7 Jenis Website Paling Populer Berdasarkan Fungsinya

Jum'at, 12 Februari 2021 15:55 Penulis: Dita Tamara
7 Jenis Website Paling Populer Berdasarkan Fungsinya
(credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Sudahkah kalian mengetahui apa itu website? Website (Situs Web) merupakan kumpulan dari satu atau lebih halaman yang saling berkaitan, di dalamnya berisi informasi termasuk konten multimedia. Pada awalnya, website atau situs web berfungsi hanya sebatas media informasi saja. Sebab, dulunya lembaga pemerintah atau publik hanya menampilkan teks saja pada websitenya. Hal ini lantaran tujuan utamanya memang hanya menyampaikan informasi melalui internet.

Namun, seiring berkembangnya World Wide Web. Kini banyak jenis website yang bermunculan. Bahkan, kini sudah banyak sekali website yang tersebar di seluruh internet. Namun, sudah tahukah kalian dengan jenis-jenis website? Biasanya, orang akan bingung menentukan jenis-jenis website. Pada artikel kali ini, kita akan membahas jenis website paling populer beserta dengan fungsinya. Merangkum dari beberapa sumber, yuk langsung saja simak ulasannya berikut ini.

1. Website Ecommerce

Website ecommerce merupakan jenis website yang digunakan untuk tempat membeli produk secara online. Nantinya proses pembelian hingga pembayaran produk akan terjadi di website. Di Indonesia sendiri banyak sekali website ecommerce yang sering kalian jumpai. Jika kalian ingin membuat website dengan tujuan menjual produk secara online, website ecommerce bisa menjadi pilihan.

2. Website Bisnis

Jenis website populer selanjutnya yaitu website bisnis. Jenis website yang satu ini digunakan untuk mewakili bisnis tertentu. Pada dasarnya, website bisnis digunakan untuk mengkomunikasikan jenis produk dan layanan yang ditawarkan bisnis. Meski memiliki kesamaan dengan website ecommerce, namun website bisnis tak selalu disebut dengan website ecommerce.

Tak heran jika sekarang, setiap bisnis sudah banyak yang memiliki website. Sebab, dengan menggunakan website, bisnis lebih banyak dikenal orang lain lantaran dengan mudah ditemukan di internet. Tak hanya itu saja, bisnis yang menggunakan website juga akan lebih dipercaya.

3. Website Entertaintment

Selanjutnya, website paling populer yang perlu kalian ketahui yaitu website entertaintment. Tujuan dari dibuatnya website ini yaitu untuk hiburan. Website bisa berisi gambar, video, film, musik atau apapun hal yang dapat menghibur. Situs seperti Youtube, Netflix, merupakan beberapa website hiburan yang terkenal.

Nah, bagi kalian yang ingin mengembangkan ide di dunia hiburan, membuat website entertaintment adalah solusi yang tepat. Sebab, kreativitas kalian akan terus diasah untuk membuat konten yang unik dan menghibur.

4. Website Media

Website media atau yang sering disebut portal berita merupakan jenis website yang paling populer. Fungsi dari website ini yaitu untuk mengumpulkan berita dan menghasilkan uang melalui iklan yang muncul di website tersebut. Jika kalian tertarik untuk membuat media online, maka pembuatan website ini sangat cocok ditekuni. Meski begitu, website portal berita membutuhkan biaya yang besar karena membutuhkan resource web hosting yang lebih banyak.

5. Website Blog

Blog atau weblog merupakan sebuah website yang menampilkan berbagai macam informasi. Biasanya postingan atau tulisan terbaru dari sebuah blog akan tampil di halaman atas atau utama yang dilengkapi dengan gambar. Umumnya, website web dikelola maupun dimiliki oleh satu orang saja. Blog ini juga bisa dibuat dengan mudah dan gratis. Jika kalian mempunyai skil membagikan informasi melalui blog, maka membuat website blog adalah pilihan yang tepat.

6. Website Pendidikan

Website Pendidikan juga menjadi salah satu website yang memiliki tujuan untuk menyediakan materi pendidikan untuk pengunjung website. Selain itu, website ini dibuat yaitu untuk saling berkomunikasi dan menyebarkan informasi yang berkaitan dengan pendidikan secara luas. Contoh website pendidikan seperti website sekolah, perguruan tinggi, lembaga kursus, dll.

7. Website Company Profile

Company profile merupakan website yang isinya adalah profil dari sebuah perusahaan. Website ini berfungsi untuk sarana komunikasi atau informasi tentang perusahaan kepada customer atau orang-orang yang akan berhubungan dengan bisnisnya. Salah satu keuntungan dari adanya web company profile yaitu orang-orang akan bisa dengan mudah mengakses informasi yang mereka butuhkan dari perusahaan tersebut. Dengan adanya website company profile, maka juga bisa menjadi sarana promosi kepada marketing.

8. Website Forum Komunitas

Terakhir, jenis website yang populer yaitu website forum komunitas. Website ini dibuat dengan tujuan para pengguna dapat berkolaborasi dalam konten dan semuanya membuat perubahan sendiri sesuai dengan keinginan mereka. Jika kalian ingin para pengguna dan pengunjung berkolaborasi untuk menciptakan konten maka jenis website ini yang cocok.

Itulah sederet jenis website yang perlu kalian ketahui. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan kalian ya.

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI