Kumpulan Lengkap Ucapan Ramadhan 2020, Sambut Bulan Suci Penuh Berkah

Rabu, 22 April 2020 11:44 Penulis: Dhia Amira
Kumpulan Lengkap Ucapan Ramadhan 2020, Sambut Bulan Suci Penuh Berkah
Ilustrasi (credit: Pixabay)


Kapanlagi Plus - Bulan Ramadhan akan tiba, biasanya masyarakat Indonesia akan mengucapkan berbagai ungkapan yang indah dalam menyambut bulan yang suci ini. Ucapan Ramadhan tentu saja dipenuhi dengan doa serta harapan agar yang menerima ucapan tersebut dapat menjalankan ibadah puasa dengan niat yang tulus dan ikhlas, serta mendapatkan ridha dari Allah SWT.

Untuk itu, dalam menyambut bulan Ramadhan tahun 2020. Inilah 70 ucapan Ramadhan yang dapat kalian berikan kepada sanak saudara, teman dan juga orang-orang yang kalian sayangi.

 

1. Ucapan Selamat Ramadhan Formal

1. Jika hati seputih awan jangan biarkan ia mendung. Jika hati seindah bulan hiasi dengan senyuman, Semoga tetaplah demikian. Selamat menyambut ibadah puasa, mohon dimaafkan khilaf dan salah, lahir dan batin. Marhaban ya Ramadhan.

2. Setitik tinta jadi noda. Setitik salah jadi dosa. Bulan penuh berkah segera tiba. Mari tekun ibadah di bulan puasa. Marhaban ya Ramadhan. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa.

3. Selembut embun di pagi hari, tengadah tangan sepuluh jari, ucapkan salah setulus hati, mari kita bersama berbenah diri, di bulan Ramadhan yang suci. Marhaban ya Ramadhan. Selamat menunaikan ibadah puasa.

4. Dalam kerendahan hati, ada ketinggian budi. Dalam kemiskinan harta, ada kekayaan jiwa. Hidup ini terasa indah jika ada maaf. Mohon maaf lahir dan batin. Marhaban ya Ramadhan. Selamat menunaikan ibadah puasa.

5. Jika semua harta adalah racun, maka zakat lah penawarnya. Jika seluruh umur adalah dosa, maka tobat lah obatnya. Jika seluruh bulan adalah noda, maka Ramadhan lah pemutihnya. Mohon maaf lahir dan batin. Marhaban ya Ramadhan. Selamat menunaikan ibadah puasa.

6. Dalam kesakitan, teruji kesabaran. Dalam perjuangan, teruji keikhlasan. Dalam ukhuwah, teruji ketulusan. Dalam tawakkal, teruji keyakinan. Hidup ini indah jika Allah menjadi tujuan. Marhaban ya Ramadhan. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa.

7. Karena Corona tak ada alasan untuk bersedih, karena tak bekerja tak ada alasan untuk menutup diri. Ramadhan adalah bulan yang suci, tak disambut oleh kesedihan dan kepercayaan diri. Cukup dengan hati ikhlas dan tulus untuk menjalankan karena Allah Ta'ala. Marhaban ya Ramadhan. Selamat menunaikan ibadah puasa.

8. Terselip khilaf pada canda, ada luka tergores pada tawa, terbelit pilu pada tingkah, tersinggung rasa dalam bicara. Mari kita saling memaafkan sebelum bulan suci Ramadhan 1441 H kita masuki. Semoga kita tetap setia dalam satu jalur, satu doa, satu tujuan: menggapai ridha Allah SWT.

9. Jika ada langkah membekas lara, ada kata merangkai dusta, ada tingkah menoreh luka, Mohon maaf lahir dan batin. Marhaban ya Ramadhan. Selamat menunaikan ibadah puasa.

10. Ibarat roda yang berputar, tak terasa debu dan kerikil mengotori pula menggoresnya. Begitulah perjalanan hidup kita tak pernah luput dari berbagai kesalahan dan menjadi noda. Maka di bulan yang suci dan penuh rahmat ini, mari kita maksimalkan ibadah kita. Selamat menjalankan ibadah puasa Ramadhan 1441 H.

11. Tak ada kata seindah zikir, tak ada bulan seindah Ramadhan. Izinkan kedua tangan bersimpuh maaf untuk lisan yang tak terjaga, janji yang terabaikan, hati yang selalu berprasangka dan sikap yang pernah menyakitkan. Mohon maaf lahir batin. Selamat menunaikan ibadah puasa.

12. Matahari berzikir, angin bertasbih dan pepohonan memuji keagungan-Mu. Semua menyambut datangnya malam Seribu Bulan. Selamat datang Ramadan, selamat beribadah puasa. Mohon maaf lahir dan batin.

13. Fajar ramadhan segera menghampiri dunia, selembar sutra menghapus noda, sebening embun penyejuk kalbu, sucikan hati bersihkan jiwa di bulan yang suci. selamat menunaikan ibadah puasa 1441 H semoga amal kita diterima Allah SWT. Amin.

14. Tiada bulan seagung ini. Tiada bulan semulia ini. Tiada bulan seberkah ini. Ramadhan penuh berkah dan maghfirah. Marhaban ya Ramadhan. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa.

15. Marhaban yaa Ramadhan, pucuk selasih bertunas menjulang dahannya patah tolong betulkan, puasa Ramadhan kembali menjelang, salah dan khilaf mohon dimaafkan. Selamat Menunaikan Ibadah puasa.

16. Perkataan yang indah adalah "ALLAH". Lagu yang merdu adalah "ADZAN". Media yang terbaik adalah "AL QURAN". Senam yang sehat adalah "SHOLAT". Diet yang sempurna adalah "PUASA". Kebersihan yang menyegarkan adalah "WUDHU". Perjalanan yang indah adalah "HAJI". Khayalan yang baik adalah ingat akan "DOSA dan TAUBAT". Semoga bulan suci ini membawa iman dan takwa. Marhaban ya Ramadan. Selamat menunaikan ibadah puasa.

17. Sebelum cahaya ilahi dipadamkan, sebelum langit runtuh, sebelum pintu taubat ditutup, sebelum malaikat menjemput, sebelum Ramadan tiba, mohon maaf lahir batin atas kesalahan yang pernah dilakukan. Marhaban ya Ramadan. Selamat menunaikan ibadah puasa.

18. Ketika datang bulan Ramadan, maka pintu-pintu surga akan dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, dan setan-setan dibelenggu. Mohon maaf lahir dan batin. Marhaban ya Ramadan. Selamat menunaikan ibadah puasa.

19. Air tidak selamanya jernih, demikian juga ucapan ku. Salju tidak selamanya putih, demikian juga dengan hatiku. Langit tidak selamanya biru, begitu juga hidupku. Jalan tidak selalu lurus, demikian juga langkahku. Jika maaf tidak bisa didapat hari ini, untuk apa menunggu besok? Sementara jantung kita pun tidak selamanya berdetak. Marhaban ya Ramadan, mohon maaf atas segala kesalahan dan khilaf. Selamat menunaikan ibadah puasa.

 

 

 

 

 

 

2. Ucapan Selamat Ramadhan Formal

20. Tidak ada kemenangan tanpa mengingat Tuhan. Tidak ada pahala tanpa keikhlasan. Tidak ada ampunan jika tiada maaf dari sesama. Marhaban ya Ramadan. Selamat menunaikan ibadah puasa 1441 Hijriah.

21. Semoga nanti kita menemui takbir idul Fitri sebagai tanda kemenangan setelah berpuasa sebulan penuh jadi sebelum ajal menjemput, sebelum kesehatan terganggu, mari laksanakan perintah Allah SWT dengan penuh keikhlasan dan sesuai tata cara yang diajarkan Rasulullah SAW sebelumnya.

22. Berbuka tidak harus selalu dengan mewah. Bersahur tidak harus selalu dengan mahal. Berdoa tidak harus selalu dengan diucapkan. Ibadah harus selalu dengan tata cara. Semoga kita selalu berada dalam bimbingan-Nya, selamat menunaikan ibadah puasa 2020/1441 H.

23. Manusia tak pernah lari dari salah dan khilaf, karena manusia tidaklah sempurna. Di bulan yang suci ini, marilah bermaafan. Agar tiada dendam dan dengki. Mohon maaf lahir dan batin. Marhaban ya Ramadhan. Selamat menunaikan ibadah puasa.

24. Jiwa Akan sepi Tanpa Teman, hati akan Mati tanpa Iman. Hari ini adalah Kenyataan, kemarin adalah Kenangan. Esok Adalah Impian, awali dengan Senyuman. Sucikan hati jernihkan pikiran untuk menyambut bulan suci ramadhan mohon maaf lahir batin.

25. Assalamulaikum Ya akhi Ya Uhti. Salam-Salam ya saudaraku,Semoga Allah Merahmati mu. Dalam hidup semua bekerja,kadang salah bahkan Berdosa. Lapangkan hati maafkan sesama, sebelum bulan ramadhan tiba, sebelum akhir nisfu say'ban. Aku ingin segala salah dan khilaf dimaafkan setulus hati, Agar amal puasa kita kelak penuh berkah rahmat Allah SWT. Marhaban ya Ramadhan.

26. Selamat Datang Ramadhan. Berjalanlah dengan kerendahan hati, berbicara yang sopan, berpakaian yang rapi, berperilaku yang baik, berdoa dengan penuh perhatian dan dermawan dalam bersedekah. Semoga Allah memberkahi dan melindungi kalian semua.

27. Seluruh amal perbuatan anak Adam adalah untuknya sendiri kecuali puasa, sesungguhnya ia untuk-Ku dan Aku-lah yang akan memberikan balasannya. - Hadis. Marhaban ya Ramadhan.

28. Ramadhan bukanlah tentang berhenti dari kebiasaan buruk untuk sementara waktu. Ramadhan adalah titik awal untuk menjadi seorang Muslim yang lebih baik dan berusaha untuk terus selamanya menjadi baik. Selamat Menunaikan ibadah puasa.

29. 4 minggu yang penuh rahmat, 30 hari yang bernilai ibadah, 720 jam yang penuh nuansa keagamaan, 43.000 menit yang penuh ampunan, 2.592.000 detik yang penuh kebahagiaan. Marhaban ya Ramadhan. Semoga berkah Ramadhan selalu kita rasakan hingga berakhirnya bulan yang suci ini.

30. Perubahan diri memerlukan perjuangan bukan sekadar diam, di bulan ramadhan nanti adalah salah satu jalan yang bisa dilakukan untuk memicu perubahan. Selamat datang ramadhan, mohon maaf lahir dan batin.

31. Berharap padi dalam lesung, yang ada cuma jerami. Harapan Hati bertatap langsung, cuma terlayang pesan ini. Sebelum cahaya surga padam, sebelum hidup berakhir. Sebelum pintu tobat tertutup, sebelum Ramadhan datang. Mohon maaf lahir dan batin.

32. Bilangan tahun ibarat pohon, maka bulan ibarat dahan-dahannya. Hari-hari laksana ranting-rantingnya. Setiap jam laksana daun-daunnya, dan nafas laksana buahnya. Bila tahun itu digunakan untuk ibadah, maka akan menjadi pohon kuat dan memiliki buah yang harum serta manis. Selamat menjalankan ibadah puasa, mohon maaf lahir dan batin.

33. Marhaban ya Ramadhan. Terangkai kata dengan bismillah, terucap salam menggiring doa. Kuhaturkan maaf di atas salah, sambut Ramadhan penuh berkah.

34. Marhaban ya Ramadan, bulan suci penuh berkah telah tiba. Saatnya untuk lebih mendekatkan diri pada-Nya, menjauhi keburukan, memperbanyak ibadah. Dengan segala kerendahan hati, mohon maaf lahir dan batin. Marhaban ya Ramadan. Selamat menunaikan ibadah puasa.

35. Manusia tak pernah lari dari salah dan khilaf, karena manusia tidaklah sempurna. Di bulan yang suci ini, marilah bermaafan. Agar tiada dendam dan dengki. Mohon maaf lahir dan batin. Marhaban ya Ramadan. Selamat menunaikan ibadah puasa.

36. Bulan suci Ramadan sudah di depan mata, bulan yang penuh keberkahan, bulan yang penuh dengan ampunan. Perlu kesiapan mental yang matang dan kejernihan hati tuk menyambutnya. Sudi lah kiranya, membuka pintu hati tuk menerima ucapan kami, "Minal Aidin Wal Faidzin, mohon maaf lahir dan batin." Semoga kita diberi kekuatan dan keringanan dalam menjalankan ibadah puasa.

37. Tak ada kata seindah zikir. Tak ada bulan seindah Ramadan. Izinkan kedua tangan bersimpuh maaf, untuk lisan yang tak terjaga, janji yang terabaikan, hati yang selalu berprasangka, serta sikap yang pernah menyakitkan. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa.

 

 

 

 

 

 

3. Ucapan Selamat Ramadhan Santai

38. Kalau lihat putus cinta bikin galau, status yang lucu bikin ketawa. Meskipun puasa di musim kemarau, tetap semangat dan tak putus asa!

39. Saat puasa makannya kurma, saat hari biasa makannya jadah. Walaupun kita melakukan social distancing bersama, Ramadhan yang luar biasa harus tetap ada.

40. Siang diisi kebaikan, malam belajar Al-Quran. Ramadhan jadi penerang, hati yang mulai remang-remang. Marhaban ya Ramadhan. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa. 

41. Jika hati seputih awan, jangan biarkan ia mendung. Jika hati seindah bulan, hiasi dengan senyuman. Marhaban ya Ramadhan. Mohon maaf lahir dan batin. Selamat menunaikan ibadah puasa.

42. Gersang bumi tanpa hujan. Gersang akal tanpa ilmu. Gersang hati tanpa iman. Gersang jiwa tanpa amal. Marhaban ya Ramadhan. Selamat menunaikan ibadah puasa.

43. Mengingat kata yang salah. Hati yang berprasangka. Janji yang terlupakan. Sikap dan sifat yang menyakitkan. Di hari ini izinkan lah aku mengucap, mohon maaf lahir dan batin. Marhaban ya Ramadhan.

44. Jangan sesalkan perpisahan, jika itu untuk kebaikan. Dari jauh aku ucapkan, selamat berpuasa di bulan Ramadhan. Mohon maaf lahir dan batin.

45. Ramadan is a month of Allah. Whose beginning is mercy. Whole middle is forgiveness. Whose end is freedom from fire. Ramadan Mubarak.

46. Kalau yang segar dan manis itu sirup pandan, ditambah gula dan sebagainya. Selamat datang bulan Ramadhan. Selamat puasa teman-teman semua!

47. Ke kota Jogja hari Selasa, pulang pagi naik kereta. Sehari lagi kita puasa, mohon maaf lahir dan batin ya.

48. Ada raksasa beli pulsa, burung kakak tua hinggap di jendela. Nggak kerasa udah mau puasa, jangan lupa perbanyak pahala.

49. Ada raksasa beli pulsa, ga kerasa dah mau puasa. Burung kakatua nemplok di jendela, jangan lupa perbanyak pahala. Ada pepaya dimakan jerapah, maafin aku ya kalo punya salah. Selamat Ramadhan!

50. Seiring terbenam mentari di akhir Syaban, tiba lah kini bulan Ramadan. Pesan ini sebagai ganti jabat tangan, untuk mohonkan maaf dan kekhilafan. Marhaban ya Ramadhan.

51. Setetes embun di pagi hari jatuh di atas bunga melati. Di bulan suci ini, inilah waktunya untuk memperbaiki diri. Marhaban ya Ramadan. Selamat menunaikan ibadah puasa.

52. Satu tahun tak terasa, Ramadan pun telah kembali. Semoga yang dilalui dan dilakukan menjadi kebaikan di bulan suci ini. Marhaban ya Ramadan. Selamat menunaikan ibadah puasa.

53. Matikan TV, makan secukupnya, gunakan SOSIAL MEDIA dengan bijak, baca AL QURAN sehari-hari, lebih banyak BERIBADAH, tingkatkan DOA. Marhaban ya Ramadhan. Selamat menunaikan ibadah puasa.

 

 

 

 

 

 

4. Ucapan Selamat Ramadhan Santai

54. Hidup ini hanya sebentar, sebentar marah, sebentar tertawa, sebentar berduit, sebentar bokek, sebentar senang, sebentar susah oh iya, sebentar lagi puasa. Selamat menyambut Ramadhan ya, mohon maaf lahir batin.

55. Wishing you 1 month of Ramadhan, 4 weeks of barkat, 30 days of forgiveness, 720 hours of guidance, 43200 minutes of purification, 2592000 seconds of noor. Ramadan Mubarak.

56. Bila hati saling terpaut, rasa cinta terjalin indah. Bila salah dan khilaf terjadi, mohon maaf lahir dan batin. Marhaban ya Ramadhan. Selamat menunaikan ibadah puasa.

57. Sepuluh jari tersusun rapi, bunga melati pengharum hati. Mohon maaf setulus hati, mohon maaf lahir dan batin.

58. Buruang pipit tabang surang, Datuk Maringgih iyolah kayo. Kini puaso alah datang, jan lupo maafkan ambo. Marhaban ya Ramadhan.

59. Siang hari menahan dahaga, sebagai bukti cinta pada-Nya. Malam hari tarawih dijaga, karena ingin jadi kekasih-Nya. Siapa yang tak akan gembira, berkesempatan besar dekat dengan-Nya. Selamat menunaikan ibadah puasa, semoga kita semua dilimpahkan semua karunia-Nya.

60. Jika tak tahan memegang bara, jika tak kuat panasnya setrika, sepantasnya kita berpuasa. Karena panasnya api neraka, jauh melebihi panasnya api dunia. Selamat menunaikan ibadah puasa. Marhaban ya Ramadhan.

61. Satu senyuman awali persahabatan, satu tawa menghapus kesedihan. Satu kata mengganti tindakan, satu doa memberi pengharapan. Satu gambar DP Whatsapp menyampaikan maaf lahir batin. Selamat menyambut Ramadhan.

62. Kupat santen, menwi lepat nyumun pangunten. Selamat menyambut Ramadhan 1441 H.

63. May this Ramadhan enlighten you and clear your understanding and judgment between the right and wrong, between the truths and false. Wishing you a Ramadhan Mubarak.

64. Ramadhan itu ibarat hujan ia memelihara dan menyuburkan benih-benih perbuatan baik. Selamat menunaikan ibadah puasa. Marhaban ya Ramadhan.

65. Ramadhan itu seperti teman. Kamu mungkin berjumpa dengannya hari ini, tapi belum tentu kamu bisa berjumpa lagi dengannya di lain waktu. Maka dari itu, maafkan aku dari semua kesalahanku, kawanku. Selamat menunaikan ibadah puasa 1441 H.

66. Puasa itu hanya 1% untuk menahan diri dari makan dan minum, 99% sisanya untuk membawa hati dan jiwamu semakin dekat kepada Allah. Selamat menunaikan ibadah puasa 1441 H. Semoga berkah ramadhan selalu ada untuk kita semua.

67. Amat merdu suara adzan, ayo shalat disegerakan. Sebentar lagi akan ramadhan, segala salah mohon dimaafkan.

68. Ramadhan bagaikan bunga yang sangat langka, yang mekar hanya setahun sekali, dan saat kamu mulai mencium harumnya, ia menghilang selama satu tahun lagi. Untuk itu salinglah kita bermaaf-maafan dan menjalankan ibadah puasa dengan kesungguhan hati dan juga iman yang suci. Selamat menunaikan ibadah puasa. Marhaban ya ramadhan.

69. Ramadhan segera tiba seger lah untuk: follow sabar, unfollow nafsu, add pahala, approve maaf, download sabar, upload kebaikan, upgrade iman, delete dosa.

70. Mata kadang salah melihat, mulut kadang salah berucap. Hati kadang salah menduga, kaki kadang salah melangkah. Tangan kadang salah berbuat, telinga kadang salah mendengar. Nah loh? Banyak banget ya salahnya. Maafin ya. Marhaban ya Ramadhan.

Itulah 70 ucapan selamat ramadhan 2020, semoga bulan ramadhan di bulan ini para KLovers di rumah dapat menjalankannya dengan penuh keikhlasan dan kesabaran. Selamat menunaikan ibadah puasa.

 

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI