8 Cara Membersihkan Case HP Bening yang Kotor dan Menguning agar Kembali Kinclong

Rabu, 22 Juni 2022 10:44
8 Cara Membersihkan Case HP Bening yang Kotor dan Menguning agar Kembali Kinclong
Ilustrasi (Credit: Unsplash)


Kapanlagi Plus - Bagi orang yang terbiasa menggunakan case HP bening, melihatnya saat kotor merupakan suatu hal yang cukup menyebalkan. Oleh karena itu, wajar jika sekarang kalian mencari cara membersihkan case HP bening agar kembali kinclong.

Pengertian kotor dalam hal ini pun beragam. Bisa kotor karena noda atau terlihat kotor karena terlihat menguning. Beragam cara membersihkan case HP bening yang kotor dan menguning di bawah ini akan menjadi solusi yang cukup ampuh bagi kalian.

Mengingat fungsi case yang melindungi HP, keberadaannya tentu cukup penting. Sebagai pemilik perangkat, kalian pun perlu memperhatikannya. Nah, daripada bingung, silakan simak beberapa cara membersihkan case HP bening agar kembali kinclong di bawah ini.

 

1. Penyebab Case HP Cepat Kotor

Casing HP merupakan pelindung perangkat yang memiliki banyak jenis dan model. Tak hanya itu, bahan yang digunakan juga beragam. Casing digunakan untuk melindungi HP dari kotoran atau kerusakan saat jatuh. Jenis yang paling sering digunakan adalah case HP bening. Kelemahannya, semakin lama casing digunakan warnanya bisa berubah dan kotor. Ada beberapa faktor yang menyebabkan casing bening jadi terlihat kotor, beberapa di antaranya terdapat dalam penjelasan berikut ini.

1. Tangan yang berkeringat membuat HP cepat kotor.

2. Pancaran sinar UV membuat casing cepat berubah warnanya.

3. Meletakkan HP di sembarang tempat, apalagi tempat yang sudah jelas terlihat kotor.

Supaya kotoran pada casing HP tidak terlalu banyak, kalian perlu melakukan pembersihan secara rutin. Tips mengenai cara membersihkan case HP bening bisa kalian simak pada informasi selanjutnya ya, KLovers!

 

2. Baking Soda

Siapa sangka jika ternyata baking soda bisa digunakan sebagai salah satu cara membersihkan case HP bening. Bahan yang biasa dipakai untuk campuran kue ini bisa kalian gunakan sebagai bahan untuk membersihkan kotoran pada casing HP. Kalian bisa memanfaatkannya sebagai cara untuk memutihkan casing HP kalian yang menguning.

Caranya pun cukup mudah, masukkan satu sendok baking soda ke sebuah wadah, beri beberapa tetes air, setelah itu oleskan adonan baking soda ke casing menggunakan sikat gigi, terakhir, bilas casing serta diamkan selama 30 menit.

 

3. Sabun Cair

Sabun cair yang biasa digunakan untuk mencuci piring juga bisa kalian jadikan cara membersihkan case HP bening lho, KLovers! Namun, noda yang bisa dijangkau sabun cair adalah noda ringan. Bila terjadi perubahan warna harus menggunakan dua cara sebelumnya.

Cara ini bisa kalian terapkan untuk mengatasi noda tinta, kerak, dan noda yang ringan lainnya. Kalian bisa menyiapkan air hangat yang dicampur dengan sabun cair, lalu rendam casing dan gosok hingga bersih. Mudah kan?

 

4. Pasta Gigi

Pasta gigi memiliki zat aktif yang bisa menghilangkan noda yang ada di gigi. Nah, zat tersebut juga bisa membantu kalian dalam menghilangkan noda pada casing HP. Cara membersihkan case HP bening yang bisa kalian terapkan pun cukup mudah. Pertama, siapkan pasta gigi, sikat, lap, dan air.

Setelah itu, aplikasikan pasta gigi pada casing dan gosok menggunakan sikat hingga kotoran menghilang, kemudian bilas dengan air dan lap hingga kering.

 

5. Cairan Pemutih

Sebelum menerapkan tata cara membersihkan case HP bening ini, perlu kalian ketahui bahwa cairan pemutih hanya bisa digunakan pada casing bening saja. Jika untuk casing berwarna, hal ini justru bisa berisiko merusaknya.

Langkah-langkahnya, silakan campurkan air dengan cairan pemutih. Lalu, rendam casing hingga nodanya luntur. Setelah itu bilas menggunakan air bersih dan lap hingga kering. Cukup simple, kan!

 

6. Minyak Kayu Putih

Selain beberapa cara membersihkan case HP bening di atas, masih ada bahan lain yang bisa dijadikan solusi karena mudah didapat. Bahan tersebut adalah kayu putih. Minyak kayu putih bisa kalian manfaatkan karena ada zat aktif di dalamnya. Caranya, kalian cukup meneteskan minyak kayu putih ke tisu dan lap casing HP hingga bersih. Selanjutnya, kalian hanya perlu membilas dan mengelapnya dengan kain bersih.

 

7. Penghapus Pensil

Tak melulu dengan cairan berbahan aktif. Kalian bisa menggunakan benda yang biasanya dipakai untuk menghapus coretan pensil ini sebagai cara membersihkan case HP bening lho, KLovers!

Langkah yang perlu ditempuh pun cukup sederhana. Kalian hanya perlu menggosokkan penghapus pada casing yang kotor. Bila dirasa sudah bersih, lap menggunakan tisu basah dan tunggu hingga kering.

 

8. Alkohol

Perlu kalian ketahui bahwa alkohol memiliki sifat dekontaminasi dan volatilisasi sehingga berguna untuk mengangkat kotoran yang ada di casing HP. Oleh karena itu, alkohol menjadi salah satu bahan yang cukup ampuh untuk digunakan dalam usaha atau cara membersihkan case HP bening.

Salah satu jenis alkohol yang bisa digunakan untuk membersihkan case adalah yang memiliki kadar 70 persen. Kalian hanya perlu mencampurkan alkohol dengan air, lalu rendam casing HP pada larutan tersebut.

 

9. Kain Microfiber

Cara membersihkan case HP bening yang satu ini bisa dikatakan sebagai pelengkap dari semua langkah yang sudah dijelaskan di atas. Kain microfiber memiliki permukaan yang cukup lembut sehingga aman untuk mengelap permukaan benda apapun.

Nah, saat kalian membersihkan casing HP menggunakan bahan aktif seperti di atas, pastikan bagian finishing menggunakan kain Microfiber. Hal ini perlu dilakukan untuk mencegah terjadinya goresan. Akan percuma jika casing terlihat bersih, tapi banyak goresan kan? Permukaannya tidak akan menarik lagi bagi kalian penyuka kebersihan dan kerapian.

Nah, KLovers, itulah beberapa cara membersihkan case HP bening yang bisa kalian ikuti.

 

(kpl/gen/ans)



MORE STORIES




REKOMENDASI