90 Kata Mutiara Islami Tentang Jodoh, Menyejukkan dan Penuh Makna

Kamis, 05 Agustus 2021 15:22 Penulis: Dita Tamara
90 Kata Mutiara Islami Tentang Jodoh, Menyejukkan dan Penuh Makna
Ilustrasi (credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Berbicara mengenai jodoh, merupakan satu di antara perkara paling misterius seperti halnya kematian. Tidak ada yang tahu dengan siapa, kapan dan bagaimana seseorang akan menemukan jodohnya. Pada dasarnya, menyegerakan menikah adalah perbuatan baik. Namun semua tidak semudah mengucapkannya. Tentu saja, dibutuhkan kesabaran bagi mereka yang belum menemukan jodohnya.

Meski banyak orang yang mengeluhkan akan datangnya jodoh. Padahal ada banyak hal yang bisa dipersiapkan, misalnya melalui doa dan ikhtiar. Oleh sebab itu, tugas kita untuk mendapatkan jodoh juga harus diimbangi dengan memperbaiki diri. Sebagai bahan renungan, inilah sederet kata mutiara islami tentang jodoh yang menyejukkan dan penuh makna.

 

 

 

1. Kata Mutiara Islami tentang Penantian Jodoh

Kata mutiara islami tentang penantian jodoh bisa kalian jadikan sebagai penyemangat serta inspirasi dalam menanti pasangan. Selain itu, melalui kata-kata mutiara islami tentang jodoh, kalian juga bisa lebih tenang saat atau setelah membacanya. Berikut ini kata mutiara penantian jodoh yang bisa menginspirasi kalian.

 

1. "Ya Allah, jika dia benar untukku, dekatkanlah hatinya dengan hatiku. Dan jika dia bukan milikku, damaikanlah hatiku dengan ketentuan-Mu."

2. "Jika akhirnya kamu tidak bersama dengan orang yang sering kamu sebut dalam doamu, mungkin kamu akan dibersamakan dengan orang yang diam-diam sering menyebut namamu dalam doanya."

3. "Jodoh yang baik adalah dia yang mampu membuatmu semakin mencintai-Nya."

4. "Ya Allah, karuniakanlah kepadaku pendamping yang shalih. Jadikan dia sahabatku baik untuk urusan dunia maupun akhirat."

5. "Di hadapanmu aku malu memandangmu. Tapi di hadapan Allah, terang-terangan aku meminta agar dijodohkan denganmu."

6. "Hai jodohku yang masih dalam genggaman Allah SWT, aku sedang memantaskan diri ini untuk siap menemuimu dengan cara yang halal, dan mencintaimu dengan cara yang halal pula."

7. "Akan lebih baik mempercantik hati dan budi pekerti diri sendiri. Maka pasangan yang baik akan datang menghampiri."

8. "Aku meminta jodohku dengan doa. Aku memohon jodoh yang baik dengan memperbaiki segenap akhlakku."

9. "Jodoh itu rahasia Allah. Allah mempertemukan kita dengan orang yang salah pada awalnya dan mempertemukan kita dengan jodoh yang sesuai pada akhirnya. Itulah tanda sayang Allah kepada hamba-Nya."

10. "Jika dua orang ditakdirkan bersama, maka dari sudut bumi manapun mereka berasal, mereka pasti bertemu."

 

 

 

2. Kata Mutiara Islami tentang Jodoh yang Menyejukkan

Melalui kata mutiara bijak Islam tentang jodoh, setidaknya bisa membuat pikiran kalian menjadi sedikit terbuka tentang jodoh dan hati menjadi sejuk. Oleh sebab itu, inilah sederet kata mutiara Islami tentang jodoh yang menenangkan.

11. "Ya Allah. Jika aku jatuh cinta, biarkan aku menyentuh hati seseorang yang hatinya tertaut kepada-Mu."

12. "Percayalah bahwa ketika sesuatu ditakdirkan, itu akan terjadi. Dalam waktu-Nya. Di saat yang tepat. Untuk alasan terbaik. Dengan orang yang tepat."

13. "Jangan pernah takut membiarkan orang pergi jika mereka bukan sosok yang tepat; sering kali itulah satu-satunya cara untuk memberi ruang bagi orang yang tepat."

14. "Temukan pasangan hidup yang bisa membimbingmu, bukan hanya di dunia, tapi juga di akhirat."

15. "Suatu hari nanti kamu akan bertemu seseorang yang membuatmu bahagia. Membuatmu merasa cantik dan berdiri di sampingmu bahkan saat kamu merasa tidak pantas mendapatkannya."

16. "Cinta sejati tidak berakhir dengan kematian. Jika Allah SWT menghendaki, cinta itu akan berlanjut sampai ke surga."

17. "Ketika berbicara tentang pernikahan, Allah mengatakan bahwa pasanganmu ibarat pakaian untukmu. Sebuah pakaian bisa jadi pas atau kurang pas. Tapi bagaimanapun juga, pakaian akan menutupi, melindungi dan mempercantik ketidaksempurnaan."

18. "Bijaklah dalam masa penantianmu, Kelak kamu akan takjub bagaimana Allah mempertemukan dengan jodohmu."

19. "Perjalanan mencari cinta karena Allah terasa lebih tenang tentu berpahala karena senantiasa diawasi agar tidak jatuh di jalan yang salah."

20. "Orang yang tepat tidak akan mengalihkan perhatianmu dari Tuhanmu. Jika dia menjauhkanmu dari Allah, berarti dia adalah orang yang salah."

21. "Melangkahlah sendirian sampai Allah mengutus seseorang untuk berjalan bersama mendampingimu."

22. "Jodoh itu kayak 'Alif Lam Mim' ayat pertama surat Al-Baqarah, artinya yaitu hanya Allah yang tahu."

23. "Ada saatnya kamu memperjuangkan dan diperjuangkan oleh seseorang. Bersabarlah dan fokuslah untuk memantaskan dirimu. Yakinlah Allah akan hadirkan dan tunjukkan penyempurna agamamu di saat yang tepat.”

24. "Aku berharap bisa menjadi imam yang baik yang memimpin mu dengan iman dan ketaqwaan."

25. "Ketika engkau menjaga diri, di saat yang sama, di tempat lain jodohmu pun menjaga diri, hingga nanti bertemu di saat dan cara yang paling berkah."

26. "Sempurnakanlah rasa kagummu dengan keberanianmu meminangnya."

27. "Laki-laki yang mengungkapkan cinta sebelum masa halal tiba dan tak beranjak segera menghalalkannya. Maka dia telah menjatuhkan harga dirinya."

28. "Lelaki baik akan memberimu cinta yang baik, membawamu pada sesuatu yang baik dan menjadikan dirimu lebih baik."

29. "Wanita sholehah merupakan dia yang tidak sembarang orang yang bisa menyentuhnya dia adalah mutiara dia berlian dia adalah harta yang paling berharga yang hanya disentuh oleh suaminya."

30. "Muslimah sejati adalah wanita yang setia karena ia selalu menjaga hatinya untuk seseorang yang terbaik yang dipilihkan Allah untuknya."

 

 

 

3. Kata Mutiara Islami tentang Jodoh yang Romantis

Banyak orang-orang yang penasaran dengan sosok pendampingnya kelak. Perkara jodoh memang merupakan hal yang misterius, hanya Allah SWT yang mengetahuinya. Daripada sibuk memikirkannya, ada beberapa kata mutiara Islami tentang jodoh yang romantis bikin kalian jadi baper.

 

31. "Berhentilah pacaran dengan bungkus bunga-bunga cinta, mulailah untuk serius menjalin hubungan dengan berani menjabat tangan orang tuanya di pelaminan."

32. "Jadilah muslimah yang memiliki dua kecantikan, cantik luar yang dilindungi hijab syar’i. Cantik dalam yang dihiasi akhlak terpuji."

33. "Tabahkan hatimu dalam penantian jodoh. Pernikahan bukanlah perlombaan."

34. "Kita diperintahkan untuk berusaha, ikhtiar dalam menemukan belahan jiwa, tapi pada akhirnya Allah juga yang menentukan."

35. "Allah selalu punya skenario terindah untuk hamba-Nya. Kita hanya perlu bersabar dan ikhlas dalam menanti. Bersyukur atas semua kebaikan dan ujian yang Allah berikan pada kita. Kita hanya perlu menjadi hamba-Nya yang taat."

36. "Hal yang paling indah adalah ketika dua orang saling rindu, namun tidak berkomunikasi, tetapi keduanya saling mendoakan di dalam sujudnya masing-masing."

37. "Jodoh merupakan rezeki. Kewajiban kita hanyalah berikhtiar. Bukan menentukan."

38. "Jodoh tetap misteri. Syukuri ketidaktahuan itu dengan merencanakan dan mengupayakan yang terbaik menuju pernikahan suci di dunia nan fana."

39. "Orang yang terkaya adalah orang yang menerima pembagian (taqdir) dari Allah dengan senang hati." -Ali bin Husein

40. "Cinta, mungkin akan datang bila kita sunyi dan sendiri. Jodoh juga akan datang jika kita sudah siap."

41. "Kagum itu merupakan hal yang wajar, maka merahasiakannya merupakan hal yang sangat mulia."

42. "Cintai memang menuntut suatu pengorbanan. Jika kita belum mampu berkorban demi ketaatan maka kita belum betul-betul mencintai sang pemilik alam."

43. "Bisa melihatnya saja sudah suka, apalagi kalau mampu bersama dengannya dalam suka dan duka."

44. "Jika memang Allah takdirkan bersama, maka semoga disegerakan untuk dimampukan tuk meminangnya."

45. "Bersabarlah duhai hati suatu hari akan hadir tempat terbaik yang dapat menjadi pelabuhan pertama dan terakhirmu."

46. "Yang aku butuhkan bukanlah cincin. Aku hanya butuh agamanya. Aku lebih suka dia membawaku menuju surga dan menjadikanku sebagai ratunya."

47. "Menikahlah dengan seseorang yang bertakwa kepada Allah, maka dia akan memperlakukan kamu dengan benar karena ketakwaannya kepada Allah."

48. "Perjalanan mencari cinta karena Allah terasa lebih tenang tentu berpahala karena senantiasa diawasi agar tidak jatuh di jalan yang salah."

49. "Dialah yang telah menciptakan kamu dari diri yang satu dan dari padanya Dia menciptakan istrinya, agar dia merasa senang kepadanya."

50. "Ada saatnya kamu memperjuangkan dan diperjuangkan oleh seseorang. Bersabarlah dan fokuslah untuk memantaskan dirimu. Yakinlah Allah akan hadirkan dan tunjukkan penyempurna agamamu di saat yang tepat."

 

 

 

4. Kata Mutiara Islami tentang Jodoh untuk Laki-laki dan Perempuan

Jodoh merupakan bagian dari rahasia takdir. Baik laki-laki dan perempuan juga berlomba-lomba memperbaiki diri untuk mendapatkan jodoh uang tepat. Inilah sederet kata-kata mutiara yang mengandung makna mendalam yang dapat menyentuh hati laki-laki maupun perempuan.

 

51. "Wanita sholehah merupakan dia yang tidak sembarang orang yang bisa menyentuhnya dia adalah mutiara dia berlian dia adalah harta yang paling berharga yang hanya disentuh oleh suaminya."

52. "Aku berharap bisa menjadi imam yang baik yang memimpin mu dengan iman dan ketaqwaan."

53. "Sempurnakanlah rasa kagummu dengan keberanianmu meminangnya."

54. "Ketaqwaanmu kepada Tuhamu membuatmu menjadi lebih cantik melebihi cantiknya bunga yang sedang mekar."

55. "Wanita memilih diam ketika disakiti dialah wanita yang hatinya kuat untuk menahan amarah."

56. "Lelaki baik akan memberimu cinta yang baik, membawamu pada sesuatu yang baik dan menjadikan dirimu lebih baik."

57. "Muslimah sejati adalah wanita yang setia karena ia selalu menjaga hatinya untuk seseorang yang terbaik yang dipilihkan Allah untuknya."

58. "Jadilah muslimah yang memiliki dua kecantikan, cantik luar yang dilindungi hijab syar'i. Cantik dalam yang dihiasi akhlak terpuji."

59. "Berhentilah pacaran dengan bungkus bunga-bunga cinta, mulailah untuk serius menjalin hubungan dengan berani menjabat tangan orang tuanya di pelaminan."

60. "Laki-laki yang mengungkapkan cinta sebelum masa halal tiba dan tak beranjak segera menghalalkannya. Maka dia telah menjatuhkan harga dirinya."

61. "Jika bukan diriku yang kau harapkan, aku merelakannya. Sebab, Jodoh takkan mungkin salah hinggap di hati para hamba-hambanya."

62. "Siapa yang memberikan hatinya lebih dulu kepada makhluk dari pada kepada Allah, maka siap siaplah hatinya akan sengsara."

63. "Percaya deh, rencana Allah itu lebih baik."

64. "Ketika kita merasa banyak masalah, perbaiki hubungan kita dengan Allah."

65. "Cari cinta dengan sujud, mendekatkan diri pada Allah, Allah akan mendatangkan sekian banyak orang yang mencintai."

66. "Cinta yang Allah titipkan kepada kita, cinta itu cuma sebagian dari 100 cinta yang Allah simpan di dalam surga."

67. "Kalau kita ingin punya imam (suami) yang keren, tanya ke diri, pantaskah diri kita untuk sosok seperti itu. Kalau kita ingin perempuan solehah seperti Khadijah, pantaskah akhlak kita seperti rasul? kira-kira seperti itu."

68. "Menangis karena berkorban itu lebih manis daripada menangis karena kesalahan."

69. "Insya Allah siapa yang mengharapkan end last love dan true love, tempatnya di masjid."

70. "Berbuat baiklah pada diri sendiri. Dan salah satu cara berbuat baik pada diri sendiri adalah dengan memilih pasangan yang sholeh. Seseorang yang membimbingmu menjadi orang yang lebih baik."

 

 

 

5. Kata Mutiara Islami tentang Jodoh Memperbaiki Diri

Dalam Islam, selalu mengajarkan untuk melakukan muhasabah atau instropeksi diri. Begitu juga dalam hal jodoh, ketika kalian melakukan instropeksi, maka secara tidak langsung kalian juga akan memperbaiki apapun demi mendapatkan yang terbaik, termasuk jodoh. Inilah sederet kata mutiara tentang jodoh memperbaiki diri yang bisa kalian jadikan pedoman.

71. "Jangan menyerah saat doa-doamu belum dijawab. Jika kamu mampu bersabar, Allah mampu memberikan lebih dari apa yang kamu minta."

72. "Karena jika memang jodoh Allah akan semakin mendekatkan, bukan menjauhkan."

73. "Jangan pusingkan rencana Allah tentang jodoh yang belum datang karena Allah lebih tahu kapan waktu terbaik bagimu untuk berjodoh."

74. "Ketika berbicara tentang pernikahan, Allah mengatakan bahwa pasanganmu ibarat pakaian untukmu. Sebuah pakaian bisa jadi pas atau kurang pas. Tapi bagaimanapun juga, pakaian akan menutupi, melindungi dan mempercantik ketidaksempurnaan."

75. "Cintai memang menuntut suatu pengorbanan. Jika kita belum mampu berkorban demi ketaatan maka kita belum betul-betul mencintai sang pemilik alam."

76. "Bijaklah dalam masa penantianmu, Kelak kamu akan takjub bagaimana Allah mempertemukan dengan jodohmu."

77. "Menikahlah dengan seseorang yang takut kepada Allah, maka dia akan memperlakukan kamu dengan benar karena rasa takutnya kepada Allah."

78. "Akan lebih baik mempercantik hati dan budi pekerti diri sendiri. Maka pasangan yang baik akan datang menghampiri."

79. "Jodoh, bukan tentang siapa cepat dia dapat. Melainkan, memantaskan diri dengan taat hingga memang mampu mendapat jodoh yang tepat."

80. "Ketika seseorang pergi dan meninggalkan kita maka datanglah pada Allah dengan doa dan ibadah kita bersungguh-sungguh kita akan merasakan keindahan dan kasih sayang yang luar biasa."

81. "Hubungan kita dengan Allah tergantung kita, bagaimana kita memilih jalan, bagaimana kita menjaga hubungan kita dengan Allah."

82. "Kalau 1 bagian cinta demikan dahsyatnya, bagaimana dengan 99 cinta lain di surga seperti apa ya? Itu akan dirasakan dari orang yang akan memasuki surga nanti. Makanya di dalam surga Allah berkata, La khufun alaihim wala hum yahzanun, di surga itu tidak ada rasa takut tidak ada rasa kecewa."

83. "cinta asal dari langit, cinta yang datang dari orang soleh, cinta dari orangtua, cinta dari calon pasangan, cinta dari mantan, datang dari Allah. Maka mencarinya bukan di bumi, tapi mencarinya di langit."

84. "Ikhtiar diri menemukan jodoh, meningkatkan kualitas diri dalam ibadah dan hal lainnya, sehingga pantas untuk memperoleh jodoh seperti yang diidamkan."

85. "Kalau kita libatkan Allah dalam urusan kita, maka Allah sendiri yang melibatkan manusia untuk menyayangi kita."

86. "Allah itu tahu isi hati kita."

87. "Syariat nikah itu mudah hanya kadang manusianya yang membuatnya menjadi sulit."

88. "Ternyata Allah SWT suka menyebut nama-nama hambaNya, seperti kita sering menyebut nama orang yang kita cintai. Allah menyebut nama kita di antara para malaikat dan penduduk surga, sehingga ketika kita diizinkan masuk surga, nama kita sudah diukur Allah di taman-taman surga."

89. "Ada satu hal yang harus kita sadari betul, bahwa cinta itu anugrah dari langit. Bahwa cinta itu pemberian dari Allah dan tidak mungkin Allah memberikan rasa cinta yang membuat seseorang bertambah dosa. kalau ada rasa yang bikin tidak khusuk saat sholat, pasti bukan cinta. kalau ada rasa yang menimbulkan perbuatan maksiat pasti bukan dari Allah tapi hawa nafsu."

90. "kalau cinta yang didapat dari sering posting di medsos, pasang foto, edit sana sini, itu bukan, dapatnya was was dari syaitan."

Itulah 90 kata-kata mutiara Islami tentang jodoh yang menyejukkan hati. Semoga bermanfaat ya.

 

 

 

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI