7 Kelebihan dan Kekurangan Samsung J1 Ace, Pahami Spesifikasinya

Rabu, 27 Januari 2021 15:11 Penulis: Nurul Wahida
7 Kelebihan dan Kekurangan Samsung J1 Ace, Pahami Spesifikasinya
Samsung J1 Ace (credit: samsung.com/)


Kapanlagi Plus - Ada beragam tipe Samsung J series yang dikeluarkan oleh perusahaan teknologi Samsung. Misalnya saja yang cukup populer Samsung J1 Ace dirilis tahun 2015 lalu. Samsung J1 Ace menawarkan beragam fitur menarik yang bisa dirasakan pengguna. Akan tetapi kalian perlu memahami sejumlah kelebihan dan kekurangan Samsung J1 Ace sebagai bahan pertimbangan menggunakan ponsel tersebut.

Samsung J1 Ace adalah produk dari Samsung yang memiliki banyak peminat. Sebab selain harganya yang terbilang terjangkau, beragam fitur menarik terdapat pada ponsel pintar besutan Perusahaan asal Korea Selatan. Ya, ada beragam produk yang telah dikeluarkan Samsung dari harga cukup tinggi hingga sangat terjangkau termasuk Samsung J1 Ace.

Jika kalian termasuk pengguna setia Samsung, tentunya memiliki smartphone canggih dengan seri Samsung J1 Ace bisa menjadi pilihan. Kehadiran Samsung J1 Ace diketahui menyasar kelas menengah dengan harga yang pas di kantong. Jangan khawatir soal spesifikasinya, sebab Samsung J1 Ace dilengkapi dengan fitur menarik baik dari desain, performa ataupun layar.

Untuk itulah mengetahui beberapa kelebihan dan kekurangan Samsung J1 Ace seperti terdapat pada ulasan di bawah ini dapat menjadi bahan pertimbangan kalian. Adapun kelebihan dan kekurangan Samsung J1 Ace telah dirangkum kapanlagi.com dari berbagai sumber.

1. Layar

Kelebihan Samsung J1 Ace yang pertama adalah terletak pada sisi layar. Sebab layar Samsung J1 Ace sudah dibekali dengan layar super Amoled WVGA beresolusi 480 x 800 piksel. Ini juga sudah mendukung teknologi layar super AMOLED yang menawarkan keunggulan yakni mampu menghasilkan gambar jernih dan tajam.

Selain itu Samsung J1 Ace memiliki ukuran layar sebesar 4,3 inci. Ini memungkinkan kalian cukup nyaman digunakan meski hanya dengan satu tangan. Selain itu ponsel besutan Samsung ini sudah dilengkapi dengan fitur multitouch yang memudahkan pengguna mengatur navigasi layar seperti melansir dari liputan6.com.

2. Desain

Kelebihan Samsung J1 Ace selanjutnya adalah dari segi desain. Apabila dilihat dari segi desain, Samsung J1 Ace memiliki beragam warna mulai dari hitam, biru, ataupun putih. Sedangkan pada sisi sampingnya terlihat dilengkapi dengan balutan seperti lapisan kaca yang transparan sehingga membuat desain Samsung J1 Ace tampak elegan.

Selain itu Samsung J1 Ace terasa cukup ringan dengan body yang tipis yakni hanya seberat 131 g. Ponsel ini mungkin cukup cocok buat kalian yang menginginkan desain simple dan ringan dengan harga cukup terjangkau.

3. Performa

Kelebihan Samsung J1 Ace dari segi performa telah dibekali dengan dapur pacu prosesor quad-core ARM Cortex-A7 kecepatan 1,5 GHz, dan RAM 768 MB. Selain itu Samsung J1 Ace menggunakan OS Android KitKat. Namun dari segi memori, Samsung J1 Ace sudah dibekali dengan memori internal 4 GB yang dilengkapi slot microSD mendukung hingga kapasitas maksimal 128 GB. Melihat spesifikasi tersebut tentunya sesuai dengan harga yang ditawarkan karena lebih terjangkau. Berdasarkan performanya, Samsung A1 Ace mungkin cukup baik digunakan untuk melakukan aktivitas sehari-hari pada umumnya.

4. Kamera Cukup Baik

Apabila dilihat dari sisi kameranya dengan harga yang ditawarkan Samsung tentunya sudah cukup baik. Di mana pada kamera belakang atau kamera utamanya, Samsung J1 Ace memiliki resolusi 5 MP. Sedangkan kamera depan beresolusi 2 MP. Beberapa fitur tambahan juga terdapat pada kameranya yakni autofocus, LED Flash, geo-tagging, touch focus, face detection, serta panorama. Kamera tersebut juga sudah dapat merekam video dengan kualitas HD 720p.

