki beberapa aturan untuk dibuat. Berikut ini aturan dalam kata depan tersebut:

- Kata depan "di, ke, dan dari," tidak disambung tetapi dipisah dengan kata di belakangnya ketika menunjukkan arah, tempat, waktu, dan tempat. Contoh kata depan ini: "di luar, di sana, di siang hari, ke toko, ke luar, dari belakang, dari Surabaya, dan lain-lain."

- Aturan pisah ini dikecualikan untuk kata depan yang sudah lazim seperti "kepada, daripada, dipukul, dan lain-lain." Begitu juga ketika kata depan bertemu imbuhan dari sebuah kata. Contoh kata depan ini: "dibeli, dibawa, dilepas, keluar, kelepas, kebawa, daripada, dan lain-lain."

- Ketika kata depan akan digunakan pada judul, maka penulisannya harus menggunakan huruf kecil. Contoh kata depan ini: "Ada Udang di Balik Batu; Presiden Menyampaikannya Kepada Menteri; dll."

3. Contoh Kata Depan Di-

Setelah mengetahui pengertian dan aturan dalam menulis kata depan, kalian bisa mengetahui contoh kata depan sebagai referensi kalian yang ingin membuat sebuah tulisan. Berikut ini contoh kata depan Di- yang bisa baik dan tepat:

  1. Suami Ibu Tika bekerja di Bandung.
  2. Pertandingan bola voli itu diselenggarakan di lapangan dekat masjid.
  3. Dilarang berbicara keras-keras di perpustakaan.
  4. Di pinggir jalan banyak orang yang berjualan.
  5. Di sini semua anak harus bersikap sopan.
  6. Kerjakan soal-soal di buku matematika halaman 23.
  7. Foto-foto sebaiknya disimpan di album foto.
  8. Di negara mana terdapat Menara Eiffel?
  9. Di rumah siapa kita berkumpul nanti?

4. Contoh Kata Depan Ke-

Kemudian ada pula contoh kata depan Ke- yang bisa jadi sebuah contoh untuk kalian yang masih bingung dengan contoh kata depan Ke-. Berikut ini contoh kata depan Ke- tersebut:

  1. Adik pergi ke sekolah dengan menggunakan sepeda.
  2. Penumpang dipersilahkan naik ke pesawat.
  3. Ia berangkat ke kantor menggunakan mobil mewah.
  4. Jantung memompa darah ke seluruh tubuh.
  5. Penjahat itu dibawa ke kantor polisi.
  6. Buat garis lurus dari titik A ke titik B.
  7. Berang-berang biasa menyelam sampai ke dasar sungai.
  8. Ke rumah siapa kamu pergi saat lebaran?

5. Contoh Kata Depan Dari-

Contoh kata depan selanjutnya yaitu ada kata depan Dari-. Ini bisa menjadi sebuah contoh untuk kalian yang masih bingung dengan contoh kata depan Dari-. Berikut ini contoh kata depan Dari- tersebut:

  1. Oleh-oleh ini pemberian dari Nirma.
  2. Saya berangkat dari rumah pukul 07.00 pagi.
  3. Dari sini ke sekolah sekitar 1 kilometer saja.
  4. Dari sini ke kantor pos kira-kira 1 kilometer.
  5. Dilarang memindahkan buku-buku dari tempatnya.
  6. Dari stasiun mana kereta api bisnis berangkat?
  7. Bis kota berangkat dari terminal.
  8. Air mata menetes dari kedua matanya.

6. Contoh Kata Depan Untuk

Selanjutnya ada contoh kata depan untuk. Ya, ini akan menjadi sebuah contoh kata depan untuk kalian yang masih bingung dengan contoh kata depan Untuk. Berikut ini contoh kata depan Untuk tersebut:

  1. Ayah membeli sepatu untuk adik.
  2. Ibu membeli ayam untuk makan malam.
  3. Semua dana ini untuk kepentingan masyarakat.
  4. Semua ini untuk dia.
  5. Pupuk dikirim untuk para petani.
  6. Hadiah dua juta rupiah disediakan untuk karangan terbaik.

7. Contoh Kata Depan Demi

Dan yang terakhir yaitu ada contoh kata depan demi. Berikut ini beberapa contoh kata depan Demi yang bisa kalian gunakan sebagai salah satu referensi dalam pembuatan kalimat yang baik dan tepat:

  1. Saya akan bekerja keras demi keluarga di rumah.
  2. Semua perjuangan ini demi cinta sejati.
  3. Jaksa itu berusaha demi keadilan.
  4. Buku itu dipindahkan satu demi satu ke lemari baru.
  5. Dilakukan secara rahasia demi orang yang dicintai.
Itulah beberapa contoh kata depan yang bisa menjadi referensi untuk kalian, semoga contoh kata depan ini bisa menjadi sebuah ilmu baru untuk KLovers.

(Ayo ikuti saluran WhatsApp KapanLagi.com biar enggak ketinggalan update dan berita terbaru seputar dunia hiburan tanah air dan juga luar negeri. Klik di sini ya, Klovers!)

Rekomendasi
Trending