7 Rekomendasi Buku untuk Remaja yang Berisi Pengetahuan, Mulai dari Self Improvement hingga Novel

Minggu, 23 Oktober 2022 12:33
7 Rekomendasi Buku untuk Remaja yang Berisi Pengetahuan, Mulai dari Self Improvement hingga Novel
(Credit: goodreads.com)


Kapanlagi Plus - Membaca merupakan aktivitas yang perlu dibiasakan sejak dini. Muatan bacaan pun perlu disesuaikan dengan umur. Nah, bagi kalian yang sedang mencari rekomendasi buku untuk remaja, kini tak perlu bingung.

Pasalnya, sudah banyak sekali rekomendasi buku untuk remaja yang berkualitas untuk kalian baca. Mulai dari kumpulan esai, self improvement, hingga novel, semua sudah tersedia. Tentu, banyak pengetahuan yang bisa kalian dapat saat membacanya.

Nah, daripada penasaran dengan judul-judulnya, yuk langsung saja simak ulasan mengenai beberapa rekomendasi buku untuk remaja yang berisi pengetahuan berikut ini.

 

1. Muslimah yang Diperdebatkan - Kalis Mardiasih

Jika kalian mencari buku yang menarik bagi remaja, silakan baca buku berjudul Muslimah yang Diperdebatkan karya Kalis Mardiasih. Meski menyematkan "muslimah" di judulnya, buku ini tetap layak untuk dibaca pemeluk agama lain. Pasalnya, buku ini juga memuat pengetahuan tentang keadilan gender secara umum.

Esai-esai yang ada dalam buku ini berangkat dari kegelisahan seorang perempuan (lebih spesifik muslimah) yang kerap jadi bahan perdebatan. Mulai dari busana, kepribadian, hingga aturan yang membatasi. Rekomendasi buku untuk remaja ini berhasil memotret isu perempuan yang cukup kompleks. Tak hanya untuk perempuan, buku ini juga sangat layak dibaca oleh semua remaja agar bisa menyadari masalah yang ada di sekitar, terutama tentang keadilan gender sejak dini.

 

2. Berani Tidak Disukai - Ichiro Kisimi dan Fumitake Koga

Selanjutnya, ada rekomendasi buku untuk remaja berjudul Berani Tidak Disukai untuk kalian baca. Buku self improvement ini akan membantu kalian dalam melawan rasa insecure. Kalian akan menemukan pengetahuan dalam menentukan arah hidup, bebas dari trauma masa lalu, dan beban ekspektasi orang lain.

Kalian juga akan menemukan pemaparan mengenai ajaran dari filsuf Austria abad ke-19, Alfred Adler mengenai bagaimana manusia sebaiknya menjalani hidup. Hal ini dipaparkan melalui percakapan antara seorang filsuf dan seorang pemuda. Kalian pernah mendengar tentang fenomena seseorang yang mengisolasi diri di kamar selama bertahun-tahun? Nah, buku ini juga akan membahasnya.

 

3. Dua Garis Biru - Lucia Priandarini dan Gina S. Noer

Selain kumpulan esai dan self improvement, ada pula rekomendasi buku untuk remaja dalam bentuk novel. Novel berjudul Dua Garis Biru karya Lucia Priandarini dan Gina S. Noer ini bercerita tentang masalah yang dialami oleh sepasang anak SMA. Ya, si perempuan hamil setelah mereka melakukan hubungan intim. Jika selama ini masalah seperti itu erat diidentikkan dengan anak nakal, novel ini sangat berbeda.

Pasalnya, Dara merupakan seorang anak pintar yang berasal dari keluarga baik-baik. Pacarnya, Bima juga punya keluarga yang hangat dan religius. Hanya saja, dia agak tak peduli dengan pelajaran di sekolah. Karena sudah melanggar aturan dengan berhubungan yang kelewat batas, mereka pun harus menanggung akibat yang cukup berat di usia 17 tahun. Cerita dalam novel ini juga sudah diangkat menjadi film dengan judul sama di tahun 2019.

 

4. The Alpha Girl\'s Guide - Henry Manampiring

Masih tentang buku self improvement, rekomendasi buku untuk remaja kali ini berjudul The Alpha Girl's Guide karya Henry Manampiring. Saat membacanya, kalian akan menemukan jawaban mengenai berbagai kegelisahan. Mulai dari kegelisahan tentang masa depan, diri sendiri, maupun karena faktor eksternal.

Sudah bisa ditebak sejak membaca judulnya, buku ini ditulis agar bisa menjadi panduan bagi remaja perempuan dalam menjalani kehidupan. Kalian juga bisa menemukan pentingnya menjadi perempuan yang pintar, percaya diri, dan independen. Bagaimana, menarik kan, KLovers!

 

5. Keajaiban Toko Kelontong Namiya - Keigo Higashino

Masih jenis novel, Keajaiban Toko Kelontong Namiya juga menjadi rekomendasi buku untuk remaja yang layak kalian baca. Novel karya Keigo Higashino ini bercerita tentang tiga pemuda berandal bersembunyi di toko kelontong tak berpenghuni. Ternyata, mereka baru saja melakukan pencurian. Tiba-tiba, sepucuk surat misterius yang berisi permintaan saran diselipkan ke dalam toko melalui lubang surat.

Nah, surat aneh itu yang akhirnya membawa mereka berpetualang melintasi waktu. Mereka menggantikan peran kakek pemilik toko kelontong yang menghabiskan tahun-tahun terakhirnya dalam memberikan nasihat tulus kepada orang-orang yang meminta bantuan. Meski hanya dalam satu malam, hidup ketiga pemuda itu berubah. Saat pagi tiba, mereka sudah menjadi orang yang tak lagi sama.

 

6. Negeri 5 Menara - Ahmad Fuadi

Negeri 5 Menara merupakan rekomendasi buku untuk remaja yang bagus untuk kalian baca. Novel karya Ahmad Fuadi ini bercerita tentang tokoh Alif, seorang remaja asal Minangkabau. Dia harus menempuh pendidikan di sebuah pondok pesantren di Jawa Timur. Bersama teman-temannya yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia, Alif pun menghadapi berbagai aturan ketat di sana.

Kisah persahabatan, mimpi-mimpi, dan suka duka anak muda yang dibungkus dalam suasana pondok pesantren ini pun cukup menyentuh. Mereka punya impian untuk pergi ke luar negeri. Berbekal kalimat sakti "Man jadda wajada. Siapa yang bersungguh-sungguh pasti sukses," mereka berusaha mewujudkan impian.

 

7. Funiculi Funicula - Toshikazu Kawaguchi

Masih ada satu lagi rekomendasi buku untuk remaja yang berjudul Funicula Funicula karya Toshikazu Kawaguchi. Buku ini bercerita tentang sebuah kafe tua yang berada di gang kecil di Tokyo. Uniknya, kafe ini bisa membawa pengunjungnya menjelajahi waktu.

Ada seorang tokoh perempuan yang ingin memutar waktu dan kembali berbaikan dengan kekasihnya. Ada pula seorang perawat yang ingin membaca surat yang tak sempat diberikan suaminya yang sakit, dan lain sebagainya. Untuk mewujudkan hal itu, mereka pun harus mengikuti aturan yang berlaku. Banyaknya peraturan itu tetap tak membuat mereka berhenti untuk menjelajahi waktu.

Nah, KLovers, itulah beberapa rekomendasi buku untuk remaja, baik self improvement maupun novel yang mengandung pengetahuan sekaligus hiburan.

 

(kpl/gen/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI