10 Makanan Penurun Gula Darah Penyebab Diabetes Secara Efektif dan Cepat

Jum'at, 12 Februari 2021 10:44 Penulis: Dita Tamara
10 Makanan Penurun Gula Darah Penyebab Diabetes Secara Efektif dan Cepat
(credit: freepik)


Kapanlagi Plus - Bagi penderita diabetes, cara menurunkan gula darah menjadi salah satu hal yang penting untuk dilakukan. Gula darah sendiri merupakan bahan bakar dalam tubuh yang memiliki fungsi sebagai energi sehingga berguna untuk kerja sistem saraf, otak dan seluruh organ tubuh. Umumnya, gula darah ini berasal dari sumber-sumber makanan yang telah kalian konsumsi. Ya, gula darah memang memiliki peranan penting. Namun, jika kelebihan gula darah akan mengakibatkan menumpuk sehingga menimbulkan berbagai gangguan kesehatan pada tubuh.

Perlu kalian ketahui pula, jika gula darah dikatakan tinggi ketika gula darah seseorang lebih dari 180 mg/dL. Kadar gula darah yang tinggi bisa berbahaya bagi penderita diabetes atau pun yang tidak. Untuk itulah pentingnya menjaga tekanan gula darah supaya tetap normal sangatlah penting. Nah, ketika kalian mengetahui kadar gula darah tinggi, segeralah lakukan cara menurunkan gula darah berikut ini supaya dapat kembali normal. Kalian bisa melakukannya dengan mengonsumsi sederet makanan penurun gula darah berikut ini.

1. Labu

Labu menjadi salah satu makanan penurun gula darah. Selain mengandung serat dan antioksidan, labu juga kaya akan karbohidrat yang disebut polisakarida. Polisakarida inilah yang dapat jadi pengatur gula darah. Kalian bisa memanfaatkan labu dengan cara dipanggang, maupun di kukus sangat bermanfaat untuk menurunkan gula darah.

2. Alpukat

Selanjutnya, Alpukat menjadi salah satu buah yang dapat menurunkan kadar gula darah. hal ini lantaran Alpukat merupakan buah yang memiliki kandungan lemak tak jenuh, sehingga mampu untuk mengendalikan kadar gula darah. Tak hanya itu, dengan mengonsumsi alpukat ini dapat menurunkan risiko diabetes. Kalian bisa mengonsumsi alpukat secara langsung atau dengan cara di jus tanpa menggunakan gula.

3. Mengonsumsi Ikan

Cara menurunkan gula darah bisa dilakukan dengan rutin mengonsumsi ikan. Hal tersebut lantaran ikan tidak mengandung karbohidrat sedikit pun. Sehingga tidak ada kandungan gula dan dapat menurunkan kadar gula yang ada dalam tubuh secara alami.

Kalian bisa mengonsumsi ikan sebanyak dua kali dalam satu minggu. Adapun jenis ikan yang bisa kalian konsumsi seperti salmon, tuna, dan makarel. Jenis ikan tersebut juga kaya akan asam omega tiga, yang mampu mencegah penyakit jantung. Sebaiknya, jangan mengonsumsi ikan yang diolah dengan cara digoreng.

4. Kimchi

Kimchi menjadi salah satu makanan fermentasi yang bisa membantu menurunkan kadar gula dalam tubuh. Dikemas dengan senyawa yang meningkatkan kesehatan, termasuk probiotik, mineral, dan antioksidan, dan memakannya telah dikaitkan dengan peningkatan gula darah dan sensitivitas insulin.

5. Kakao

Banyak yang belum mengetahui jika kakao mampu menjadi salah satu alternatif sebagai cara menurunkan kadar gula lho. Benih kakao yang mengandung antioksidan, flavonol, dan protein penting bagi tubuh bisa digunakan sebagai cara menurunkan gula darah secara alami. Meski memiliki rasa benih kakao yang pahit, namun rupanya sangat manjur untuk menurunkan glukosa darah.

6. Kurangi Asupan Karbohidrat

Mengonsumsi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi dapat menaikkan gula darah. Bagi kalian yang ingin menurunkan kadar gula, ada baiknya untuk mengurangi asupan karbohidrat. Beberapa karbohidrat memang diperlukan dalam makanan. Namun, bagi penderita diabetes mengonsumsi terlalu banyak karbohidrat hanya akan menyebabkan gula darah melonjak.

7. Pilih Makanan dengan Indeks Glikemik Rendah

Selanjutnya, cara menurunkan gula darah yaitu dengan memilih makanan dengan indeks glikemik yang rendah. Sebab, indeks glikemik inilah yang berguna mengukur

dan memberi peringkat pada berbagai makanan berdasarkan seberapa banyak makanan tersebut dapat menyebabkan kadar gula darah meningkat. Oleh sebab itu, konsumsilah makanan dengan indeks glikemik rendah seperti ubi jalar, gandum. Kacang polong, susu rendah lemak, sayuran hijau, dan lain sebagainya.

8. Konsumsi Makanan Serat

Makanan serat salah satu cara efektif untuk menurunkan gula darah. Ada baiknya kalian banyak makan serat seperti biji-bijian utuh yang dapat menurunkan kadar gula darah. Serat juga berperan penting dalam mengatur gula darah dengan memperlambat laju karhohidrat yang rusak, dan kecepatan tubuh menyerap gula yang dihasilkan. Oleh sebab itu konsumsi serat seperti sayuran, buah-buahan, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

9. Oatmeal

Oatmel menjadi salah satu jenis makanan yang dapat menurunkan kadar gula darah. Hal ini lantaran oatmel memiliki indeks glikemik rendah sehingga bisa menjadi salah satu alternatif pilihan makanan penurun gula darah. Indeks glikemik adalah skor angka yang menunjukkan seberapa cepat makanan tersebut diubah menjadi glukosa oleh tubuh.

Oat adalah makanan yang mengandung senyawa beta glukan. Senyawa ini berfungsi untuk menurunkan kadar gula darah setelah makan, meningkatkan sensitivitas insulin, mengendalikan indeks glikemik dan mengurangi lemak dalam darah.

10. Telur

Selanjutnya, jenis makanan yang mampu mengontrol kadar gula darah yaitu telur. Telur menjadi makanan yang sangat bergizi karena menyediakan banyak nutrisi, mulai dari protein, lemak sehat, vitamin, mineral, dan antioksidan. Beberapa penelitian telah mengaitkan konsumsi telur dengan kontrol gula darah yang lebih baik.

Itulah sederet makanan penurun gula darah secara alami yang bisa kalian coba. Selain mengatasinya dengan makanan di atas, sudah sebaiknya untuk rutin memantau beberapa kali sehari gula darah kalian. Dengan begitu, kalian bisa dengan cepat mengatasinya dengan tepat. Semoga bermanfaat.

(kpl/dtm)

Editor:

Dita Tamara



MORE STORIES




REKOMENDASI