Konsumsi Rutin, Ini 7 Manfaat Ikan Beserta Kandungan Gizinya

Jum'at, 27 November 2020 11:11 Penulis: Dhia Amira
Konsumsi Rutin, Ini 7 Manfaat Ikan Beserta Kandungan Gizinya
Manfaat ikan (credit: Freepik)


Kapanlagi Plus - Ikan menjadi salah satu sumber protein hewani yang sangat baik bagi kesehatan tubuh. Sehingga ikan menjadi salah satu makanan 4 sehat 5 sempurna yang wajib dikonsumsi. Tapi bagaimana ya bila kita mengonsumsi ikan setiap hari? Apa saja manfaat ikan bagi tubuh kita?

Ikan sendiri memiliki banyak sekali jenis dan manfaatnya. Bahkan kandungan ikan air laut dan air tawar juga berbeda, dan memiliki manfaat yang berbeda pula. Namun tak semua orang menyukai atau bisa mengonsumsi ikan loh. Ada yang tak suka ikan karena memiliki bau yang amis, namun ada pula orang yang tak bisa mengonsumsi ikan karena memiliki alergi.

Tak hanya orang dewasa yang perlu mengonsumsi ikan, tapi juga ibu mengandung, lansia, bahkan anak-anak wajib mengonsumsi ikan untuk nutrisi serta tumbuh kembang. Tetapi bagaimana ya bila kita mengonsumsi ikan setiap hari? Kira-kira apa saja manfaat ikan tersebut? Dilansir dari berbagai sumber, yuk langsung saja dicek KLovers.

 

1. Kandungan Ikan

Sebelum mengetahui apa saja manfaat ikan, bila kalian konsumsi setiap hari. Kalian juga perlu tahu kandungan dasar dari ikan. Karena ikan memiliki kandungan yang berbeda-beda, namun sebagian besar ikan memiliki kandungan ini. Tentu saja kandungan ini sangat baik bagi kesehatan tubuh kalian. Dan inilah beberapa kandungan yang terdapat dalam ikan:

- Kalori
- Lemak Baik
- Sodium
- Karbohidrat
- Serat
- Gula
- Protein

Kandungan ini belum semua ya KLovers, karena setiap ikan berbeda-beda. Dan ini kandungan sebagian besar dimiliki oleh ikan. Dan semua kandungan ini memiliki fungsi masing-masing untuk kesehatan tubuh kalian.

 

2. Menjaga Kesehatan Jantung

Manfaat ikan yang pertama yaitu, dapat menjaga kesehatan jantung. Yup! Jantung memang menjadi salah satu organ tubuh yang penting untuk dijaga kesehatannya. Karena jantung sehat akan terjauh dari berbagai macam penyakit berbahaya yang sewaktu-waktu bisa membahayakan tubuh. Dan salah satu makanan sehat yang dapat memberikan nutrisi baik pada jantung yaitu ada ikan.

Mengganti ikan dengan protein lain seperti daging merah, ayam, dan domba dapat menjadi pilihan cerdas untuk tubuh. Makanan tersebut mengandung Omega 3 yang dapat berfungsi baik untuk kesehatan. Namun, penelitian terbaru menunjukkan bahwa kombinasi asam lemak Omega 3 dan nutrisi lain dalam ikan dapat mencegah serangan jantung.

Oleh karena itu kalian bisa memberikan nutrisi lain seperti vitamin D dan B2 (riboflavin). Tambahkan pula kalsium, fosfor, zat besi, seng, yodium, magnesium, dan kalium dalam setiap sajian ikan. Sehingga kalian tetap bisa menjaga kesehatan tubuh serta jantung.

 

3. Mengatasi Depresi

Manfaat ikan yang selanjutnya yaitu dapat mengatasi depresi. Masalah stres atau depresi dapat dialami oleh siapa saja, dan dengan kondisi yang berbeda-beda. Selain menjalani pola hidup sehat agar depresi pada tubuh dapat menghilang, kalian juga bisa loh mengonsumsi ikan. Karena bila depresi tidak diatasi dengan baik, maka akan berbahaya bagi kesehatan tubuh.

Dalam sebuah penelitian mengungkapkan bahwa, jika seseorang yang mengonsumsi ikan secara teratur mempunyai kemungkinan lebih kecil untuk mengalami depresi. Hal tersebut disebabkan karena kandungan asam lemak omega 3 pada ikan dapat meningkatkan efektivitas obat antidepresan. Sehingga saat mengonsumsi ikan, kita akan merasakan kebahagiaan.

 

4. Mencukupi Asupan Vitamin D

Tidak hanya paparan sinar matahari di pagi hari saja yang baik untuk tulang, ternyata ikan juga merupakan sumber vitamin D yang baik loh KLovers. Vitamin D memainkan peran penting dalam memungkinkan tubuh untuk menyerap banyak nutrisi lain.

Tanpa kandungan vitamin D kita mungkin mengalami kekurangan meskipun asupan memadai. Pikirkan porsi ikan harian kalian sebagai pendorong untuk segala sesuatu yang akan kalian makan sepanjang hari. Dan ini akan menjadi hal baik bagi kesehatan tubuh kalian.

 

5. Mengurangi Risiko Gangguan Autoimun

Gangguan autoimun adalah ketika sistem kekebalan tubuh menjadi tidak bisa mengontrol tubuh dan menyerang serta menghancurkan jaringan tubuh yang sehat. Salah satu contoh paling umum adalah diabetes tipe 1, dimana sistem kekebalan menyerang sel-sel yang memproduksi insulin di pankreas.

Itulah mengapa, mereka yang menderita autoimun disarankan untuk mengonsumsi ikan. Beberapa penelitian menunjukkan, mengonsumsi ikan yang mengandung omega 3 dapat mengurangi risiko penyakit autoimun atau diabetes tipe 1 pada anak dan dewasa. Penyakit autoimun biasanya terjadi ketika sistem kekebalan tubuh kita lemah.

 

6. Mendapatkan Lemak Baik

Faktanya ikan mengandung jenis lemak yang paling sehat. Itu karena lemak dalam ikan dalam bentuk asam lemak Omega 3, atau lemak baik. Omega 3 berkontribusi pada fungsi optimal otak sebagai permulaan, tetapi juga memainkan peran penting dalam kesehatan jantung.

Konsumsi asam lemak omega 3 secara teratur tentu dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung atau stroke, dan memperlambat pertumbuhan plak di arteri. Hal ini juga dapat menurunkan trigliserida (lemak jahat) dan mengurangi tekanan darah pada tubuh kalian.

 

7. Menutrisi Otak

Manfaat ikan yang selanjutnya yaitu, dapat menutrisi otak. Bukan hal yang asing lagi bila dengan mengonsumsi ikan kita akan membuat otak ternutrisi dengan baik. Yup! Hal ini lagi-lagi karena kandungan omega 3 yang tinggi pada ikan. Sehingga kandungan ini mampu memberikan nutrisi dan juga melindungi otak dengan baik.

Kandungan omega 3 pada ikan juga mampu membantu membangun membran sel dan memperbaiki struktur sel otak yang disebut dengan neuron. Lalu, kadar omega 3 yang tinggi pada minyak ikan juga telah terbukti meningkatkan aliran darah pada otak, sehingga fungsi pada otak akan berfungsi dengan sangat baik.

 

8. Nutrisi Penting Selama Pertumbuhan

Dan manfaat ikan yang terakhir yaitu merupakan nutrisi penting dalam masa pertumbuhan. Ikan memang menjadi salah satu makanan sehat yang wajib dikonsumsi oleh anak-anak selama masa pertumbuhan mereka. Seperti pertumbuhan otak hingga tulang mereka. Hal ini lagi-lagi karena kandungan omega 3 yang terdapat dalam ikan.

Kandungan omega 3 yang terkandung pada ikan nyatanya dapat meningkatkan koordinasi sistem organ pada bayi yang baru lahir. Selain itu, manfaat ikan juga dipercaya dapat meningkatkan kecerdasan anak, serta menghindarkan gangguan perkembangan otak, seperti hiperaktif.

Itulah 7 manfaat ikan bila dikonsumsi secara langsung. Namun KLovers, ada baiknya bagi kalian berkonsultasi dahulu pada dokter ya bila ingin mengonsumsi ikan secara rutin. Apalagi bagi anak-anak, ibu hamil, dan juga lansia.

 

(kpl/dhm)

Editor:

Dhia Amira



MORE STORIES




REKOMENDASI