5. Support Jaringan 4G

Kelebihan Samsung J1 Ace selanjutnya adalah support jaringan 4G LTE. Ya, sama seperti ponsel terbaru saat ini meski tergolong smartphone lawas, namun Samsung J1 Ace sudah support jaringan 4G. Bukan hanya itu saja, Samsung J1 Ace juga support 3G dengan dual SimCard. Tentunya dengan spesifikasi tersebut Samsung J1 Ace terbilang cukup baik dan berkualitas dengan harganya yang terjangkau. Ini cocok untuk aktivitas normal dan sehari-hari yang ringan. Selain itu Samsung J1 Ace sudah support Wifi, bluetooth, ataupun USB.

6. Kapasitas Baterai

Samsung J1 Ace dibekali dengan kapasitas baterai sebesar 1.900 mah. Kapasitas baterai tersebut dapat dibilang sudah memadai untuk beragam aktivitas normal dan standar. Lain halnya jika kalian mungkin menggunakan Samsung J1 Ace untuk kegiatan cukup berat seperti bermain game ataupun online dalam waktu lama, maka kemungkinan bisa memicu penggunaan baterai yang boros.

7. Harga Sangat Terjangkau

Seperti ulasan sebelumnya, kelebihan Samsung J1 Ace terletak pada segi harganya yang sangat terjangkau. Ya, Samsung J1 Ace menyasar kelas menengah yang mana harganya juga pas di kantong. Melansir dari berbagai gerai toko online, harga yang diitawarkan dari satu jutaan hingga di bawah satu juta pada kondisi bekas. Hal ini tentunya dapat menjadi bahan pertimbangan bagi pengguna setia Samsung.

8. Kekurangan Samsung J1 Ace

Setelah memahami beberapa kelebihan Samsung J1 Ace, ada sejumlah kekurangan Samsung J1 Ace yang perlu kalian ketahui. Berikut kekurangan Samsung J1 Ace yang dapat menjadi  bahan pertimbangan.

1. Tidak Dilengkapi Pelindung Layar

Kekurangan Samsung J1 Ace yang pertama adalah tidak dilengkapi dengan pelindung layar. Ini memungkinkan layar Samsung J1 Ace rentan terhadap goresan. Sehingga kalian mungkin memerlukan pemakaian pelindung tambahan yang dapat mencegah risiko goresan pada layar.

2. Kapasitas RAM Cenderung Kecil

Untuk penggunaan smartphone aktivitas yang cukup berat, mungkin saja kapasitas RAM yang disediakan Samsung J1 Ace terbilang masih cukup rendah. Sebab Samsung J1 Ace hanya menyediakan RAM 768 MB. Spesifikasi tersebut tentunya banyak menjadi bahan pertimbangan untuk menggunakan Samsung J1 Ace.

3. Resolusi Kamera Depan Rendah

Bagi kalian yang hobi melakukan selfie, mungkin Samsung J1 Ace cenderung memiliki resolusi kamera yang rendah. Terlebih tidak adanya LED Flash pada bagian depan kamera Samsung J1 Ace menyebabkan foto yang dihasilkan mungkin juga rendah saat selfie pada tempat kurang cahaya.

9. Kekurangan Samsung J1 Ace

4. Tidak Ada LED Notifikasi

Kekurangan Samsung J1 Ace juga dilengkapi dengan fitur LED notifikasi sehingga kalian mungkin harus sering-sering melakukan cek ponsel saat menerima pesan masuk. Meski begitu pada sejumlah pengguna tidak dilengkapi dengan LED notifikasi mungkin bukanlah masalah.

5. Belum Dilengkapi Fast Charging

Seperti diketahui cukup banyak ponsel terbaru saat ini dilengkapi dengan fitur fast charging yang memungkinkan pengguna melakukan pengisian daya dengan cepat. Namun Samsung J1 Ace belum dilengkapi dengan fitur fast charging yang menyebabkan pengisian daya membutuhkan waktu.

Nah itulah 7 kelebihan dan kekurangan samsung j1 ace dengan spesifikasi lengkapnya. Beberapa poin di atas dapat menjadi bahan pertimbangan kalian menggunakan ponsel pintar dari Samsung.

(kpl/nlw)

Editor:

Nurul Wahida



MORE STORIES




REKOMENDASI